Rekomendasi Makanan Catering Pernikahan Betawi yang Paling Khas

17 Oct 2020 | By Wedding Market | Viewers: 69
Rekomendasi Makanan Catering Pernikahan Betawi yang Paling Khas

Indonesia dikenal sebagai salah satu wilayah dengan keragaman kuliner yang luar biasa. Betawi menjadi salah satu wilayah yang dikenal dengan kekayaan kulinernya yang beragam sehingga banyak dijadikan sebagai menu hidangan pernikahan. Ada cukup banyak makanan catering pernikahan Betawi yang bisa dipilih sebagai pelengkap pesta pernikahanmu yang istimewa.

Menu makanan Betawi tidak harus digunakan oleh orang Betawi dan ataupun keturunannya. Kamu yang tidak berdarah Betawi sama sekali pun tidak masalah jika ingin menyajikan kuliner Betawi yang terkenal lezat nan menggoda. Bahkan beberapa jenis makanan Betawi banyak disajikan pada sejumlah pesta pernikahan di luar gaya Betawi dan tetap tidak mengurangi ke-sakral-an pesta pernikahan yang digelar.

Jika kamu ingin menyediakan menu hidangan pesta pernikahan bergaya Betawi, tentu pemilihan hidangan juga perlu diperhatikan dan dicermati. Sebagai referensi, berikut adalah beberapa rekomendasi deretan menu makanan yang bisa dijadikan sebagai pelengkap pada pernikahan bergaya Betawi yang akan kamu gelar.

6 Rekomendari Menu Makanan Catering Pernikahan Betawi

Rekomendari Menu Makanan Catering Pernikahan Betawi

1. Semur Jengkol

Salah satu makanan khas yang cukup dikenal oleh kalangan masyarakat Betawi adalah semur jengkol. Bahkan makanan ini juga sudah populer hingga ke luar wilayah Betawi karena cita  rasanya yang lezat ketika disantap. Jika kamu ingin mencari referensi mengenai daftar makanan catering pernikahan Betawi, menu semur jengkol adalah pilihan utama yang perlu kamu masukkan ke dalam daftar pilihan menu catering pernikahan.

Jika kamu menggelar pesta pernikahan dengan adat Betawi dan tamu yang hadir didominasi oleh orang-orang Betawi dan sekitarnya, menu yang satu ini bisa menjadi menu yang cukup laris dipilih oleh para tamu undangan. Meskipun menu hidangan ini cukup riskan dikonsumsi di depan umum karena bau yang terkesan menyengat, namun jika diolah dengan teknik yang benar maka dapat meminimalisir bau jengkol yang dihasilkan.

Rasanya yang sedikit pedas akan membuat penggemar semur jengkol menjadi sumringah ketika melihat sajian ini pada salah satu buffet di pesta pernikahan. Dengan adanya hidangan semur jengkol khas dari Betawi ini akan semakin menambah kesan pernikahan adat Betawi menjadi semakin kental terasa.

2. Soto Betawi

Rekomendasi makanan catering pernikahan Betawi berikutnya yang bisa kamu pilih adalah Soto Betawi. Sesuai dengan namanya, hidangan ini merupakan menu soto khas dari Betawi yang terkenal bercita rasa. Soto Betawi tidak hanya banyak digunakan oleh pernikahan bergaya adat Betawi namun juga oleh pernikahan yang bersifat umum pun tak jarang menggunakan catering makanan untuk pernikahan ini.

Soto Betawi merupakan sajian soto yang menggunakan kuah santan dengan cita rasa gurih yang dipadukan dengan berbagai isian sebagai pelengkap. Beberapa jenis isian yang biasa digunakan pada menu soto Betawi ini antara lain adalah potongan daging sapi, jeroan sapi, ataupun usus sapi yang dipadukan dengan beberapa sayuran lain seperti kubis, tauge, dan lain sebagainya.

Soto Betawi akan semakin pas jika disajikan dengan nasi putih yang masih hangat, sambal, dan juga kerupuk atau emping. Jika ada tambahan budget untuk menu hidangan catering, tidak ada salahnya untuk menambahkan sate telur puyuh sebagai pendamping menu hidangan soto Betawi yang satu ini.

3. Kerak Telor

Kerak telor termasuk salah satu makanan tradisional khas dari Betawi yang telah menjadi ciri khas atau ikon wilayah tersebut. Kerak telor dibuat dari beras ketan putih, teluar ayam atau bebek, serundeng ubi, bawang goreng, dan juga dipadukan dengan bumbu halus yang khas sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih pada makanan ini.

