Pilih Kategori Artikel

14 Perawatan Sebelum Menikah yang Bisa Dilakukan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sebuah pernikahan adalah hari yang paling dinantikan oleh setiap pasangan yang akan berbahagia nanti. Menjelang hari pernikahan tersebut sebagai calon pengantin pasti akan banyak melakukan persiapan. Salah satu persiapan yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu perawatan sebelum menikah yang penting untuk dilakukan.

Persiapan pernikahan tidak hanya akad dan resepsi yang harus dipersiapkan dengan baik. Harus juga mendapatkan perhatian lebih yaitu fisik yang prima, cantik, dan menawan. 

Tentunya bagi setiap perempuan menginginkan untuk tampil cantik dan sempurna di hari pernikahan nanti termasuk nanti di hadapan suami. Kamu bisa menyempatkan untuk perawatan diri, baik di salon ataupun dilakukan sendiri di rumah.

Bukan hanya soal dekorasi, undangan, pakaian, dan rencana bulan madu yang harus dipersiapkan menjelang hari pernikahan, akan tetapi juga soal perawatan tubuh dan perawatan wajah.

Cantik dan Sehat di Hari Pernikahan, Yuk Rawat Tubuhmu!



Perawatan Sebelum Menikah yang Bisa Dilakukan

Ada beberapa perawatan sebelum menikah yang perlu kamu lakukan untuk menyiapkan tampilan fisiknya sebaik mungkin, berikut diantaranya:

1. Perawatan Badan

wm_article_img

Foto: ValuaVitaly on iStock

Perawatan pertama yang bisa kamu lakukan adalah perawatan badan,. Berikut perawatan badan yang bisa kamu lakukan:

  • Untuk mendapatkan kulit yang halus bercahaya dan lembut kamu bisa melakukan perawatan lulur baik dilakukan di salon atau sendiri di rumah dua kali seminggu. Untuk hasil yang diinginkan kamu bisa  sesuaikan varian lulur dengan kondisi kulit saat ini.
  • Untuk melemaskan otot-otot tubuh yang tegang, lakukan massage secara rutin setidaknya 2 kali dalam sebulan.
  • Agar tidak mengganggu penampilan saat pernikahan nanti, kamu juga perlu memperhatikan bekas luka ataupun jerawat yang ada di tubuh. Tambahkan krim pencerah khusus pada daerah lipatan, seperti ketiak dan selangkangan agar warna kulit di sekitar area tersebut tidak gelap 
  • Agar kamu lebih terlihat bersih di depan suami, kamu bisa shaving rambut kaki dan ketiak dengan melakukan perawatan khusus waxing di salon khusus wax. Salon ini sudah banyak tersedia dimana-mana. Kamu juga bisa membuat sendiri sugar wax di rumah jika ingin mencobanya sendiri.

2. Perawatan Wajah 

wm_article_img

Foto: ViktoriiaNovokhatska on iStock

Perawatan sebelum menikah pada badan sudah kamu lakukan, selanjutnya jangan lupa untuk merawat wajah cantik kamu. Walaupun setiap harinya kamu sudah rajin memakai skincare namun perawatan kecantikan jelang menikah yang satu ini  jangan sampai kamu lewatkan.

Dalam perawatan kecantikan menjelang pernikahan wajah menjadi bagian paling penting dan membutuhkan perhatian lebih. Kamu bisa memulai melakukan perawatan  wajah sejak satu tahun sebelum pernikahan. Berikut perawatan yang bisa kamu lakukan:

