Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Pakaian yang Cocok untuk Setelan Pengantin Pria
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Setelan pengantin pria sebenarnya harus dipikirkan dengan cukup matang agar penampilannya serasi dengan mempelai wanita. Jenis pakaian dan style yang cocok harus dipilihkan agar penampilan sang mempelai pria bisa lebih gagah dan mempesona. Tak hanya mempelai wanita saja yang harus tampil berbeda di acara pernikahan.

Kamu bisa memilih beberapa jenis pakaian khususnya jenis jas lengkap dengan setelan dari ujung kaki hingga ujung kepala. Pemilihan bahan hingga jenis jahitan jas yang dipilih harus sesuai dengan style atau jenis gaun yang dikenakan oleh mempelai wanita. Setelannya harus pas dan tidak terkesan memaksakan ide.

Di beberapa kota kini sudah tersedia penjahit atau penata busana khusus untuk pria terutama dalam membuat busana atau setelan untuk pengantin. Hal ini tentu bisa kamu manfaatkan dengan sangat baik agar mempelai pria bisa tampil lebih baik dan sesuai pada hari pernikahan. Di sana kamu bisa mendapatkan referensi dan contoh setelan yang bisa dipilih.

Jas biasanya menjadi setelan pengantin pria yang paling sering digunakan. Berbagai jenis model serta pemilihan bahan bisa kamu pilih. Semua bagiannya harus menjadi sebuah setelan yang matching satu sama lain. Meskipun terdapat perpaduan warna atau model namun semuanya harus menjadi satu kesatuan yang proporsional.

Terkadang beberapa orang ingin menuangkan ide dan kreativitasnya dalam padu padan setelan pakaian. Akan tetapi disamping itu sebagian orang ini justru tidak begitu memahami konsep Nya sehingga hasilnya kurang baik untuk digunakan. Agar hal ini tidak terjadi kamu bisa menggunakan beberapa referensi untuk setelan bagi pengantin pria.

1. Single Breasted

wm_article_img
Foto: AliBaba

Secara bahasa istilah ini berarti dada dengan 1 bagian. Makna yang sebenarnya adalah jenis pakaian ini merupakan sebuah jas yang menggunakan hanya satu kancing saja pada bagian tengah sehingga bagian dada menjadi terbuka. Setelan pengantin pria seperti ini sangat banyak digunakan terutama untuk pernikahan dengan tema modern.

Pengantin pria akan mengenakan setelan jas ini dengan ukuran yang sangat pas dan warna yang lebih gelap atau warna lainnya. Untuk bagian bawahnya bisa menggunakan celana dengan bahan yang sama seperti pembuatan jas tersebut. Sementara itu, bagian dalam jas perlu menggunakan kemeja polos.

Sebaiknya kemeja untuk bagian dalam pada jenis setelan pengantin pria seperti ini ialah berwarna putih. Selain warnanya lebih netral warna ini juga tidak membuat penampilan sang pria menjadi terlihat berlebihan. Penggunaan warna putih pada bagian dalam akan membuat penggunanya terlihat lebih elegan dengan tidak menghilangkan kegagahannya.

Untuk membuat penampilannya semakin eksis maka tambahkan penggunaan dasi kupu-kupu serta sedikit bunga pada bagian kerah maupun saku atas. Style seperti ini akan terlihat sangat elegan dan membuat pengantin pria tampil lebih berbeda dari hari-hari biasanya. Kamu bisa menyesuaikan pemilihan warna setelan ini dengan pakaian atau gaun sang mempelai wanita.

2. British Style

wm_article_img
Foto: dhgate.com

Jas pengantin pria yang tak kalah menarik untuk bisa digunakan ialah British style. Untuk setelan pengantin pria dengan model seperti ini bisa menggunakan jas dengan bahan yang lebih berat dibandingkan model jas pada umumnya. Potongannya sangat fit body, mulai dari bagian atas hingga ke bagian bawah tak terkecuali pada bagian celana.

Pada setelan seperti ini mempelai pria hanya perlu menggunakan 1 kancing sebagai pengait yang letaknya biasanya lebih rendah. Setelan jas seperti ini cukup banyak digunakan terutama pada saat ini yang lebih memilih pernikahan yang lebih modern. Beberapa di antaranya sering menggunakan rompi khusus yang ukurannya sangat pas.

