Pilih Kategori Artikel

20 Ide untuk Dekorasi Kue Pengantin Agar Terlihat Menarik Dan Elegan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kehadiran kue pengantin sangat membantu dalam memeriahkan acara pesta pernikahan. Pesta pernikahan rasanya tidak lengkap dan kurang berkesan tanpa kehadiran kue pengantin. Hal ini karena adanya tradisi yang dilakukan sejak zaman dahulu yang menghadirkan kue pengantin sebagai simbol dalam acara pernikahan. Pemotongan kue pengantin biasanya dimasukkan ke dalam susunan acara pernikahan sebagai simbol upacara pembukaan pesta pernikahan. Potongan kue tersebut nantinya akan dibagikan kepada tamu-tamu undangan spesial dari pasangan pengantin.  Disinilah letak peran kue pengantin yang dinilai cukup penting karena akan dinikmati oleh orang-orang terdekat saat acara pesta pernikahan berlangsung.

Seiring berjalannya waktu, model kue pengantin kian berkembang dari model kue tart sederhana hingga model bertumpuk-tumpuk yang menjulang tinggi. Kue pengantin harus terlihat cantik dan manis karena kue ini akan menjadi pusat perhatian tamu undangan saat acara pemotongan kue. Diperlukan penanganan khusus untuk melakukan hal ini, mulai dari penyajiannya yang harus menarik, warna yang dipilih, hiasan di sekeliling cake utama, dan masih banyak lagi.  Ada banyak ide untuk menghias atau mendekorasi kue pengantin agar terlihat elegan tanpa terkesan berlebihan. Berikut ini kami memiliki 20 ide untuk mendekorasi kue pengantinmu agar terlihat menarik dan elegan.

  • Bermain dengan warna

 wm_article_img

Apa yang membuat kue pengantin terlihat sangat menggiurkan selain warnanya yang menggugah selera? Kamu bisa menggunakan warna-warna pastel yang lembut seperti pink, hijau muda,  biru muda, dan kuning mustard. Dalam pemilihan warna yang tepat, sesuaikan dengan tema pernikahan kamu. Jika kamu memilih tema shabby chic, gunakan warna pastel. Jika kamu memilih tema pernikahan rustic, gunakan warna putih. Jika kamu menggunakan konsep pernikahan glamour, gunakan warna gold dan silver. Bahkan, kamu juga bisa memberikan kreasi warna ombre pada kue pengantinmu, lho! Dengan begitu kue pengantinmu akan terlihat memikat. Intinya, dalam pemilihan warna harus hati-hati. Jangan sampai kamu salah memilih warna kue pengantin yang akan menimbulkan kesan aneh dan mencolok di pesta pernikahanmu nanti. 

  • Tambahkan bunga cantik yang bisa dimakan

wm_article_img

Bukankah pesta pernikahan selalu terlihat indah dengan adanya bunga? Benda yang satu ini selalu bisa membuat segalanya menjadi cantik, termasuk kue pengantin. Walaupun kue pengantinmu terlihat sederhana, kamu bisa menambahkan bunga-bunga cantik seperti melati, mawar, dan yang lainnya. Dijamin kue pengantinmu terlihat semakin manis di mata para tamu undangan. Hiasan bunga ini bisa dibuat dari lapisan fondant yang bisa disesuaikan dengan warna apa saja.

  • Bentuk hati

 wm_article_img

Bicara soal ikatan cinta pernikahan, apa yang lebih tepat selain membuat kue pengantin berbentuk hati? Kue pengantin kamu akan terlihat elegan karenanya. Kue pengantin berbentuk hati yang bertumpuk dan menjulang tinggi mungkin merupakan ide yang bagus. Kamu yang menginginkan kue yang mungil dan sederhana juga bisa menggunakan bentuk ini. Tambahkan caketopper berbentuk hati dan boneka berbentuk pasangan pengantin sebagai dekorasi tambahan. Dijamin kamu, pasangan, dan para tamu undangan juga langsung jatuh hati saat melihat kue pengantinmu.