  • Kamu bisa melakukan facial dengan rutin setiap tiga bulan sekali agar lebih memaksimalkan perawatan yang kamu lakukan. Banyak manfaat dengan melakukan facial ini salah satunya dapat membersihkan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah pada wajah.
  • Perawatan CTM merupakan metode perawatan pernikahan yang lainnya yaitu Cleansing (pembersihan), Toning (pengencangan), dan moisturizing (pelembab). Hal ini dapat kamu lakukan dengan teratur sehingga akan membuat kulit kamu bersinar dan terlihat awet muda.
  • Selain itu metode ini juga dapat mengencangkan kulit dan mengurangi garis-garis halus pada wajah dan dapat menjaga kulit  tetap lembut dan kenyal.
  • Perawatan klinis pada wajah ini lebih efektif dilakukan untuk perawatan sebelum menikah. Hal ini dilakukan jika kamu memiliki banyak tanda atau bercak pada kulit, untuk mengatasi garis-garis halus, kerutan, hingga jerawat pada wajah. Kamu bisa melakukan perawatan ini enam bulan sebelum menikah.
  • Lengkapi perawatan wajah kamu dengan memakai masker wajah agar kulit tampil lebih glowing dan kenyal saat hari pernikahan nanti. Kamu bisa  maskeran sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu yang bisa kamu sesuaikan masker wajah  dengan jenis kulit. 
  • Selain itu kamu juga harus memerhatikan kandungan-kandungan yang terdapat pada masker wajah baik masker lulur atau face sheet mask pilih bahan yang tidak buat kulit jadi sensitif atau kemerahan dimana keduanya sama-sama baik untuk perawatan kulit wajah. Pakai masker minimal seminggu dua kali dan jangan lupa minum air putih yang banyak.
  • Perawatan sebelum menikah pada wajah selanjutnya lakukan eksfoliasi tiap dua kali seminggu baik dengan memakai scrub maupun chemical peeling. Hal ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan mencegah kulit hitam dan juga merangsang regenerasi kulit, sehingga akan membuat wajah kamu lebih glowing dan lembut. Agar kulit terlihat segar dan kinclong saat di pelaminan nanti rutin. Lakukan exfoliation dalam dua atau tiga kali dalam seminggu sebelum mencuci muka. Agar tidak menyebabkan iritasi dan ruam pada kulit wajah gunakan pembersih wajah yang ringan.
  • Apabila butuh skincare routine baru yang lebih ampuh, konsultasi dengan dokter kulit profesional kamu.
  • Saat mendekati hari pernikahan, sebaiknya kamu jangan coba-coba memakai skincare yang baru.  Namun jika ingin mengganti skincare cobalah jauh-jauh hari. Kamu akan masih punya waktu untuk mengatasi reaksinya jika ternyata skincarenya tidak cocok di wajah.
  • Kamu juga bisa tanyakan pada ahli kecantikan untuk berkonsultasi jika memiliki kulit sensitif terhadap penggunaan kosmetik untuk mempersiapkan wajah agar tidak mengalami alergi saat kamu mengenakan makeup nanti di hari pernikahan. Untuk menghindari wajah terasa memerah atau meradang, hal ini perlu kamu lakukan karena di hari pernikahan makeup akan sedikit tebal dan bersifat full coverage,  dan penggunaan makeup seharian penuh.

3. Perawatan Mata 

Selanjutnya kamu juga tidak boleh mengabaikan untuk melakukan perawatan sebelum menikah pada mata. Mata yang cantik dan sehat saat hari pernikahan nanti akan menjadi poin tambah bagi kamu. Berikut perawatan pada mata yang bisa kamu lakukan:

  • Jika kamu mempunyai lingkaran hitam dan kantung mata, bisa menyamarkannya  dengan menggunakan krim mata setiap malam dan kompres dingin 1-2 kali setiap minggu. 
  • Untuk menghindari mata yang tampak lelah, kamu harus istirahat dengan cukup.
  • Hindari makanan asin karena dapat menyebabkan mata terlihat membengkak. 
  • Gunakan pembersih yang lembut saat membersihkan riasan mata, dan gosok dengan pelan.

4. Perawatan Leher dan Tulang Selangka

Kamu juga perlu merawat kecantikan leher dan tulang selangka, jika saat pernikahan nanti kamu memakai gaun pernikahan dengan potongan dada rendah. Karena memiliki kandungan minyak yang sedikit, kulit pada bagian ini akan membutuhkan perhatian khusus.

Kamu bisa setiap harinya melakukan eksfoliasi lembut dengan face scrub. Gunakan juga  pelembab ringan, dan lindungi dengan sunscreen sebelum terpapar sinar matahari.

5. Perawatan Payudara 

Menjelang hari pernikahan nanti, kamu juga perlu melakukan perawatan sebelum menikah pada payudara meski tampilannya tidak terekspos. Hal ini bertujuan untuk menjaga tampilan kamu agar tetap kencang dan tampak mulus. 

Kamu bisa melakukan pemijatan atau juga memakai masker payudara secara rutin dengan memakai kandungan bahan alami.

Cantik dan Sehat di Hari Pernikahan, Yuk Rawat Tubuhmu!



