Pilih Kategori Artikel

Tips Memilih Kotak Cincin Tunangan yang Tepat Untuk Momen Spesialmu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Cincin tunangan merupakan sebuah simbol untuk mengikat dan memberikan penanda tentang status pertunangannya. Jika berbicara tentang cincin tunangan yang biasanya dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama, tak lepas dari kotak cincin yang dipergunakan sebagai tempat penyimpanan. Sebelum memilih kotak cincin yang tepat, tahukah kamu bagaimana sejarah dan filosofi kotak cincin itu sendiri?


Apa Itu Kotak Cincin

Berawal dari hadirnya kotak perhiasan yang telah berkembang dari segala sisi sejak pertama kali dipakai di era Mesir Kuno, kotak cincin menjadi tempat khusus yang mengadopsi dari konsepsi kotak perhiasan. Meski begitu, secara tradisional setiap kotak cincin memiliki tujuan dan fungsi yang sama yaitu sebagai tempat penyimpanan cincin itu sendiri. Apapun penyebutannya, mulai dari kotak cincin; ring box; ring casket; circlet box; dan lain sebagainya, semua memiliki kegunaan yang sama, hanya dibedakan tergantung dari persepsi masing-masing pengguna, ukuran, dan usianya saja.


Sejarah Singkat Kotak Cincin

Dahulu, kotak perhiasan seperti ini dipergunakan oleh manusia di era Mesir Kuno sejak tahun 5000 SM. Baik wanita dan pria juga mempergunakannya, sebab barang yang paling disukai orang mesir adalah emas dan permata. Untuk menjaga barang-barang tersebut aman, mereka menggunakan sebuah kotak yang lebih mirip peti mati, dengan istilah ‘peti mati perhiasan’. Di Roma sendiri, perhiasan dipergunakan sebagai simbol status, jadi hanya golongan tertentu yang diizinkan menggunakan cincin.


Kemudian, mereka juga mengamankan barang-barang tersebut pada kotak penyimpanan seperti kotak cincin. Hingga di era Victoria, mereka menganggap bahwa memiliki sebuah perhiasan merupakan sebuah kemewahan yang langka. Mereka cukup puas hanya dengan menyimpannya karena dengan memilikinya saja sudah menjadi hak istimewa yang diberikan oleh keluarga tertentu seperti keturunan kerajaan dan masyarakat yang mempunyai kelas atas. Hingga saat ini, kotak cincin memiliki penampilan yang bervariasi dan terus berkembang. Gaya dan detailnya bisa menunjukkan seberapa berharga isi didalamnya.


Mengapa Kotak Cincin Itu Penting?

Seperti yang sudah disebutkan diatas, fungsi paling penting dari sebuah kotak cincin adalah sebagai penyimpanan atau bisa dikatakan untuk menjaga keamanannya. Estetika dan hal lainnya yang berhubungan merupakan bonus. Sesaat setelah momen sakral atau beberapa tahun berikutnya, kamu mungkin bisa membeli kotak cincin lagi dan menggantinya dengan yang baru. Namun dari segi historis yang memberikan kesan memorable tidak akan kamu dapatkan lagi. Pemilihan kotak cincin yang tepat juga bisa menjadi cara terbaik untuk menunjukkan gaya dan pemikiran kamu dan pasangan ketika prosesi pertunangan. 

Jenis-jenis Kotak Cincin

Terdapat berbagai pilihan kotak cincin untuk berbagai jenis cincin dan tema lamaran. Lalu kira-kira kotak cincin seperti apa yang cocok untuk kamu dan pasangan? Jawabannya cukup relatif, tergantung dari preferensi masing masing pasangan. Namun disini Wedding Market memberikan beberapa rekomendasi untuk mempersempit pilihanmu agar kamu dan pasangan tidak semakin bingung dalam menentukan pilihan.


  1. Kotak Cincin Tunangan Beludru


Model yang paling terkenal dan banyak dipakai oleh kebanyakan orang. Kotak cincin jenis ini terkesan paling mewah, menunjukan nuansa glamor yang elegan.  Kain beludru yang menjadi balutan kota cincin mempunyai permukaan bulu yang halusnya sama rata. Dahulu, kain jenis ini berbahan sutra, namun saat ini banyak yang membuatnya dengan bahan sintetis dan katun yang tak kalah menarik. 


Kemewahan kotak cincin ini identik dengan pasaran Hollywood yang kemudian menjadi penutup sempurna untuk sebuah kotak cincin. Kamu bisa memakainya jika kamu menyukai segala sesuatu yang glamor. Cocokkan juga dengan tema pertunangan yang kamu dan pasangan tentukan, contohnya tema classic, modern, atau orang-orang sering menyebutnya dengan tema internasional. Berikut beberapa kotak cincin beludru yang bisa kamu jadikan referensi untuk acara pertunanganmu:


wm_article_img

wm_article_img

Sumber: id.pinterest.com 


  1. Kotak Cincin Kayu


Jika kamu ingin nuansa musim gugur atau segala sesuatu yang bergaya rustic, tak ada salahnya kamu memilih jenis kotak cincin kayu.  Tema ini juga sedang menjadi trend para millenials, lho. Pada awal mulanya tema rustic ini identik dengan hutan dan detail alami seperti daun hijau, kayu, serta bunga-bunga berwarna lembut. Kini tema tersebut telah semakin berkembang dengan dipergunakannya aksen daun kering, bunga kering, dan sesuatu yang menggambarkan musim gugur.


Oleh karena itu, pemilihan kotak cincin tunangan jenis kayu menjadi hal yang paling tepat untuk kamu padu padankan dengan tema. Dilansir dari berbagai sumber, pasangan muda lebih menyukai segala sesuatu yang fleksibel dan minimalis serta terkesan timeless untuk tema pertunangan dan pernikahan mereka. Berikut beberapa tempat cincin kayu yang bisa kamu jadikan referensi untuk acara pertunanganmu:


wm_article_img

wm_article_img

Sumber: id.pinterest.com 


  1. Kotak Cincin Kaca


Kotak cincin kaca identik dengan nuansa klasik dan berkelas. Mirip dengan kotak cincin beludru, kotak cincin kaca juga memunculkan perasaan mewah bagi para penggunanya. Bahan kaca itu mudah pecah, dimaksudkan bahwa kamu dan pasangan harus berhati-hati, pelan-pelan, dan penuh kelembutan dalam membina sebuah rumah tangga. Namun jika kamu hanya mementingkan penampilannya saja, kamu bisa mengganti bahan kaca dengan menggunakan bahan akrilik. Selain harganya yang lebih terjangkau, keindahannya juga tak kalah menarik dari kaca, lho. Bedanya hanya dari segi perawatan dan usianya saja. Berikut beberapa tempat cincin dari kaca yang bisa kamu jadikan referensi untuk acara pertunanganmu:


wm_article_img

wm_article_img

Sumber: id.pinterest.com 


  1. Kotak Cincin Geode


Mungkin kata “geode” nampak asing di telinga kalian, namun ketika melihat wujudnya kalian akan langsung terpana dengan jenis kotak cincin unik yang satu ini. Bahan dasarnya terbuat dari batu kristal murni yang akan membuat terpukau.  Batu kristal sendiri akan menyerap dan mengingat segala sesuatu dalam jangkauannya termasuk emosi negatif dan positif, oleh karenanya jika memiliki tempat cincin unik yang satu ini, maka kita harus sering-sering merawat dan membersihkannya.


Sama halnya dalam suatu hubungan pernikahan. Dalam menjalaninya tentu akan ada emosi negatif dan positif. Yang perlu dilakukan adalah merawatnya dan menjaganya dengan kasih sayang. Cukup romantis, bukan? Berikut beberapa gambar kotak cincin tunangan geode yang bisa kamu jadikan referensi untuk acara pertunanganmu:


wm_article_img

wm_article_img

Sumber: id.pinterest.com 


  1. Kotak Cincin Antik


Pernahkah kamu melihat sesuatu yang memiliki unsur “magis” di sebuah toko perhiasan tua? Mereka mengungkapkan sebuah kisah perjalanan atau sejarah kehidupannya, dari awal diciptakan hingga mereka berada pada titik tersebut. Wujud dari kotak cincin antik ini sama-sama memiliki tingkat kemewahan tersendiri dibanding kotak cincin jenis lain. Ketika kamu dan pasangan memilih kotak cincin unik ini, secara historik akan mengingatkan kalian pada warisan nenek moyang yang langgeng dan tak lekang oleh waktu. Kalian juga bisa mewariskannya kepada anak cucu kelak. Menarik! Berikut beberapa gambar kotak cincin antik yang bisa kamu jadikan referensi untuk acara pertunanganmu:


wm_article_img

wm_article_img

Sumber: id.pinterest.com 


Demikian beberapa penjelasan tentang kotak cincin tunangan yang bisa kamu jadikan referensi untuk acara pertunanganmu dan pasangan. Semoga setelah membaca artikel ini kamu tidak lagi bimbang dalam pemilihan tempat cincin yang tepat untuk menyimpan cincin tunangan milikmu yang berharga. Kamu juga bisa mengetahui tentang apa bedanya cincin tunangan dan cincin nikah? Yuk, Temukan Jawabannya di sini! Semoga acara pertunanganmu berjalan lancar hingga hari pernikahan tiba, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...