  • Tumpukan donat

 wm_article_img

Bagi kamu yang tidak ingin membuang-buang waktu memotong kue untuk para tamu undangan yang jumlahnya sangat banyak, kamu dapat menggunakan ide yang satu ini. Jangan takut terlihat aneh, karena kue pengantin berbentuk tumpukan donat akhir-akhir ini menjadi tren di kalangan pasangan pengantin muda. Kue pengantin berbentuk unik ini menumpuk donat-donat cantik hingga menjulang tinggi. Kamu bisa menambahkan bunga lengkap beserta daunnya di sekeliling tumpukan donat sebagai hiasannya. Namun, tanpa menggunakan hiasan tersebut, tumpukan donat sudah cukup terlihat cantik, kok.

  • Gunung cupcake

 wm_article_img

Kamu tidak suka donat? Tenang, kamu bisa menggunakan cupcake sebagai tumpukan kue pengantinmu! Kue mungil nan cantik ini sangat disukai semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa. Terlebih lagi, kamu tidak perlu menyediakan piring sajian dalam jumlah banyak. Para tamu undangan bahkan bisa mengambil sendiri kue pengantinmu sehingga kamu tak perlu repot-repot menyuruh orang untuk membagikan kue pengantinmu kepada mereka. Gunakan buttercream cupcake yang diletakkan melingkar pada sebuah penyangga kue. Tambahkan pula hiasan bunga atau bintang sebagai dekorasi pada puncak gunung cupcake.

  • Tumpahan selai/coklat

 wm_article_img

Jika kamu tidak ingin membuat suatu dekorasi yang ribet dan perlu banyak waktu, kamu dapat menggunakan ide yang satu ini. Kue pengantinmu yang simpel dan sederhana dapat terlihat cantik dengan adanya tetesan coklat atau selai yang tumpah di sekeliling kue. Kue jenis ini biasa disebut dengan melted cake, karena kesannya seolah-olah kue tersebut sedang mencair. Sangat unik, bukan?

  • Adat tradisional

 wm_article_img

Pernikahan dengan konsep adat tradisional sangat menjamur karena banyak diminati. Hal ini karena Indonesia terkenal dengan beragam adat budayanya yang kental. Kamu yang menggunakan konsep ini juga dapat mengaplikasikannya pada kue pengantinmu. Jika kamu menggunakan adat Jawa, gunakan fondant dengan corak batik khas daerahmu. Kamu juga dapat menambahkan ornamen khas atau rumah adat Padang, makanan kuliner khas Sunda, dan lain-lain. Sangat cocok untuk kamu yang anti-mainstream dan ingin berbeda dari yang lain.   

  • Kue couple

 wm_article_img

Kamu dan pasangan pernah memakai baju couple? Atau sama-sama memakai kalung liontin yang terbelah menjadi dua? Nah, konsep seperti itulah yang dituangkan ke dalam kue pengantin couple ini. Kue yang terbelah dua dengan kehadiran hiasan kedua pengantin di puncak kue-nya memberikan makna bahwa kalian  berdua akan tetap bersatu sampai maut memisahkan. Ini merupakan simbol yang cukup dalam untuk sebuah kue pengantin. 

  • Tema film

 wm_article_img

Kamu dan pasangan adalah penggemar film tertentu? Atau kamu dan pasangan ingin mengenang saat-saat menonton film favorit bersama? Kamu dapat menggunakan film  tersebut sebagai tema film pada konsep pernikahanmu, termasuk pada kue pengantinmu, lho! Jangan khawatir kalau kue pengantinmu akan terlihat kekanak-kanakan.  Gunakan warna putih pada cake utama, lalu tambahkan dekorasi berbentuk benda-benda atau karakter yang menjadi ciri khas pada film favoritmu.

  • Fokus pada satu rasa

 wm_article_img

Mungkin kamu atau pasangan tidak menyukai rasa tertentu pada kue pengantin. Misal, kamu tidak suka keju, atau vanila, atau yang lainnya. Kamu bisa menggunakan kue pengantin yang hanya fokus pada satu rasa. Kamu bisa membayangkan bagaimana lezatnya full-chocolate dari ujung atas sampai dasar bawah pada kue pengantinmu.

