Pilih Kategori Artikel

Yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memilih Konsep Dekorasi Pernikahan Outdoor Minimalis
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Tentunya saat menggelar pesta pernikahan semuanya ingin berjalan dengan lancar tanpa adanya suatu kendala. Jika kamu mengusung dekorasi pernikahan outdoor minimalis tentunya banyak pertimbangan yang harus diperhatikan.

Mulai dari persiapan, harus diatur dengan seksama agar pesta yang digelar sekali dalam pernikahan ini meninggalkan kesan mendalam di hati para tamu. Selain menampilkan nuansa yang indah pemkamungan venue, dengan menyelenggarakan pesta pernikahan di tempat terbuka suasana yang terjalin akan lebih hangat antara pengantin dan tamu undangan.

Sebelum kamu memutuskan untuk mengambil konsep pernikahan di luar ruangan ini ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar dekorasi pernikahan outdoor minimalis dapat berjalan lancar,  diantaranya yaitu: 

1. Cuaca

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan menggelar acara di outdoor adalah cuaca. Jika pernikahan Kamu akan dilaksanakan pada musim hujan, sebaiknya kamu menghindari tema dengan outdoor.

Namun bisa saja kamu menyewa jasa pawang hujan agar cuaca saat pernikahan cerah dan tidak hujan, akan tetapi semuanya itu tidak akan menjamin. Akan lebih baik jika kamu menggelar acara dengan memilih tempat yang menyediakan area outdoor dan indoor, sehingga jika saat turun hujan, pesta akan dipindahkan ke area indoor.   

2. Lokasi

Satu hal yang ingin ditampilkan saat kamu memilih lokasi outdoor adalah menampilkan indahnya pemandangan alam sekitar. Segeralah tentukan lokasi sesuai dengan konsep yang telah disepakati oleh semua keluarga. 

Suasana pantai yang menyuguhkan pemkamungan laut yang indah atau dengan suasana pegunungan yang asri dapat menjadi pilihan Kamu. Namun kamu juga harus memerhatikan lokasi agar tidak terlalu jauh. 

3. Kebersihan dan Kenyamanan

Saat kamu memilih lokasi untuk dekorasi pernikahan outdoor minimalis yang harus diperhatikan adalah masalah kebersihan dan kenyamanan untuk para tamu. Jangan sampai saat pesta berlangsung ada lalat atau serangga lain yang akan mengganggu kenyamanan para tamu.

4. Warna

Untuk pesta pernikahan yang mengusung outdoor kamu bisa memilih warna yang alami, seperti putih atau warna yang bisa menyatu dengan alam.

5. Tenda

Saat mengusung konsep outdoor tentunya kamu akan dipusingkan dengan adanya cuaca yang tidak menentu. Tentu saja untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, saat cuaca yang cerah tiba-tiba berubah menjadi hujan, kamu bisa mempertimbangkan untuk menyewa tenda agar kamu tidak perlu khawatir dengan hujan.

Ide Konsep Dekorasi Pernikahan Outdoor Minimalis

wm_article_img
Foto: Here Comes The Guide

Setelah mengetahui hal penting yang harus diperhatikan, selanjutnya untuk tema dekorasi pernikahan outdoor minimalis kamu bisa mencari beberapa ide yang bisa diterapkan, beberapa diantaranya adalah:

Outdoor Tema Kebun

Tema kebun atau merupakan salah satu yang paling banyak disukai, kamu bisa mengunakan di perkebunan atau peternakan. Dengan menggunakan tema ini kamu bisa menghemat budget untuk menyewa gedung, dan bisa dialihkan untuk menyewa halaman terbuka yang bisa kamu gunakan sebagai tempat pesta pernikahan.

Dengan menyewa tempat terbuka pastinya tidak akan kalah cantiknya dengan gedung yang megah. Dengan halaman yang kosong kamu bisa mendekor sesuai dengan selera yang kamu inginkan. Kamu bisa mengusung pernikahan bertema serba putih, mulai dari kursi tamu yang diselimuti oleh kain putih yang akan terlihat lebih sakral dan suci. Untuk jalan altarnya kamu bisa menaburinya dengan menggunakan kelopak bunga mawar putih yang menambah suasana lebih romantis.

