Pilih Kategori Artikel

Berbagai Jenis Lagu Pernikahan Minang yang Meriahkan Pesta Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Di Minang, pernikahan menjadi suatu upacara yang sakral, inilah mengapa prosesinya tidak main-main. Jika kamu atau pasangan merupakan suku dari Minang, tentu kalian akan disarankan untuk melangsungkan pesta pernikahan secara tradisional. Ada beberapa lagu pernikahan minang yang dimainkan di acara tersebut  dan membuat suasana semakin meriah. 

Adat Minang memang masih memiliki prosesi yang kuat untuk pernikahannya, tak terkecuali tradisi malam bainai sampai lagu daerah khas Minang jika melaksanakan pernikahan dengan adat tersebut. 

Tertarik untuk melihat lebih dekat lagu apa saja yang akan kamu dengarkan bersama pasangan di pernikahan Minang? Berikut merupakan ulasan yang akan menambah pengetahuanmu. 

Sebelum mengetahui terkait dengan apa saja lagu yang akan kamu dengarkan disana, kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana perayaan hari bahagia tersebut disana. Ketika pernikahan dilangsungkan, maka iringan musik khas dari Minang dapat kamu dengarkan sepanjang acara. Lagu pernikahan Minang juga disisipkan dalam musik tersebut. 

Selain musik talempong, ia juga sering disebut gandang tabuik dalam bahasa lokal. Pesta pernikahan yang menggunakan adat Minang pasti meriah. Sehingga membuat terkesan tamu undangan yang datang untuk melihat mempelai pengantin disatukan.

Terdapat beberapa instrumen wajib yang akan kamu temukan dalam pernikahan Minang, diantaranya adalah talempong, sejenis kenong berukuran 17-18 cm. Kemudian gendang dan pupuik, yang menjadi alat khas musik di hari pernikahan. Kedua alat tersebut terbuat dari batang padi, atau sering disebut bansi dalam bahasa setempat. 

Alat musik lain juga digunakan dalam pernikahan adat Minang, walaupun jenis dan modelnya berbeda-beda, tergantung dengan tempat dan keadaan. Terdapat pula ritual arak-arakan yang menjadikan suasana pernikahan semakin meriah. 

Berbagai Jenis Lagu yang Sering Dimainkan Ketika Pernikahan Adat Minang

wm_article_img
Foto: Majalah Mahligai

Ketika pernikahan Minang dilakukan, lagu pernikahan minang juga akan diperdengarkan untuk memeriahkan suasana. Terdapat beberapa jenis lagu yang mungkin bisa kamu temukan, diantaranya adalah:

  • Lagu Adat

Lagu adat dari Minang akan banyak didendangkan pada hari pernikahan. Lagu tersebut menggunakan bahasa setempat dan dinyanyikan menggunakan alat musik tradisional. Walaupun di masa kini sudah ada kaset yang akan memutar lagu tersebut jika diperlukan. 

Lagu adat tersebut biasanya berisi nasihat mengenai kehidupan pengantin yang baru saja disahkan. Berbagai tarian yang ditampilkan di hari pernikahan juga diiringi dengan musik tradisional dan lagu adat, sehingga suasana tradisionalnya semakin kental. 

Kamu bisa meminta pihak keluarga terkait dengan adanya lagu tersebut, misalnya memilih lagu jenis tertentu untuk dimainkan. Karena ia termasuk lagu yang digunakan untuk memeriahkan suasana, maka kamu pasti menemukan lagu tersebut ketika pernikahan berlangsung. 

  • Lagu Islami

Jenis lagu pernikahan minang lain yang mungkin akan dipasang di sound speaker adalah lagu bertema islam. Seperti yang diketahui, masyarakat Minang mayoritas beragama Islam, inilah sebabnya lagu dengan nuansa islami banyak dipilih untuk diputar ketika pernikahan berlangsung. 

Lagu islam yang diputar biasanya tidak jauh dari nasehat untuk pengantin baru, atau berupa sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Ia bisa dimainkan dengan menggunakan alat musik tradisional maupun modern, ataupun diputar langsung menggunakan kaset. 

  • Lagu Nasional

Walaupun ini jarang terjadi, namun ada pula pernikahan yang mendendangkan lagu nasional ketika pernikahan dilangsungkan. Lagu yang dipilih biasanya lagu bertema cinta atau asmara mengenai sepasang kekasih. Apalagi jika kamu dan pasangan melangsungkan pernikahan dengan cara modern, maka kamu akan direkomendasikan untuk menggunakan lagu ini. 

Akan tetapi, tidak semua pula masyarakat Minang akan menyarankan untuk menggunakan lagu nasional ketika pernikahan berlangsung. Lagu pernikahan minang yang dipasang harus memiliki nasehat yang baik, tidak sara, dan juga tidak vulgar. Mengingat banyak masyarakat Minang menjunjung tinggi nilai Islam. 

  • Lagu Barat

Generasi yang lebih muda juga banyak yang melangsungkan pernikahan Minang modern, sehingga banyak tradisi adat yang tidak dilangsungkan ketika pernikahan dilakukan. Misalnya ketika pasangan mempelai melangsungkan pesta pernikahan dengan konsep garden party, tentunya lagu yang diputar merupakan lagu barat, atau lagu kesukaan pasangan tersebut. 

Ini karena tamu undangan yang hadir kebanyakan memiliki umur yang tidak jauh berbeda dengan pengantin. Sehingga selera musik yang dimiliki masih serupa, dan tidak dianggap sebagai sesuatu yang tabu. 

Jika kamu hendak menikah dengan adat Minang, ada baiknya kamu berdiskusi kepada keluarga untuk mempertimbangkan dan mempersiapkan berbagai aspek sosial dan kultur menjelang pernikahan.  Dengan bantuan keluarga, pesta pernikahan dengan prosesi adat tentunya bisa berjalan dengan lancar. 

Dari berbagai jenis lagu untuk pernikahan Minang diatas, beberapa contoh lagu yang dapat kamu masukan daftar lagu diantaranya:

1. Baralek Gadang - Ria Amelia

2. Sakik Taubek Hilang Baganti - Rayola

3. Malam Bainai - Elly Kasim

4. Di Persimpangan Dilema - Terry Adams

5. Jan Digemai Juo - Ratu Sikumbang

6. Kusia Bendi - Ratu Sikumbang

7. Balam Pamutuih Tali - Harry Parintang

8. Seso Surang - Rayola

9. Tadayo Gurauan Sayang - Rayola

10. Kandak Rang Tuo - Ipank

11. Takuik - Daniel Maestro

12. Siriah Karakok - Daniel Maestro

13. Kisah Romantis - Glenn Fredly

14. Janji Suci - Yovie & Nuno

15. Sampai Jadi Debu - Banda Neira

16. Pilihanku - Maliq & D'essential 

17. Perfect - Ed Sheeran

18. Teman Hidup - Tulus

19. Akad - Payung Teduh

20. Percayalah - Afgan & Raisa

21. Marry Your Daughter - Brian McKnight

Itulah penjelasan singkat mengenai lagu pernikahan minang yang biasanya banyak ditemukan dalam berbagai jenis lagu tentang pernikahan disana. Semoga dengan informasi tersebut kamu bisa memilih dengan tepat jenis pernikahan yang hendak kamu langsungkan, berikut dengan lagu yang akan kamu putar di hari bahagia tersebut. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...