Rompi tersebut digunakan pada bagian dalam dan bagian luarnya tetap ditutupi menggunakan jas tersebut. Untuk setelan pengantin pria seperti ini sebaiknya pilih warna yang cenderung cerah seperti abu muda, warna pastel, coklat muda dan sejenisnya. Hal ini akan membuat penampilannya terlihat lebih elegan.

3. Chinese Style

wm_article_img
Foto: img01.taobaocdn.com

Setelan jas pengantin pria juga memiliki salah satu jenis ala Cina yaitu Chinese style. Umumnya style ini memang hanya diperuntukkan bagi para pengantin pria yang memiliki keturunan Chinese. Akan tetapi, setelan ini juga tidak ada salahnya jika jas pengantin ini digunakan oleh pria yang bukan keturunan Chinese.

Setelannya cukup menarik dan nampak sangat gagah ketika sedang dikenakan. Kerahnya menggunakan potongan kerah khas ala chinese yang juga dikenakan pada pakaian wanita. Jika pada umumnya bagian kerah untuk jas pengantin pria akan dilipat ke bagian bawah pada cinestyle ini kerah tidak dibuat seperti itu dan hanya satu layer saja.

Setelan pengantin pria untuk jenis jas ini juga terlihat pada penataan kancingnya yang cukup berbeda dengan jenis jas pada umumnya. Kancingnya akan disusun seperti kemeja panjang pada umumnya tersusun dari bagian atas hingga bawah. Bahan yang digunakan bisa menggunakan kain untuk jas pada umumnya atau dengan bahan yang lebih tebal.

Penggunaan bahan yang cukup tebal akan membuatnya terlihat lebih pas dan membentuk pada bagian bahu. Hal ini tentu saja akan membuat penampilan pengantin pria lebih gagah lagi. pastikan kamu memilih kan warna yang cenderung lebih gelap terutama hitam. Untuk kancingnya bisa menggunakan warna yang sedikit mengkilap seperti emas atau sejenisnya.

4. Serba Putih

wm_article_img
Foto: giorgenti.com

Setelan pengantin pria berikutnya yang cukup populer ialah setelah dengan serba putih. Setelan seperti ini memang cukup umum digunakan dan menjadi ciri khas dari seorang pengantin. Jas pengantin Muslim biasanya identik dengan warna ini saat akad nikah. Akan tetapi kamu tidak perlu terpaku dengan hal tersebut karena pada acara resepsi pun warna ini tetap bisa digunakan.

Untuk setelan dengan warna putih ini kamu bisa membuatnya sangat polos tanpa ada tambahan variasi warna lain. Beberapa setelan jas seringkali menggunakan variasi warna hitam terutama pada bagian kerah dan saku. Kamu bisa memilih untuk tidak menggunakan variasi sama sekali termasuk untuk pemilihan dasi kupu-kupu.

Semua yang dikenakan pengantin pria bisa dibiarkan polos dan serba putih tanpa pengecualian. Hal ini akan membuat pengantin pria tampil lebih gagah bahkan cenderung manglingi di hari pernikahannya. Setelan pengantin pria seperti ini sangat cocok disandingkan dengan gaun pengantin dengan warna yang sama atau warna lainnya.

5. Warna Pastel

wm_article_img
Foto: reiss.com

Setelan untuk pengantin pria berikutnya ialah pakaian pengantin dengan warna pastel. Kamu bisa memilihkan warna pastel yang sesuai dengan gaun pengantin wanita. Warna pastel memang cukup unik namun tetap tidak menghilangkan kegagahan dari sang pengantin pria. 

Bahkan warna ini akan membuat penampilan sang pengantin pria lebih berbeda dari hari-hari biasa dan memberikan kesan jas pengantin modern. Warna merah muda sekalipun tetap tidak masalah jika dipilih untuk setelan seperti ini. Hal ini dikarenakan warna pastel cenderung tidak terlihat berlebihan meskipun warnanya selalu cerah.

Itulah beberapa inspirasi setelan pengantin pria yang bisa kamu pilih pada acara pernikahan. Beberapa style dan model lainnya sudah tersedia di pasaran maupun pada penata busana khusus pengantin. Kamu bisa mencocokkan ukuran serta warna yang dipilih dengan gaun pengantin yang akan dikenakan oleh mempelai wanita.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...