Pilih Kategori Artikel

Jangan Sampai Terlupa! Ini Daftar Yang Harus Disiapkan Jelang Prosesi Lamaran
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Prosesi Lamaran merupakan bagian dari persiapan awal untuk menggelar Pernikahan. Walaupun tidak sekrusial saat akan menggelar pernikahan namun ada beberapa hal yang musti disiapkan untuk menggelar prosesi ini. Persiapan prosesi lamaran merupakan hal yang tidak gampang karena dalam lamaran biasanya terdiri dari dua tahapan.

Tahapan pertama biasanya adalah lamaran Informal. Dimana calon laki – laki datang sendiri ke rumah sang gadis serta mengutarakan maksud dan kesipanya untuk menikah. Setelah sorang tua sang gadis menyetujui barulah akan dilakukan lamaran secara formal dengan mempertemukan dua keluarga besar. Acara lamaran formal inilah yang biasanya harus disiapkan sebaik mungkin karena akan mempertemukan dua keluarga besar. Untuk itu berikut ini daftar tang harus kamu siapkan ketika mengadankan persiapan prosesi lamaran.

  1. Mengetahui Susunan Acara Lamaran

Lamaran yang dilakukan secara formal pastilah memiliki susunan acara didalamnya. Susunan acara ini bertujuan agar lamaran kamu berjalan dengan baik dan sudal terjadwal. Di samping itu adanya susunan acara ini bertujuan adar kedua keluarga bisa menjalani prosesi lamaran dengan tertib dan khusyuk. Untuk itu kamu sangat perlu untuk mengetahu susunan jalanya acara terlebih dahulu. Biasanya susunan acara lamaran berbeda-beda tergantung dengan budaya masing- masing.

  1. Mempersiapkan Seserahan

Seserahan merupakan tradisi dalam prosesi lamaran yang sudah ada sejak zaman dahulu. Biasanya proseisei ini dijadikan sebagai symbol yang di gunakan pihak keluarga pria untuk “mengetuk Pintu”. Maksudnya adalah keluarga pria meminta izin untuk meminang sang calon pengantin wanita. Pada umumnya seserahan ini berisikan perlengkapan yang akan digunakan calon mempelai wanita untuk mempersiapkan hari pernikahanya, seperti, uang, Perhiasan, pakaian lengkap wanita, sepatu, tas, make up, dan bisa juga perlengkapan ibadah.

  1. Persiapkan perhiasan atau cincin tunangan

Memberikan cincin Tunangan ataupun perhiasan lainya sebagai simbol ikatan antara calon pengantin pria dan calon pengantin wanita merupakann prosesi umum yang dilakukan dalam acara lamaran. Untuk itu kamu yang ingn mengadakan prosesi lamaran disarankan untuk membeli cincin tunangan ataupun perhiasan lainya yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Kamu serta calon pasanganmu bisa memilih perhiasan dengan melihat kebutuhan dan anggaran yang kalian miliki.

  1. Mempersiapkan Seragam

Untuk membuat acara lamaran terlihat cantik dan menarik, maka biasanya pihak keluarga akan menggunakan pakaian yang seragam ataupun mirip warnanya. Jika terlalu banyak mengeluarkan uang untuk membeli baju yang seragam, minimal orang tua kamu, beserta pasagan dan kedua orang tuanya saja yang menggunakan baju yang seragam. Hal ini dilakukan agar momen lamaran kamu dapat diabadikan dengan cantik dan indah saat di foto.

  1. Mempersiapkan hidangan atau tempat

Biasanya acara lamaran dilakukan di rumah pihak calon pengantin wanita. Namun di zaman yang modern seperti sekarang tak jarang acara lamaran dilakukan di gedung atau restoran yang telah di sepakati kedua belah mempelai. Yang menjadi penting untuk kamu persiapkan sebenarnya adalah hidangan untuk menyambut keluarga besar pihak pengantin wanita. Untuk itu mulailah mencari dan memperhitungkan banyak tamu yang hadir serta paket hidangan yang perlu di sajikan.

  1. Mempersiapkan Tranportasi bagi keluarga yang berada di luar kota

Mempersiapkan transportasi dilakukan apabila kamu mengajak keluarga besar yang ada di luar kota untuk hadir di acara lamaranmu. Menyediakan tranportasi ini menjadi kewajiban kamu sebagai tuan rumah yang telah mengundang mereka. Dengan demikian keluargamu akan merasa nyaman dan tidak akan terbebani jika disuruh membantumu dan pasangan menyukseskan acara lamaran tersebut.

  1. Mempersiapkan dekorasi lamaran

Untuk mempercantik dan memperindah acara lamaranmu bisa melakukan dekorasi. Dekorasi ini dilakukan untuk memperindah acara. Namun dekorasi ini bisa di sesuaikan dengan kebutuhanmu, apakah penting adatu tidak. Kamu bisa saja tidak usah mendekorasi rumah. Ini tergantung dengan keputusanmu dan pasangan apakah dekorasi di anggap perlu atau tidak. 

  1. Mempersiapkan kebutuhan lainya

Selain kebutuhaan utama yang telah disebutkan diatas yang bersifat umum. Ada juga persiapan tambahan yang bisa di gunakan atau tidak dalam acara lamaranmu seperti :

  • MC: bisa memanfaatkan jasa kerabat/keluarga atau MC professional.
  • Rias: manfaatkan jasa MUA profesional atau berdandan sendiri.
  • Fotografi dan Videografi: tentatif, jika Anda ingin mengabadikan acara maka bisa menggunakan jasa fotografer dan videografer.

Ini merupakan  8 hal utama dalam persipan lamaran yang harus kamu sediakan. Namun hal diatas bisa saja tidak kamu lakukan tergantung dengan keputusan antara kamu serta pasanganmu nantinya.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...