Pilih Kategori Artikel

Yuk Intip Ide Dekorasi Pernikahan Adat Sumatera dengan Ornamen Khasnya!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Jika kamu termasuk orang yang memiliki keturunan Sumatera, tentu kamu ingin pernikahanmu identik dengan kemegahan akan tata rias dan gaya busana khas sumatera. Bukan hanya itu saja, tetapi kamu juga perlu memikirkan bagaimana dekorasi pernikahan adat Sumatera yang kamu inginkan.

Warna-warna bold dan mencolok seperti emas atau merah kerap menjadi pilihan untuk menampilkan kemewahan ala suwarnadipa. Kamu perlu menampilkan sisi mewah melalui dekorasi pernikahan untuk mengimbangi kemewahan tata rias dan gaya busana pengantin Sumatera.

Di bawah ini merupakan beberapa ide dekorasi pernikahan adat Sumatera dengan ornamen yang khas. Simak baik-baik, ya.

1. Dekorasi Pernikahan Rumah Bolon untuk Dekorasi Adat Batak

wm_article_img
wm_article_img
Foto: Hipwee.

Ide dekorasi pernikahan adat Sumatera yang pertama adalah adat Batak. Rumah tradisionaladat Batak ini dinamakan rumah bolon. Rumah bolon ini mengandung makna tersirat yang mengambarkan peradaban manusia secara utuh dan total. 

Menurut kepercayaan masyarakat asli Batak, rumah ini terbagi ke dalam tiga bagian yang mampu mencerminkan dunia dari dimensi yang berbeda-beda.

Rumah bolon ini di bangun dengan konsep rumah panggung yang disangga oleh beberapa tiang penyangga. Adapun tipe khas yang dimiliki dari atap rumah ini berbentuk melengkung serta bagian depan dilekatkan tanduk berbau kerbau.

Dekorasi pernikahan dengan menambahkan ornamen yang khas ini bisa kamu jadikan sebagai ide dekorasi pernikahan untuk pesta pernikahanmu nanti.

2. Dekorasi Pernikahan Nuansa Emas dan Perak dalam Pelaminan Adat Minang

wm_article_img
wm_article_img
Foto: Aliblum.

Pelaminan khas Minang ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu dekorasi inspirasi bagi kamu yang bosan dengan sentuhan emas. Palet warna yang dominan itu emas dan merah pada pelaminan khas Minang. Dengan begitu, mampu memberikan kesan sentuhan modern namun tidak meninggalkan kesan mewah.

Selain soal estetika, kamu tidak perlu khawatir. Karena di dalam pelaminan adat Minang tentunya kamu juga perlu memperhatikan beberapa pakem dalam dekorasi pelaminan.

Misalnya saja dalam penggunaan kain-kain bersulam dengan motif Minang yang dipergunakan sebagai tabir atau backdrop pelaminan. Mungkin, elemen dekorasi yang khas ini merupakan hasil pengaruh kebudayaan India dan Cina yang mulai masuk ke wilayah Minangkabau sejak abad ke-7.

Walaupun sebenarnya tidak ada ketentuan adat yang menetapkan bentuk pelaminan. Namun hal esensial inilah seakan-akan menjadi sebuah ciri khas tersendiri dalam pelaminan Adat Minang.

3. Dekorasi Pernikahan yang Terinspirasi Siger 9 Ruas untuk Dekorasi Lampung

wm_article_img
wm_article_img
Foto: Zika4Bhangra.

Di dalam dekorasi pernikahan, terutama yang mengusung adat Lampung ini. Ada banyak ornamen yang khas di dalamnya. Tentu tidak luput dari makna yang tersirat didalamnya.

Yakni, siger 9 ruas merupakan lambang persatuan Lampung Pepadun sekaligus mewakili 9 sungai besar yang ada di Lampung. Ada pula burung garuda melambangkan kegagahan atau kewibawaan. Kamu pun bisa menghadirkan simbol khas Lampung ini sebagai sentuhan dekorasi pernikahan.

Dalam dekorasi pernikahan tradisional adat Lampung ini. Siger ditampilkan pada di ruang resepsi sebagai latar belakang pelaminan yang terlihat begitu mewah dengan sentuhan emas. Tentunya, ornamen siger ini juga hadir di beberapa sudut venue pernikahan lain seperti area pintu masuk dan ruang VIP khusus tamu undangan.

Ornamen khas yang ditampilkan dalam dekorasi pernikahan tradisional adat Lampung, bukan hanya siger saja. Tetapi juga ada ornamen khas lainnya seperti kain tapi dan beberapa ukiran lainnya yang dijadikan sebagai pemanis dekorasi.

4. Mahkota Kerajaan Sriwijaya dalam Dekorasi Khas Palembang

wm_article_img
wm_article_img
Vienna-Gallery.

Inilah dekorasi pernikahan tradisional Adat Sumatera terakhir, yaitu dekorasi pernikahan khas Palembang. Bisa dikatakan bahwa dekorasi pelaminan khas Palembang ini menjadi daya tarik utama dalam sebuah tata ruang dekorasi pernikahan.

Hal itulah kenapa sang vendor dekorasi pernikahan membuat latar panggung pelaminan menjadi elemen paling utama untuk menciptakan suasana yang diinginkan.

Atribut replika mahkota berukuran besar yang diletakan pada bagian puncak pelaminan terlihat sangat menakjubkan. Tak ketinggalan pula dengan penambahan detail ornamen khas gaya Melayu- Sriwijaya yang menjadi statement sekaligus mempertegas kemegehan dekorasi Palembang.

Penggunaan warna emas yang dominan dalam dekorasi tersebut membuat dekorasi pernikahan secara keseluruhan nampak mampu membangun suasana yang happy dan elegan. Ingin dekorasi pelaminan yang seperti ini di pesta pernikahanmu nanti?

Itulah ulasan mengenai 4 ide dekorasi pernikahan adat Sumatera dengan sentuhan ornamen yang khas. Kini, sudah banyak para calon pengantin yang memiliki konsep pesta pernikahan tradisional. Tak kalah sandingannya sekarang konsep dekorasi pernikahan tradisional dengan internasional.

Kini, waktunya kamu, calon pengantin untuk melestarikan adat dan budaya Indonesia dengan mengusung konsep dekorasi pernikahan tradisional di pesta pernikahanmu!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...