Pilih Kategori Artikel

Bagaimana Memilih Gedung Pernikahan Impian? Ternyata Tidak Mudah Loh!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Menentukan pilihan gedung pernikahan impian ternyata tidak gampang loh, karena harus menyesuaikan dengan tema pernikahan dan beberapa hal lainnya. Sebelum menjatuhkan pilihan, kamu perlu menyiapkan waktu untuk melakukan pengecekan langsung ke gedung pernikahan tersebut guna memastikan kesesuaiannya.

Belum lagi,  kamu juga harus menyesuaikan jadwal kosong gedung pernikahan tersebut dengan tanggal acara pestamu nantinya digelar. Hal inilah yang membuat pasangan yang akan menjadi pengantin baru harus berburu gedung pernikahan setahun bahkan satu setengah tahun sebelumnya.

Meskipun demikian, jangan khawatir! Saat ini sudah ada beragam gedung pernikahan yang bisa kamu sewa dengan mudah. Cara pengecekan dan pemesanannya pun sederhana, terutama untuk kamu yang tidak punya banyak waktu luang. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan gedung pernikahan yang mana, sebaiknya kamu mencermati opsi yang ada dengan baik. 

Bila tidak teliti, bisa-bisa kamu malah mendapatkan gedung pernikahan yang tidak sesuai dengan konsepmu! Berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum menentukan pilihan gedung pernikahan impian, seperti:

1. Penampilan Fisik

wm_article_img
Wedding venue: GH Universal Hotel

Sekarang, sudah banyak venue yang memang dikhususkan sebagai gedung pernikahan, bukan hanya hotel atau gedung perkantoran saja. Gedung pernikahan yang berdiri sendiri ini pun biasanya mempunyai konsep pada bangunannya.

Catatan penting buat kamu yang hendak menyewa gedung pernikahan, telitilah penampilan fisik gedung tersebut dengan baik. Cek juga apakah ada cacat dalam cat gedung, langit-langit, sampai ke pilar-pilarnya. Bila kamu yakin akan ada banyak tamu yang membawa kendaraan, cek juga apakah lapangan parkir yang tersedia akan memadai untuk menampung semua tamu yang ada.

2. Fasilitas

wm_article_img
Wedding venue: Gran Melia Jakarta

Gedung pernikahan wajib untuk memiliki fasilitas yang memadai dan mendukung acara. Fasilitas paling utama pada sebuah gedung pernikahan seperti kamar kecil, ruang ganti pengantin dan keluarga, daya listrik dan ketersediaan genset. Lebih bagus lagi apabila gedung pernikahan yang menjadi pilihan kamu mempunyai fasilitas valet parking untuk mempermudah para tamu mendapatkan parkir kendaraan mereka.

3. Harga Sewa

wm_article_img
Wedding venue: Hotel Bidakara

Harga sewa gedung pernikahan biasanya akan menjadi kendala para pasangan yang akan menyelenggarakan pesta pernikahan di gedung. Memang, harga sewa gedung akan berbeda-beda sesuai dengan fasilitas yang disediakan oleh gedung yang bersangkutan.

Sebelum memutuskan hendak menyewa gedung pernikahan yang mana, kamu dapat mengumpulkan beberapa brosur atau mencari infomasi melalui internet tentang harga sewa beberapa gedung pernikahan, sehingga dapat dijadikan acuan dalam memilih. Selanjutnya kamu bisa mengecek sendiri langsung ke pengelola dari gedung pernikahan itu, karena terkadang harga yang tercantum di brosur atau internet bukan harga terbaru.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba mencari kenalan atau teman yang bekerja di bagian penyewaan gedung. Ajak dia bertemu dan siapa tahu, kamu bisa dapat diskon harga sewa? Belakangan ini, kampus-kampus juga menyewakan auditorium mereka untuk gedung pernikahan. Ini juga bisa kamu jadikan cara mengakali harga sewa. Cari informasi mengenai persewaan gedung di kampus almamatermu, lalu gunakan kartu alumni yang kamu punya untuk mendapatkan diskon.

4. Jadwal

wm_article_img
Wedding venue: Goodrich Suites

Sudah menemukan gedung pernikahan yang sesuai, juga sudah melakukan pengecekan fisik serta fasilitasnya, dan harga sewanya pun sesuai dengan budget kamu. Selanjutnya, yang harus dicocokkan adalah tanggal acara kamu dengan jadwal yang dipunya oleh gedung pernikahan.

Memang akan sangat mengecewakan, bila gedung yang sudah diidamkan ternyata jadwalnya sudah penuh pada hari H pernikahan. Bila itu terjadi, maka kamu terpaksa harus melakukan pencarian lagi. Akan tetapi, jika jadwal gedung pernikahan dan jadwal acara kamu sudah cocok, sebaiknya segera lakukan pembayaran uang sewa atau uang muka.

