Pilih Kategori Artikel

Do's and Don'ts saat Mempersilakan Bridesmaid-mu Memilih Pakaian Mereka Sendiri
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Memilih untuk mengajak turut serta teman terdekatmu untuk menjadi bagian dari pesta pernikahanmu mungkin akan menjadi keputusan terbaik dalam merayakan hari bahagiamu. Setelah memutuskan siapa yang akan menjadi bridesmaid, biasanya pengantin perempuan akan menentukan apa yang akan mereka kenakan di hari bahagiamu, dan segala konsepnya agar sejalan dengan konsep pernikahan yang kamu usung.

Pemilihan pakaian untuk para bridesmaid menjadi salah satu aspek penting dalam perencanaan pernikahanmu. Namun, untuk efisiensi dan juga kenyamanan teman-teman kamu, ada baiknya kamu membiarkan mereka untuk memilih sendiri apa yang akan mereka kenakan pada saat bertugas menjadi bridesmaid. Di tengah beragamnya pilihan yang tersedia, ada sejumlah do's and don'ts yang perlu diperhatikan agar semua bridesmaid bisa memilih model gaun yang nyaman dan nantinya akan percaya diri saat mengiringi kamu di pelaminan.

Supaya bridesmaid kamu tidak bingung dan kamu bisa mengarahkan mereka, berikut beberapa panduan dan juga do’s and don’ts untuk para bridesmaid yang akan memilih sendiri gaun pengiring pengantin mereka.

Kenapa Para Bridesmaid Sebaiknya Memilih Sendiri?

wm_article_img

Meskipun kamu bisa mengatur pakaian para bridesmaid sesuai dengan keinginan dan konsep pernikahan yang kamu miliki, namun kamu bisa loh memberikan kebebasan kepada mereka untuk memilih gaun mereka sendiri. Dengan memberikan kebebasan ini, secara tidak langsung kamu memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengekspresikan diri mereka sendiri melalui gaya dan pilihan pakaian mereka. Berikut beberapa keuntungan lain yang didapatkan jika kamu mempersilahkan para bridesmaid untuk memilih sendiri busana mereka:

  1. Lebih Nyaman

wm_article_img

Apa yang terlihat menawan pada satu orang mungkin terasa tidak nyaman atau tidak sesuai dengan tubuh yang lain, dan tidak semua potongan gaun akan cocok untuk semua bentuk tubuh. Untuk itu, dengan memberikan kebebasan kepada para bridesmaid untuk memilih gaun mereka sendiri, sama saja memberikan mereka kesempatan untuk menemukan pakaian yang benar-benar cocok dengan bentuk tubuh dan gaya mereka.

Mengingat bahwa pesta pernikahan biasanya berlangsung sepanjang hari, kenyamanan tentu menjadi faktor krusial. Mengenakan gaun yang tidak sesuai dengan bentuk tubuh atau tidak nyaman bisa membuat bridesmaid kamu merasa tidak enak dan terganggu sepanjang acara. Dengan meminta mereka untuk memilih gaun mereka sendiri, kamu sudah memberikan mereka keleluasaan untuk mencari gaya, potongan, dan detail yang tidak hanya menonjolkan kepribadian mereka, tapi juga membuat mereka merasa percaya diri dan nyaman.

  1. Lebih Percaya Diri

Kepercayaan diri adalah kunci untuk tampil memukau di hari pernikahan, dan membiarkan para bridesmaid memilih gaun yang mereka sukai akan membuat mereka merasa nyaman dan lebih percaya diri. Hal ini juga memberi mereka kesempatan untuk menunjukkan gaya dan kepribadian mereka sendiri. Ketika mereka merasa bahwa gaun yang mereka kenakan mewakili siapa mereka, itu akan memancarkan kepercayaan diri yang menular kepada semua orang yang hadir dalam pernikahanmu. 

Selain itu, ketika bridesmaid merasa percaya diri dengan penampilan mereka, itu juga akan meningkatkan kenyamanan mereka dalam berinteraksi dengan tamu lainnya. Mereka akan lebih berani berbicara, menari, dan menikmati acara pernikahan tanpa rasa khawatir tentang penampilan mereka. Kepercayaan diri yang dipancarkan oleh bridesmaid juga akan memperkaya pengalaman pernikahanmu, menciptakan kenangan yang tak terlupakan bagi semua orang yang hadir.

  1. Lebih Hemat

Dengan memberikan kebebasan kepada para bridesmaid untuk memilih gaun sesuai dengan anggaran dan preferensi mereka sendiri, kamu bisa menghilangkan tekanan dari mereka untuk membeli gaun yang mungkin melebihi kemampuan finansial mereka.

