Pilih Kategori Artikel

6 Template Undangan Pernikahan yang Bisa Kamu Pilih
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ketika melangsungkan pernikahan, biasanya banyak orang mengunakan undangan yang akan diberikan kepada tamu. Undangan tersebut penting diberikan untuk memberitahukan kepada mereka lokasi pernikahan dan kapan resepsinya digelar. Ada berbagai template undangan pernikahan yang bisa kamu gunakan untuk tujuan tersebut. 

Memilih desain undangan memang kadang membuat mempelai kebingungan, selain ingin menampilkan kesan yang cantik, undangan juga menjadi semacam ajang kreatifitas. Nantinya dengan melihat undangan tersebut, tamu undangan berniat hadir ke pernikahan dengan melihat konsep yang ditawarkan. 

Untuk membuat undangan, biasanya pihak percetakan atau vendor undangan akan meminta desainer untuk membuat template yang bisa kamu gunakan. Namun jika kamu ingin membuat desain sendiri, berikut merupakan beberapa template yang bisa kamu gunakan. Tidak hanya terlihat cantik dan menarik, ia juga bisa menjadi ajang kreatifitas kamu dan pasangan. Kamu bisa langsung menggunakan template undangan yang ada, kemudian mengirimkannya ke percetakan atau vendor undangan pernikahan custom yang telah kamu pilih. 

Model Invitation Set

wm_article_img

Foto: Wedding Invitation Wording Blog

Untuk model yang satu ini, template undangan pernikahan yang digunakan cukup unik. Biasanya undangan terbagi dalam satu atau dua lembar yang berisi lokasi pernikahan. Namun jika kamu menggunakan template yang satu ini, kamu akan membagi setiap informasi dalam tiap kartu kecil. 

Kartu-kartu tersebut berukuran kurang lebih sama, atau berbeda tergantung desain yang kamu gunakan. Beberapa kartu tersebut berisi kartu untuk undangan pernikahan, kartu untuk melakukan RSVP terkait kesediaan hadir, detail informasi, hingga ucapan terima kasih. 

Model undangan pernikahan yang satu ini juga terlihat lebih menarik karena menggunakan font yang lebih fleksibel, berikut dengan hiasan yang ada di tiap kartunya. Kamu juga bisa menyisipkan hadiah atau ucapan khusus pada kartu tersebut agar terlihat semakin menarik. 

Model Invitation Butterfly

wm_article_img

Foto: Greeting Island

Kalau kamu menyukai desain yang feminim namun masih terlihat berkelas, kamu bisa menggunakan undangan dengan hiasan bermodel cat air. Misalnya dengan desain kupu-kupu di pinggiran undangan untuk menampilkan sisi feminim dan pengharapanmu untuk masa depan yang indah.

Kamu bisa mencetak template undangan pernikahan ini sebagaimana biasanya, namun pastikan bahwa kamu menggunakan warna yang gelap jika hendak memoleskan cat air setelahnya. Namun jika kamu tidak menggunakan cat air dan lebih memilih menggunakan model print, pilih dan bentuk warna yang menarik.

Alasan mengapa memilih warna hitam dimaksudkan untuk menonjolkan akses hiasan yang ada. Namun jika kamu kurang menyukai warna gelap, kamu bisa menggunakan warna lain yang sekiranya serasi dengan aksen hiasan yang kamu gunakan, sehingga terlihat indah.

Model Watercolor Kartu

wm_article_img

Foto: Stylish Wedd

Untuk model yang satu ini, kamu bisa menggunakan kartu dengan akses hiasan menggunakan cat air. Cat air tersebut dapat kamu berikan secara mandiri atau menggunakan bantuan software editing. Kalau kamu memang memiliki bakat dalam bidang seni, kamu bisa menghias sendiri undangan tersebut menggunakan cat air. 

Alasan kenapa template undangan pernikahan ini menggunakan cat air adalah hasir akhir yang akan di dapatkan. Tidak hanya memberikan gradasi yang terlihat hidup, pilihan warna yang bisa kamu aplikasikan ke kartu undangan juga variatif. 

Namun kalau kamu menggunakan model ini, pastikan bahwa kartu yang kamu gunakan untuk kartu undangan menggunakan kertas yang tebal. Jika kertas tersebut terlalu tipis, ia bisa membuat lubang dan membuatnya kurangg menarik. Untuk mengirimkannya, kamu bisa menggunakan amplop yang dihias dengan cara serupa. 

