Pilih Kategori Artikel

5 Ciri Khas Make-Up Pengantin Sunda yang Perlu Kamu Ketahui!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Memilih tema make-up pengantin Sunda sepertinya merupakan hal yang patut kamu coba, Ladies untuk hari pernikahanmu yang begitu spesial.

Apalagi salah satu riasan wajah Nusantara ini masih begitu populer di tengah-tengah serbuan riasan wajah dari negara-negara lain seperti Korea, Amerika, dan Thailand.

Hal itu karena make-up Sunda sebenarnya juga terlihat natural jika diperhatikan, dan tidak kalah dari riasan-riasan wajah dari negara-negara lain.

Sudah banyak sekali pesohor publik terutama yang berdarah Sunda seperti Raisa, Isyana Saraswati hingga Melodi eks JKT 48 menggunakan riasan wajah untuk pernikahan mereka.

Kamu pun yang tidak mempunyai darah Sunda tetapi menyukai make-up Sunda bisa juga menggunakannya di hari pernikahanmu.

Bahkan, saking naturalnya seorang beauty vlogger asal Korea, Moon Jisun, juga bereksperimen menggunakan riasan wajah ini.

Nah, untuk riasan wajah pengantin Sunda itu tentu saja ada ciri-ciri khasnya. Apa saja sih ciri-ciri khasnya? Yuk, simak di bawah ini!

Ciri Khas Make-Up Pengantin Sunda

wm_article_img

Foto: Good News From Indonesia

Siger

Ciri khas yang jelas terlihat pada riasan wajah pengantin Sunda adalah Siger atau mahkota yang berada di atas kepala.

Siger ini yang membuat wajah pengantin Sunda terlihat cantik dan elegan. Namun rupanya pemakaian benda ini tak hanya berfungsi sebagai perhiasan semata, lho, Ladies.

Ada makna yang terkandung di dalamnya, yaitu rasa hormat, kearifan, pengabdian, dan kebijaksanaan terhadap suami. Siger ini sendiri terbuat dari campuran logam dan memiliki berat 1,5-2 kg, dan biasanya bermotifkan kembang.

Untuk mempercantik biasanya dipasang sanggul bermotif kembang di belakang, dan Siger rupanya juga cocok dipasang bagi kamu yang berhijab.

Daun Sirih Pada Kening

Ciri khas yang mudah terlihat pada riasan wajah pengantin Sunda adalah pengenaan daun sirih pada kening mempelai wanita.

Daunnya sendiri berbentuk wajik, dan dipercaya sebagai lambang penolak bala. Namun untuk masa modern ini penggunaannya hanya sebatas simbol.

Penggunaan daun sirih pada kening ini mempertegas kecantikan wanita Sunda yang punya ciri khas kulit kuning langsat. Selain itu, untuk mempertegas eye shadow hijau pada bagian mata yang sudah jadi pakem dalam riasan pengantin Sunda.

Kembang Tanjung

Ciri khas lain dari make-up pengantin Sunda adalah adanya kembang tanjung yang terletak di belakang sanggul.

Kembang ini sendiri berbentuk seperti kupu-kupu kecil, dan berjumlah 6 buah. Pengenaan kembang ini pada mempelai wanita untuk melambangkan kesetiaan istri pada sang suami.

Kembang Goyang

Karena budaya Sunda itu banyak dipengaruhi oleh budaya Jawa, tentu ada persamaan di antara keduanya dalam riasan wajah pengantin. Salah satunya adalah adanya kembang goyang pada bagian sanggul. Jumlah kembangnya sendiri sama dengan pengantin Jawa, yaitu 7 buah.

Namun, tetap saja ada perbedaannya. Lima kembang pertama menghadap ke depan sedangkan dua lainnya ke belakang. Makna dari aksesoris kepala ini adalah perempuan harus terlihat cantik seperti bunga, baik dari depan maupun dari belakang.

Ronce Melati

Ciri khas terakhir dari riasan pengantin Sunda adalah adanya ronce bunga melati yang terdiri dari melati mangle pasung, mangle susun, mangle sisir, penetep, dan mayang sari.

Ronce melati yang ada pada pengantin Sunda melambangkan kesucian dan kemurnian sang mempelai wanita.

Tips Memadukan Riasan Pengantin Sunda dengan Unsur Modern

Selain ciri khas di atas yang kamu perlu perhatikan kala ingin didandani dengan make-up ala Sunda adalah kamu harus memperhatikan beberapa hal jika ingin melakukannya dalam tren yang modern.

  • Yang pertama adalah selalu samakan tema make-up dengan palet. Penyamaan ini bertujuan membuat serasi antara unsur tradisional dan modern. Warna dusty pink bisa kamu terapkan pada make-up mu nanti.
  • Yang kedua adalah usahakan selalu memakai lipstik warna merah yang memang untuk menarik semua perhatian tamu. Kamu bisa menggunakannya dengan memadukan warna soft berupa coklat muda pada mata.
  • Yang ketiga adalah buatlah riasan yang sifatnya soft dan flawless. Untuk hal tersebut sapukan saja warna peach yang senada dengan lipstik. Lalu gunakan blush on supaya menyatu. Terakhir, adalah tambahkan eyeshadow coklat keemasan  yang memang bisa dipadukan karena tepat untuk berbagai warna.
  • Yang keempat adalah pakai warna yang pinky supaya dapat menimbulkan kesan yang menyegarkan pada dirimu, Ladies sehingga juga raut wajahmu menjadi lembut.
  • Yang terakhir adalah aplikasikan smokey eyes yang meruncing supaya kamu terlihat elegan sekaligus lembut. Padukan dengan lipstik coral rose untuk menambah kelembutan tersebut.

Seperti itulah, Ladies, ciri khas yang selalu ada pada make-up pengantin Sunda. Ciri khas ini selain membuatmu cantik dan natural, juga akan mampu mempertegas kecantikan yang kamu miliki.

Dengan begitu, banyak yang akan terpesona pada dirimu selain mempelai pria yang juga adalah suamimu. Bagaimana, apa kamu tertarik mencoba riasan pengantin Sunda beserta ciri khasnya? Yuk cari vendor makeup untuk adat daerahmu di direktori vendor makeup tradisional!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...