Hal ini juga memberikan fleksibilitas bagi mereka untuk mencari gaun yang sesuai dengan anggaran mereka sendiri, sehingga tidak perlu merasa terbebani oleh biaya yang tidak terjangkau. Hal ini juga menghindarkan potensi ketidaknyamanan atau perasaan bersalah yang mungkin timbul jika kamu memaksakan harga tertentu pada mereka. Selain itu, dengan membiarkan para bridesmaid memilih gaun mereka sendiri, kamu juga memungkinkan mereka untuk menyesuaikan pilihan mereka dengan situasi keuangan mereka masing-masing.

Panduan Membiarkan Bridesmaid Memilih Sendiri Pakaiannya

Memberikan pedoman dan panduan yang jelas kepada para bridesmaid tentang apa yang diinginkan dan tidak diinginkan dalam pemilihan gaun mereka tentu akan sangat membantu memperlancar proses pencarian gaun atau dres yang akan digunakan, serta mengurangi stres bagi kamu dan juga para bridesmaid. Berikut adalah beberapa do’s yang bisa kamu berikan kepada mereka:

  1. Do’s: Harus Spesifik!

wm_article_img

Kamu harus memastikan bahwa setiap detail dan preferensi dijelaskan secara rinci sehingga tidak ada kekeliruan di antara kamu dan para bridesmaid. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perjelas:

  • Warna

Persepsi warna bisa sangat subjektif antarindividu. Misalnya, apa yang kamu lihat ungu muda mungkin terlihat lebih pucat bagi orang lain. Oleh karena itu, ketika kamu mencari gaun yang cocok untuk para bridesmaid, kamu mungkin akan kesulitan menemukan gaun dengan warna yang seragam dari berbagai toko. Solusinya, kamu bisa mempertimbangkan untuk menyusun palet warna yang terdiri dari 3-4 warna pelengkap. Dengan cara ini, para bridesmaid punya beberapa pilihan yang sesuai dengan preferensi dan persepsi warna masing-masing. 

  • Bahan 

Sangat banyak pilihan bahan gaun untuk bridesmaid, seperti satin, sifon, charmeuse, dan lainnya. Jika kamu menginginkan keseragaman warna gaun, memilih gaun dengan bahan yang berbeda bisa menjadi cara yang bagus untuk menambah dimensi visual pada penampilan mereka.

Namun, terlalu banyak variasi dalam bahan juga bisa menjadi sedikit mengganggu keselarasan. Misalnya, jika setiap bridesmaid memilih bahan yang berbeda seperti satin atau sifon, hal ini bisa menciptakan kontras yang terlalu mencolok dan mengganggu keestetikan. Pastikan untuk menjelaskan preferensi bahan yang bisa digunakan secara jelas kepada mereka. 

  • Panjang 

Ada banyak variasi panjang gaun yang bisa  dipertimbangkan dalam memilih pakaian para bridesmaid. Jika kamu menginginkan semua bridesmaid mengenakan gaun dengan panjang yang sama, beritahu mereka tentang preferensi kamu. Ini memungkinkan mereka untuk memilih gaun yang sesuai dengan panduan yang telah kamu siapkan, sehingga tampilan bridesmaid bisa seragam. Tapi, jika kamu tidak keberatan dengan variasi panjang gaun, sampaikan hal ini kepada mereka agar mereka bisa mengekspresikan gaya sesuai dengan preferensi pribadi mereka.

  • Gaya

Gaya disini mengacu pada tingkat formalitas dari acara pernikahanmu, dan penting untuk memastikan bahwa gaun yang dipilih oleh bridesmaid kamu sesuai dengan tingkat formalitas tersebut.

Jelaskan kepada mereka apakah pernikahan akan mengikuti dress code tertentu, seperti gaun panjang, formal, semi-formal, atau santai. Dengan memberikan panduan yang jelas, kamu membantu mereka untuk memilih gaun yang sesuai dengan keseluruhan estetika dan tingkat formalitas acaramu.

Dengan mempersiapkan panduan do’s ini kepada para bridesmaid, kamu bisa membiarkan mereka untuk membuat pilihan yang tepat yang sesuai dengan konsep pernikahanmu, sambil tetap memperhatikan gaya dan kenyamanan pribadi mereka.

  1. Do’s: Hangout Bareng

wm_article_img

Mengubah kegiatan memilih pakaian bridesmaid menjadi sebuah aktivitas kelompok bisa menjadi pengalaman yang mengesankan dan menyenangkan bagi kamu maupun bagi teman-teman kamu. Berikut adalah cara untuk mewujudkannya:

  • Rencanakan Sehari Bersama

Seperti saat kamu hunting gaun pengantin, rencanakan hari khusus untuk berbelanja gaun bridesmaid bersama teman-teman kamu. Mulailah dengan makan siang untuk memberi energi, lalu kunjungi beberapa butik yang telah kamu pilih sebelumnya. Pastikan untuk membuat janji terlebih dahulu supaya aktivitasmu dengan para bridesmaid berjalan dengan lancar.

