Pilih Kategori Artikel

Ragam Desain Ring Bearer Unik yang Tengah Tren Untuk Acara Tunangan dan Lamaran Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Cincin pernikahan sudah dibeli, lalu gimana cara menghiasnya biar tampak cantik ketika diserahkan pada acara tunangan atau lamaran? Pastinya, kamu perlu tempat cincin. Entah itu berbentuk kotak atau tempat cincin khusus yang dipesan untuk acara pertunangan atau lamaran pernikahan kamu dan pasangan.

Tempat cincin pernikahan ini menjadi benda yang cukup menyita perhatian banyak orang. Jika zaman dahulu modelnya hanya kotak sederhana berbentuk hati, persegi atau bulat, dengan bahan bludru atau akrilik. Sekarang, kotak cincin atau ring bearer box hadir dengan tampilan yang lebih cantik dan variatif dengan berbagai hiasan dan ornamen-ornamen yang indah.

Dengan tampilan yang lebih modern tersebut, ring bearer tak hanya berfungsi sebagai tempat cincin biasa, melainkan juga dapat digunakan sebagai ornamen dekorasi estetik. Makanya, tak heran mengapa banyak pasangan rela mengeluarkan dana lebih untuk mendapatkan kotak cincin sesuai dengan impiannya. Tempat cincin  tersebut secara tidak langsung ikut menjadi bagian dari momen sakral lamaran maupun pernikahan kamu dan pasangan.

Memilih tempat cincin untuk tunangan atau lamaran pernikahan cukup mengasyikan, loh! Tak hanya bentuknya yang beranekaragam, hiasan dan dekorasi ring bearer pun bisa kamu kreasikan sesuai dengan selera. Mau kotak cincin kayu, kotak cincin akrilik, kotak cincin bergaya rustic atau kotak cincin unik seperti kubah kaca, semua bisa diwujudkan asalkan ada dana yang cukup memadai. Jikalaupun budget pernikahan kamu terbatas, tenang saja, kamu masih bisa kok menggunakan ring box sederhana. Hanya perlu sedikit kreativitas untuk menjadikannya lebih menarik. 

 Lantas, bagaimana desain kotak cincin yang tren di tahun 2022 ini? Berikut inspirasinya untukmu.

INSPIRASI DESAIN KOTAK CINCIN PERNIKAHAN KEKINIAN UNTUK TUNANGAN, LAMARAN, MAUPUN KOTAK MAHAR

1. Single Wood Ring Bearer, Kotak Cincin Kayu Favorit Bergaya Rustic

wm_article_imgKotak cincin rustic | Seserahan.id (Foto: Alienco Photo)

Model kotak cincin pernikahan ini menggunakan batang kayu sebagai materialnya, baik untuk alas maupun tempat cincin diletakkan.  Batang kayu yang dipilih  berukuran diameter sekitar 5 cm, sedangkan untuk alas tatakannya digunakan batang kayu dengan diameter lebih lebar sekitar 20 cm. Nah, cincin tunangan atau cincin kawin diletakkan di dalam kotak kayu yang sudah dilubangi bagian dalamnya. Kotak cincin ini bisa digunakan sebagai tempat cincin tunangan maupun kotak mahar.

Untuk dekorasinya, bisa menggunakan rumput sintetis dan bunga-bunga artifisial berukuran kecil sehingga ring bearer tampak semakin manis. Model kotak cincin ini termasuk salah satu yang paling digemari, apalagi semenjak tren pernikahan rustic mulai digandrungi. Nah, kamu juga bisa loh menggunakan kotak cincin rustic seperti ini, pastinya akan menambah estetika dalam acara tunangan atau lamaran pernikahanmu.

2. Kotak Cincin Kayu Bergaya Klasik
wm_article_imgwm_article_img
Kotak Cincin Kayu | Love Birds Project (Photo: imagenic)

Model tempat cincin selanjutnya yang juga bergaya natural yakni kotak cincin kayu dengan pengait yang bisa dikunci. Tempat cincin ini bisa dibilang klasik, dengan warna kayu natural apa adanya. Namun, disitulah letak keunikannya. Agar semakin berkesan, pada bagian dalam maupun luar kotak bisa diukir dengan nama kamu dan pasangan ataupun tulisan kata-kata mutiara. Sementara itu, untuk dekorasinya sendiri terbilang sederhana.

Umumnya untuk mendapatkan kesan natural rustic, hiasan kotak cincin bisa menggunakan dua gulungan kain goni yang dimasukkan ke dalam kotak. Bagian tengahnya bisa diselipkan cincin. Agar semakin manis, percantik dengan dekorasi kotak cincin dengan bunga-bunga dan daun-daun kecil untuk mengisi ruang-ruang yang sepi sehingga tampak semakin indah. Karena kotak cincin kayu bisa tahan lama, kamu bisa menjadikan tempat cincin ini sebagai warisan turun temurun loh, sehingga anak dan cucumu kelak juga bisa mempergunakannya di momen pernikahannya. 

