Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Kebaya Pengantin Modern yang Anggun dan Mempesona
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kebaya pengantin modern bisa menjadi salah satu pilihan karena pakaian yang digunakan terus mengikuti tren. Kamu bisa tampil dengan lebih update tanpa nampak terlihat jadul atau terlihat lebih tua. Dengan menggunakan kebaya yang lebih modern kamu bisa tampil lebih fresh dan kekinian.

Selain itu, kamu juga bisa tampil lebih cantik dari hari biasanya jika menggunakan jenis kebaya tersebut. Apapun jenis tema adat yang kamu pilih biasanya kebaya akan sangat direkomendasikan terutama untuk adat Jawa dan adat Sunda. Penggunaan kebayanya bisa kamu variasikan dengan desain yang lebih kekinian.

Sisi adat yang bisa kamu tunjukkan bisa menggunakan riasan serta aksesoris berupa mahkota atau pelengkap lainnya. Kamu dipastikan bisa tampil sangat menarik dan menawan pada hari pernikahanmu. Pakaian ini bisa kamu pilih untuk bisa digunakan pada acara akad nikah maupun resepsi.

Warnanya biasanya cenderung lebih soft dan cerah. Warna-warna yang lebih bold atau tua saat ini sudah jarang digunakan. Bahkan beberapa kebaya sering menggunakan warna yang lebih pastel. Hal ini akan membuat penggunanya terlihat lebih anggun dan mempesona pada hari pernikahannya.

Jika kamu belum memiliki referensinya maka kamu bisa mencari rekomendasinya sebanyak mungkin. Nantinya kamu bisa memilih salah satu yang menurutmu terbaik dan terlihat lebih kekinian dibandingkan jenis yang lainnya. Beberapa rekomendasi berikut ini bisa kamu pilih sebagai kebaya pengantin modern yang anggun dan mempesona.

Inspirasi Kebaya Pengantin Modern yang Menawan

1. Kerah Rapat

wm_article_img
Foto: Harper's Bazaar Indonesia

Model kebaya dengan bagian kerah cenderung merapat terlihat lebih kekinian dan modern. Untuk model seperti ini sangat disarankan untuk memilih warna putih. Penggunaan model kerah nya akan membuat pakaian tersebut terlihat lebih mempesona. Untuk bagian bawahnya bisa dibuat panjang dan menjuntai.

Bahan brokatnya bisa dipilih dengan kualitas yang cukup baik dengan detail motif yang cukup unik. Untuk motif dari kebaya pengantin brokat ini bisa difokuskan pada area dada hingga arah leher mendekati kerah. Kancing berwarna putih akan ditambahkan pada kebaya pernikahan modern yang satu ini sehingga detailnya akan terlihat jelas.

Tambahkan kain veil atau tileu dengan ukuran yang sangat panjang pada bagian kepala. Biarkan kain ini menjuntai hingga ke bagian kaki sehingga model kebaya ini terlihat lebih fresh dan anggun. Gunakan riasan yang natural agar kamu bisa tampil lebih manis dan tidak berlebihan karena detailnya sudah sangat terlihat jelas dari pakaian yang dipilih.

2. Konsep Melayu

wm_article_img
Foto: Amazon on Pinterest

Penggunaan kebaya khas Indonesia nyatanya bisa dikombinasikan dengan konsep Melayu khas negeri Jiran. Perpaduan yang dimaksud seperti pada gambar diatas yaitu menggunakan rok berwarna putih seperti kebanyakan pengantin yang ada di negara Malaysia. Untuk bagian kebayanya bisa menggunakan bahan brokat seperti biasa.

Brokat tersebut akan dipadukan dengan kain pelapis lainnya seperti satin atau sejenisnya agar tidak terlihat menerawang. Pada bagian bahunya dibuat sedikit menggelembung sehingga bisa menutupi bagian bahu. Rok putih yang dipilih bisa terbuat dari kain lain yang lebih polos dengan model potongan seperti rok duyung atau mermaid.

Kebaya pengantin modern ini tidak akan membuatmu nampak lebih tua karena potongannya dibuat sedikit lurus. Lain halnya jika kebaya tersebut dipotong lebih lebar sehingga membuat penampilanmu kurang begitu menarik. Untuk model seperti ini masih jarang tersedia di beberapa penata busana. Kamu bisa membuatnya sendiri agar modelnya lebih sesuai dan menghasilkan model kebaya terbaik yang baru. 

