9 Kesalahan dalam Bermake-Up di Hari Pernikahan

20 Apr 2020 | By Wedding Market | Viewers: 676
9 Kesalahan dalam Bermake-Up di Hari Pernikahan

Tampil cantik di hari pernikahan itu hal yang wajib. Karena itu, merias wajah atau make-up sangat diperlukan. Mustahil menikah tapi tidak dirias. Akan tetapi rupanya banyak sekali  kesalahan dalam bermake-up, yang kerap dilakukan, baik oleh MUA atau sang pengantin sendiri.

Akibat dari kesalahan ini, hasil make-up yang ada menjadi kacau balau, semrawut, berlebihan, bahkan ada yang tampak seperti boneka hidup dan hantu. Ujung-ujungnya, sang pengantin pun gagal menampilkan pesonanya di hari bahagianya hanya karena jadi terlihat terlalu tua dan membosankan.

Lalu apa saja sih kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan make-up terutama pada hari pernikahan? Daripada berlama-lama, yuk mari kita simak!

Kesalahan dalam Bermake-up di Hari Pernikahan


1. Salah dalam Memilih dan Mengaplikasikan Foundation

Kamu yang menikah pastinya ingin wajahmu terlihat cerah dan mempesona. Karena hal itulah kamu berusaha mewujudkannya dengan memakai foundation yang warnanya tidak sesuai dengan warna kulit dan undertone kamu.

Kalau hal itu kamu lakukan, kamu akan terlihat belang di bagian leher sehingga tidak sedap dipandang. Supaya hal tersebut tidak terjadi, cobalah terlebih dahulu mengetahui foundation yang tepat untuk kulitmu lalu coba dan konsultasikan dengan MUA yang kamu sewa.

Ingat, MUA itu hanya melaksanakan apa yang kamu mau, dan jangan salahkan mereka jika hasil yang kamu inginkan tidak tercapai.

2. Berlebihan dalam Memakai Foundation

Kalau sudah tahu foundation yang cocok untuk kulitmu, jangan sesekali memakainya secara berlebihan. Sebab, hal tersebut malah akan membuat wajahmu terlihat lebih tua.

Karena itu, supaya pemakaiannya benar-benar dan sesuai hasil, serahkan saja pada MUA yang sudah tahu pasti takarannya.

3. Menyamakan Warna Alis dengan Rambut

Kesalahan lain yang sering dilakukan dalam bermake-up, baik oleh MUA atau pengantin selalu terpaku untuk menyamakan warna alis dengan rambut.

Padahal, cara seperti ini ada aturannya, dan tidak berlaku untuk semua tipe rambut, dan yang boleh menyamakan alis dengan rambut hanya perempuan dengan rambut gelap.

Kalau rambut kamu cokelat, dan di-highlight, kamu harus mewarnai alis dengan warna yang sama dengan highlight rambut yang terang.

Dengan begitu, matamu akan lebih terlihat. Apabila rambutmu terang dan pirang, warnailah alis dengan sedikit warna gelap.

4. Supaya Alis Sempurna, Rapikan Dahulu Rambut-rambutnya

Ini kesalahan yang juga kerap dilakukan dalam bermake-up, menebalkan alis. Mungkin kamu melakukan itu supaya terlihat ketegasan dari dirimu.

Tetapi yang harus kamu perhatikan adalah bahwa hal demikian ternyata  malah bisa menimbulkan kesan yang kurang bagus di mata para tamu.

Kamu akan dicap sebagai orang yang gampang marah, tidak bersahabat, dan sebagainya padahal kamu sedang berada di hari bahagiamu.

Karena itu, untuk menghindarinya gambarlah alis sesuai kebutuhan, dan jangan melebihi ukuran asli. Supaya sempurna, rapikan terlebih dahulu rambut-rambut alis yang berantakan untuk memudahkan saat menggambarnya.

5. Eyeshadow Menor

Kamu pasti pernah melihat wajah seorang pengantin yang terlihat menor pada dandanan. Hal itu dikarenakan ia tidak tepat dalam menggunakan eyeshadow.

Eyeshadow yang  dibaurkannya tidak sempurna. Bisa jadi hal ini karena MUA yang disewa kurang mahir atau si pengantin meminta si MUA meminta eyeshadow yang berlebihan.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, coba perhatikan baik-baik terlebi h dahulu mengenai warna eyeshadow apa yang tepat dalam make-up mu kemudian konsultasikan dengan MUA yang kamu sewa.

6. Boros Highlighter

Nah,  kesalahan dalam bermake-up yang juga sering dilakukan adalah menggunakan highlighter yang berlebihan atau boros!

Hal ini dilakukan supaya kesan glowing tetap didapatkan, dan tentu saja ini tidak bagus bagi mereka yang kulitnya berminyak karena akan semakin menampilkan pantulan minyak di wajah.

Alih-alih mendapatkan wajah bersih, malah jadi sebaliknya.

Supaya tidak benar-benar terjadi, cukup gunakan saja di bagian wajah yang ingin kamu tonjolkan, terutama pada bagian yang bakal terkena kilatan cahaya seperti hidung, bawah alis, dan tulang pipi.

7. Overacting dalam Merias Mata dan Bibir

Kesalahan terbersar dalam make-up adalah merias mata dan bibir secara berlebihan atau overacting. Hal ini justru akan membuat penampilanmu  tampak tua dan janggal.

Sebenarnya, untuk hal ini kamu cukup pilih salah satu, mata atau bibir. Kalau riasan di mata sudah terkesan glamor, sebaiknya riasan di bibir dibuat natural, dan begitu juga sebaliknya.

8. Boros Bedak

Kalau kamu pernah melihat wajah teman kamu yang pengantin tampak seperti hantu bisa jadi itu karena dia boros dalam memulaskan bedak.

Akibatnya, kamu yang melihatnya malah merasa ngeri dan takut menatap. Selain itu, malah akan membuat wajah terlihat tua. Biar hal itu tidak menimpa kamu, sebaiknya mintalah pada MUA untuk memulaskan bedak dengan tepat di wajah kamu.

9. Super Perfect

Tampil menawan di hari pernikahan itu wajib. Begitu juga dengan berlaku total. Namun jangan sampai kamu itu juga kamu lakukan dalam make-up mu.

Kesalahan dalam bermake-up yang kerap terjadi adalah kamu ingin tampil super perfect supaya orang-orang benar-benar memperhatikanmu. 

Eits, tapi, ingat, Ladies, pola pikir demikian malah akan membuat kamu terlihat norak, terlihat tua, dan menyeramkan. Sebaiknya, tampil saja natural dengan menonjolkan satu bagianmu saja supaya make-up mu sempurna tanpa harus super perfect.

Itulah 9 kesalahan bermake-up yang perlu kamu hindari. Karena itu, kamu harus jeli dalam memilih MUA yang tidak hanya bagus hasilnya, namun juga komunikatif. Yuk cari vendor yang tepat!

Wedding Market menyediakan ratusan vendor MUA yang profesional dan mampu menyesuaikan keinginan kamu. klik disini ya, ladies: direktori vendor MUA Pernikahan


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket