Pilih Kategori Artikel

5 Hal yang Membuat Dekorasi Pelaminan Minang Nampak Menakjubkan!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Tak jarang para calon pengantin yang mengusung konsep pesta pernikahan menggunakan dekorasi pelaminan Minang.

Walaupun dekorasi pernikahan tradisional ini sudah memiliki sentuhan modern disetiap ornamen hiasannya. Hal ini tak membuat kalian kecewa, justru semakin banyak calon pengantin yang menggunakan dekorasi ini di pesta pernikahannya. Alasannya karena dekorasi pelaminan Minang ini cocok sekali bagi kamu yang ingin pesta pernikahannya mewah dan megah.

Tentu ada elemen dekorasi yang wajib ada dibalik dekorasi yang begitu menakjubkan. Nah, ini ada beberapa hal dalam dekorasi pelaminan Minang yang pantas dijuluki sebagai salah satu dekorasi tradisional yang spektakuler.

wm_article_img
Foto: AliBlum

1. Dalam dekorasi pelaminan Minang ini, untuk backdrop ataupun hiasan dibagian belakang pelaminan biasanya menggunakan kain kain yang bersulam emas dan bermotif ukiran Minang.

Ini merupakan salah satu ciri khas dari adat dan budaya Minang yang memperkaya daerahnya yang diimplementasikan dalam pesta pernikahan.

2. Tentunya, di dekorasi pelaminan Minang, disediakan kursi untuk calon pengantin dan kedua orang tua dari masing-masing pengantin. Akan ada bantal-bantal gadang (besar) di bilik utama ataupun di bilik pendamping di sisi kanan atau kiri dari bilik utama.

3. Biasanya, terdapat tirai atau langit-langit yang berada di atas tempat bersandingnya calon pengantin. Di atas langit-langit pelaminan pun juga diberikan ornamen lainnya yang digantung berupa mainan angkin atau karamalai yang merupakan salah satu ciri khas Minangkabau.

Mainan tersebut berbentuk lidah-lidah yang menyerupai dasi yang berwarna keemasan. Dengan menggantungkan beberapa ornamen tersebut untuk mempercantik dekorasi pelaminan.

4. Pada bagian backdrop tempat duduk pelaminan, akan diletakkan kelambu berlapis. Jumlah kain kelambu ini bermacam-macam. Ada yang jumlahnya 3, 5, atau 7 lapis. Jumlah kain yang kamu gunakan nanti itu disesuaikan dengan status sosial dari keluarga masing-masing calon pengantin.

Makin banyaknya lapisan jumlah kain kelambu, yang terpenting adalah jumlahnya harus ganjil, itu pun pertanda bahwa status sosial dari kalian berasal dari kalangan orang berada atau keturunan bangsawan atau puti-puti.

Di balik kain kelambu, tak lupa untuk menambahkan bantal-bantal kecil yang gunakan sebagai hiasan yang mampu menciptakan sebuah suasana yang menyala dan sesuai dengan penampilan dekorasi pernikahan khas Minang.

5. Di samping tempat duduk calon pengantin ada semacam bingkai yang biasa disebut galuang (galuang). Bingkai itu berbentuk seperti lengkungan mirip gapura. Namun, sekarang sudah dimodif bentuknya tidak lagi melengkung, itu pun menandakan perkahwinankaum bangsawan.

Galuang ini biasanya dilapisi kain yang dibuat dari beberapa warna dan pada sisi-sisinya dilengkapi tonggak bambu berlapis.

Semua adat tentu memiliki aturan tersendiri dalam mempersiapkan pesta pernikahan. Adanya ‘rambu-rambu’ tersebut bukan berarti membatasi keinginan kamu dan pasangan untuk bisa berkreasi sesuai dengan dekorasi pesta impiannya.

Dengan inovasi dan kreasi baru, tentu bisa menambahkan beberapa ornamen baru yang diyakini bisa mempercantik sebuah dekorasi pelaminan Minang.

Seperti contoh, kamu bisa request pada sang pihak vendor dekorasi pernikahan untuk menambahkan ornamen tambahan sebagai pemanis. Seperti penambahan sepasang payung kuning yang biasa dipajang di samping kiri dan kanan pelaminan, penempatan dulang-dulang yang berhias kain sulam keemasan, penambahan bilik-bilik atau penempatan lumbung padi di kiri-kanan pelaminan.

Sebagian besar para calon pengantin ada yang Ingin dekorasi pelaminannya tampak lebih glamour dan mewah. Bentuk bangunan gonjong-gonjong rumah gadang Minang yang tinggi menjulang kini bisa menjadi dekorasi pelaminan Minang favorit untuk tempat singgasana di hari yang spesial tersebut.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa menambahkan tamanbunga di depan panggung pelaminan yang dilengkapi pencahayaan modern. Itu akan membuat singgasana pelaminan pengantin Minang menciptakan sebuah sentuhan mewah yang menyemarakkan suasana pesta pernikahanmu.

Itulah 5 hal yang membuat dekorasi pelaminan Minang nampak menakjubkan. Apakah kamu masih ragu untuk tidak menggunakan dekorasi yang berasal dari daerah Sumatera Barat ini? Kalau kamu ingin melangsungkan pernikahan dengan dekorasi ini, kamu bisa menemukan vendor dekorasi pernikahan yang berpengalaman menciptakannya di Wedding Market.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...