Pilih Kategori Artikel

Lakukan 7 Kebiasaan Sehat ini Supaya Kamu Full Bahagia di Hari Pernikahanmu
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Hari pernikahan adalah hari di mana semua mata tertuju pada pasangan pengantin, di mana kebahagiaan dan cinta dirayakan bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Namun, di balik kemeriahan dan kebahagiaan tersebut, seringkali ada tekanan dan stres yang bisa membuat kamu dan pasangan merasa tidak nyaman atau kurang menikmati hari istimewa kalian. Oleh karena itu, mempersiapkan diri secara fisik dan mental dengan kebiasaan-kebiasaan sehat sangat penting supaya kamu bisa merasa bahagia dan penuh energi di hari pernikahanmu.

Mempersiapkan pernikahan bukan hanya tentang memilih gaun yang sempurna atau dekorasi yang indah. Kesehatan fisik dan mental kamu pun harus menjadi prioritas utama. Dengan mengadopsi kebiasaan sehat jauh sebelum hari H, kamu bisa memastikan bahwa tubuh dan pikiranmu berada dalam kondisi terbaik. Mulai dari pola makan yang seimbang hingga rutinitas olahraga yang teratur, setiap kebiasaan sehat yang kamu lakukan akan membantu meningkatkan stamina, mengurangi stres, dan meningkatkan mood. 

Supaya full bahagia lahir batin di hari pernikahanmu, coba terapkan tujuh kebiasaan sehat berikut, yuk!

7 Kebiasaan Sehat yang Harus Dilakukan Sebelum Hari Pernikahan

Memang benar bahwa pernikahan adalah hal yang harus dipersiapkan dengan sebaik dan sedetail mungkin, agar acaranya berjalan dengan lancar, tanpa ada kendala yang berarti. Tapi, terlalu fokus pada perencanaan pernikahan ternyata bisa menguras energi, sehingga kesehatan kamu jadi kurang diperhatikan.

Ternyata, mengabaikan kesehatan bisa menambah tingkat stres kamu, dan bisa memperburuk kondisi mental, fisik, sosial, dan emosional kamu. Stres juga bisa merusak hubungan kamu dan pasangan, karena munculnya beberapa kesalahpahaman dan menimbulkan masalah hubungan.

Untuk menghindari hal ini, penting untuk menjaga kesehatan dan menetapkan rutinitas olahraga yang bisa membantu kamu merasa lebih bahagia dan rileks. Mengubah rutinitas memang butuh waktu, jadi mulailah perlahan. Tambahkan satu kebiasaan sehat dalam keseharian kamu, dan jaga kebiasaan tersebut sehingga kamu merasa sangat prima dan siap untuk menjalani hari-hari selama persiapan pernikahan, hingga hari H pernikahan. 

  1. Tambahkan Aktivitas Fisik ke dalam Rutinitas Harian

wm_article_img

Sepadat apapun jadwal kamu, ingat untuk tetap menggerakkan tubuh secara rutin, karena aktivitas fisik sangat berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik. Berolahraga secara rutin bisa membantumu mencapai tujuan fisik, meningkatkan kepercayaan diri, suasana hati, energi, serta mengurangi risiko penyakit, stres, dan meningkatkan kualitas tidur, dan banyak lagi manfaat lainnya.

Daripada memaksakan diri dengan aktivitas yang berat, carilah jenis olahraga yang bisa kamu nikmati. Hindari menekan diri sendiri untuk berolahraga setiap hari atau mengikuti kelas yang tidak kamu sukai, karena hal ini justru malah akan menambah tingkat stres kamu. Kamu bisa memulai dengan olahraga ringan yang bisa dilakukan secara rutin, lalu meningkatkan intensitasnya secara perlahan, seperti berjalan kaki, bersepeda, hingga angkat beban.

Cari olahraga yang membuat kamu merasa senang, sehingga kamu akan lebih termotivasi dan mendapatkan hasilnya untuk jangka yang lebih panjang. Jika kamu belum punya waktu untuk berolahraga, usahakan untuk merenggangkan kaki setiap jam jika kamu bekerja di meja, atau berjalan-jalan di sekitar rumah setelah makan malam. Meski simple, tapi aktivitas ini bisa memberikan manfaat besar bagi kesehatan kamu.

  1. Tingkatkan Asupan Air Kamu

wm_article_img

Seringkali, hidrasi menjadi hal penting yang diabaikan oleh banyak orang. Penelitian menunjukkan bahwa kurang minum air putih bisa menyebabkan masalah seperti kabut otak atau brain fog, kelelahan, mudah marah, rendahnya energi, sakit kepala, dan kulit kusam. Setidaknya, kamu perlu minum empat hingga enam gelas air putih setiap hari supaya tubuhmu tetap terhidrasi.