Selain itu juga kamu bisa menyelenggaran pesta pernikahan di perkebunan atau lumbung padi. Kamu bisa menggunakan tumpukan jerami sebagai kursi dan meja untuk para tamu yang datang. Selain itu juga kamu bisa menghemat biaya sewa untuk furniture. Jerami-jerami atau ilalang kering dapat kamu tumpuk dan dijadikan furniture-furnitur lucu baik sebagai meja maupun kursi.

Pelaminan Bertemakan Kayu

Jika kamu memilih dekorasi pernikahan outdoor minimalis dengan tema rustic yaitu menggunakan kayu yang dijadikan pelaminan. Kamu juga bisa memadukan kursi kayu dengan papan yang bermuansa silver akan dapat menambah kesan elegant pada pesta pernikahan kamu.

Atau kamu juga bisa menggunakan kayu-kayu bekas yang disusun dengan rapi serta di tambah dengan ranting-ranting pohon akan memberikan kesan magis, dan juga bisa ditambahkan dengan batang pohon yang sudah di cat akan cocok bagi kamu yang menggelar pesta pernikahan di tempat terbuka.

Kamu juga bisa mendekorasi pelaminan kamu dengan bernuansa kayu yang sebagiannya di cat putih dengan garis vertical, yang bisa ditambah dengan lampu-lampu kecil berwana kuning akan menambah nuansa menjadi lebih hangat dan terkesan lebih minimalis.

Kursi Pelaminan di Bawah Pohon

Kamu bisa meletakkan kursi pelaminan yang ditempatkan di bawah pohon yang rindang, Selain hal ini bisa menekan budget, dekorasi pernikahan outdoor minimalis ini juga terlihat unik. Kamu juga bisa menambahan pita warna-warni di pelaminan dan juga rangkaian bunga di kursi tamu agar tercipta suasana yang lebih romantis.

Meja Tamu

Untuk menyambut para tamu undangan kamu bisa meletakan nama tamu undangan yang diletakan di mejanya, hal ini akan membuat tamu merasa disambut dengan special. Kamu tidak perlu mendekorasi dengan berlebihan, kamu bisa meletakan gelas atau jar sederhanan agar telihat cantik dengan rangkaian bunga warna-warni.

Pencahayaan

Apabila pesta pernikahanmu diselenggarakan pada malam hari, kamu tidak perlu menggunakan lampu yang terang. Kamu juga bisa menambahkan lampu yang berwarna kuning dan juga lilin yang menambah kehagangatan suasana.

Makeup dan Gaun Pengantin

Untuk makeup dan gaun yang kamu gunakan pada dekorasi pernikahan outdoor minimalis tidak harus terlihat mewah. Karena konsep pernikahan yang kamu usung berada di alam terbuka, makeup yang kamu gunakan bisa dibuat natural dan terlihat alami. Kamu tidak perlu memakai makeup yang terlalu menonjol, dengan menggunakan makeup yang minimalis kamu bisa terlihat lebih fresh saat menyambut para tamu undangan.

Saat mengusung tema pernikahann outdoor dengan diselenggarakan di kebun atau di taman, memakai gaun yang megah tentunya itu merupakan hal yang salah. Saat di udara panas tentunya kamu membutuhkan pakaian yang dingin dan bisa banyak bergerak. Gaun yang bisa kamu gunakan pun tidak perlu megah, kamu bisa memakai gaun yang sederhana ala bohemian, yang akan membuat penampilan kamu terlihat lebih cantik dan menarik. Selain cantik dan juga menyatu dengan alam, kamu pun terlihat lebih sederhana tanpa menghilangkan esensi dari pernikahan.

Menggunakan Souvenir Lokal

Suvenir yang biasa dijadikan sebagai buah tangan seperti kipas, asbak, tempat tisu atau yang lainnya sudah biasa kita temui pada pernikahan yang lain. Agar souvenir kamu terlihat menarik dan berbeda dengan yang lain kamu bisa menggabungkan produk-produk lokal di kebun tersebut ke pesta pernikahanmu.

Misalnya saat kamu mengadakan pesta pernikahan di perkebunan teh, kamu bisa menggunakan teh sebagai souvenir untuk para tamu, atau jika kamu menyelenggarakan pesta pernikahan di kebun stroberi, kamu bisa menjadikan selai stroberi sebagai suvenirnya.

Itu dia beberapa dekorasi pernikahan outdoor minimalis yang bisa kamu jadikan referensi jika ingin menggelar acara di area terbuka. Pastikan kamu memilih dekorasi pernikahan yang tepat untuk hari bahagia kamu dan pasangan, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...