3. Punggung Terbuka

wm_article_img
Foto: by_fettyrusli on Instagram

Jika kamu pernah memperhatikan kebaya yang digunakan oleh Franda dalam resepsi pernikahannya kamu pasti mengetahui modelnya ini sangat cantik. Memilih kebaya pengantin modern seperti Franda ini juuga bisa kamu jadikan inspirasi untuk dikenakan dalam pesta pernikahanmu. Modelnya terbuat dari bahan brokat yang terlihat tebal dari bahan pada umumnya.

Kebaya pengantin modern ini dibuat sedikit terbuka pada bagian punggung hingga 20 cm dari batas leher. Kemudian pada potongan bagian bawah akan dibuat sedikit panjang hingga batas lutut terutama pada area belakangnya. Untuk pemilihan warnanya tentu kamu bisa memilih warna putih sebagai warna khas dari sebuah acara pernikahan.

Untuk roknya bisa menggunakan kain jarik atau rok batik yang dibuat lurus sehingga menjadi perpaduan yang sangat cantik. Jika kamu menyukai riasan yang natural maka model kebaya seperti ini akan sangat cocok dengan riasan seperti itu. Hal ini dikarenakan kamu bisa tampil lebih manglingi meskipun riasanmu terkesan natural karena pakaiannya sudah cukup menonjol. Model terbuka yang satu ini juga memberikan kesan kebaya pengantin mewah nantinya. 

4. Gaun Kebaya

wm_article_img

Foto: Isyanasarasvati on Instagram

Kebaya pengantin cantik yang modern juga bisa diwujudkan dengan bentuk sebuah gaun panjang. Jika selama ini kebaya identik dengan atasan saja maka kamu bisa tampil lebih modern dengan menggunakan sebuah gaun panjang dengan konsep kebaya. Konsep kebaya yang dimaksud ialah penggunaan bahan brokat yang dominan.

Bagian dadanya bisa dibuat sedikit lebih terbuka dan menggunakan bahan yang lebih transparan. Hal ini bisa membuatmu tampil lebih menarik dan berbeda dari kebaya pada umumnya. Penggunaan warna putih bisa dipilih sebagai kebaya untuk acara akad nikah. Sementara itu, untuk resepsinya kamu bisa memilih warna lainnya yang lebih soft.

Kamu bisa tampil lebih anggun dengan bagian bawah yang dibuat sedikit lebih mengembang dibandingkan model kebaya biasanya. Kebaya pernikahan modern seperti ini bisa membuatmu tampil lebih cantik dan berbeda dari hari biasanya. Padukan dengan riasan serta mahkota yang lebih cantik, sehingga menjadi perpaduan yang sangat indah.

5. Ban di Bagian Perut

wm_article_img
Foto: Fosasie_shop on Tokopedia

Penggunaan ban pada bagian perut nampaknya akan membuat sebuah kebaya lebih terlihat unik seperti pada gambar diatas. Ban tersebut tidak perlu dibuat terlalu besar cukup berukuran 3 hingga 5 cm. Variasi ini sudah membuat sebuah kebaya menjadi lebih unik dan terlihat fresh, sehingga menunjang penampilan seorang pengantin.

Untuk bagian ban ini pastikan menggunakan kain yang memiliki tekstur, serta motif yang sangat kontras dengan bahan dasar kebaya. Namun pastikan warna yang dipilih tetap senada dengan warna kebaya tersebut. Kebaya pengantin modern ini bisa kamu pilih untuk membuat penampilanmu lebih anggun dan mempesona.

Untuk bagian bawah pada desain kebaya pengantin ini bisa kamu pilih untuk mengenakan kain atau rok batik yang dibuat lurus sehingga menunjang penampilan kebaya tersebut. Ban tersebut bisa di pasang pada area perut atau bagian tengah. Akan tetapi pastikan posisinya harus tepat agar tidak terlalu bawah maupun terlalu atas sehingga penampilannya kurang menarik.

Bagian ujung kebaya bisa dibuat lebih panjang hingga menutupi kain bawahan yang digunakan. Hal ini bisa menunjang penampilanmu sehingga terlihat lebih tinggi. Kamu bisa menggunakan riasan yang sedikit lebih bold ataupun dibuat natural saja. keduanya tetap terlihat mempesona dengan balutan kebaya modern seperti ini.

Itulah beberapa rekomendasi kebaya pengantin modern yang bisa kamu pilih untuk acara pernikahanmu. Model kebaya tersebut bisa kamu peroleh dari beberapa penata busana yang ada di sekitarmu. Namun jika kamu tidak menemukannya kamu juga bisa mempercayakannya kepada perancang busana yang ahli dibidang tersebut.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...