Konsep Pernikahan Intimate Wedding yang Tren di Era New Normal: Pengertian, Tips dan Keuntungannya - Wedding Market

Konsep Pernikahan Intimate Wedding yang Tren di Era New Normal: Pengertian, Tips dan Keuntungannya

21 Jan 2022 | By Ade Mutia WeddingMarket | Viewers: 415
Konsep Pernikahan Intimate Wedding yang Tren di Era New Normal: Pengertian, Tips dan Keuntungannya
Foto sebagai ilustrasi intimate wedding (by Thepotomoto Photography)

Dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih belum usai, jika kamu dan pasangan ingin menikah, maka harus melakukan berbagai penyesuaian agar pesta yang digelar tetap mematuhi protokol kesehatan. Baik itu kamu–sebagai calon pengantin–maupun vendor-vendor, semua dituntut untuk beradaptasi dalam kondisi new normal saat ini. Salah satu bentuk penyesuaian tersebut adalah dengan mengadakan pernikahan dengan konsep intimate wedding. 

Meskipun bukan hal yang baru, tetapi pernikahan dengan konsep intimate tersebut kembali menjadi tren semenjak pandemi merebak. Apa itu konsep intimate wedding, bagaimana pelaksanaannya, serta apa keuntungannya? Semua akan kamu temukan jawabannya dalam artikel ini.

Pengertian Intimate Wedding

Photo: instagram/weddingstylemaguk

Sebenarnya, konsep ini bukanlah hal yang baru dalam dunia pernikahan. Intimate wedding adalah sebuah konsep pernikahan yang dilaksanakan secara intim dimana hanya mengundang sedikit tamu, sehingga acara yang digelar menjadi lebih sakral dan terkesan privatePara undangan pun merupakan orang-orang terdekat dari sang pengantin.


Dengan demikian, secara alami suasana pernikahan tersebut akan menjadi hangat dengan sendirinya tanpa kehilangan kesakralannya. Jika kamu ingin menggelar pesta pernikahan berskala kecil yang hanya dihadiri keluarga atau kerabat dekat, maka bisa dikatakan konsepnya juga intimate wedding. Agar kamu lebih memahami segala sesuatu yang perlu dipersiapkan untuk mewujudkan pesta pernikahan impianmu, berikut tips-nya.


Tips Pelaksanaan Intimate Wedding

Sebelum memutuskan untuk mengadakan pesta pernikahan dengan konsep intimate wedding, ada baiknya kamu menyimak dulu beberapa hal penting berikut ini. 


  1. Pertimbangkan dengan baik siapa saja yang akan kamu undang

Ilustrasi undangan untuk intimate wedding (by PurityCard)

Sebenarnya, sejak dahulu konsep intimate wedding sudah digunakan oleh banyak pasangan yang ingin membagi momen sakral pernikahannya dengan orang-orang terdekatnya saja. Namun, semenjak pandemi merebak, konsep pernikahan ini semakin banyak dipilih sebagai alternatif, sesuai anjuran pemerintah untuk membatasi jumlah tamu pada acara pernikahan.


Jika kamu ingin menggunakan pernikahan berkonsep intimate, maka kamu harus menjadi lebih selektif dalam memilih siapa yang akan diundang ke acara bahagiamu. Sebab, tamu yang diundang biasanya sangat terbatas, hanya 50 sampai 100 orang saja. Buatlah list nama-nama tamu yang akan diundang, mulai dari kerabat terdekat, sahabat, teman-teman, atau kolega. Kemudian tentukanlah kira-kira siapa saja yang paling memungkinkan untuk hadir. 


  1. Pilih lokasi pernikahan yang paling sesuai dengan tema pernikahanmu

Intimate wedding venue at Intercontinental Hotel

Pemilihan venue atau lokasi sangat berpengaruh pada penyelenggaraan pesta pernikahanmu. Sesuaikan juga dengan tema pernikahanmu. Sebagai contoh, kamu tidak perlu menyewa gedung atau grand ballroom yang besar apabila tamu yang diundang hanya sedikit. Jika tema pernikahanmu garden party, maka pilihlah venue yang mendukung untuk konsep tersebut. Apabila kamu di daerah Jakarta, ada beberapa rekomendasi venue intimate wedding yang bisa kamu pertimbangkan. 