  • Belanja Bersama-sama

Hadir secara langsung ketika bridesmaid kamu mencoba gaun memungkinkan kamu bisa berbagi kesan langsung dan memberikan feedback tentang gaun mereka. Ini tidak hanya membuat proses lebih menyenangkan, tetapi juga membantu bridesmaid membuat keputusan dengan lebih cepat. 

  • Opsi Virtual

Jika pengiring pengantin kamu tinggal di tempat yang jauh atau tidak bisa ikut belanja bersama, pertimbangkan untuk menjadwalkan sesi pertemuan daring dengan mereka saat mereka berbelanja. Kamu juga bisa membuat obrolan grup khusus (jika belum ada) untuk berbelanja pakaian. Ini memungkinkan kamu tetap terlibat dalam proses pemilihan gaun meskipun jarak memisahkan.

Dengan membuat kegiatan memilih gaun bridesmaid menjadi sebuah acara kelompok, kamu tidak hanya menciptakan kenangan yang tak terlupakan, tapi juga membantu mendorong proses berbelanja dan memastikan keterlibatan semua pihak dalam persiapan pernikahanmu.

  1. Do’s: Make Sure, Lagi!

wm_article_img

Langkah penting terakhir sebelum menyelesaikan semua persiapan adalah melakukan check-in terakhir dengan bridesmaid kamu. Seperti uji coba rambut dan tata rias serta sesi mencicipi menu katering, memeriksa gaun bridesmaid juga penting dilakukan untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

  • Tentukan Pilihan Terakhir

Pastikan bridesmaid kamu sudah membuat pilihan akhir mereka sebelum membeli gaun mereka. Hal ini dilakukan untuk memeriksa apakah pilihan mereka sesuai dengan konsep utama kamu untuk pernikahan. 

  • Berikan Tenggat Waktu

Berikan para bridesmaid tenggat waktu untuk melakukan fitting terakhir dengan gaun mereka. Meskipun biasanya hal ini hanya dilakukan oleh pengantin perempuan, tetapi ini juga bermanfaat bagi para bridesmaid. Dengan memberikan tenggat waktu, kamu bisa memastikan bahwa setiap orang memiliki cukup waktu untuk mencari baju baru atau melakukan perubahan yang diperlukan.

Selain memberikan panduan tentang apa yang harus para bridesmaid kamu lakukan, ada baiknya kamu juga memberikan pedoman tentang apa yang tidak perlu mereka khawatirkan. Beberapa don’ts yang harus kamu tegaskan kepada para pengiring pengantin kamu di antaranya:

  1. Don’ts: Mengabaikan Harga

wm_article_img

Membiarkan para bridesmaid memilih gaun mereka sendiri memang sangat membantu mereka, karena ini bisa mengurangi beban finansial. Tapi, kamu juga harus tetap memperhatikan aspek biaya dan memastikan bahwa pilihan yang tersedia tetap terjangkau bagi semua bridesmaid. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pilih Vendor dengan Bijak

Jika kamu memberikan daftar beberapa vendor pakaian untuk dipilih oleh bridesmaid kamu, pastikan untuk memilih vendor yang menawarkan varian model gaun dalam beberapa kisaran harga. Hal ini bisa memberikan fleksibilitas bagi para bridesmaid untuk memilih gaun yang sesuai dengan anggaran mereka.

  • Pertimbangkan Situasi Keuangan

Kamu wajib memperhatikan situasi keuangan para bridesmaid. Setiap orang mungkin memiliki kemampuan finansial yang berbeda, jadi penting untuk memilih opsi yang tidak terlalu membebani mereka. 

  • Diskusikan secara Terbuka

Jangan ragu untuk bertanya dan berdiskusi tentang biaya gaun bridesmaid dengan mereka, terutama jika kamu tahu ada yang mungkin menghadapi kesulitan keuangan. Hal ini bisa membantu mereka merasa lebih nyaman dan mengurangi tekanan finansial yang mungkin mereka rasakan.

  • Berikan Alternatif

Selain memberikan pilihan vendor dan model gaun, kamu juga bisa mempertimbangkan opsi sewa gaun sebagai alternatif yang lebih terjangkau. Ini bisa menjadi solusi yang baik bagi bridesmaid yang ingin menghemat biaya.

Dengan memperhatikan biaya dan berbicara terbuka tentang situasi keuangan, sama saja kamu memastikan bahwa semua bridesmaid merasa nyaman dan dapat menikmati proses memilih gaun tanpa merasa stres tentang finansial. Ini juga membantu mengurangi beban pikiran kamu dalam mempersiapkan pernikahanmu.