Jangan menunda-nunda pembayaran, agar tanggal acara kamu dapat langsung diagendakan oleh pengelola gedung pernikahan ini. Biasanya uang muka yang harus kamu bayarkan berkisar antara sepuluh hingga dua puluh persen dari harga sewanya.

5. Kapasitas

wm_article_img
Wedding venue: The Grove Suites

Langkah selanjutnya adalah menyesuaikan jumlah undangan dengan kapasitas gedung  pernikahan yang  menjadi pilihan kamu. Kapasitas sangat penting karena tentu akan berpengaruh ke jumlah tamu yang bisa kamu undang, pun juga memengaruhi budget secara keseluruhan karena kamu akan mengeluarkan uang lebih untuk undangan dan makanan. Memang, saat melakukan peninjauan, kamu juga dapat menanyakan kapasitas gedung bila kartu undangan sudah dicetak.

Akan tetapi, bila undangan belum dicetak, maka kamu masih dapat menyesuaikan jumlah tamu undangan yang akan kamu undang dengan kapasitas gedung. Jangan sampai ukuran gedungmu lebih kecil daripada jumlah undangan yang kamu sebar, ya! Kamu tidak ingin, bukan, kalau tamu-tamumu berdesakan di dalam suatu venue yang sempit?

6. Syarat dan Ketentuan Venue

wm_article_img
Venue: Manhattan Hotel

Masing-masing gedung pernikahan akan mempunyai aturan-aturan mereka sendiri. Secara umum, aturannya mungkin akan sama, tetapi ada beberapa hal khusus yang tidak akan sama. Aturan yang biasa berlaku pada gedung pernikahan pada umumnya adalah seputar lamanya waktu penyelenggaraan pesta. 

Biasanya gedung pernikahan dalam sehari dapat menyelenggarakan dua acara pernikahan sekaligus: pada siang dan malam hari. Lalu, gedung pernikahan biasanya akan meminta pelunasan biaya sewa paling lama tiga bulan sebelum tanggal acara dilaksanakan.

Sementara itu, peraturan yang berbeda, antara lain seputar besaran uang muka, cara pembayaran, teknis penggantian tanggal, alih fungsi gedung, dan lain-lain. Memang, bila terjadi pembatalan, ada beberapa gedung pernikahan yang tidak bersedia mengembalikan uang muka yang sudah dibayarkan. Ada juga aturan tentang penundaan atau pengubahan tanggal acara yang berbeda di setiap venue.

Tempat Ibadah sebagai Alternatif Gedung Pernikahan Impian

wm_article_img
Venue: Masjid Ramlie Musofa | Foto: Askar Photography

Bilamana kamu masih mengalami kesulitan dalam mencari gedung pernikahan impianmu dan pasangan, tempat ibadah bisa menjadi sebuah alternatif. Sekarang ini, ada beberapa tempat ibadah yang menyediakan layanan wedding atau dapat dijadikan tempat untuk acara pernikahan. 

Akan tetapi, menjadikan tempat ibadah sebagai gedung pernikahan akan mempunyai beberapa aturan yang wajib dipatuhi, seperti:

1. Dekorasi yang diperbolehkan

wm_article_img
Dekorasi: Dariteduh

Acara pernikahan tentunya akan identik dengan dekorasi yang meriah dan cerah dengan warna-warni bunga atau hiasan lainnya. Namun, rumah ibadah memiliki aturannya sendiri sebagai gedung pernikahan. Misal, ada rumah ibadah yang tidak mengizinkan penggunaan bunga-bunga secara berlebihan.

Ada juga rumah ibadah yang tidak memperbolehkan kamu mengubah susunan layout yang sudah ada. Ada pula rumah ibadah yang hanya membolehkan kamu menggunakan sebagian kecil dari ruangan yang ada. Jadi, kamu harus dapat berkreasi untuk menghias rumah ibadah yang kamu gunakan dengan dekorasi yang minimalis.

2. Prosesi Adat

wm_article_img
Dekorasi: Dariteduh

Kamu yang ingin melangsungkan acara pernikahan di rumah ibadah, sebaiknya tidak melakukan prosesi adat yang rumit. Kebanyakan rumah ibadah tidak akan mengizinkan penggunaan sebagai gedung pernikahan dengan suara yang terlalu berisik dan membutuhkan dekorasi yang rumit. Selain itu, rumah ibadah biasanya mempunyai ruangan yang tidak boleh diutak-atik, sehingga kamu tidak dapat leluasa menggunakan sudut-sudut di dalam rumah ibadah untuk melakukan prosesi adat.

Kamu akan kurang mampu melaksanakan prosesi-prosesi yang diperlukan dalam ritual pernikahan secara adat, bila melangsungkannya di rumah ibadah. Belum lagi, terkadang ada beberapa aspek dalam ritual adat yang bertabrakan dengan rumah ibadah itu sendiri, sehingga kurang disarankan untuk melangsungkan pernikahan adat di rumah ibadah, apalagi bila pernikahan itu rumit.

