Pilih Kategori Artikel

Elemen-elemen Dasar yang Dibutuhkan Dekorasi Pernikahan: Apa Sajakah Itu?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ketika kamu menggelar sebuah acara pesta pernikahan yang berkonsep sederhana atau pun mewah, tentunya, akan selalu ada yang namanya dekorasi pernikahan. Bukan begitu, ladies? Karenanya, setiap elemen dekorasi pernikahan tidak bisa dipisahkan dan memegang peran yang cukup penting untuk membangun suasana di hari spesialmu.

Sangat penting sekali bagi kamu dan pasangan untuk mengetahui apa saja elemen dekorasi pernikahan. Mengapa demikian? Hal ini penting bagi kamu untuk menambah pengetahuan dasar saat berbincang dengan vendor dekorasi pernikahanmu.

Memilih sebuah dekorasi yang tepat ternyata bisa mengubah venue pernikahan yang sederhana menjadi sangat indah, lho. Eits, kamu tidak usah repot-repot lagi untuk mendekor semua celah dan celuk agar terlihat berkesan.

Lebih baik, kamu fokus saja pada elemen-elemen pada dekorasi pernikahan. seperti misalnya, ada di beberapa titik. Simak baik-baik, ya ladies.

1. Pintu masuk

Setiap menggelar apapun acara, terutama acara pesta pernikahan. Tentunya, akan terdapat pintu masuk sebagai tanda hormat untuk menyambut para tamu undangan yang hadir. Elemen dekorasi pernikahan ini adalah jantung utama berkesan atau tidaknya pesta pernikahan kamu.

Dalam dekorasi pernikahan, kamu pasti akan mendekor beberapa elemen yang ada di dalam pesta pernikahan. Seperti misalnya pada pintu masuk atau gate in. Nah, ada pula beberapa alternatif dalam menghias pintu masuk. Namun, itu semua disesuaikan dengan venue pernikahan yang kamu pilih dengan pasangan, kok.

Jika kamu memilih gedung sebagai venue pernikahanmu. Maka, kamu bisa menggunakan pintu gedung pernikahan dengan membuat gapura atau gerbang kecil. Bisa juga dengan alternatif lainnya hanya dengan meletakkan dua vas bunga di sisi kiri dan kanan.

Vas bunga tersebut yang kamu letakkan di pintu masuk. Kamu bisa memberikan dekorasi tambahan dengan bunga, pita, karangan bunga, atau elemen lainnya. Jangan sampai vas bunga tersebut malah terlihat datar dan biasa saja, ya ladies. Dekorasi sebaik mungkin yang mampu menandakan kalau sedang berlangsung acara pesta pernikahanmu.

2. Jalan setapak menuju pelaminan

Elemen dekorasi pernikahan ini selalu ada di setiap acara pesta pernikahan yang di gelar. Tentunya pasangan calon pengantin bahkan para tamu undangan akan berjalan menuju ke pelaminan. Nah, biasanya kamu menuju pelaminan harus menyesuaikan dengan red carpet yang sudah disediakan pihak dekorasi pernikahan. Itulah yang dinamakan jalan setapak (aisle),

Jalan setapak yang paling sering ditemukan di setiap acara pesta pernikahan berupa karpet merah yang ditaburkan beberapa helai bunga.

Kalau kamu memilih kebun sebagai salah satu pilihan venue pernikahanmu. Kamu bisa menggunakan beberapa potongan kayu untuk dijadikan sebagai penambah dekorasi agar terlihat lebih cantik. Kamu perlu memastikan bahwa jalan setapak tersebut tidak kosong, ya.

3. Pelaminan Pengantin

Apakah kamu sering melihat bahwa setiap pelaminan pengantin dijadikan sebagai salah satu pusat perhatian para tamu undangan?

Banyak sekali para ahli dekor yang menyarankan bagi pasangan calon pengantin untuk meluangkan budget pernikahan dengan porsi yang lebih besar untuk pelaminan. Pelaminan dijadikan sebagai fokus utama dari acara dan dijadikan sebagai latar belakang dari setiap foto.

Itulah mengapa pelaminan pengantin harus di dekorasi secantik mungkin.

4. Tempat makan VIP

Jika kamu menggelar acara pesta pernikahan yang konsep makannya sambil duduk, Maka, berikan dekorasi di tengah-tengah meja merupakan sebuah hal kewajiban. Bahkan jika kamu membuat acara pesta pernikahan yang memiliki konsep standing party atau jamuan berdiri. Maka, berikan dekorasi di tengah meja yang memang diperlukan untuk tamu VIP dan meja makan keluarga. 

Di sini, kamu tidak perlu memberikan hiasan yang begitu mewah, kok. Kamu bisa saja menambahkan toples kaca yang dihias dengan setangkai bunga. Dengan kamu menambahkan hiasan bunga yang begitu baik nan cantik. Meja tersebut akan terlihat lebih cantik dan tamu undangan kamu pun akan merasa disambut dengan baik, lho.