  1. Don'ts: Mengabaikan Sepatu dan Aksesoris

wm_article_img

Pakaian bridesmaid tidak hanya terdiri dari gaun, tapi juga sepatu dan aksesori yang menjadi bagian penting untuk menciptakan tampilan yang serasi. Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan:

  • Sepatu

Pilih sepatu model dan warna sepatu yang sesuai dengan tema pernikahanmu. Pastikan semua bridesmaid mengetahui model sepatu yang diinginkan. Misalnya, hindari situasi di mana satu bridesmaid memakai sepatu hak tinggi sementara yang lain memakai flat shoes, kecuali ada alasan pribadi yang memerlukan pengecualian.

Pertimbangkan kenyamanan dengan memberi opsi flat shoes atau sepatu kets jika itu lebih sesuai untuk acara kamu. Pastikan semua sepatu yang dipilih tetap serasi dalam gaya dan warna.

  • Aksesori

Berikan arahan yang jelas mengenai perhiasan yang boleh atau tidak boleh dikenakan. Ini bisa mencakup anting-anting, kalung, gelang, aksesoris rambut hingga model dan motif kerudung bagi yang berhijab. Jika kamu ingin memberikan perhiasan sebagai hadiah kepada para bridesmaid untuk dikenakan pada hari pernikahan, pastikan perhiasan tersebut sesuai dengan tema dan gaya pernikahan. Jika kamu membiarkan mereka memilih perhiasan serta hijab mereka sendiri, berikan panduan yang jelas mengenai gaya dan warna yang diinginkan untuk menjaga keserasian.

Dengan memperhatikan detail seperti sepatu, aksesori dan juga hijab, kamu bisa memastikan bahwa penampilan bridesmaid kamu serasi dan elegan, sesuai dengan konsep pernikahanmu. Ini akan membantu menciptakan kesan indah dan memukau untuk hari istimewa kamu.

  1. Don’ts: Terlalu Rumit

wm_article_img

Membiarkan para bridesmaid memilih gaun mereka sendiri seharusnya bisa meminimalisir stres, baik untuk kamu ataupun mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga proses pemilihan gaun mereka tetap sederhana dan efektif:

  • Percayakan Pilihan kepada Mereka

Bridesmaid kamu adalah orang-orang yang dipilih karena mereka penting bagi kamu dan kamu mempercayai mereka. Biarkan mereka memilih pilihan gaun mereka sendiri, dengan panduan yang jelas dari kamu. Ini akan membuat mereka merasa dihargai dan dipercaya.

  • Berikan Panduan Sederhana

Berikan beberapa panduan dasar mengenai gaya, warna, dan mungkin bahan gaun bridesmaid yang kamu inginkan, tetapi hindari terlalu banyak aturan. Panduan yang sederhana akan memudahkan mereka dalam membuat pilihan. Juga jangan terlalu terlibat dalam setiap detail kecil. Fokuslah pada aspek-aspek utama yang penting bagi pernikahanmu dan percayakan sisanya kepada mereka. 

  • Hargai Upaya Mereka dan Jaga Komunikasi

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada bridesmaid kamu atas kerja keras dan usaha mereka dalam membantu mempersiapkan pernikahan. Bentuk apresiasi ini akan membuat mereka merasa dihargai dan lebih termotivasi. Selain itu, tetap terbuka untuk diskusi dan pertanyaan dari para bridesmaid. Jika mereka membutuh saran, pastikan kamu tersedia untuk memberikan bantuan dan dukungan.

Semoga beberapa panduan do’s and don’ts di atas bisa membantu dan memudahkan kamu ketika memberi kebebasan kepada para bridesmaid untuk memilih sendiri pakaian mereka di hari pernikahanmu. Dengan mengikuti panduan ini, kamu tidak hanya bisa meminimalisir stres menjelang hari pernikahan, tetapi juga bisa memperkuat hubungan dengan sahabat-sahabat terbaik kamu sebelum melepas masa lajang.

Memberikan kebebasan kepada bridesmaid untuk memilih gaun mereka sendiri menunjukkan kepercayaan dan penghargaan kamu terhadap mereka. Ini juga memungkinkan mereka untuk mengekspresikan gaya pribadi mereka sambil tetap sesuai dengan konsep pernikahan kamu. Komunikasi yang jelas dan panduan yang sederhana akan memastikan semuanya berjalan lancar dan semua orang merasa nyaman dan bahagia.

Ingatlah untuk selalu menghargai upaya mereka dan berterima kasih atas dukungan mereka dalam proses perencanaan pernikahan. Dengan begitu, kamu akan menciptakan kenangan indah yang akan dikenang selamanya oleh kamu, dan juga sahabat-sahabat kamu.


Foto oleh Axioo via instagram/mahaliniraharja

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...