Pilih Kategori Artikel

Wajib Tahu! 6 Jenis Kertas Undangan Pernikahan yang Umum Digunakan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sekarang ini memesan undangan pernikahan bisa saja dilakukan melalui online. Jadi kamu hanya bisa melihat berbagai macam katalog yang dipajang di dalam vendor undangan tersebut. Mungkin saat kamu melihat desain undanganya bisa saja cocok, tapi saat menerima hasilnya, mungkin saja kamu bisa kecewa karena ternyata jenis kertas undangan pernikahan tersebut tidak sesuai dengan keinginan yang kamu dan pasanganmu inginkan.

Mungkin bisa saja undangan tersebut terlalu tipis atau bisa jadi teksturnya tidak sesuai dengan keinginanmu. Karena alasannya kamu dan pasanganmu tidak bisa melihat dan meraba langsung kertas dari undangan pernikahan tersebut. Supaya kamu tidak menyesal saat ingin memesan undangan pernikahan lebih baik mengenali dulu jenis-jenis kertas yang biasanya dipakai menjadi kertas untuk membuat undangan.

Nah, berikut ini kami akan sedikit memberi penjelasan mengenai jenis kertas undangan pernikahan.

  1. Kertas Jasmine

Mungkin kertas Jasmine ini biasanya sangat tidak direkomendasikan jika proses pencetakan karena tekstur yang dimiliki membuatnya tak mudah menyerap tinta. Karena kertas jasmine ini memiliki waktu yang cenderung lama untuk kering.

Namun kertas jasmine ini bisa digunakan jika menggunakan teknik emboss. Jadi kamu dan pasanganmu tetap bisa mendapatkan undangan yang cantik dengan kertas jasmine tersebut.

  1. Kertas Art Paper

Kertas Art paper ini biasanya memiliki permukaan yang licin. Jika kamu melihat buku dengan kertas yang mengkilap, mungkin saja buku tersebut dibuat dengan kertas yang satu ini yaitu art paper.

Kertas art paper selain digunakan untuk menuliskan isi undangan, biasanya juga digunakan sebagai pelapis hard cover undanganmu.

  1. Kertas Art Carton

Bahan dari kertas art carton ini lebih tebal dari pada kertas art paper, dan juga kertas yang satu ini tak perlu lagi dibungkus dengan hard cover.

Mungkin sebaiknya kamu dan pasanganmu bisa memanfaatkan satu lembar kertas ini untuk membuat sebuah undangan yang cantik. Untuk contohnya, kertas ini biasanya juga dibuat untuk produk tag.

  1. Kertas Concorde

Biasanya dari kertas concorde itu sendiri memiliki ciri khas berupa permukaan yang penuh serat dan garis yang tidak beraturan.

Jika kamu dan pasanganmu ingin membuat undangan dengan kertas concorde ini, kamu bisa memilih kertas concorde yang sedikit agak tebal. Akan tetapi, biasanya kertas concorde ini akan menimbulkan bekas seperti patah-patah saat dilipat.

  1. Kertas Matt Paper

Memang kertas yang satu ini terkesan jika dilihat secara sekilas mirip sekali dengan kertas art paper, akan tetapi matt paper tidak memiliki warna dan tekstur yang glossy atau biasa disebut dengan mengkilap, sehingga akan lebih cepat menyerap tinta.

Karena hal itulah, kertas ini sering juga digunakan sebagai kertas undangan pernikahan.

  1. Kertas Fancy

Kertas fancy ini bisa dibilang termasuk jenis kertas yang premium dan juga memiliki nuansa yang mewah. Tidak hanya itu, kertas ini juga memiliki beragam warna dan harganya pun relatif mahal. Oleh karena itu, sebaiknya mempertimbangkan biaya keseluruhan untuk menggunakanya sebagai kertas undangan pernikahan.

Nah, itulah sedikit penjelasan dari kami mengenai kertas untuk undangan pernikahan. Semoga bermanfaat untuk kamu dan pasanganmu yang ingin melaksanakan acara pernikahan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...