Pilih Kategori Artikel

Tips yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Undangan Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan adalah sebuah acara yang paling penting, maka dari itu akan kurang bermakna tanpa adanya kartu undangan pernikahan. Karena suksesnya sebuah penyelenggaran acara pernikahan juga sangat berhubungan sekali dengan undangan pernikahan. Karena itu, kamu perlu mencermati tips membuat undangan pernikahan.

Pastinya setiap orang yang ingin menyelenggarakan sebuah acara pernikahan tentu menginginkan acara yang diselenggarakanya tersebut sukses dan dihadiri oleh banyak tamu undangan. Nah, berikut ini kami akan membahas mengenai apa saja yang harus diperhatikan saat membuat undangan pernikahan. Simak tips membuat undangan pernikahan dibawah ini!

  1. Menentukan Tema yang Tepat

Sebuah konsep pernikahan yang akan dipersiapkan dengan matang tentunya akan semakin memudahkan kamu dan pasanganmu tentunya dalam membuat undangan pernikahan dan juga menentukan bentuk undangan yang akan dibuat nantinya.

Alangkah baiknya jika kamu dan pasanganmu menyesuaikan dengan konsep undangan pernikahan yang akan kamu buat, supaya sesuai dengan konsep acara pernikahan yang akan diadakan. Contoh, misalnya jika kamu dan pasanganmu ingin mengadakan acara pernikahan yang bertema romantis, maka alangkah baiknya jika kamu untuk memilih model kartu undangan pernikahan berbentuk hardcover yang cantik dan bergaya romantis.

  1. Memperhitungkan Budget

Untuk memesan undangan pernikahan yang baik tentunya akan menggunakan dana yang mencukupi. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kamu dan pasanganmu memperhitungkan dana yang tersedia untuk membuat undangan pernikahan yang kamu inginkan.

Jika kamu dan pasanganmu memiliki budget yang lebih untuk undangan pernikahan tersebut, sangat disarankan untuk menggunakan bentuk hardcover. Namun jika kamu mempunyai budget yang tersedia sangat terbatas, sebaiknya kamu menggunakan undangan yang berbentuk softcover atau undangan simpel merupakan pilihan yang sangat tepat sekali.

  1. Menentukan Desain Undangan

Bagusnya sebuah undangan pernikahan akan sangat ditentukan oleh kesempurnaan desain undangan yang akan disiapkan. Dan biasanya beberapa orang mencoba untuk memadukan beberapa konsep dan desain undangan, supaya dapat menghasilkan sebuah undangan pernikahan yang sempurna. Jika kamu dan pasanganmu sangat menyukai benda-benda yang berbentuk unik, kamu bisa mencari berbagai referensi model dan gambar undangan pernikahan melalui internet atau juga dengan mendatangai berbagai pameran pernikahan. Supaya mempunyai gambaran untuk desain undangan pernikahan tersebut. 

  1. Data Lengkap Undangan

Sebaik apapun sebuah undangan pernikahan pastinya akan sangat terasa kurang lengkap jika tidak dilengkapi berbagai macam tulisan yang ada di dalam undangan pernikahan tersebut. Tulisan-tulisan tersebut berisikan sebuah informasi yang berkaitan dengan penyelenggaran pesta atau acara yang akan diadakan. Agar tulisan di dalam undangan pernikahan tersebut dapat memberikan informasi yang tepat dan juga benar.

Maka dari itu sebaiknya kamu dan pasanganmu harus memiliki data yang lengkap seputar penyelenggaran acara. Berikut ini beberapa data yang perlu kamu dan pasanganmu siapkan untuk mengisi informasi dalam undangan pernikahan yaitu nama orang atau pihak yang menjadi tuan rumah acara tersebut, waktu penyelenggara acara, dan lokasi acara. Selain data tersebut, alangkah baiknya jika pihak penyelenggara acara untuk menambahkan keterangan dress code khusus yang wajib digunakan oleh para tamu undangan.

  1. Memilih kata-kata dengan Baik dalam Undangan

Ketika kamu dan pasanganmu sudah menentukan dan mempertimbangkan semuanya, alangkah baiknya kamu jangan sampai melupakan tentang teks – informasi yang akan kamu masukan ke dalam undangan pernikahanmu. Sebaiknya pelajari aturan untuk kata-kata dalam undangan pernikahan terlebih dahulu. Secara tradisional, siapa pun yang menjadi hosting tercantum pertama pada undangan.

Biasanya, kamu harus mengejanya terlebih dahulu, dan juga termasuk saat upacara. Karena kata-kata dapat berubah sesuai dengan situasi hosting, jadi pastikan untuk memeriksa ulang bahwa kamu telah menambahkan semua orang yang harus disertakan.

  1. Menentukan Gaya pernikahanmu

Sebaiknya jika kamu dan pasanganmu harus memiliki gagasan tentang jenis acara yang kamu gunakan. Baik klasik, elegan, santai, glamour, dan modern, sebelum kamu akan mulai berbelanja alat tulis. Sehingga kamu dan pasanganmu dapat memilih gaya undangan yang menyentuh catatan yang sama.

  1. Memilih Warna yang Tepat

Kamu dan pasanganmu juga harus memikirkan warna untuk pernikahanmu. Mungkin bisa saja jika kamu ingin memasukkan warna ataupun motif ke dalam undangan pernikahanmu nantinya.

  1. Memilih Vendor  yang Sesuai dengan Keinginanmu

Dalam menentukan vendor pernikahan bukanlah hal yang mudah, karena jika kamu dan pasanganmu salah-salah dalam memilih venor pernikahan akan merusak rencana pernikahanmu nantinya. Setiap vendor pernikahan memiliki sifat atau kebiasaan yang berbeda-beda dalam menghasilkan jenis undangan pernikahan. Untuk kamu dan pasanganmu sangat disarankan sekali jika tidak mempunyai banyak waktu  atau sibuk bekerja, sebaiknya untuk memilih vendor pernikahan yang lokasinya tidak jauh dari rumah kamu ataupun kantor tempat kamu bekerja.

Tujuanya agar sedikit mudah dalam mengurus ataupun memperoses revisi atau perubahan jika ada kartu undangan yang kurang cocok ataupun harus perlu diperbaiki. Alangkah baiknya jika kamu dan pasanganmu untuk mencari vendor pernikaan yang sangat terbuka untuk segala masukkan dan informasi supaya dapat terhindar dari keraguan untuk memilih undangan pernikahan yang baik dan benar. Sebaiknya kamu dan pasanganmu harus menanggapi hal ini dengan serius.

  1. Menunjukan Informasi yang Jelas

Jika kamu ingin membuat undangan pernikahan sebaiknya harus memberi informasi yang jelas kepada para tamu undangan yang akan kamu undang tersebut. Informasinya yaitu seperti siapa yang akan melaksanakan acara pernikahan, siapa saja pihak yang mengundang, maksud dari undangan tersebut, kapan pernikahan tersebut akan digelar, mulai dari akad sampai acara resepsi pernikahan. Dan jangan lupa juga untuk mencantumkan hari tanggal dan jam secara baik dan benar. Tidak hanya itu kamu juga harus menambahkan lokasi dan tunjukkan denah lokasi yang jelas.

  1. Mencetak Undangan

Setelah semua tips membuat undangan pernikahan telah dipersiapkan dengan baik dan benar, langkah selanjutnya yang harus kamu dan pasanganmu lakukan yaitu mencetak kartu undangan, tidak hanya itu saja kamu juga harus menentukan percetakan undangan yang dapat mewujudkan undangan pernikahan sesuai dengan keinginan kamu tentunya.

Dengan teknologi internet yang sudah berkembang pesat saat ini memberikan kemudahan bagi kamu untuk menemukan jasa undangan di seluruh indonesia maupun di luar negri. Akan tetapi tak semua percetakan atau pembuat undangan yang dapat memberi pelayanan terbaik seperti yang dijanjikan. Oleh sebab itu, kamu juga harus mencari tau reputasi dari percetakan undangan tersebut. Tidak hanya itu kamu juga bisa mencari informasi mengenai percetakan undangan melalui kawan atau sodara yang berpengalaman melakukan cetak undangan di sebuah pusat undangan tertentu.

Nah, itulah sedikit penjelasan dari kami mengenai tips membuat undangan pernikahan. Semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk kamu dan pasanganmu yang ingin melakukan acara pernikahan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...