3. Keterbatasan Waktu

Sesuai fungsinya sebagai tempat beribadah, jika rumah ibadah dapat dijadikan gedung pernikahan, maka waktu penyelenggaraan acara kamu tentunya akan dibatasi. Ketatnya waktu pelaksanaan membuat kamu harus mengusahakan acara yang sederhana. Laksanakan acara yang inti saja.

Karena ada beberapa rumah ibadah yang mengharuskan pemakaian selesai beberapa jam sebelum waktu ibadah. Kalau kamu tidak ingin hal itu terjadi, konsultasikan dahulu mengenai pemakaian rumah ibadah sebagai gedung pernikahan ke pihak pengelola gedung. Siapa tahu, pengelola memiliki solusi untuk kamu yang ingin melaksanakan pernikahan dengan waktu sedikit lama?

4. Dress Code

wm_article_img
Foto via Kembangpeningset Organizer

Membayangkan beach party? Atau pesta pernikahan semarak dengan gaya boho-chic? Sebaiknya, tahan semua idemu, karena tidak semua rumah ibadah akan menyetujui pesta dengan tema demikian! Pada umumnya, untuk menggunakan rumah ibadah sebagai gedung pernikahan, ada aturan tidak tertulis  bahwa kamu harus mengenakan baju formal.

Ingat, walau keperluanmu di sana untuk acara pernikahan, tetap saja yang kamu pakai adalah sebuah rumah ibadah! Tentu saja, aturan standar saat beribadah, seperti baju formal juga masih berlaku. Kamu harus menghormati fungsi pokoknya sebagai tempat sembahyang.

5. Keleluasaan Jenis Acara

wm_article_img
Foto: Mada Photography

Sudah tentu, bila kamu menggunakan rumah ibadah sebagai gedung pernikahan, acara-acara yang bisa kamu laksanakan pun menjadi terbatas. Bila di venue lainnya kamu bisa mengadakan acara untuk penyemarak pesta, seperti games, pelepasan botol champagne, dan sebagainya, tidak demikian halnya di rumah ibadah. Kalau kamu mempunyai rencana untuk melakukan prosesi yang sifatnya tidak wajib maka hal ini tidak diperbolehkan dilakukan di gedung pernikahan rumah ibadah.

Acara-acara yang tidak berkaitan dengan acara inti pernikahan, apalagi yang sifatnya hura-hura, sangat tidak disarankan untuk dilakukan di rumah ibadah. Ingat, tempat ibadah agama apa pun, sifatnya sakral. Sehingga kamu tidak bisa sembarangan menggunakan rumah ibadah untuk acara yang seenaknya.

Daripada acaramu diganti saat hari pernikahan, lebih baik kamu konsultasikan sampai tuntas dengan pihak pengelola. Selain meminimalisir miskomunikasi, kamu pun jadi lebih bisa mengonsep acara dengan lebih matang tanpa melanggar aturan penggunaan rumah ibadah.

6. Menjaga Kebersihan

wm_article_img
Foto: Mada Photography

Menjaga kebersihan di mana pun itu merupakan hal yang wajib dilakukan. Begitu juga saat di gedung pernikahanmu. Walau pun itu tempat ibadah, penting sekali untuk menjaga kebersihan lingkungan baik di dalam maupun di luar gedung. Jadi, bisa saja kamu mencari alternatif untuk konsumsi, agar nantinya tidak membuat kotor di dalam dan luar ruangan.

Kamu sendiri nantinya akan beribadah di tempat itu, bukan? Karenanya, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rumah ibadah yang kamu gunakan sebagai gedung pernikahan, baik itu sebelum, selama, dan sesudah acara pernikahan kamu selesai!

Bagaimana menurut kamu? Rupanya, memilih gedung pernikahan impian tidaklah mudah, bukan? Ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan, belum lagi opsi-opsi yang tersedia saat ini pun pasti membuatmu kesulitan memilih.

Jangan lupa, masih ada rumah ibadah dengan harga sewa yang cukup miring, sebagai alternatif kalau kamu ingin mengadakan pesta pernikahan yang sederhana-sederhana saja. Dengan berbagai rumah-rumah ibadah yang ada, kamu sebenarnya bisa mengadakan pesta pernikahan yang utiliter dan hanya berfokus pada inti dari pernikahan itu sendiri, tanpa mengurangi kesakralannya.

Dengan sebanyak itu pilihan yang ada, mana yang kamu pilih? Apakah sudah semakin mantap dengan gedung pernikahan impian incaranmu? Ingat, jangan gegabah memilih gedung pernikahan, pilih yang pasti seperti di WeddingMarket venue deals demi pernikahan yang indah dan tak terlupakan! Tentunya, kamu pun dapat memanfaatkan diskon dan promo menarik yang ditawarkan. Selamat berburu gedung pernikahan!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...