3. Kotak Cincin Kayu Transparan 
wm_article_imgwm_article_imgKotak cincin kayu untuk tunangan atau lamaran pernikahan | Earthwood
Tak jauh berbeda dengan model kotak cincin kayu sebelumnya, ring box yang satu ini menggunakan kaca pada tutupnya sehingga isi kotak dapat terlihat secara langsung tanpa membukanya.  Untuk dekorasinya pun tak jauh berbeda, bisa menggunakan bunga-bunga dan daun-daun kecil untuk menghias bagian dalam kotak. Tempat cincin cantik ini juga menjadi salah satu model yang tengah tren untuk acara tunangan atau mahar pernikahan.

4. Kotak Cincin Kayu Model Segi Enam
wm_article_imgwm_article_img
Kotak cincin pernikahan model segi enam | Earthwood
Bentuk kotak cincin untuk acara pertunangan maupun lamaran pernikahan tak melulu harus berbentuk kotak, loh. Di beberapa vendor penyedia kebutuhan untuk seserahan pernikahan kamu bisa memilih berbagai desain tempat cincin unik dan cantik. Salah satu contohnya kotak cincin kayu berbentuk segi enam ini. Cantik dan menawan sekali, ya!

5. Globe Glass Ring Bearer 
wm_article_img
wm_article_imgTempat cincin model kubah kaca | Seserahan.id (Foto: imagenic)

Seakan tak ada habisnya untuk berkreasi, model tempat cincin unik satu ini sangat cocok sekali bagi kamu yang mau tampil berbeda. Dengan visualnya yang sangat indah, siapa sih yang gak jatuh hati pada globe glass ring bearer ini?

Cincin diletakkan di atas bunga kapas dengan hiasan bunga-bunga kering berwarna pastel, perpaduaan warna lembut dan cantik. Tempat cincin ini semakin istimewa, dengan penutupnya yang berbentuk bola kaca. Salah satu artis Indonesia yang menggunakan ring bearer ini untuk pertunangannya adalah Isyana Sarasvati. Kesan mewah dan modern tempat cincin ini memang sangat memikat hati, ya.

6. Dome Glass Ring Bearer
wm_article_imgKotak cincin | Seserahan.id (Foto: imagenic)
Jika yang sebelumnya berbentuk bola kaca, tempat cincin unik yang satu ini memiliki desain yang sama, hanya saja bentuk penutupnya seperti dome glass ala film Disney Beauty and The Beast. Cantik sekali, ya! Lantaran terbuat dari kaca, kamu harus berhati-hati saat membawa tempat cincin unik ini, ya.

7. Kotak Cincin Akrilik
wm_article_img
Kotak cincin | Seserahan.id
Desain tempat cincin pernikahan selanjutnya yang tak kalah cantik adalah kotak cincin akrilik. Dengan bentuknya yang transparan, menjadikan kotak cincin akrilik berkesan mewah dan elegan. Dekorasi sederhana dengan bunga-bunga berwarna soft pastel membuatnya semakin indah. Untuk cincinnya cukup diselipkan saja diantara bunga-bunga.

8. Kotak Cincin Akrilik dan Kayu
wm_article_img
Kotak cincin | Seserahan.id (Foto: imagenic)

Sentuhan natural dari kayu, bahan akrilik yang jernih, ditambah hiasan bunga-bunga kering yang berwarna senada, kotak cincin ini sangat mempesona. Kamu bisa mendapatkan kesan natural dan modern secara bersamaan dari kotak cincin akrilik kayu ini.


9. Kotak Cincin Terrarium 
wm_article_img
Kotak cincin | Seserahan.id (Foto: imagenic)

Kotak cincin terrarium menjadi salah satu model tempat cincin yang paling digemari oleh banyak pasangan. Bahkan beberapa tahun ke belakang, kotak cincin terrarium sangat tren digunakan sebagai mahar ataupun ring bearer untuk acara tunangan dan lamaran.  Salah satu artis Indonesia yang menggunakan kotak cincin terrarium adalah Vebby Palwinta. Kotak cincin ini memberi kesan artistik dan berkelas.

Terrarium merupakan wadah kaca dengan sisi-sisi pinggirannya berupa perunggu yang biasa digunakan untuk tanaman hias. Untuk dekorasinya sendiri, kotak cincin terrarium dapat menggunakan tanaman hidup seperti aneka jenis sukulen, maupun tanaman atau rumput-rumput artifisial. Selain sebagai ring bearer di acara pertunangan atau lamaran pernikahan, kotak cincin terrarium juga bisa menjadi dekorasi ruangan yang artistik.


10. Tempat Cincin Unik Berbentuk Sarang Burung
wm_article_imgwm_article_img
Kotak cincin unik | Love Birds Project

Biar anti-mainstream cobain deh kotak cincin unik berbentuk sarang burung (bird nest/ring nest). Meskipun sangat simpel, model tempat cincin ini akan memberikan kesan tersendiri di momen pertunangan atau lamaran pernikahan kamu nanti. Tempat cincin unik berbentuk sarang burung ini bisa melengkapi konsep pernikahan modern rustic.