  1. Fokuskan dekorasi pada sudut-sudut penting

Ilustrasi dekorasi pelaminan (by Lotus Design)

Dengan jumlah tamu undangan yang tidak terlalu banyak, dekorasi pun bisa ikut menyesuaikan dengan kebutuhan. Kamu bisa memfokuskan hiasan pada beberapa sudut-sudut penting seperti latar untuk akad atau pemberkatan, pelaminan, dan beberapa spot lain sesuai dengan tema pernikahanmu. Dengan demikian, secara tidak langsung budget yang dikeluarkan bisa lebih hemat.


  1. Pilih busana pengantin yang sederhana namun outstanding

Gaun pengantin by Vicario Bride

Mengadakan pesta pernikahan dalam skala kecil tentu tidak sulit untuk menjadikan sang pengantin sebagai raja dan ratu sehari. Agar lebih mudah untuk berbaur dan bercengkrama dengan para tamu undangan yang hadir, alangkah baiknya apabila kamu memilih busana atau gaun pengantin yang lebih sederhana tapi tetap disesuaikan dengan tema pernikahanmu. Tujuannya, supaya kamu merasa nyaman dan bisa menikmati momen tanpa harus merasa terganggu dengan kostum yang dikenakan. Jangan lupa tetap patuhi prokes, ya.


  1. Pilih jasa fotografi berpengalaman

Tidaklah lengkap rasanya pesta pernikahan tanpa dokumentasi, bukan? Oleh sebab itu, dalam pesta intimate wedding, sebaiknya benar-benar persiapkan dengan baik. Percayakan kepada fotografer berpengalaman yang sudah teruji hasil jepretan maupun videografinya untuk menangani momen spesialmu ini. Jangan sampai ada momen berharga yang terlewatkan, ya dears.   


  1. Adakan live streaming untuk tamu yang tidak dapat ikut hadir

Di era new normal ini, sudah tidak asing lagi dengan istilah live streaming, kan? Bahkan mungkin hampir setiap hari kita melakukannya. Nah, untuk intimate wedding kamu juga bisa banget loh mengadakan live streaming, agar  pihak-pihak yang tidak bisa hadir turut merasakan kebahagiaan di hari istimewamu itu.  Apabila kamu atau pihak keluarga cukup kesulitan untuk mengatur live streaming sedemikian rupa, kamu bisa mengandalkan jasa wedding organizer atau pilih paket pernikahan yang mencakup hal tersebut. Pada Smart Platform Wedding Market kamu bisa memilih intimate wedding package yang juga mencakup live streaming, loh. 


  1. Atur tempat duduk tamu hingga setting meja prasmanan sesuai protokol kesehatan

Ilustrasi catering pada intimate wedding (by Vessa Catering)

Hal yang tak kalah pentingnya yaitu mengenai setting meja prasmanan atau konsumsi untuk para tamu undangan. Agar tetap aman, aturlah sedemikian rupa agar posisinya aman dan sesuai dengan anjuran untuk jaga jarak, ya. Kemudian beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih catering untuk intimate wedding-mu antara lain:

  1. Pilih menu yang variatif dan menarik

  2. Memiliki citra rasa yang nikmat 

  3. Hidangan yang bersih dan higienis

  4. Jika memungkinkan, lakukan food testing sebelum memilih


8. Atur budget dengan bijak

Mengadakan pesta pernikahan dalam skala kecil memiliki beberapa keuntungan, salah satunya kamu bisa memangkas biaya yang dikeluarkan untuk pernikahanmu. Sebaiknya kamu membuat daftar rinci segala macam pengeluaran untuk keperluan pernikahanmu terlebih dahulu, kemudian kamu bisa mengeluarkan hal-hal yang tidak perlu dari daftar itu. Dengan demikian, harapannya perencanaan keuangan intimate wedding kamu bisa lebih terarah dan terkontrol. 


Keuntungan Pernikahan dengan Konsep Intimate Wedding 


Photo by Guanfranco G.


Selain bisa menghemat biaya pernikahan, dengan konsep intimate wedding ini kamu juga bisa memperoleh beberapa keuntungan lain. Berikut penjelasannya.


  • Bisa menggelar acara pernikahan yang lebih minimalis

Dengan dibatasinya jumlah tamu undangan yang hadir di intimate wedding kamu, serba-serbi yang lain pun bisa ikut menjadi minimalis. Sebagai contoh venue pernikahan, kamu tidak perlu menyewa ballroom yang terlalu besar karena tamu undanganmu tidak terlalu banyak. Meja, kursi, dekorasi, hingga catering pun bisa dikurangi sesuai dengan jumlah undangan. 


  • Bisa menghemat biaya pernikahan

Oleh karena kebutuhan seperti catering, sewa meja dan kursi, maupun sewa venue yang berkurang, otomatis budget pernikahanmu pun bisa ditekan. 


  • Bisa memaksimalkan setiap detail dalam acara pernikahan

Ilustrasi souvenir pada intimate wedding (souvenir by Cream and Tonic Co.)


Dana yang tadinya dialokasikan untuk pesta pernikahan yang besar, jika kamu gunakan untuk intimate wedding, maka bisa dialihkan untuk memaksimalkan hal-hal lain dalam pernikahanmu. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan uangnya untuk meningkatkan menu makanan, memaksimalkan untuk fotografi atau pun membeli souvenir yang lebih berkesan. Dengan demikian, fokusmu sekarang adalah kualitas dan detail dalam pesta pernikahanmu, bukan hanya kuantitas.


  • Suasana pernikahan menjadi lebih hangat dan akrab

Photo via Lotus Design

Pada pernikahan dengan konsep intimate wedding ini, tamu yang diundang adalah orang-orang terdekat yang benar-benar kamu kenal secara pribadi. Dengan demikian, kehadiran mereka pasti akan sangat berarti. Suasana hangat secara alami dapat tercipta dari kedekatan antara pengantin dan tamu undangan. Nggak ada yang namanya canggung, deh. 


Selain itu, intimate wedding adalah momen yang bagus untuk mendekatkan kedua keluarga besar dari pengantin. Dengan keleluasaan untuk berinteraksi satu sama lain, tentunya suasananya akan semakin mencair. Semua yang hadir juga akan bisa merasakan kebahagiaan yang dirasakan oleh pengantin.


  • Minimal stres

Dengan konsep pernikahan skala kecil seperti intimate wedding ini, baik kamusang pengantinmaupun para tamu undangan, bisa lebih leluasa dan menikmati setiap momennya dengan lebih nyaman. Hal itu sudah pasti akan berdampak pada mood-mu, bukan? Jadi, dengan pernikahan yang lebih intim ini, kamu bisa memperoleh kenangan manis yang lebih berkesan dan membekas di ingatan. 


  • Pernikahan terasa lebih sakral

Photo by Thepotomoto Photography


Prosesi pernikahan tentunya akan terasa lebih sakral, sebab setiap orang yang hadir akan lebih fokus pada pelaksanaan acara, bukan hal yang lain. Dengan perhatian semua orang tertuju pada acara yang berlangsung, secara tidak langsung semua yang berada di ruangan tersebut bisa ikut merasakan kesakralan prosesi pernikahanmu.


  • Lebih mudah untuk mengatur acara

(Photo by Thepotomoto Photography)


Tamu yang hadir tidak terlalu banyak, maka suasana pesta pernikahanmu pun bisa jadi lebih kondusif. Kamu juga bisa mengatur pesta pernikahanmu sedemikian rupa seperti menyeragamkan dress code tamu undangan, mengatur sesi foto menjadi lebih rapi, ataupun mengadakan acara tambahan seperti games, dance, dll. 


Nah, itulah beberapa keuntungan pernikahan dengan konsep intimate wedding. Selain lebih hemat dibandingkan pernikahan mewah yang mengundang ratusan hingga ribuan tamu, kamu juga bisa memperoleh berbagai keuntungan dengan memaksimalkan detail pernikahanmu. Secara emosional, pernikahan dengan konsep ini juga bisa lebih mendekatkan antara pengantin dan tamu undangan, maupun keluarga kedua mempelai.  


Apa kamu juga tertarik untuk menggelar pesta pernikahan berkonsep intimate wedding ini? Kamu bisa temukan berbagai penawaran menarik intimate wedding package pada Wedding Market store atau kamu bisa merancang sendiri pesta pernikahanmu. Persiapkan dari jauh-jauh hari, ya dears.

Siap Wujudkan Intimate Wedding Impianmu bersama Wedding Market

Silahkan Klik Disini

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?