Pilih Kategori Artikel

8 Biaya Pernikahan yang Tak Terduga Namun Wajib Kamu Siapkan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan merupakan salah satu momen membahagiakan dan hanya digelar sekali seumur hidup. Menggelar acara pernikahan pastinya membutuhkan persiapan yang sangat banyak, mulai dari persiapan waktu dan tenaga hingga persiapan dalah hal biaya. Biaya menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam hal pernikahan. Mengatur budget pernikahan merupakan salah satu hal yang penting agar sesuai dengan biaya awal. Namun kamu dan pasangan harus menyiapkan juga biaya pernikahan tidak terduga yang memang sering terjadi.

Menyiapkan biaya pernikahan yang tidak terduga merupakan salah satu hal penting untuk menhindari budget pernikahan semakin membengkak. Tentu kamu dan pasangan tidak ingin hal seperti ini terjadi dan bisa membuat pernikahan menjadi berantakan karena kekurangan biaya. Tentu saja kamu harus mengetahui biaya yang tidak terduga itu apa saja dan dapat disiapkan sebaik mungkin. Agar tambahan biaya pernikahan tidak terduga ini bisa diperhirtungkan, berikut ini WeddingMarket akan mengulas hal tersebut.

1. Biaya pajak


Walaupun kamu dan pasangan sudah menyiapkan paket pernikahan yang diinginkan dan menyesuaikan dengan biaya pernikahan, tapi kamu harus mengecek ulang apakah paket pernikahan tersebut sudah masuk kedalam tax atau pajak. Jika ingin mengetahui total semua harga maka estimasikanlah kira-kira berapa total pajak yang harus kamu bayarkan ketika menggelar acara pernikahan. Dengan melakukan hal ini kamu sudah menyiapkan biaya yang tidak terduga yang sering membuat budget pernikahan menjadi sangat membengkak.

2. Konsumsi vendor dan panitia

wm_article_img
Foto: Culture Royale Catering
Pernikahan yang mewah agar berjalan dengan sukses pastinya tidak akan lepas dari pihak vendor penyelenggara ataupun panitia lainnya yang turut mempersiapkan acara pernikahan sejak awal. Tentunya dengan tugas yang begitu berat ini, kamu harus menghargai kerja keras mereka dengan menyediakan kosumsi untuk para panitia atau tim vendor yang ada. Biasanya konsumsi panitia ini biasanya lumayan banyak dan jangan sampai lupa memasukannya ke dalam biaya pernikahan agar tidak membengkak ya!

3. Biaya transportasi

Menyewa mobil pengantin masuk ke dalam daftar persiapan pernikahan, tapi sudahkah kalian memasukannya ke dalam budget biaya pernikahan? Karena biaya car rental mobil mewah ataupun mobil antik juga lumayan lohhh. Selain car rental untuk pengantin, acara pernikahan yang dihadiri oleh banyak keluarga berdatangan dari berbagai kota juga harus menjadi perhatian kalian, maka beberapa pasangan sudah menyiapkan car rental untuk transportasi antar jemput. Rental mobil memang diperlukan sebagai transportasi tambahan keluarga jika diperlukan.

4. Flower Board

wm_article_img
Dekorasi: Valentine Wedding Decoration
Biaya pernikahan yang tidak terduga yang harus kamu ketahui adalah biaya untuk membersihkan bunga dalam upacara kalian. Kamu harus memperhatikan biaya ini karena biasanya beberapa gedung pernikahan atau tempat pernikahan lainnya memberikan tambahan biaya untuk membersihkan tempat tersebut. Jadi sebaiknya sejak awal kamu mempersiapkan untuk hal ini.

5. Bukan vendor rekanan

Mungkin sebagian dari kalian sudah banyak yang tahu jika pihak gedung pernikahan atau hotel memberlakukan sistem vendor rekanan. Dimana paket pernikahan yang ditawarkan harus menggunakan pilihan vendor yang sudah menjadi rekanan di tempat pernikahan tersebut.

Apabila vendor yang kalian inginkan tidak masuk daftar, maka akan dikenakan biaya tambahan lagi. Ada baiknya kalau kalian mengetahui dari awal, ya, berapa persen biaya charge yang dikenakan tempat pernikahan kamu, agar kalian berdua bisa mempertimbangkan dengan baik.

6. Stationery

wm_article_img
Undangan pernikahan: Pemberley Paperie
Walaupun tidak memakan jumlah yang cukup banyak, tapi pastinya akan ada pengeluaran untuk membeli alat-alat tulis atau keperluan lainnya yang tidak terduga sama sekali. Apalagi jika kamu memilih untuk mengatur pernikahan sendiri tanpa adanya wedding organizer. Untuk itu kamu harus mempertimbangkan biaya stationery coast, seperti, escort card, menu card, amlop, hingga thank you card menjadi pengeluaran biaya pernikahan yang ngga tertulis di budget pernikahan.

7. Cash tip

Kalau kamu ingin memberikan cash tips kepada vendor atau panitia yang membantu persiapan pernikahanmu, sebaiknya sudah mulai menentukan berapa jumlah yang akan dikeluarkan dari awal. Serta, persiapkan ke dalam amplop-amplop terpisah, sehingga di hari H kamu hanya menitipkan kepada orang kepercayaan.

8. Biaya cadangan

wm_article_img
Fotografi: Visuel Project
Kami selalu menyarankan kamu, untuk tidak menggunakan budget pernikahan secara full, mengapa demikian? Karena setidaknya kalian harus menyisakan untuk biaya cadangan untuk mengantisipasi biaya pernikahan yang tidak terduga lainnya. Seperti misalnya pernikahan outdoor yang dirasa membutuhkan tenda untuk mengantisipasi hujan atau perubahan rencana uang akan datang secara tiba-tiba. Oleh kerenanya, pastikan kalian juga memiliki biaya untuk backup plan, jadi mulai dihitung-hitung.

Itulah merupakan biaya pernikahan tidak terduga yang musti kamu dan pasangan siapkan. Hal ini menjadi salah satu hal yang penting agar budget pernikahan aman dan tidak membengkak. Jadi biaya tidak terduga ini musti kamu persiapkan dengan baik.

Gimana, masih bingung menyusun anggaran pernikahan? Jika demikian, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan mereka yang berpengalaman, seperti wedding planner. Selain itu, kamu dan pasangan juga bisa mengumpulkan berbagai referensi dan inspirasi dengan menghadiri pameran WeddingMarket Fair yang akan diselenggarakan pada tanggal 4-5 November 2023 di The Grand Krakatau Ballroom, Green Terrace. Segala elemen yang diperlukan untuk pernikahan kamu bisa ditemukan di sana.

Nikmati juga beragam promo istimewa, keuntungan bonus, diskon menarik, serta peluang memenangkan hadiah utama senilai ratusan juta rupiah! Jangan sia-siakan peluang ini, segera dapatkan tiketnya di sini. Sampai bertemu di WeddingMarket Fair, dears!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...