  • Kue buah

 wm_article_img

Jika kamu dan pasangan ingin menerapkan pola hidup sehat, kamu mungkin dapat mencoba ide yang satu ini pada kue pengantinmu. Tentu saja rasa manis pada buah jauh lebih sehat dibandingkan kandungan pemanis buatan yang ada kue pengantin. Buah-buah yang dipakai adalah yang berukuran kecil agar dapat disusun sedemikian rupa di sekeliling tumpukan kue yang menjulang tinggi. Kamu dapat menggunakan strawberry, raspberry, blueberry, dan masih banyak lagi.  Dengan begitu kamu tidak perlu repot-repot membuat hiasan lain dengan bentuk yang bermacam-macam.

  • Taburan permen

 wm_article_img

Jika kamu ingin menambahkan kesan playful dan ceria pada kue pengantinmu, kamu dapat menggunakan ide yang terbilang cukup menarik ini. Kamu dapat menggunakan permen chacha, m&m, lollipop, dan masih banyak lagi. Permen yang bertaburan di sekeliling kue akan menarik perhatian tamu undangan khususnya anak-anak begitu sampai di lokasi pernikahanmu. Gunakan warna putih pada cake utama agar warna-warni pada permen semakin jelas terlihat.

  • Ice cream

 wm_article_img

Menggunakan ice cream sebagai hiasan di atas kue pengantin tak ada salahnya untuk dicoba. Ice cream mungkin saja mengingatkan kamu dan pasangan saat menghabiskan waktu bersama di sebuah tempat rekreasi. Makanan yang lezat ini akan memberikan kenangan manis tersendiri saat bercanda dan tertawa bersama. Gunakan warna-warna lembut seperti biru, pink, dan putih pada kue. Kamu juga bisa menambahkan sprinkle pada es krim, macarons, dan marshmallow yang lembut sebagai dekorasi tambahan.

  • Asimetris

 wm_article_img

Kue bertumpuk yang tertata rapi mungkin terlihat biasa-biasa saja. Namun, apa jadinya jika tumpukan kue pengantinmu terlihat simetris atau tidak beraturan namun tetap  dapat seimbang? Tentunya ini akan membuat decak kagum para tamu undangan yang melihatnya. Konsep ini mungkin terlihat rumit, namun kamu dapat melakukan konsultasi dengan vendor yang akan membuatkan kue pengantinmu. Tambahkan bunga-bunga sebagai hiasan pada setiap tumpukan kue pengantin agar terlihat semakin menawan.

  • Beach/Garden

 wm_article_img

Jika kamu menggunakan konsep outdoor pada pernikahanmu, kamu dapat mencoba ide yang satu ini. Kamu yang menggelar pernikahan di pantai bisa menambahkan karang berbentuk unik dan bintang laut sebagai dekorasi di atas kue pengantinmu. Tambahkan warna-warna biru yang mewakilkan warna laut sebagai penguat tema. Kamu yang menggelar pesta pernikahan dengan tema garden rustic dapat membentuk lapisan fondant menjadi tanaman bunga-bunga lengkap dengan kupu-kupu, pohon, dan rerumputan. Gunakan warna hijau sebagai warna utama pada kue pengantin untuk mewakilkan hijaunya kebun yang asri dan rindang.

  • Tangga

 wm_article_img

Layaknya sebuah kesuksesan, diperlukan untuk menaiki setiap anak tangga agar sampai menuju puncak tertinggi. Setiap anak tangga memiliki tantangan dan kesulitan yang berbeda-beda. Begitu pula dengan sebuah bahtera rumah tangga akan kamu jalani berdua bersama pasangan setelah pernikahan. Kamu dapat menggunakan tangga sebagai simbol yang bermakna bahwa kamu akan memperjuangkan cinta bagaimanapun masalah yang akan datang menghampiri. Makna yang dalam ini dapat kamu simbolkan pada kue pengantinmu sehingga menjadi berkesan dan bukan hanya sekedar santapan para tamu undangan saja.

  • Sayuran

 wm_article_img

Kamu seorang vegetarian? Ide ini mungkin bisa kamu coba sebagai konsep pada kue pengantinmu. Kamu yang mungkin sedang diet untuk mengurangi berat badan, juga dapat menambahkan sayuran pada kue pengantinmu. Untuk bahan pembuatan kue, kamu bisa menggunakan bahan yang mengandung gula dengan kadar sedikit atau sugar-free. Dengan begitu kamu bisa langsung melahap potongan kue tanpa rasa was-was.

