Tips Memilih Makanan Catering Pernikahan yang Cocok untuk Semua Tamu

24 Mar 2020 | By Wedding Market | Viewers: 122
Tips Memilih Makanan Catering Pernikahan yang Cocok untuk Semua Tamu

Inilah salah satu hal terpenting jika kamu tidak ingin dipandang sebelah mata oleh para tamu undangan yang hadir. Memilih makanan catering pernikahan! Hal ini tidak boleh sembarangan loh, ladies. Pada dasarnya, tamu undangan yang hadir memiliki berbagai macam selera yang berbeda-beda.

Jika kamu termasuk pasangan calon pengantin warga Indonesia. Tentunya, terkenal dengan masyarakatnya yang terlalu pilih-pilih ketika ingin menyantap sebuah hidangan. Kamu harus memberikan sajian berupa hidangan yang tepat pun bisa memenuhi ekspektasi para tamu yang hadir. Dengan begitu, mereka akan merasa momen spesial kamu semakin berkesan.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih makanan catering pernikahan. Tentunya, memiliki tujuan tersendiri untuk meningkatkan kualitas hidangan dihari pernikahanmu. Di mulai dari pemilihan vendor catering pernikahan yang tepat sampai dengan cara penyajian hidangan itu sendiri yang bisa menambah cita rasa makanan.

Sebagai calon pengantin, apakah sedang memilih vendor catering pernikahan dan Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk, simak tips memilih makanan catering pernikahan kamu nanti!

1. Menghindari menu makanan yang pedas

Merupakan sesuatu hal yang sulit jika kamu harus menghilangkan menu makanan pedas. Ini adalah menjadi suatu tantangan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Menu hidangan yang seperti ini merupakan salah satu hidangan favorit sebagian masyarakat Indonesia, lho.

Kamu juga tidak perlu untuk menyajikan hidangan makanan yang terlalu pedas di acara pesta pernikahanmu. Mengapa demikian? Memang dapat menimbulkan beberapa alasannya, kok.

Pertama, sajian makanan yang terlalu pedas bisa mengakibatkan tenggorokan tamu undangan yang menyicipi pun akan terasa sakit.

Kedua, para tamu undangan kamu pun beresiko terkena diare, lho. Mengenai hal tersebut pastinya akan menyusahkan kamu serta dapat merusak momen di hari spesial itu bersama keluarga dan kerabat terdekat. Setiap pasangan tidak ingin suatu hal buruk terjadi di hari pernikahannya, kan? Maka dari itu, kamu perlu mencegahnya.

Ketiga, membiarkan tamu undangan kamu untuk mengonsumsi sajian makanan yang pedas pun akan membuat mereka kepanasan. Ini merupakan salah satu fenomena yang sering kita ketahui. Jika kepanasan maka keringat akan mengucur dengan deras. Apakah benar, ladies? Hal itu juga akan membuat makeup tamu undangan atau pengantin pun luntur.

Keempat, makanan yang pedas juga tidak terlalu baik untuk dikonsumsi oleh anak kecil. Karena pada dasarnya, tamu undangan yang datang ke pesta pernikahan kamu itu beragam umur dan kondisi fisiknya berbeda-beda. Kamu pun harus memikirkan segalanya, agar tamu undangan kamu pun nyaman.

Kelima, makanan yang pedas juga dapat memicu kambuhnya penyakit maag jika tamu undanganmu memiliki riwayat penyakit yang seperti itu. Kalau sudah kambuh seperti itu pastinya akan sulit untuk bercengkrama dengan tamu lain bahkan dengan mempelai pengantinnya. 

Namun, kamu tidak usah khawatir, ladies. Kamu bisa memiliki alternatif lainnya, kok. Kamu bisa memilih menu hidangan yang menggunakan saus mayones atau saus lemon yang aman, tetapi tetap bisa membuat perut kenyang, lho.

Inilah beberapa menu hidangan yang bisa kamu pilih yaitu ikan saus lemon, ayam goreng tepung keju dengan baluran saus mayones, daging rollade dengan saus jamur, atau menu masakan Indonesia yang lainnya, seperti sate. Duh, menggiurkan sekali, ya?

2. Menghindari konsumsi makanan akan tinggi karbohidrat

Tak hanya menu hidangan makanan pedas yang perlu kamu hindari. Kamu juga harus lebih berhati-hati dengan musuh semua kaum perempuan ini, khususnya ketika menyajikan hidangan di acara pesta pernikahan kamu. Kamu harus menghindari sajian makanan seperti pasta atau roti.