Dekorasinya juga tidak terlalu sulit, hanya cukup menambahkan ornamen-ornamen senada untuk menambah kesan naturalnya seperti hiasan rumput atau lumut dan beberapa bunga-bunga kecil sedangkan cincinnya tinggal diletakkan saja di atas sarang burung. Apabila kamu ingin menjadikannya lebih modern, bisa juga mengkombinasikan kotak terrarium dan sarang burung seperti pada gambar. Nah, kotak cincin unik ini jadi semakin estetik, bukan?

11. Kotak Cincin Kristal
wm_article_img
Kotak cincin mewah | Seserahan.id (Foto: imagenic)

Ada pula kotak cincin yang bergaya mewah, bagi kamu yang memiliki konsep pernikahan glamor nan elegan. Dengan menggunakan tempat cincin kristal. kesan mewah dan elegan itu bisa menyatu dengan dekorasi yang senada. Ring bearer eksklusif seperti ini bisa dihias di atas baki atau kotak seserahan dengan hiasan bunga-bunga berwarna lembut yang dibuat ramai memenuhi kotak. Cincin diselipkan di dalam wadah kristal sehingga tetap menjadi pusat perhatian. Model tempat cincin unik ini terbilang baru dan masih jarang digunakan, tertarik menggunakannya?


12. Kotak Cincin Custom Sesuai Selera
wm_article_imgwm_article_img
Kotak cincin | Riefinka Seserahan

Pernikahan merupakan momen sakral bagi setiap pasangan, tak heran banyak calon pengantin yang menginginkan elemen-elemen pernikahannya dirancang secara eksklusif sehingga berbeda dengan yang lain. Demikian pula untuk kotak cincin tunangan atau seserahan lamaran. Kamu juga bisa berkreasi dengan imajinasimu yang tak terbatas. Seperti kotak cincin terarium biji kopi ini, yang terinspirasi dari cerita pasangan itu sendiri yang ingin menghadirkan elemen-elemen berbau kopi karena keduanya merupakan penggemar kopi. Dengan sentuhan kulit kayu manis sebagai penyanggah cincinnya, kotak cincin terarium biji kopi ini semakin unik dan istimewa.

Nah, apabila kamu juga memiliki keinginan tersendiri untuk konsep kotak cincin tunangan pernikahanmu kelak, gak ada salahnya kamu sampaikan kepada vendor seserahan kamu. Siapa tahu mereka bisa membantu mewujudkan impianmu, atau paling tidak, vendor akan memberikan saran atau pilihan-pilihan terbaik untukmu. 

wm_article_img
Kotak cincin | Riefinka Seserahan

Ada banyak sekali pilihan kotak cincin unik untuk momen tunangan, lamaran atau pernikahanmu. Modelnya juga tidak melulu harus kotak, sebab bentuk apapun bisa dikreasikan sebagai penyanggah cincin. Tempat cincin model teratai ini contohnya. Dengan bentuk yang menyerupai susunan kelopak bunga teratai, tempat cincin unik ini tampil sangat elegan. Cincin diletakkan di tengah-tengah kelopak dengan bantuan gulungan bahan goni sebagai penyangganya. Ring bearer bunga teratai ini cocok untuk berbagai konsep pernikahan, seperti rustic maupun modern. Tempat cincin ini juga bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin tampil beda, loh.


wm_article_img
wm_article_imgTempat cincin unik | Riefinka Seserahan

Tempat cincin tunangan yang memiliki nilai artistik seperti contoh gambar ini juga sangat layak untuk kamu pertimbangkan sebagai pilihan. Alih-alih diletakkan atau diselipkan dalam kotak cincin pada umumnya, cincin digantung menggunakan kawat tembaga yang dipulir sedemikian rupa sehingga bentuknya menjadi sangat artistik. Ditambah dengan ornamen-ornamen beragam bunga kering yang ditempelkan di atas pondasi batang kayu, desain ring bearer ini menjadi sangat spesial. 

Selain memberikan visual yang indah dengan tampilannya yang tak biasa, model tempat cincin unik ini juga bisa menjadi hiasan untuk dekorasi setelah digunakan sebagai tempat cincin seserahan ataupun mahar pernikahan. Tak heran untuk momen pernikahannya, artis Ammar Zoni dan Irish Bella menjatuhkan pilihan pada ring bearer artistik ini. Bagaimana menurutmu?

Apapun material dan model kotak cincin yang dipilih untuk momen pertunangan, lamaran, atau sebagai kotak mahar pernikahan, jangan lupa konsultasikan dengan berbagai vendor-vendor berpengalaman di WeddingMarket ya! Temukan juga berbagai diskon dan promo-promo menarik lainnya untuk keperluan pernikahanmu. Semoga kamu dan pasangan bisa mewujudkan pernikahan impian kalian, ya

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...