  • Tambahkan pita satin

 wm_article_img

Kue pengantinmu yang polos dapat di dekorasi hanya dengan menggunakan pita satin yang dibiarkan menjuntai ke bawah. Hindari menggunakan pita berwarna putih karena kehadiran pesonanya mungkin kurang terlihat oleh pandangan mata. Gunakan warna pink, biru, hitam, atau warna tajam lainnya dan susun pita-pita tersebut di sekeliling kue. Jika kamu menggunakan pita sebagai dekorasi pada puncak kue, usahakan agar pita tersebut bervolume agar sedikit mengembang dan mengisi kekosongan pada permukaan kue. Namun, jika kamu menggunakan hiasan pita pada pinggir kue, ikatlah pita tersebut dengan tipis agar terlihat manis dan tidak menutupi pinggiran kue.

  • Castle

 wm_article_img

Kamu yang mendambakan kisah cinta layaknya dalam cerita putri dongeng, dapat menggunakan ide yang satu ini untuk kue pengantinmu. Kue pengantin yang berbentuk kastil dapat memberikan kesan megah dan glamour meskipun biaya yang dibutuhkan hanya sedikit. Tambahkan bentuk kue seperti menara, bendera, jendela-jendela kastil yang panjang, dan benteng yang kokoh. Kue pengantin berbentuk kastil yang menjulang tinggi melambangkan kisah cinta yang berakhir bahagia selamanya layaknya cerita-cerita dalam film Disney.  

  • Piano

 wm_article_img

Pasanganmu seorang penyanyi berbakat? Atau pianis terkenal? Kamu dapat memberikan kejutan kepadanya dengan membuatkan kue pengantin dengan tema yang satu ini. Deretan tuts piano yang berada di sekeliling kue akan tampak sangat menakjubkan. Atau kamu bisa menambahkan cake topper berbentuk gitar, drum, biola, panggung konser lengkap beserta mic-nya, dan masih banyak lagi. Dijamin pasangan kamu dan para tamu undangan yang datang akan terkesima melihatnya.

Mencari vendor atau membuat kue pengantin sendiri, semuanya tergantung dari kebutuhan dan anggaran yang kamu miliki. Jika kamu menggunakan vendor atau jasa pembuatan kue, maka sesuaikan dengan batas anggaran yang kamu miliki. Jika kamu menggunakan konsep outdoor pada pernikahanmu, kami sarankan kamu untuk menghindari bahan frosting whipped cream sebagai dekorasi kue, karena ini akan mudah melting atau mencair karena suhu luar ruangan yang panas. Solusinya adalah gunakan lapisan fondant dan buttercream.

Bagi kamu yang menggunakan konsep pernikahan indoor, maka kamu tidak perlu khawatir karena bahan apa saja sangat diperbolehkan, termasuk menggunakan bahan royal icing sebagai dekorasi. Beri penjelasan pada vendor tentang jumlah tamu yang akan kamu undang, untuk memastikan bahwa kue pengantinmu cukup untuk dibagikan kepada seluruh tamu undangan. Banyak-banyaklah mencari informasi di internet atau teman yang telah menikah untuk menemukan vendor yang bisa membuat kue pengantin sesuai dengan keinginanmu. Lakukan pemesanan lebih awal untuk menghindari molornya vendor dalam membuat kue pesananmu. Setelah kue pengantinmu selesai dibuat, cobalah untuk mencicipinya dahulu, apakah rasa yang dikandungnya terlalu manis atau pas. Hal ini akan mencegah kekecewaan kamu dan para tamu undangan yang akan menyantap hidangan kue pengantinmu.

Demikian 20 ide yang dapat kamu gunakan untuk inspirasi dekorasi kue pengantinmu. Semoga dapat membantu kamu dalam menemukan dekorasi yang tepat untuk acara pernikahanmu, ya! Dimana mencari kuenya? Cari di direktori vendor kue pernikahan wedding market!

Foto: The Wedding Community, Martha Stewart Weddings, Best Wedding Collections, Wedding Venues, Deer Pearls Flowers, Birthday Frenzy, Aucoindemacuisine, Woman Getting Married, Glamour, Apractical Wedding, Cakes Decor, 123 Wedding Cards, Wedding Miracle, Best of Cake, Mojewielkiewiejskiewesele, A Simple Cake, Tales of Faerie, Wedding Wire.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...