Mengapa Harga Wedding Organizer Berbeda-beda?

22 May 2020 | By Wedding Market | 26
Mengapa Harga Wedding Organizer Berbeda-beda?
Foto: Valent Cindy

Ada banyak manfaat ketika seseorang menyewa jasa wedding organizer. Pastinya pernikahan akan lebih lancar dan pastinya bebas dari gangguan karena diurus oleh tim professional. Sayangnya ada beberapa hal yang membuat orang berpikir dua kali yaitu soal harga wedding organizer.

Ada beberapa wedding organizer yang memberikan harga jasanya di bawah 10jt, namun ada juga wedding organizer yang menawarkan harga jasanya dengan harga lebih dari 50jt!

Nah, jika kamu merasa harga paket wedding organizer yang ditawarkan terlalu mahal. Ada baiknya kamu mengenali terlebih dahulu alasan mengapa ada wedding organizer yang mematok harga yang cukup mahal. Selain itu, kamu jadi bisa memilih jasa yang bisa dipakai atau tidak.

1. Adanya jasa wedding planner

Pastinya dalam membuat sebuah pernikahan, kamu menginginkan semua vendor yang dipakai sesuai dengan budget dan keinginan. Nah, beberapa wedding organizer menyediakan paket lengkap. Jika ada paket lengkap berarti wedding organizer akan juga menyediakan jasa planner.

Wedding organizer akan bertugas untuk membantu persiapan kamu secara keseluruhan mulai dari memilih vendor, bertemu dengan vendor hingga akhirnya memproses saat sudah mendapatkan vendor pilihan. Kamu akan terus dibantu agar komunikasi berjalan lancar dan memastikan tidak ada hal yang kurang atau lupa.

Paket seperti inilah yang membuat harga wedding organizer jadi memiliki biaya tambahan. Pastinya tim wedding organizer harus memberikan satu atau dua orang staff untuk menemani kamu saat bertemu dengan vendor. Selain itu, kamu pastinya akan banyak meminta bantuan wedding organizer.

Tak hanya berurusan dengan vendor saja tetapi juga dengan pihak lain seperti keluarga dan teman. Maka dari itu, wedding organizer akan banyak mengeluarkan tenaga dan pikiran untuk proses persiapan pernikahanmu. Maka jangan heran jika harganya bisa melambung tinggi. 

Jika ingin lebih hemat, kamu bisa mencoba dengan menyiapkannya sendiri. Kamu bisa berkeliling dan mencari vendor yang sudah sesuai. Jika sudah ketemu, barulah kamu menghubungi wedding organizer dan meminta mereka membantu saat hari H saja. Pasti harganya akan lebih terjangkau.

2. Jumlah crew yang bertugas

Pastinya kamu akan membutuhkan sejumlah crew yang akan membantu pernikahanmu. Jika kamu benar-benar mau bebas repot pastinya membutuhkan crew wedding organizer yang banyak. Bila ingin merasakan seperti ini mungkin kamu membutuhkan crew sebanyak 10 sampai 15 orang, tentunya hal ini akan mempengaruhi harga wedding organizer tersebut.

Jumlah crew sebanyak itu biasanya ditempatkan di berbagai pos penting misalnya menjaga pos makanan alias catering, di pintu masuk untuk membantu penerima tamu hingga mengurus tamu VIP. Konsep pernikahan yang cukup rumit juga biasanya membutuhkan crew lebih banyak.

Misalnya kamu ingin ada beberapa kegiatan seperti iring-iringan di tengah tengah resepsi. Tentu saja hal ini akan membuat kamu membutuhkan banyak orang agar aksinya sukses. Jumlah crew yang banyak ini juga bisa kamu pakai bila kamu ingin semua urusan diurus oleh wedding organizer.

Jika kamu menginginkan model seperti itu maka wajar saja harganya akan melambung tinggi. Lalu bagaimana jika ingin menghemat dalam hal ini? Kamu memang harus bersedia lebih repot atau merepotkan keluarga. Misalnya saja kamu bisa minta tolong keluarga untuk di beberapa pos seperti makanan dan penerima tamu.

Jumlah crew standar sebenarnya bisa dilihat dari jumlah tamu. Bila kamu mengundang 500 orang maka kira-kira crew yang dibutuhkan cukup 6 sampai 7 orang. Pastinya kamu harus mencari orang lain seperti keluarga dan teman untuk menjadi panitia sehingga mengisi bagian yang tidak diurus wedding organizer.

Bahkan beberapa orang hanya menginginkan wedding organizer untuk mendampingi pengantin serta memastikan rundown berjalan lancar. Tentu saja hal itu bisa dilakukan. Kamu harus bisa melihat kebutuhan dan konsep pernikahan yang ingin kamu bawa. 

3. Durasi 

Beberapa paket wedding organizer juga menghitung berdasarkan durasi. Ada yang punya paket untuk durasi sekitar 6 jam atau ada yang sampai 12 jam. Biasanya untuk yang 12 jam merupakan konsep pernikahan yang melakukan akad atau pemberkatan pada pagi hari dan resepsi pada malam harinya.

Perbedaan durasi ini wajib diperhatikan karena berarti tim wedding organizer harus standby lebih lama. Proses persiapan dan lainnya akan jauh lebih rumit bila dilakukan dalam durasi yang lebih panjang yang menyebabkan harga wedding organizer tersebut akan mengelamai penyesuaian. Maka dari itu, kamu bisa memilih pengaturan waktu lebih bijaksana bila budgetnya terbatas.

Tapi tak semua wedding organizer memberlakukan sistem ini. Ada pula wedding organizer yang menyamakan durasi. Nah, ini bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih wedding organizer. Kamu cukup memilih yang tanpa durasi saja supaya bisa mendapatkan keuntungan yang berlebih.

4. Lokasi

Ada banyak faktor yang mempengaruhi harga dengan lokasi. Pertama adalah jarak antara wedding organizer dengan venue resepsi maupun akad. Maka dari itu, usahakan kamu memilih wedding organizer yang dekat dengan lokasimu saja. Misalnya kamu tinggal di Tangerang maka sebaiknya cari di sekitaran Tangerang saja.

Tak hanya membutuhkan ongkos saat hari H, tim wedding organizer juga akan membutuhkan biaya lebih saat melakukan rapat terutama dengan keluarga. Jadi jangan heran jika beberapa wedding organizer memberikan charge tambahan bila mendapatkan klien yang di luar area jangkauannya. 

Faktor kedua adalah jarak antara tempat akad atau pemberkatan yang cukup jauh. Ini sebenarnya harus kamu hindari. Selain berpotensi merusak rundown, ini juga akan membuat wedding organizer menjadi mahal. Kamu juga akan merasakan beberapa biaya tambahan seperti biaya transportasi keluarga.

Mau tak mau kamu mungkin harus memberikan transportasi tambahan bagi keluarga yang datang dari luar kota. Kamu juga harus memikirkan biaya tambahan untuk keluarga inti. Memang jarak sangat penting dalam menghemat biaya. Maka dari itu, hindari membuat acara di dua tempat berbeda. 

Jarak yang jauh ini juga akan membuat tim wedding organizer kesulitan berkoordinasi sehingga akan membutuhkan banyak biaya tambahan khususnya jumlah crew. Jika budgetmu terbatas sangat tidak disarankan bila melakukan pernikahan di dua tempat berbeda, apalagi sampai beda hari.

5. Ada charge vendor

Seringkali kamu mengambil paket pernikahan yang ditawarkan oleh wedding organizer. Jika paketnya bersamaan dengan venue, maka di dalamnya sudah termasuk charge vendor yang dikenaka oleh venue. Bahkan beberapa venue memiliki charge yang besar bila vendor yang dipakai bukan rekanan.

Maka dari itu, kamu sebaiknya menelisik kembali hal ini. Jika mau berhemat memang sebagian besar vendor sebaiknya disamakan dengan rekanan venue. Tapi kamu juga bisa mencari venue yang tidak memberlakukan charge apapun atau chargenya masih terbilang kecil. 

Memang semakin banyak rekanan vendor dari paket wedding organizer akan semakin kamu bisa memilih. Untuk itu, kamu memang perlu banyak riset soal hal ini. Memakai jasa wedding planner juga bisa membantu untuk mengatasi kebingungan dalam pemilihan venue.

Itu dia beberapa faktor yang mempengaruhi harga wedding organizer. Kamu sebaiknya memang lebih cermat dalam memilih dan memutuskan saat mengambil paket. Apalagi jika sudah tidak sesuai budget. Nyatanya ada banyak hal yang bisa dipertimbangkan bukan?


Artikel Terkait