6. Perawatan Tangan dan Kuku

wm_article_img

Foto: pertenkod on iStock

Merawat tangan dan kuku tidak kalah pentingnya dengan perawatan yang lainnya terlebih kamu akan menyalami banyak tamu undangan. Untuk itu agar tampilan kamu semakin cantik harus melakukan perawatan kecantikan sepekan menjelang pernikahan sebagai berikut:

  • Lakukan perawatan manicure dan nail art di salon agar tampilannya terlihat cantik.
  • Agar kuku kamu terlihat sehat dan lembap, kamu juga bisa rutin menggunakan minyak pada area kutikula  
  • Setiap hari selalu gunakan hand cream dan foot cream untuk menjaga kelembapan. 
  • Kamu juga bisa merawat sendiri jika kuku kamu sudah panjang. Rajinlah memotong kuku kaki dan tangan, selain itu agar lebih halus kikir ujung kuku.
  • Perawatan sebelum menikah untuk  tangan dan kuku, kamu bisa gunakan tabir surya agar terhindar dari belang di kaki dan tangan. Saat kamu beraktifitas di luar ruangan jangan lupa pakai kaus kaki atau sarung tangan agar mengurangi terpapar langsung dari sinar matahari.
  • Kamu juga bisa menyikatnya kuku-kuku jari tangan dan kaki dengan  lembut agar lebih berkilau serta beri sedikit krim.
  • Agar kuku kamu terlihat berkilau kamu bisa .mengoleskan nail polish bening sebagai top coat di atas kuku saat sedang tidak memakai nail polish berwarna.

7. Perawatan Rambut

Bagi kamu yang mengenakan hijab atau tidak, rambut wajib untuk dirawat kapanpun juga karena tidak ada wanita yang menginginkan rambutnya terlihat lepek dan kusam terutama saat hari pernikahan nanti. 

Tidak ada perawatan sebelum menikah khusus yang perlu kamu lakukan menjelang hari pernikahan, berikut perawatan rambut yang bisa kamu lakukan:

  • Kamu bisa melakukan perawatan rutin setiap satu minggu dua sampai 3 kali sejak enam bulan menjelang pernikahan, dengan melakukan perawatan creambath,  hair mask dan hair spa di salon. 
  • Selain pergi ke salon kamu juga bisa melakukan perawatan rambut sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan alami yang tersedia misalnya minyak urang-aring, lidah buaya sebelum tidur.
  • Selalu keramas dengan rutin menggunakan sampo sesuai dengan jenis rambut yang diakhiri dengan memakai kondisioner. Selain itu jika perlu pakai hair serum, hair oil atau vitamin rambut sebagai perawatan tambahan yang digunakan sehabis keramas.
  • Agar rambut tidak bertambah rusak, kamu bisa kurangi styling maupun penggunaan peralatan yang menghasilkan panas . 
  • Untuk menjaga keindahan rambut, kamu juga bisa melakukan perawatan sebelum menikah dengan memotong ujung-ujung rambut yang sudah terlihat rusak, sehingga rambut kamu nantinya akan tumbuh dengan sehat.
  • Bagi kamu yang memakai aksesoris rambut, misalnya jepit atau topi, kamu bisa mengatur penggunaannya jangan sampai bisa membuat rambut patah dan rontok. Agar tidak lembab dan mengakibatkan gatal di kepala kamu bisa memberi cukup waktu rambut "bernapas" di suhu ruang.
  • Perhatikan juga makanan yang kamu konsumsi yang dapat membuat rambut berkilau alami seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B seperti pada telur, kacang-kacangan, ikan.
  • Jika kamu ingin mengganti warna rambut, kamu bisa melakukannya 3 minggu sebelum pernikahan.

8. Perawatan Gigi

wm_article_img

Foto: ArtistGNDphotography on iStock

Ada banyak perempuan yang jarang untuk melakukan perawatan gigi saat akan  menjelang pernikahannya. Dengan menampilkan deretan gigi yang putih bisa menambah penampilan kamu menjadi sempurna terlebih lagi pada saat sesi pemotretan . 

Jika kamu ingin merapikan susunan gigi sebaiknya lakukan kunjungan ke dokter sejak 2 tahun sebelum pernikahan, karena bagian gigi akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merapikan susunan giginya

Kamu bisa mulai melakukan perawatan sebelum menikah dengan rutin untuk melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali beserta dengan membersihkan karang gigi. Jika sebaiknya memungkinkan, kamu juga bisa melakukan pemutihan pada gigi (veneer) yang akan mengubah penampilan kamu semakin sempurna.