Model Undangan Pernikahan dengan Foto

wm_article_img

Foto: Undangan Modern Emita on Shopee

Ini merupakan model undangan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, dengan menyelipkan foto mempelai pada bagian sampul undangan. Anda bisa menggunakan foto pre-weding yang sudah dilakukan agar menghemat biaya. 

Kalau kamu merasa memperlihat wajah kamu dan pasangan di kartu undangan terasa kurang intim, kamu bisa menggunakan foto yang diambil dari jarak yang jauh dengan model blur. Untuk undangan ini gunakan aksen hiasan yang sederhana agar tamu yang kamu undang lebih focus pada informasi dan foto yang kamu sisipkan. 

Jika template undangan pernikahan terlalu penuh, maka kesan undangan yang kamu kirimkan malah terlihat norak dan tidak berkelas. Kamu bisa menggunakan model undangan satu lembar yang ditekuk, atau menggunakan satu lembar kartu saja. 

Model Surat

wm_article_img

Foto: woody.eslamoda.ru

Menggunakan gaya pengiriman surat pada undangan pernikahan juga membuatnya terlihat menarik, sebab terkesan elegan dan manis. Di dalam amplop kamu mengirimkan undangan tersebut, isikan beberapa informasi mengenai resepsi pernikahan yang hendak kamu lakukan. Seperti model sebelumnya, kamu bisa menggunakan 2-3 buah kartu untuk model undangan yang mengggunakan amplop surat.

Agar terkesan elegan, usahakan semua kartu yang kamu kirimkan menggunakan desain undangan pernikahan yang sama. Kamu juga bisa menggunakan motif yang berbeda, asalkan warna dan tone yang digunakan masih serupa. Walaupun kamu bisa memisahkan banyak informasi dalam berbagai kartu, usahakan tidak terlalu banyak karena akan membuat amplop terlihat penuh. 

Model Vintage

wm_article_img

Foto: A Little Bit of Wedmin

Jika kamu hendak melangsungkan pernikahan dengan desain yang mewah, maka menggunakan undangan dengan model vintage bisa menjadi pilihan. Model template undangan pernikahan dengan gaya ini biasanya menggunakan tema yang terlihat mewah, menggunakan font khusus, serta aksen yang menarik pada kartunya. 

Kamu bisa membuat undangan tersebut terlihat cantik dengan model tulisan gaya abad pertengahan, lengkap dengan berbagai hiasan yang menunjangnya. Sebaiknya kamu menggunakan desaigner untuk membuat model undangan ini agar tiap sisinya bisa sejajar dan rapi. Warna yang direkomendasikan untuk model undangan vintage adalah warna hitam dan emas, namun kamu bisa menggunakan warna lain yang setara. Misalnya kamu menggunakan warna cokelat muda dan cokelat gelap, sehingga memberikan kesan kun yang cantik. 

Kalau kamu sudah memilih satu jenis template yang hendak diguankan untuk membuat undangan, maka kamu harus memperhatikan percetakan yang akan mencetaknya. Minta rekomendasi dari teman atau keluarga, kamu juga bisa meminta bantuan wedding organizer atau vendor pernikahan yang kamu sewa untuk membantumu. 

Pertimbangkan budget yang kamu miliki, beberapa template undangan pernikahan memiliki harga yang lebih tinggi karena lebih sulit dibandingkan dengan yang lain. Pilih kertas yang sekiranya sesuai dan membuat penampilan undangan Anda semakin menarik. Jika kamu ingin mendapatkan harga yang terjangkau untuk menghemat budget, kamu bisa menggunakan paket yang disediakan oleh percetakan.

Tentunya pilih paket yang memang sesuai dengan apa yang kamu butuhkan, bukan hanya tergiur dengan harganya yang terjangkau. Pertimbangkan pula apakah kamu hendak menuliskan sendiri penerima undangan atau langsung dicetak menggunakan mesin. Beberapa orang menilai penulisan undangan akan memberikan kesan yang intim antara penerima dan mempelai. 

Itulah berbagai template undangan pernikahan yang bisa kamu gunakan untuk undangan pernikahanmu. Semoga informasi tersebut dapat membantu kamu, terutama yang masih bingung memilih mana model undangan yang menarik. Undangan pernikahan yang cantik tentu menjadi menjadi kebanggaan kamu dan pasangan karena memberikan yang terbaik untuk para tamu.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...