Efek dari karbohidrat yang tinggi akan membuat bagian perut tamu undangan yang menyantap pun akan mengembang dan membesar, lho. Tentunya, prinsip kamu dan pasangan tidak menginginkan hal itu terjadi pada para tamu undangan kamu, kan?

Eits, inilah alternatif yang bisa kamu pilih dalam memilih makanan catering pernikahan. Dengan kamu menyajikan kentang tumbuk atau sayuran panggang merupakan pilihan yang tepat sebagai pengganti porsi karbohidrat tetapi tetap mengenyangkan. Goods idea, kan?

3. Menyajikan dengan porsi yang lebih sedikit

Pastinya kamu akan bertanya-tanya mengapa harus menyajikan dengan porsi yang lebih sedikit? Alasannya tidak lain dan tidak bukan. Sebagai pasangan calon pengantin ingin tamu undanganmu dapat merasakan semua hidangan yang disajikan di acara pesta pernikahanmu. Tentunya, kamu pernah menghadiri sebuah pernikahan namun tidak bisa mencicipi semua menu yang disajikan, kan?

Apabila kamu menyediakan hidangan prasmanan dalam ukuran kecil dan mudah untuk diambil para tamu undangan? Itu akan membuat tamu undanganmu bisa mencicipi semua hidangan yang disajikan secara tidak berlebihan.

Selain itu, dengan porsi yang lebih sedikit pun, kamu bisa menyisipkan menu karbohidrat karena tidak akan membuat tamu undanganmu mengembang, khususnya wanita. Tamu kamu yang memiliki anak kecil pun juga bisa menikmati hidangan dengan nyaman menggunakan piring yang tidak terlalu besar ini. 

4. Hindari menyajikan menu hidangan yang rumit

Apabila kamu mengundang tamu dengan kapasitas yang cukup banyak, maka kamu perlu menghindari sajian makanan yang menggunakan teknik memasak yang terlalu rumit. Dengan kamu menerapkan hal ini, maka tamu undangan tidak akan menunggu terlalu lama saat hidangan disajikan.

Rumusnya sangat mudah, yaitu “Keep it Simple”. Semakin rumit hidangan yang dibuat dengan waktu yang tidak efisien, maka waktu yang dibutuhkan pada vendor catering pun untuk menyiapkan segalanya pun akan lebih lama. salah satu contoh hidangan makanan yang membutuhkan proses pembuatan yang cukup lama yaitu makanan yang dipanggang. Dia membutuhkan waktu berjam-jam untuk hidangan sajian matang.

Inilah salah satu tips memilih makanan catering pernikahan. kamu perlu menyediakan makanan seperti sup krim. Dengan alasan karena pembuatannya yang pun mudah dan dapat dinikmati oleh orang dewasa atau anak kecil. Tak hanya itu saja loh, ladies. Untuk hidangan makanan utama, cobalah untuk memilih menu seperti udang goreng tempura atau crepe yang proses memasaknya lebih cepat.

Beda halnya, kalau food station atau gubukan yang makanannya akan disiapkan oleh koki terlebih dahulu. Sajikanlah hidangan makanan yang proses pembuatannya tidak lama. salah satu contoh hidangan makanan yaitu kambing guling yang tinggal dipanaskan atau dipotong, es krim, poffertjes, atau soto mie. Beberapa menu akanan tersebut dalam menyiapkannya pun terbilang mudah dan tidak akan membuat tamu undangan mengantri terlalu lama.

5. Memilih vendor catering sesuai dengan kriteria kamu dan pasangan

Sebagai pasangan calon pengantin yang sebentar lagi akan menggelar sebuah acara pesta pernikahan. Lebih baik kamu memilih vendor catering pernikahan yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan kamu. Kamu perlu mengetahui bahwa vendor catering pernikahan yang berkualitas tentu akan menyusun daftar menu sesuai dengan budget dan jumlah tamu yang akan kamu undang.

Dengan begitu, sang vendor pun akan tetap mengutamakan kualitas, kok. Selain itu, apabila ada tamu undangan kamu yang memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu, maka mereka juga bisa memainkan bahan-bahan alternatif yang tidak berbahaya.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai memilih makanan catering pernikahan yang perlu kamu lakukan. Tidak mudah loh memilihnya. Jadi, selamat mencoba dan semoga tidak mengecewakan, ya!


Artikel Terkait



Temukan Vendor Untuk Pernikahan