5. Pencahayaan

Mengapa pencahayaan masuk ke dalamelemen dasar yang harus didekorasi pernikahan yang tidak boleh dilupakan? Karena pencahayaan yang baik ternyata dapat memperkuat suasana dan membuat venue pernikahan dan dekorasi terlihat lebih hidup. Ya kan, ladies?

Walaupun kamu menggelar sebuah acara pesta pernikahan outdoor. Pencahayaan pun tetap diperlukan, kok. Apalagi jika pesta pernikahanmu dilakukan di malam hari. Gak kebayang kan bagaimana indahnya dengan pencahayaan yang begitu cantik nan romantis?

Tetapi, kamu juga perlu untuk menghitung area mana saja yang membutuhkan lampu tambahan. Banyak dikitnya area yang membutuhkan lampu itu akan memengaruhi budget pernikahan kamu. jangan sembarangan untuk menyiapkan kebutuhan peralatan lampu, ya. Konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya.

6. Bunga

Pada umumnya, bunga hampir selalu digunakan untuk dekorasi pernikahan. Dengan bebasnya kamu bisa memilih bunga-bunga mana saja yang ingin digunakan saat acara pesta pernikahan. kamu juga perlu menghitung berapa jumlah bunga yang diperlukan. Penyebabnya adalah harga bunga bisa dibilang mahal, lho.

Kamu harus meminimalisir kebutuhan yang tidak terlalu penting atau mengontrol sesuai kebutuhannya. Jangan terlalu berlebihan. Itulah penyebab mengapa budget pernikahanmu bisa membengkak. Jika perlu, kamu tanyakan terlebih dahulu pada penjual perihal mana sajakah bunga lokal.

Selain itu, bunga pernikahan juga harus bisa dirangkai dengan komposisi yang baik. Agar komposisi bunga tersebut tidak terlihat norak dan berantakan. Agar tidak terjadi yang tidak diinginkan. Konsultasikan kepada ahli perangkai bunga mengenai tipe bunga serta peletakan yang tepat. Hitung-hitung kamu nambah pengetahuan, juga lho.

7. Photo booth

Kini, setiap pasangan calon pengantin menghadirkan photo booth untuk menciptakan sebuah momen acara pernikahan. photo booth ini biasanya dijadikan sebagai ajang kerabat atau keluarga berkumpul. Tak jarang jika para tamu undangan yang tidak ingin melewatkan momen kebersamaan ini dengan berfoto.

Kamu bisa ajak tim dekorasi pernikahan untuk membuat stand photo booth di dekat pintu kedatangan. Bukan hanya stand yang kamu sediakan. Tetapi, juga fotografer dengan kamera polaroid atau printer sehingga foto bisa dicetak saat itu juga.

8. Dekorasi catering

Ternyata, elemen dasar dalam dekorasi pernikahan juga termasuk pada tata letak catering yang disajikan dalam pesta pernikahan. Seperti misalnya, kombinasi antara meja panjang, bulat, dan kotak.

Ini juga harus dipikirkan perihal peletakan meja agar tidak memenuhi ruangan. Dengan penambahan dekorasi catering dan tata letak, justru akan terlihat lebih serasi, serta tamu undangan dapat berjalan dengan lancar.

9. Menggunakan maksimal 3 warna

Dalam dekorasi pernikahan, disarankan untuk tidak boleh menggunakan lebih dari 3 warna. Jika ingin menambahkan beberapa warna. Justru warna yang ingin digunakan harus dipadupadankan dengan warna terang dan gelap.

Seperti misalnya, jika kamu mengusung konsep pernikahan Minang. Memang, adat Minang memiliki warna wajib yaitu merah. Nah, kamu bisa memadukannya dengan warna yang lebih kalem seperti putih atau warna lainnya.

10. Memikirkan suasana venue pernikahan

Sebagian besar pasangan calon pengantin yang tidak mempertimbangkan suasana venue pernikahan mereka. Misalnya, Balai Sudirman di Jakarta dominan dengan merah dan emas. Kemudian, jika kamu memilih dekorasi berwarna biru. Maka, warna dekorasi pernikahan tersebut tidak akan cocok dengan suasana gedung.

Nah, bagaimana kah caranya untuk mengakali perihal tersebut? cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menutup dinding gedung dengan tirai yang tinggi. Tetapi, ini akan menghabiskan banyak budget pernikahan kamu, lho. Jika kamu tidak ingin budget pernikahanmu membengkak. Lebih baik kamu mengganti konsep pernikahanmu atau venue pernikahannya.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai elemen-elemen dasar yang dibutuhkan dekorasi pernikahan. Bahwa sebuah dekorasi yang bagus dan indah tidak akan ada artinya jika sajian menu hidangan kamu tidak lezat nan sedap.

Sebelumnya, kamu harus konsultasikan terlebih dahulu pada vendor dekorasi pernikahan Bagaimana baiknya yang harus kamu terapkan. Dia pun lebih paham karena sudah berpengalaman. Nah, kalau kamu ingin mendapatkan vendor yang berpengalaman, kamu bisa mendapatkannya di Wedding Market! klik disini yaa!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...