Jika kamu sering lupa untuk minum air, bawalah botol air yang bisa digunakan kembali di dalam tas kamu dan mengisinya kembali sepanjang hari jika sudah kosong. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi di ponsel atau menyetel alarm setiap jam untuk mengingatkan kamu agar minum air. Jika kamu bosan minum air putih, cobalah untuk menambahkan irisan buah ke dalam air untuk memberikan rasa yang lebih menyenangkan. Setelah kamu menerapkan kebiasaan ini untuk beberapa waktu, hal itu akan menjadi bagian dari rutinitas harian kamu secara alami. 

  1. Beri Nutrisi pada Tubuh dengan Makanan Bergizi

wm_article_img

Meski merencanakan pernikahan terasa seperti full time job, tapi kamu tidak boleh mengabaikan waktu makan kamu, ya! Memberi tubuh asupan makanan yang seimbang serta  kaya buah-buahan dan sayuran akan memberikan energi yang cukup untuk menyelesaikan setiap tugas perencanaan pernikahan. Kamu juga harus makan makanan dan camilan yang kaya akan protein dan serat secara teratur sepanjang hari, untuk membantu mengontrol gula darah dan mencegah keinginan makan yang berlebihan.

Memasak di rumah adalah cara terbaik untuk memastikan kamu mendapat makanan yang sehat, karena kamu sendiri bisa mengontrol bahan-bahan yang digunakan dan ukuran porsinya. Tapi, jika jadwal kamu terlalu padat untuk memasak setiap hari, kamu bisa menghemat waktu dengan cara memasak dalam jumlah besar di waktu luang dan menyimpan untuk beberapa hari ke depan. Alternatif lainnya, kamu bisa berlangganan catering makanan sehat yang kini sudah banyak tersedia. 

Mengonsumsi makanan bergizi secara rutin tidak hanya akan membantu kamu tetap bertenaga, tapi juga menjaga kesehatan kamu secara keseluruhan. Jadi, meskipun merencanakan pernikahan sangat menyita waktu, jangan lupa untuk selalu memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh kamu, ya!

  1. Kurangi Penggunaan Gadget

wm_article_img

Merencanakan pernikahan tentu akan memerlukan banyak waktu yang dihabiskan di ponsel atau laptop, baik itu untuk mencari vendor, menyusun email, atau tugas lainnya. Jika kamu sudah bekerja di meja selama delapan jam sehari, ini berarti kamu akan lebih sering berinteraksi lagi dengan gadget kamu untuk mempersiapkan segala kebutuhan pernikahanmu. Sesekali, buatlah waktu “me time” kamu sendiri dengan menjauhi segala gadget, untuk me-reset kesehatan pikiran, tubuh, dan hubungan sosial kamu.

Ada beberapa langkah kecil yang sangat mudah dilakukan, yang bisa kamu mulai untuk membantu kamu mengelola waktu dengan gadget. Pertama,  aktifkan mode "Do not disturb" di ponsel kamu saat makan malam atau kencan malam bersama pasangan. Kedua, hindari membuka ponsel atau email di pagi hari saat setelah kamu bangun tidur. Beristirahat secara teratur dari gadget tidak hanya akan membantu kamu memulihkan energi, tapi juga memungkinkan kamu untuk lebih terhubung dengan pasangan kamu.

Melakukan aktivitas tanpa gadget, seperti berjalan-jalan, membaca buku, atau hanya duduk dan berbicara dengan pasangan, bisa sangat bermanfaat. Waktu “no gadget” ini bisa memberi kesempatan bagi kamu untuk benar-benar hadir dan menikmati momen bersama orang-orang tercinta, serta membantu mengurangi stres dan kelelahan akibat terlalu banyak waktu di depan layar. Membuat batasan ini tidak hanya akan meningkatkan kesehatan mental dan fisikmu saja, tapi juga memperkuat hubungan kamu menjelang hari pernikahan.

  1. Terapkan Sleep Hygiene Sebelum Tidur

wm_article_img

Menjelang pernikahan, malam-malam tanpa tidur akan menjadi hal yang biasa. Dengan banyaknya detail yang harus diselesaikan, tidur yang nyenyak mungkin terasa mustahil. Namun, tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap malam sangat penting karena memberikan banyak manfaat, seperti mengurangi stres, memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kemampuan berpikir, mengatur gula darah, dan memperbaiki suasana hati.

Untuk memastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup sebelum hari pernikahanmu, penting untuk fokus pada sleep hygiene kamu. Ikuti beberapa cara ini untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas:

  • Rutinitas Tidur yang Konsisten: Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, terutama di akhir pekan. Konsistensi ini membantu mengatur jam biologis tubuh kamu.

