6 Inspirasi Model Gaun Pengantin Adat Bugis yang Elegan

30 Jun 2020 | By Wedding Market | 139
6 Inspirasi Model Gaun Pengantin Adat Bugis yang Elegan
Foto: Didiet Maulana

Adat adalah nilai kebudayaan yang patut dilestarikan supaya dapat dibanggakan dari waktu ke waktu. Namun baju adat mulai tersingkirkan oleh busana yang katanya modis dan mengikuti trend. Padahal gaun pengantin adat Bugis juga tidak kalah elegan dengan gaun yang bergaya internasional.

Perkembangan baju pengantin adat Bugis 2020 terbilang cukup fantastis. Terlebih lagi, baju bodo sebagai nama baju adat Bugis dan Makassar dapat dimodifikasi lebih cantik. Kamu harus tahu kalau pengaplikasian pakaian adat kedua suku sangatlah menarik dan sepadan. Berikut beberapa gaun pengantin yang merupakan perpaduan baju adat Bugis dan Makassar:

1. Perpaduan Warna Hijau dan Gold

Menurut sejarah, warna hijau dapat membuat tampilan seperti bangsawan. Karena dulunya warna ini hanya digunakan oleh orang berdarah biru. Namun pada era modern ini, baju bodo mulai dilestarikan sebagai baju kebesaran saat acara pernikahan.

Buat perpaduan antara warna hijau dengan gold, untuk memberi kesan selayaknya kaum priyayi. Gunakan lengkap dengan semua aksesoris wajib baju bodo dan tambahan riasan pengantin. Maka kamu akan tampil seperti ratu pangeran Bugis yang cantik dan elegan.

2. Modifikasi Baju Bodo Jadi Gaun Pengantin

Modifikasi pakaian adat suku bugis jadi gaun pengantin juga dapat digunakan oleh para hijabers. Selain untuk pemberkatan, gaun pengantin ini juga anggun bila digunakan untuk acara resepsi. 

Kemudian kombinasikan baju bodo warna pine green bersama sarung Makassar corak kotak dengan berbagai warna. Baju bodo juga dapat dikombinasikan dengan kain dari bahan lain sebagai baju pengantin modern. 

3. Taburan Pattern Emas


Baju bodo warna putih dengan taburan pattern emas akan membuatmu tampak mewah dan eleganKamu bisa memakai baju bodo khas suku makassar untuk atasan dan bawahan. Padu padankan dengan kalung dan hiasan kepala dari kepingan emas khas suku Bugis. Kemudian kenakan sarung sutera lebar khas Bugis dengan tambahan motif berwarna emas agar tampak berkilau.

Perpaduan baju bodo warna putih dengan bawahan hitam juga menarik jika kamu ingin yang berbeda. Kenakan rok lebar warna hitam dengan motif bunga warna emas yang ramai. Kamu juga bisa menggunakan henna warna putih bersama gelang patepok khas Makassar.

Pada baju, kenakan motif full gold melebar pada bagian tengah dada dengan sentuhan warna perak. Lalu aplikasikan gaya khas Bugis pada hiasan kepala dan kalung dari bunga perak beserta selendang kuning.

4. Modifikasi Baju Bodo Dengan Kebaya Hitam

Modifikasi baju bodo dengan kebaya hitam merah juga cocok bila dikenakan saat pesta pernikahan. Baju pengantin adat bugis warna hitam ini akan membuatmu tampil sangat cantik dan anggun.

Padukan dengan aksesoris keemasan yang digunakan oleh suku bugis. Pemakaian dua model kalung sangat pas pada kebaya yang berdada lebar. Lalu hiasi dengan bunga merah pada bagian bawah sanggul untuk mempercantik tampilan.

5. Gaya Keemasan yang Mewah


Model semacam ini cocok dipakai dalam pesta pernikahan yang mengusung tema gold untuk lebih semarak. Nikmati pesta pernikahan dengan nuansa emas yang cerah dan pengantin yang mempesona. Pakailah kombinasi putih krem, kuning matang dan gold pada dekorasi dan ruangan agar lebih menakjubkan.

Sebagai wanita muslimah, kamu pasti lebih suka pakaian yang serba tertutup mulai dari atas sampai bawah. Kamu bisa menggunakan baju turtleneck pada bagian dalam maupun luar untuk menutupi leher.

Cocokkan dengan warna dekor, yakni warna emas terang pada bagian atas. Lalu padukan warna emas dengan beberapa motif bunga kecil warna putih pada bagian bawah. Warna ini lebih pas bagi kamu yang memiliki kulit putih.

Pakai hijab yang sewarna dengan baju dan buatlah seperti sanggul. Kemudian hiasi bagian kepala dengan hiasan khas Bugis dan sedikit sentuhan warna merah di bawah sanggul. 

Pemakaian aksesoris lengkap khas Bugis berguna juga untuk memperkenalkan kalau kamu pengantin suku Bugis. Selain itu, aksesoris ini juga dapat dikenakan untuk pernikahan adat suku Makassar.

Warna emas juga bisa digabungkan dengan warna merah atau warna mencolok lainnya untuk tampil lebih menawan. Terlebih lagi, untuk menyesuaikan dengan warna kulit, baju pasangan, tema pesta, dan selera masing-masing.

Kalau kamu lebih suka tampil sederhana dengan nuansa yang berbeda, kamu bisa mengganti dengan warna pink. 

Kalau kamu memakai hijab, pilih baju bodo warna pink yang berlengan panjang. Pakai sarung corak kotak kemerahan khas Bugis untuk bagian bawah. Corak ini untuk mendukung kamu guna tampil lebih manis dan cute.

6. Kombinasi Biru dan Silver

Kombinasi dua warna ini akan membuatmu tampil fantastis menyegarkan. Kenakan baju bodo warna biru muda dengan motif warna silver di setiap tepi.

Buatlah perpaduan kedua warna tersebut untuk bagian bawah yang lebih indah. Pasangkan warna putih dengan motif warna abu-abu yang ramai. 

Lalu kombinasikan dengan sarung kotak lebar khas bugis yang dibuat terbelah dan memanjang ke belakang. Pilih warna kebiruan dengan sentuhan berbagai warna cerah dan motif simpel warna putih pada sarung. Tambahkan renda lebar warna biru cerah pada tepi sarung agar lebih memukau

Kenakan perhiasan khas bugis warna silver untuk kepala, leher, anting dan tangan. Tambah aksen bunga warna biru dan warna cerah lainnya pada bagian bawah sanggul agar lebih cantik. Pemilihan warna bunga sebaiknya disesuaikan dengan warna gaun yang lebih dominan.

Perbedaan baju adat Bugis dan Makassar yang tidak terlalu mencolok menjadikan keduanya serasi. Perhiasan sampai motif dan kain dapat dipadukan tanpa teknik yang ribet. Selanjutnya pilihlah pakaian terbaik yang menurutmu cocok dan menarik jika dikenakan di hari bahagia. Beberapa pilihan gaun pengantin adat Bugis di atas juga tidak kalah elegan bukan?

Yuk temukan pakaian yang cocok untukmu dengan ribuan pilihan menarik di WeddingMarket. Sebelum memilihnya, kamu bisa leluasa melihat model-model gaun tersebut. Yuk segera klik disini.


Foto: instagram.com/pengantinnusantara, instagram.com/iqramakeup/


Artikel Terkait



Temukan Vendor Untuk Pernikahan