Pilih Kategori Artikel

Makeup Pengantin Jawa Hijab, Tetap Cantik dan Menutup Aurat
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Semua perempuan di dunia pasti menantikan hari pernikahan, momen di mana mereka menjadi ratu dalam satu hari. Tentunya, pengantin putri ingin tampil dengan makeup terbaik karena semua mata akan tertuju padanya.

Bagi perempuan jawa, biasanya akan tampil dengan makeup dan busana khas adat jawa. Umumnya, pakaian jawa cenderung terbuka dengan kemben, kebaya dan sanggul. 

Riasan adat jawa memiliki banyak model. Aksen yang khas ada di wajah adalah paes, riasan yang digambar dan menghiasi dahi hingga rambut setiap pengantin wanita jawa. Buat kamu perempuan berhijab tidak perlu risau, karena ada banyak cara makeup pengantin jawa hijab yang menutup aurat namun tetap cantik nan anggun. Yuk, ikuti tips di bawah ini!

wm_article_img
Foto: Wolipop

Pilih Paes yang Menurutmu Nyaman

Ada dua macam yang paling terkenal, yakni Paes Jogja dan Solo. Meski berhijab, kamu bisa pilih look apa yang kamu inginkan asal nyaman. Keduanya sama-sama membuat kesan elegan dan cantik, kok!

1. Paes Jogja Putri

Paes Jogja Putri dikenal dengan pakaian khas pengantin yang menutup leher. Paes pengantin jogja putri sekilas terlihat mirip dengan Paes Solo Putri, tetapi lebih tajam. Paes Jogja Putri memberi kesan cantik namun tetap simpel.

2. Paes Ageng Jogja

Model rias ini lebih condong bercorak hitam. Atribut rias di dahi dirias dengan warna emas sehingga memberikan kesan elegan dan modern. Gaya Gajah Ngoling diterapkan pada sanggul. Hiasan di kepala dan leher membuat kamu bisa mengenali dengan mudah paes ini.

3. Paes Solo Putri

Senada dengan Paes Ageng Jogja, paes ageng solo memiliki corak hitam. Gaya mirip bokor mengkureh dengan bunga melati tibo dodo. Di atas sanggul akan diberi cunduk sisir dan cunduk mentul serta bunga melati sebagai hiasan.

4. Paes Solo Bahasan

Riasan ini juga lebih menonjolkan warna hitam, tanpa aksen emas di pinggirnya. Biasanya, pengantin mengenakan kemben, kain codot dan sampur.

Gunakan Kebaya yang Menutup Leher

Nah, kalau kamu berhijab dan ingin menutup aurat dengan sempurna, tentu bagian leher dan lengan perlu diperhatikan. Jika kamu memilih paes yang biasanya menggunakan kemben, bisa diubah dengan kebaya yang berlengan panjang. Entah Paes Jogja maupun Solo, kamu akan tetap anggun.

Pilihan kebaya panjang tentu tetap menerapkan adat jawa tanpa membuka bagian tubuh yang ingin kamu tutup, ya. Kebaya yang panjang akan memberi kesan terhormat dan lebih sopan untuk kamu yang berhijab. Pastinya, kamu akan tetap tampil cantik dan elegan.

Pilih Manset yang Senada dengan Warna Kulit

Jika kebaya yang kamu gunakan masih belum menutup sempurna, sebaiknya gunakan manset untuk menutupinya. Mungkin ada bagian leher yang masih agak terbuka, atau kebaya yang sekiranya tipis, sehingga perlu untuk kamu tutupi. Manset bisa menjadi solusi karena ia memiliki tekstur tipis dan nyaman kamu gunakan sebagai rangkapan.

Meski sebagai penutup, jangan asal memilih warna. Pilih warna yang seirama dengan warna baju dan kulitmu agar sedap dipandang. Hati-hati, manset yang warnanya tidak sepadan bisa merusak penampilanmu.

Citak Tanpa Kemben

Bagi yang memilih Paes Jogja putri hijab, tentu akan menggunakan citak atau tanda berupa titik di dahi. Tak apa jika kamu mengaplikasikan citak tanpa menggunakan kemben atau menggantinya dengan kebaya panjang. Citak tetap bisa membuat penampilanmu semakin menarik.

Sanggul Tidak Menggunakan Rambut Asli

Sanggul menjadi simbol yang penting untuk pengantin jawa. Bentuknya yang khas juga semakin menambah wibawa dari pengantin putri. Sebagian ada yang memilih tidak mengenakan sanggul dan menggantinya dengan jilbab, ada pula yang ingin mengenakannya.

Tapi, mengenakan sanggul tidak berarti kamu harus melepas hijab. Tentunya kamu ingin menutup rambut, jadi kamu bisa sanggul yang dibuat dengan rambut palsu. Sudah banyak dijual dan digunakan sebagai rias pengantin modern, kok. Jadi, kamu bisa tetap tampil sebagai pengantin yang anggun.

Inner dan Penutup Kepala

Sebagai perempuan yang berhijab, rambut adalah bagian tubuh yang wajib ditutup. Jika tetap ingin menutupnya saat menjadi pengantin, gunakan inner dan penutup kepala yang menurut kamu nyaman, ya. Untuk memberi kesan elegan, kamu bisa memilih inner atau kain penutup yang berkilau atau memiliki hiasan berwarna emas. Kain dan inner seperti ini sudah umum bagian dari rias pengantin hijab.

Mengenakan Hiasan Kepala Seperti Cetung dan Gunungan

Berhijab tidak menghalangimu untuk menggunakan hiasan yang biasa ada di kepala. Kamu bisa tetap menggunakan cetung dan gunungan di atas kepala atau sanggulmu. Kamu bisa pilih hiasan kepala yang menurutmu paling cantik. Dijamin, akan terlihat bak putri keraton yang menawan walau kamu pengantin jawa modern.

Bunga Hias Akan Membantu

Paes dan sanggul kurang lengkap rasanya jika tidak diberi hiasan bunga. Kalau kamu memilih rias paes, bunga yang ada bisa sekaligus kamu gunakan untuk menutupi telingamu supaya tidak terbuka.

Bisa Pakai Anting

Walau berhijab, kamu tetap bisa memasang anting di inner atau penutup kepalamu. Posisikan pas di atas telingamu supaya pas dan terkesan tanpa hijab. Dengan anting, penampilanmu akan lebih menarik dan bersinar.

Padu Padankan Warna

Pilih warna yang senada dan cantik dilihat. Mulai dari warna kebaya, kain penutup kepala, inner, manset dan sebagainya. Dengan itu, meski kamu mengenakan hijab, kamu tetap nyaman dan meneduhkan sebagai pengantin jawa.

Itu dia tips yang bisa kamu terapkan untuk kamu pengantin berhijab tapi ingin memakai baju khas adat jawa. Tentu semua tips makeup pengantin jawa hijab ini mudah dan tidak mengurangi cantiknya parasmu di hari bahagia. Selamat mencoba!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...