Pilih Kategori Artikel

Tips Membuat Budget Catering Pernikahan Sesuai Budget
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pesta pernikahan merupakan acara yang sangat penting bagi pasangan pengantin dan juga keluarga. Terdapat banyak hal yang harus diperhatikan untuk membuat acara berkesan bagi pasangan dan tamu salah satunya adalah budget. Bicara seputar budget, apakah kamu membutuhkan tips membuat budget catering pernikahan?

Bukan rahasia umum lagi jika pernikahan memerlukan biaya yang tidak sedikit dan banyak hal yang harus diperhatikan. Selain dekorasi, hal yang sangat penting ialah makanan yang dihidangkan untuk para tamu. Makanan juga menjadi salah satu biaya yang paling mahal saat menggelar acara pernikahan. 

Tentu setiap pasangan ingin menggelar acara pernikahan impian serta dapat membagi rasa kebahagiaan kepada kerabat yang datang. Untuk dapat menyelenggarakan acara pernikahan yang sempurna, banyak hal yang harus diperhatikan. 

Memilih catering pun harus dilakukan dengan sangat hati hati agar kamu dapat mendapat layanan terbaik. Namun tentunya selain memperhatikan rasa makanan, biaya juga menjadi pertimbangan terpenting dalam memilih vendor catering. 

Menemukan catering pernikahan murah dan enak adalah kebahagiaan tersendiri. Karena biaya catering yang murah bisa menghemat keseluruhan biaya pernikahan yang akan dikeluarkan. 

Tips Membuat Budget Catering Pernikahan dengan Mudah


Bagi Kamu yang masih belum menemukan bagaimana menekan budget catering pernikahan, tidak perlu khawatir. Terdapat berbagai metode dan tips membuat budget catering pernikahan yang jika dilaksanakan dengan tepat akan menekan biaya pernikahan yang ada. Berikut ini ialah caranya:

1. Menentukan Anggaran 

Tips membuat budget catering pernikahan ini dimulai sebelum melangkah lebih jauh, Kamu harus membicarakan terkait anggaran pernikahan yang sesuai dengan kemampuan. Meskipun pernikahan ini kamu inginkan dapat dibuat dengan sempurna, namun jangan mengabaikan terkait biaya. 

Kamu bisa membuat anggaran pernikahan sederhana dan menyusun apa saja yang akan dikeluarkan. Termasuk berapa kesanggupan Kamu dan pasangan dalam mengeluarkan biaya untuk catering pernikahan. 

Dengan membuat anggaran yang jelas, maka Kamu memiliki pegangan saat melaksanakan persiapan. Sehingga Kamu tetap mengetahui berapa anggaran yang kamu sediakan sebelumnya, jangan sampai justru membuat Kamu berhutang. 

2. Membatasi Tamu Undangan 

Jumlah makanan yang akan dipesan sangat bergantung dengan berapa jumlah tamu undangan yang akan hadir di pesta pernikahan. Bagi Kamu yang ingin menekan budget catering pernikahan ialah dengan membatasi tamu undangan. 

Kamu hanya perlu mengundang sahabat dan keluarga terdekat untuk datang ke hari bahagiamu. Selain menekan biaya catering cukup besar, hadirnya beberapa tamu terdekat dapat membuat acara semakin intim dan akrab. 

Namun, tentunya Kamu juga harus membicarakan terkait jumlah tamu undangan ini kepada pasangan dan juga keluarga besar. Bicarakan terkait anggaran yang Kamu miliki dan bagaimana jumlah tamu yang memang ingin diundang. 

3. Menghitung Jumlah Porsi Hidangan 

Metode selanjutnya yang bisa Kamu lakukan untuk memantau biaya catering ialah porsi hidangan. Jumlah porsi hidangan tentu akan mempengaruhi berapa biaya yang akan Kamu keluarkan. 

Tidak sulit untuk menghitung jumlah porsi hidangan yang tepat dalam acara pernikahan. Kamu hanya perlu mengalikan  dua setiap tamu undangan yang hadir untuk mendapatkan porsi yang pas. 

Misalnya tamu undangan ialah 200 maka kalikan dua sehingga Kamu memesan 400 porsi. Namun, biasanya tamu undangan yang diundang tidak semuanya bisa hadir sehingga Kamu bisa mengurangi 10% porsi makanan. 

4. Memilih Menu yang Tepat 

Memilih menu yang tepat untuk dihidangkan saat pernikahan adalah solusi yang tepat untuk menghemat biaya. Kamu harus mengetahui berbagai tips memilih menu catering pernikahan yang tepat untuk para tamu. 

Salah satu tips yang bisa dilakukan ialah dalam memilih menu buffet, pilihlah lauk bertulang dibandingkan dengan fillet. Hal ini karena menu fillet akan lebih mudah disantap para tamu dan membuat makanan cepat habis. 

Berbagai rekomendasi menu bertulang yang lezat dan disukai oleh para tamu misalnya ayam. Menu ayam yang biasanya ditemui di berbagai acara pernikahan ialah ayam kecap, ayam mentega dan masih banyak lainnya. 

Sedangkan untuk menu pondokan, menu yang paling tepat ialah siomay, sate dan soto yang memiliki harga terjangkau. Menu di pondokan tidak perlu terlalu banyak, biasanya perbandingan porsi menu pondokan dan buffet ialah 20% dan 80 %. Kamu bisa memberikan porsi yang sedikit namun dengan menu beragam. 

5. Mengadakan Acara di Malam Hari 

Acara pernikahan memang cukup sering dilakukan di malam hari, ternyata hal ini juga menguntungkan Kamu untuk menekan biaya catering. Jika menggelar acara pernikahan di siang hari maka para tamu akan mengkonsumsi banyak makanan karena beraktivitas. 

Sedangkan jika acara dilaksanakan pada malam hari, para tamu cenderung akan mengurangi porsi makanan. Hal ini bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk acara pernikahan Kamu. 

Para tamu biasanya akan memilih untuk memakan makanan ringan dan tidak terlalu berhasrat untuk makan besar. Kamu bisa mengatasi ini dengan menyediakan sedikit lebih banyak makanan ringan.

6. Temukan Catering yang Murah 

Kamu tetap bisa menyediakan hidangan yang menarik di hari besar dan tidak mengeluarkan biaya terlalu banyak. Kamu harus mencari vendor catering pernikahan murah dan tetap berkualitas. 

Sebelum memutuskan menggunakan vendor catering, carilah berbagai informasi yang terkait dengan vendor tersebut dan temukanlah vendor pilihanmu di tempat yang terpercaya agar menghindari hal yang sangat tidak diinginkan yaitu penipuan.

Salah satu tempat terpercaya adalah marketplace pernikahan, Wedding Market. Kamu bisa melihat portofolio dan review dari para pengguna serta membuat pemesanan melalui pihak ketiga agar lebih trusted! Yuk segera cari vendor pilihanmu di Wedding Market.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...