Kerak telor memang kurang cocok untuk dijadikan sebagai menu hidangan utama pada makanan catering pernikahan Betawi karena tidak akan terlalu mengenyangkan bagi para tamu undangan. Makanan yang satu ini bisa kamu jadikan sebagai makanan pelengkap catering gubukan yang memiliki stand tersendiri sehingga memudahkan para tamu untuk mencarinya.

Untuk membuat nuansa pernikahan bergaya Betawi menjadi semakin terasa, menyajikan kerak telor merupakan pilihan yang tepat untuk diambil. Popularitas dan rasanya yang lezat membuat kerak telor banyak digemari oleh orang-orang baik yang berasal dari kawasan Betawi ataupun dari luar daerah Betawi.

4. Sayur Besan

Mungkin banyak yang tidak terlalu akrab dengan menu hidangan yang satu ini. Terutama bagi kamu yang berasal dari luar Betawi. Pasalnya, Sayur Besan merupakan salah satu menu tradisional khas Betawi yang biasanya dimasak khusus ketika menggelar prosesi pesta pernikahan.

Sayur Besan merupakan sayur yang dibuat dari santan berwarna kuning yang dilengkapi isian berupa trumpuk, kentang, petis, wortel, buncis, dan juga soun. Warna kuning pada kuah santan ini dihasilkan dari penggunaan pewarna alami berupa kunyit. Sayur Besan biasanya disediakan oleh keluarga mempelai wanita dan dihidangkan setelah akad pernikahan selesai. Jika tertarik, kamu bisa mencoba memasukkan menu ini ke dalam makanan catering pernikahan Betawi.

5. Gado-gado Betawi

Deretan menu berikutnya yang bisa dimasukkan ke dalam alternatif rekomendasi catering pernikahan bergaya adat Betawi adalah gado-gado Betawi. Gado Betawi merupakan sajian makanan yang berupa campuran aneka macam bahan makanan seperti kentang, tahu, tempe, telur rebus, dan juga potongan sayuran lainnya.

Selanjutnya campuran tersebut disiram dengan menggunakan bumbu kacang dengan cita rasa gurih khas Betawi. Menu hidangan ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu menu hidangan utama untuk para tamu undangan. Menu makanan yang terbuat dari sayuran ini termasuk makanan sehat yang banyak digemari oleh sejumlah kalangan.

Gado-gado Betawi dikenal mempunyai cita rasa yang khas dan juga enak. Jika kamu ingin memasukkan menu ini ke dalam deretan makanan catering pernikahan Betawi maka hal tersebut bukanlah pilihan yang salah mengingat popularitas yang dimiliki oleh hidangan ini. Bahkan, tak jarang pula gado-gado Betawi ini muncul pada pesta pernikahan bergaya non-Betawi.

6. Kue Pancong

Sebagai menu pelangkap dalam rekomendasi makanan catering pernikahan Betawi, kamu bisa juga menyajikan Kue Pancong. Menu ini lebih cocok disebut sebagai menu hidangan pelengkap atau penutup karena cita rasanya yang manis. Meskipun biasa dijadikan sebagai salah satu menu penutup, namun kue pancong juga cukup mengenyangkan.

Hal ini dikarenakan kue pancong dibuat dari bahan berupa tepung terigu yang kaya akan kandungan karbohidrat. Cita rasa yang manis, akan membuat banyak orang menyukainya terutama anak-anak. Menilik bahwa menu ini termasuk mengenyangkan, sebaiknya kamu perlu mengatur dan memperkirakan budget yang tepat untuk kue pancong agar tidak banyak kue yang tersisa.

Memilih sajian untuk menu hidangan pesta pernikahan memang tidak boleh dilakukan secara serampangan. Sebaiknya, pemilihan jenis kuliner hidangan disesuaikan dengan konsep atau gaya pesta pernikahan yang diusung agar pesta pernikahan semakin selaras antara konsep dekorasi dan juga menu penyajian hidangan yang dipilih.

Itulah beberapa deretan rekomendasi menu makanan catering pernikahan Betawi yang bisa kamu coba pertimbangkan. Dengan berbekal rekomendasi menu-menu hidangan di atas, diharapkan kamu tidak akan bingung dan canggung dengan pemilihan menu hidangan makanan untuk pesta pernikahanmu dan pasangan.

Untuk mewujudkannya, kamu perlu memilih vendor catering pernikahan yang memang sudah memiliki taste yang tepat karena soal rasa, memang tidak bisa bohong. Temukan vendor terbaikmu di WeddingMarket!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket