Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Kebaya Nikah untuk Sempurnakan Penampilan Kamu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Berbicara soal pernikahan memang sesuatu yang sakral, disisi lain juga pernikahanjuga meripakan sebuah momen yang sangat ditunggu – tungu oleh para calon pengantin. Banyak sekali hal yang mesti diperhatikan terutama busana pengantin, kebaya nikah pun menjadi pilihan yang populer terutama bagi mereka yang mengusung tema tradisional.

Mengenai busana pernikahan untuk mempelai wanita memang sangat beragam sekali, mungkin beberapa mempelai wanita mengikuti tren zaman sekarang menggunakan gaun, namun walaupun demikian kebaya pernikahan tetap menjadi pilihan populer dari dulu hingga sekarang.

Pasalnya pesona kebaya tersebut tentunya akan membuat mempelai wanita terkesan anggun dan elegan walaupun itu adalah busana pengantin tradisional, akan tetapi seiring berjalannya waktu, kebaya tersebut terus termodifikasi dengan beberapa desain modern sehingga membuat busana tersebut tidak ketinggalan zaman.

Sejarah Penggunaan Kebaya untuk Pernikahan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kebaya nikah merupakan sebuah busana yang kerap kali menjadi salah satu busana pernikahan yang sering kali digunakan untuk acara pernikahan tradisional Jawa di Indonesia, setiap wilayah tentunya memiliki desainnya masing – masing walaupun demikian jika dilihat terlihat sama.

Namun walaupun bisa dibilang kebaya itu adalah busna tradisional yang biasanya digunakan saat pernikahan, akan tetapi, busana tersebut masih digunakan untuk acara pernikahan. Pasalnya karena pesonanya sangatlah luar biasa bagi mempelai wanita. Sehingga tidak heran walaupun menggunakan tema modern, mempelai wanita masih menggunakan kebaya.

Jauh sebelum itu, pada awalnya, busana tersebut asalnya dari kerajaan Majapahit dan digunakan oleh para permaisuri maupun selir raja saja, pasalnya kebaya tersebut menjadi sarana untuk memadukan pakaian kemben wanita yang sudah ada. Yaitu kain pembebat serta penutip dada waniat bangsawan sehingga menjadi lebih sopan dan bisa diterima.

Nah sebelum adanya pengaruh Islam, masyarakat Jawa pada masa itu mengenai beberapa istilah untuk bisa mendeskripsikan jenis pakaian. Diantaranya yaitu kulambi atau dalam bahasa Jawa itu klambi atau baju. Kemudian sarwil atau bahasa jawanya adalah sruwal atau celana. Kemudian ken atau kain panjang yang dililit pada pinggang.

Selama periode terakhir dari kerajaan Majapahit, pengaruh Agama Islam mulai berkembang di kota – kota pesisir utara Jawa dengan demikian tentunya memerlukan penyesuaian busana Jawa dengan Islam yang baru dipeluk. Blus yang sudah dirancang secara khusus, kerap kali dibuat dari kain yang halus dan tipis, biasanya digunakan sesudah kemben supaya menutipi bagian belakang bahu dan lengan.

Hal tersebut supaya wanita istana terlihat lebih sopan. Nah adopsi busana yang sopan itu dikaitkan dengan pengaruh agama Islam di Indonesia. Selain itu untuk daerah lain seperti Aceh, Johor, Riau dan Sumatra Utara mengadopsi gaya kebaya Jawa sebagai sebuah sarana ekspresi status sosial dengan penguasaan Jawa yang memang lebih halus.

Disisi lain, nama Kebaya tersebut yang merupakan pakaian tertentu sudah tercatat oleh portugis yang ketika itu mendarat di Indonesia. Busana ini juga dikaitkan dengan jenis blus yang digunakan oleh wanita Indonesia yang ada di abad 15 hingga 16 atau sebelum tahun 1600. 

Nah kebaya tersebut dianggap sebagai busana khsusu yang hanya bsia digunakan oleh keluarga kerajaan, bangsawan maupun penyanyi. Sehingga pada era ketika petani pria dan juga banyak sekali wanita yang berjalan telanjang dada di depan umum.

Setelah itu, kebaya tersebut sudah diadopsi oleh masyarakat secara umum. Khususnya bagi mereka petani wanita di daerah Jawa. Sehingga sampai sekarang ini di desa – desa Jawa khususnya daerah pertanian, para petani wanita pun masih menggunakan kebaya yang sederhana apalagi di kalangan wanita tua. 

Biasanya bahan yang digunakan pada kebaya petani itu terbuat dari bahan yang sederhana serta di kancingkan dengan jarum sederhana maupun peniti. Setelah itu buasana tersebut mulailah tersebar kedaerah – daerah tetangga. Bahkan busana tersebut sudah tercatata oleh Thomas Stamford Bingley Raffles di tahun 1817. Sebagai brokat, sutra dan beludru.

Macam-macam Kebaya Nikah Zaman Dulu

Pada tahun kurang lebih 1500 sampai 16000 di Pulau Jawa, kebaya tersebut memang digunakan oleh keluarga kerajaan saja, bahkan selama masa kendali oleh Belanda di pulau tersebut, wanita Eropa pun sudah menggunakan kebaya sebagai pakaian yang resmi. Selain itu juga selama masa tersebut kebaya tersebut dirubah bahannya menjadi tenunan mori yang dimana menggunakan bahan sutera.

Disisi lain ada juga pakaian yang menyerupai kebaya yang disebut nyonya kebaya. Selain itu pada awalnya busana tersebut diciptakan oleh orang peranakan dari Melaka. Nah dalam penggunaannya itu menggunakan sarung dan juga sepatu dengan manik manik atau mereka sebut kasut manek dan kini busana tersebut kerap kali mengalami pembaruan. Selain itu juga dikenal seperti wanita non asia. Selain itu juga banyak sekali variasi dari kebaya.

Kebaya Di Zaman Sekarang

Singkat cerita di masa sekarang, kebaya tersebut sudah mengalami berbagai perubahan terutama dari desainnya. Umumnya busana tersebut kerap kali digunakan untuk berbagai acara tertentu. Mulai dari acara formal dengan rekan bisnis, selain itu perayaan tradisional dan tidak lupa di acara pernikahan.

Selain itu juga kebaya pun digunakan sebagai seragam secara resmi oleh pramugari Singapore Airlines, Malaysia Airlines dan juga Garuda Indonesia. Bahkan hingga saat ini banyak sekali desainer yang mendesain kebaya tersebut supaya terlihat semakin modern.

Inspirasi Kebaya Nikah dari Artis & Selegram

1. Kebaya Sarwendah

wm_article_img
Foto: Orami

Pada pernikahannya bersama Ruben Onsu, Sarwendah menggunakan kebaya nikah dengan brokat yang berwarna putih polos. Selain itu juga busana tersebut pun dipadukan dengan bahaan kain jenis batik dan berwarna coklat. Nah dengan kebaya pengantin tersebut bisa membuat kamu terlihat cerah, selain itu juga tampilan ini bisa membuatmu tetap elegan walaupun terlihat sederhana.

2. Kebaya Modern Oleh Penyanyi Raisa

wm_article_img
Foto: liputan6

Berbeda dengan kebaya akad Sarwenda tadi, nah kebaya nikah Raisa ini akan terlihat lebih simple dan senderhana. Kebaya ini bisa dibilang jenis kebaya kutu baru yang memang sudah dimodifikasi hingga menjadi terlihat modern, selain itu juga kebaya ini memiliki warna hitam beludru. Kemudian terlihat detail motif batik yang sederhana tapi tetap saja terkesan elegan dan tambahan list keemasan.

3. Kebaya Gisel

wm_article_img
Foto: Wolipop

Apabila kamu tidak suka dengan tampilan minimalis dan juga sederhama, maka kamu bisa mencoba kebaya yang digunakan Gisel ini. nah kebaya yang digunakan tersebut memiliki warna pink serta memiliki lengan panjang yang terlihat rample di bagian pinggang serta ada buntutnya yang cukup panjang.

Nah dengan demikian akan membuatmu terlihat cantik, anggun dan juga terkesan berkelas di acara pernikahanmu nanti.

4. Kebaya dari Atiqah Hasiholan

wm_article_img
Foto: anniegallery

Apabila kamu lebih suka tampil sedikit formal dan terlihat elegan, maka kamu bisa menggunakan desain kebaya nikah ini. nah kebaya tersebut bisa dibilang merupakan kebaya modern yang dimana sudah dipadukan dengan berbagai warna diantaranya seperti warna merah, hijau dan coklat. Sehingga kamu akan terlihat cantik elegan dan menarik.

5. Kebaya Citra Kirana

wm_article_img
Foto: Wolipop

Apabila kamu pemeluk Islam dan menggunakan hijab, maka tidak perlu khawatir, pasalnya banyak kok kebaya nikah yang bisa kamu gunakan di acara pernikahanmu nanti dan tetap terlihat cantik dan menawan. Salah satunya adalah kebaya pengantin hijab dengan warna putih.

Kebaya tersebut digunakan pada pernikahan Citra Kirana dan Rizky Aditya. Ketahuilah kebaya tersebut mempunyai detail bebatan yang memang terliat seperti choker pada area leher. Selain itu juga terdapat sentuhan mewah serta diberikan pada area dada. Nah dengan demikian perut yang ditempelkan bebatuan seperti bros.

6. Kebaya Pernikahan Ayu Indriati

wm_article_img
Foto: wikipie

Jika kamu membutuhkan sebuah kebaya nikah untuk hijab, selain kebaya di atas tadi, kebaya dari Ayu Indriarti ini bisa menjadi pilihan kamu. Selebram tersebut mengenakan kebaya dengan desain yang mewah, selain itu juga dihiasi dengan detail bebatuan pada bagian leher serta tampak layaknya kalung. Selain itu penampilannya semakin anggun ketika dia menggunakan siger yang merupakan aksesoris Sunda.

7. Kebaya Aghnia Punjabi

wm_article_img
Foto: Dear Nanda on Pinterest

Selanjutnya masih kebaya pengantin modern dengan hijab. Nah konsep yang diusung Aghnia Punjabi ini bernuansa silver dan juga gold. Selain itu juga kebayanya pun terlihat megah dengan detail bebatuan yang terlihat memanjang rumbai. Selain itu juga busananya terdapat sentuhan India di tambah gaya hijabnya. 

Jika dilihat memang konsep busana yang dia gunakan adalah kebaya modern yang dipadukan dengan India. Sehingga dengan demikian membuat penampilan lebih bagus dan terlihat cantik serta berbeda dari yang lain.

8. Kebaya Pernikahan Adinda Amira

wm_article_img
Foto: Helmi Nursifah on instagram

Selanjutnya dari Selebram Adinda Amira. Yang dimana pada hari pernikahnnya dia menggunakan kebaya nikah serta wedding veil yang terlihat cantik pada saat akad nikah. Nah perlu kamu ketahui bahwa rancangan kebaya yang digunakan berbeda dari kebaya pengantin yang lain pasalnya terdapat detail cut out yang memanjang dari pinggang sampai kaki.

9. Kebaya Pengantin Indah Nada Puspita

wm_article_img
Foto: Asky Febrianti on instagram

Selanjutnya dari model muslimah, nah Indah ini menggunakan kebaya nikah dengan warna putih sehingga terlihat cantik dan mewah. Selain itu dilengkapi dengan taburan payet sampai bagian ekor dan menyapu lantai. Selain itu juga untuk ekornya itu dapat lepas pasang sehingga akan lebih fleksibel.

Selain itu di dalamnya dia menggunakan rok batik dengan full payet. Sehingga dengan demikian akan terlihat mewah dan juga elegan. oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mencontoh atau meniru kebaya yang digunakan model yang satu ini.

10. Kebaya Pengantin Melody Ex JKT48

wm_article_img
Foto: Ricardosinaga on Instagram

Melody merupakan mantan member dari girl band JKT 48 yang sudah menikah, pada hari pernikahannya dia menggunakan kebaya jenis adat Sunda. Nah kebaya tersebut bisa menjadi referensi untuk kamu. Selain itu dia pun menggunakan hijab yang terlihat modern serta dihiasi payet – payet cantik yang dimana memenuhi pakaiannya.

Inspirasi Kebaya Modern untuk Pernikahan

Untuk kamu yang kadang bingung menggunakan pakaian apa ketika pergi ke pernikahan maka tidak perlu khawatir, maka kebaya modern ini tentunya bisa menjadi solusi yang tepat untuk digunakan. Mungkin menurutmu akan terlihat tua jika menggunaka kebaya ini, namun tentunya malah sebaliknya. 

Kini banyak sekali jenis kebaya yang bisa digunakan bagi semua usia, selain itu juga desain yang ada pada kebaya zaman sekarang atau disebut modern ini, memang sangatlah keren. Sehingga tidak heran anak milenial lebih menyukai kebaya dibandingkan busana yang lain. Nah bagi kamu yang penasaran, berikut ulasannya.

1. Kebaya Brokat

Banyak sekali pilihan untuk busana ke pernikahan, salah satunya adalah model yang satu ini. nah kebaya modern tersebut merupakan kombinasi dari kebaya modern serta brokat. Selain itu, model ini faktanya menjadi salah satu model kebaya yang sangat populer dikalangan masyarakat.

Umumnya jenis model tersebut merupakan kombinasi dari brokat yang mempunyai desain yanh sederhana dan modis, akan tetapi tetap tidak menghilangkan nilai kemewahannya. Maka dari itu kebaya ini sangat cocok jika digunakan oleh remaja dan dewasa.

2. Kebaya Dengan Kombinasi Batik

Busana kebaya modern yang selanjutnya adalah sebuah kebaya yang di kombinasikan dengan batik, model tersebut tentunya sangat cocok apabila digunakan pada acara – acara yang formal seperti ke acara wisuda maupun pernikahan. Walaupun ada kombinasi batik, tentunya tidak berarti membuat kesan modernnya menghilang.

Tapi justru dengan paduan tersebut akan menunjukan kesan yang terlihat modern serta tradisional sehingga membuat tampilanmu menjadi lebih modis, trendi dan juga elegan.

3. Kebaya Minimalis

Kebaya jenis modern ini terlihat minimalis namun tetap terkesan elegan, nah model tersebut ini sangat populer di kalangan anak milenoal yang dimana mereka tidak ingin ribet dan tetap terlihat anggun dan elegan. walaupun tampilan kebaya ini tidak terlihat ramai seperti halnya menggunakan kombinasi dari satin.

Selain itu untuk aksesorisnya sendiri itu sangat mudah diaplikasikan, selain itu juga gunakanlah aksesoris yang secukupnya. Akan tetapi walaupun modelnya terlihat sederhana, busana kebaya ini sangat cocok untuk pesta pernikahan dan akan membuatmu terliha lebih miodern dan juga  terlihat trendi.

4. Kebaya Model Kutubaru

Kebaya modern untuk selanjutnya adalah model dari kebaya kutubaru. Selain bisa dijadikan sebagai kebaya nikah, kebaya ini juga bisa kamu gunakan untuk menghadiri berbagai acara atau pesta. Disisi lain model yang satu ini memang sangat populer sekali dikalangan anak milenial dibandingkan model kebaya lainnya.

Umumnya, model ini mempunyai warna yang bervarian dimulai dari warna neteral seperti hitam dan putih juga warna pastel dan bahkan menggunakan warna yang cukup berani yaitu merah muda dan hijau. Selain itu biasanya di bagian atas, panjangnya hingga ke pinggul.

Ketahuilah bahwa model yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki postur tubuh agak berisi serta tidak terlalu tinggi. Kemudian supaya bisa memaksimalkan penampilanmu, kamu dapat menggunakan sepatu dengan hak tinggi, untuk warna sepatunya bisa kamu sesuaikan dengan atasan yang kamu gunakan.

5. Kebaya Model Gaun

Terakhir adalah kebaya modern dengan model gaun. Umumnya kebaya ini memang digunakan untuk paca calon mempelai wanita, hal tersebut pasalnya busana itu terlihat mewah dan glamour. Apalagi dengan adanya aksesn pada gaunnya sehingga terlihat mekar seperti layaknya putri raja. 

Akan tetapi seiring perkembangan zaman,  model kebaya pernikahan ini dapat digunakan oleh wanita yang ingin mendatangi berbagai acara yang formal. Walaupun demikian, desain kebaya ini terlihat minimalis atau simple dibandingkan kebaya jenis lainnya.

Sekian informasi yang bisa disampaikan untuk kamu mengenai kebaya nikah dan juga berbagai macam inspirasi yang mungkin bisa kamu aplikasikan baik di acara pernikahanmu maupun menghadiri acara pernikahan.


Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...