  • Hindari Kafein dan Alkohol: Mengonsumsi kafein dan alkohol sebelum tidur bisa mengganggu tidur kamu. Usahakan untuk menghindari minuman ini beberapa jam sebelum tidur.

  • Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman: Pastikan kamar tidur kamu gelap atau temaram, sejuk, dan tenang. Gunakan tirai tebal untuk menghalangi cahaya, dan pertimbangkan penggunaan earplug jika lingkungan sekitar kamu bising.

  • Ritual Relaksasi Sebelum Tidur: Lakukan kegiatan yang menenangkan seperti membaca buku, mandi air hangat, atau meditasi sebelum tidur untuk membantu tubuh dan pikiran kamu lebih rileks.

  • Batasi Penggunaan Layar: Cahaya biru dari layar ponsel, tablet, dan komputer bisa mengganggu produksi melatonin tubuh, yaitu hormon yang mengatur tidur. Usahakan juga untuk menghindari penggunaan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur.

Dengan menerapkan kebiasaan tidur yang baik, kamu bisa meningkatkan kualitas tidur dan memastikan kamu bangun dengan perasaan segar dan siap menghadapi hari. 

  1. Mulai Melakukan Journaling

wm_article_img

Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi stres dalam proses merencanakan pernikahan adalah dengan membuat jurnal harian atau journaling. Kegiatan ini bisa membantu kamu dalam memproses dan memahami emosi yang sedang dirasakan, serta menjauhkan diri dari pikiran negatif, mencapai tujuan yang telah ditetapkan, membangun kepercayaan diri, memperkuat ingatan, mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan suasana hati kamu.

Untuk memulai pertama kali, kamu bisa mengikuti petunjuk dari jurnal yang sudah ada, atau menulis dengan mengalir sesuai dengan perasaan dan kebutuhan kamu. Cobalah untuk menyisihkan waktu lima hingga sepuluh menit setiap pagi atau malam untuk menulis. Gunakan waktu ini untuk mencatat segala pikiran atau perasaan yang muncul. Selain itu, penting juga untuk mencatat afirmasi positif untuk diri kamu sendiri.

Dengan menuliskan pemikiran dan perasaan kamu, kamu bisa melepaskan beban emosional yang mungkin kamu rasakan. Aktivitas ini tidak hanya bisa membantu kamu dalam mengorganisir pikiran, tetapi juga memberikan ruang bagi kamu untuk merenung dan menemukan perspektif baru. Seiring waktu, kebiasaan journaling ini bisa menjadi sarana untuk menjaga kesehatan mental dan emosional kamu selama masa-masa penuh tekanan.

  1. Prioritaskan Hubungan Sosial

wm_article_img

Di tengah kesibukan merencanakan pernikahan, mungkin kamu merasa tergoda untuk menunda rencana pergi ke luar dan lebih memilih menghabiskan waktu di rumah. Padahal, kehidupan sosial kamu punya pengaruh besar loh terhadap kesehatan kamu! Sebuah penelitian menunjukkan bahwa membina hubungan sosial bisa meningkatkan suasana hati dan bisa bikin umur kamu lebih panjang. Menghabiskan waktu bersama orang-orang yang dicintai juga bisa memberikan waktu istirahat dari tekanan, sehingga kamu bisa kembali ke tugas-tugas kamu dengan perasaan lebih segar dan bersemangat.

Biasakan untuk bertemu dengan teman atau anggota keluarga setiap minggu, atau jika mereka tidak berada di area yang sama, usahakan untuk menelepon mereka. Aktivitas sederhana seperti mengobrol saat makan malam atau berjalan-jalan bersama teman bisa membantu kamu menjernihkan pikiran dan membuat kamu lebih fokus.

Dengan mengutamakan interaksi sosial, secara tidak langsung kamu memberi diri kamu kesempatan untuk berbagi perasaan dan pikiran, mendapatkan dukungan emosional, dan menikmati momen kebersamaan yang berharga. Menjaga hubungan sosial ternyata bisa membuat kamu merasa memiliki support system yang kuat, yang bisa membantu kamu melewati masa-masa sulit dengan lebih mudah.

Menerapkan 7 kebiasaan sehat ini tidak hanya akan membantu kamu untuk mengelola stres dan menjaga kesehatan selama masa perencanaan pernikahan, tetapi juga memastikan bahwa kamu full bahagia di hari istimewa kamu. Dari menjaga rutinitas makan dan minum, hingga prioritaskan hubungan sosial, setiap langkah kecil ini bisa membuat perbedaan besar dalam kesehatan kamu. Dengan menjaga tubuh dan pikiran kamu, kamu akan lebih siap untuk menikmati setiap momen, merayakan cinta, dan memulai kehidupan baru dengan penuh kebahagiaan.


Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...