Selain itu dengan melakukan perawatan gigi dengan rutin, akan membuat nafas kamu tetap wangi terlebih saat hari pernikahan tiba.

9. Perawatan Organ Intim

Perawatan wajib jelang pernikahan yang tidak boleh terlupakan adalah untuk merawat organ intim wanita. Di berbagai spa kini sudah tersedia perawatan ratus yang bisa kamu manfaatkan. Ratus merupakan teknik pengasapan atau penguapan untuk mengurangi berbagai masalah pada organ intim dengan memakai berbagai bahan rempah herbal. 

Masalah pada organ intim seperti keputihan, menghilangkan aroma tak sedap, dan menyeimbangkan kelembaban. Kamu tidak perlu khawatir saat melakukan ratus ini karena menggunakan bahan alami seperti, daun manjakani, daun pandan, jahe, jati Belanda, kunyit, sereh, maupun sirih.

Selain itu kamu juga bisa perawatan sebelum menikah dengan menjaga kelembaban bagian organ intim dengan cara rajin berganti pakaian dalam dan membasuh dengan air bersih setelah buang air terutama saat datang bulan.

ada baiknya dikonsultasikan sebelum menikah Jika kamu memiliki masalah kewanitaan, agar masih bisa diobati, apalagi jika berencana untuk segera memiliki anak.

10. Perawatan Bibir 

Agar kamu terbebas dari bibir kering dan masalah pecah-pecah dan mendapatkan tampilan bibir yang sehat kamu bisa memakai vitamin E. Gunakan juga lips scrub satu minggu sekali sehingga akan membuat tampilan wajah semakin sempurna. 

11. Perawatan Kaki 

Tidak lupa kamu juga harus memperhatikan untuk merawat kaki. Kamu bisa menggunakan air hangat dan waxing untuk menghilangkan bulu kaki. Selain itu gunakan pelembab khusus kaki untuk menjaga kelembabannya.

12. Perawatan Kesehatan dari Dalam Tubuh

Perawatan sebelum menikah terakhir yang harus kamu lakukan adalah perawatan kesehatan dari dalam tubuh. Jangan sampai kamu sibuk untuk merawat bagian luar, akan tetapi perawatan dari dalam tubuh kamu dilupakan begitu saja.

Secara tidak sadar saat kamu mempersiapkan pernikahan yang sempurna, kamu akan mengalami tekanan atau juga stres yang lebih dari biasanya. Jika sudah begitu kamu bisa rehat sebentar dari hal tersebut dan memenangkan diri terlebih dahulu untuk mengembalikan semangat kamu

Kesehatan fisik adalah hal yang penting karena persiapan pernikahan yang memakan waktu yang panjan, perawatan sebelum menikah dari dalam tubuh yang bisa kamu lakukan diantaranya:

13. Tidur yang cukup

Pastikan kamu mempunyai tidur yang berkualitas minimal 6 jam sehari. Tidur cukup dapat kamu lakukan sebulan sebelum menikah, walaupun rasanya kamu akan sulit untuk tertidur pulas menjelang hari pernikahan. Namun kamu harus memastikan untuk melakukannya. Selain itu tidur juga dapat meningkatkan mood dan menjaga tubuh agar tetap sehat

14. Berolahraga

Kamu juga bisa mulai olahraga dengan rutin seperti aerobik, yoga, zumba, atau berenang setahun sebelum perayaan pernikahan agar badan terlihat bagus, sehat, dan menawan di depan para undangan.

Selain berguna untuk membentuk tubuh, olahraga juga bisa menjadi cara untuk melepaskan stres dari segala rangkaian persiapan pernikahan yang tak membuat kamu kelelahan.

Olahraga dapat menjaga berat badan kamu tetap ideal dan membuat tubuh lebih berstamina menjelang pernikahan nant, dan juga dapat meningkatkan fungsi dan regenerasi sel-sel dalam tubuh.

Menjaga konsumsi makanan dan minuman yang masuk ke tubuh dengan makan makanan yang bergizi, mengurangi junk food, karbohidrat dan lemak. Selain itu usahakan perbanyak serat, buah, vitamin, dan mineral.

Itu dia beberapa perawatan sebelum menikah yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan penampilan yang sempurna mulai dari ujung kaki sampai dengan ujung kepala.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...