Makanan Catering Pernikahan Jawa untuk Menu Hidangan Sederhana Nan Istimewa

17 Oct 2020 | By Wedding Market | Viewers: 107
Makanan Catering Pernikahan Jawa untuk Menu Hidangan Sederhana Nan Istimewa

Pernikahan merupakan salah satu momen yang sangat penting bagi setiap pasangan. Banyak yang perlu direncanakan ketika ingin menggelar pesta pernikahan. Mulai dari prosesi ketika menggelar lamaran hingga digelarnya pesta pernikahan. Jika kamu ingin menggunakan pernikahan bergaya Jawa, tentu harus memperhatikan pemilihan menu makanan catering pernikahan Jawa agar lebih pas dengan tema yang diusung.

Pernikahan bergaya Jawa merupakan salah satu adat yang cukup banyak dipilih oleh pasangan untuk melangsungkan pernikahan. Meski terkesan lebih kompleks karena melibatkan prosesi yang panjang namun adat pernikahan ini tetap banyak digemari oleh sejumlah kalangan karena momennya yang terkesan cukup sakral dalam balutan nuansa adat dan budaya.

Ada cukup banyak makanan yang bisa dijadikan sebagai pilihan menu makanan dalam pernikahan bergaya adat Jawa. Mulai dari makanan-makanan bernuansa tradisional hingga makanan modern pun banyak digunakan dalam pernikahan bergaya adat Jawa. Jika kamu ingin menggelar pesta pernikahan bergaya Jawa, berikut adalah beberapa rekomendasi pilihan menu makanan pernikahan yang bisa dipilih.

Rekomendasi Pilihan Menu Makanan Catering Pernikahan Jawa yang Bisa Dipilih

Rekomendasi Pilihan Menu Makanan Catering Pernikahan Jawa yang Bisa Dipilih

1. Ayam Goreng

Ayam Goreng merupakan salah satu jenis makanan yang sangat populer dan banyak digemari oleh sejumlah kalangan. Kamu bisa menghidangkan ayam goreng sebagai lauk pendamping bagi menu nasi putih yang juga dijadikan sebagai menu utama dalam hidangan pesta pernikahan bergaya Jawa ini.

Ayam goreng termasuk ke dalam makanan catering pernikahan Jawa sederhana yang bisa kamu pilih karena memang cara memasaknya yang relatif mudah. Meskipun makanan yang digoreng dalam balutan tepung dan bumbu ini terlihat sederhana, namun ia tetaplah menjadi salah satu makanan populer yang banyak digemari.

2. Pecel

Makanan yang dibuat dari sejumlah sayuran ini juga bisa menjadi salah satu alternatif pilihan menu untuk disajikan sebagai hidangan pesta pernikahan. Pecel biasa disajikan hampir disetiap menu-menu hidangan prasmanan di Jawa Timur. Oleh karena itu, jika kamu menggelar pesta pernikahan adat Jawa, tidak ada salahnya untuk mencoba menyajikan makanan catering pernikahan yang satu ini.

Pecel adalah makanan yang dibuat dari bahan berupa aneka macam sayuran hijau seperti bayam, tauge, kubis, dan lain sebagainya yang kemudian disiram dengan menggunakan kuah bumbu kacang dan dilengkapi dengan potongan lontong. Pecel yang memiliki cita rasa pedas manis ini bisa kamu sandingkan dengan beberapa bahan pelengkap seperti gorengan ataupun bahkan sate telur puyuh.

3. Sate

Sate adalah makanan yang cukup umum ada dihampir setiap menu makanan catering pernikahan Jawa. Sate dikenal sebagai makanan yang cukup lezat dan banyak digemari oleh berbagai kalangan dari berbagai kelas. Oleh karenanya, menu ini berpeluang cukup laris jika disajikan sebagai salah satu menu hidangan istimewa pada pesta pernikahan yang kamu miliki.

Ada cukup banyak jenis dan varian sate yang bisa kamu pilih. Mulai dari sate ayam seperti yang telah banyak beredar di pasaran, sate kambing, ataupun juga sate daging sapi. Selain pilihan tersebut, kamu bisa juga menambah varian lainnya seperti sate telur puyuh, sate usus, sate Padang, ataupun juga sate ikan.

4. Mie Goreng

Mie goreng adalah menu hidangan oriental yang juga memiliki cukup banyak penggemar. Selain nasi, makanan yang juga banyak digemari adalah mie. Oleh karenanya tak mengherankan apabila menu yang satu ini cukup banyak ditemukan pada beberapa pesta pernikahan yang bersifat umum.

Terdapat cukup banyak varian mie goreng yang bisa kamu pilih sebagai menu hidangan istimewa. Mie goreng oriental, mie goreng seafood, mie goreng ayam, dan mie goreng spesial merupakan beberapa contoh menu hidangan yang bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan menu makanan catering pernikahan Jawa.

5. Soto Kudus

Menu soto cukup banyak menarik perhatian karena cita rasanya yang segar dan juga lezat untuk dikonsumsi. Jika kamu bingung memilih varian soto yang cocok untuk pesta pernikahan mu, salah satu rekomendasi soto yang bisa kamu coba adalah Soto Kudus. Soto yang satu ini cukup nikmat untuk disantap dengan cita rasa kuahnya yang cukup segar. Sebagai pelengkap, kamu bisa menyajikan perkedel kentang bersama dengan soto Kudus ini.

Di wilayah asalnya, soto Kudus ini menggunakan daging kerbau sebagai bahan utamanya. Namun jika kamu kesulitan untuk mendapatkan daging kerbau, menggunakan daging sapi pun tak kalah lezatnya. 

6. Menu Baceman

Rekomendasi menu makanan catering pernikahan Jawa berikutnya yang bisa kamu pilih adalah baceman. Sesuai dengan namanya, hidangan ini merupakan menu yang dibuat dengan cara dibacem. Ada beberapa makanan yang bisa diolah dengan cara dibacem. Beberapa diantaranya yang populer adalah daging ayam, tahu, dan juga tempe.

Baceman menjadi menu yang sangat kental dengan budaya Jawa. Oleh karenanya, tak mengherankan apabila menu yang satu ini banyak dijumpai pada sejumlah pesta pernikahan dengan adat Jawa. Baceman dibuat dengan cara merebus bahan makanan seperti ayam, tahu, ataupun tempe dengan menggunaka gula Jawa. Jika sudah, ia akan digoreng sehingga didapatkan cita rasa gurih nan manis yang menggoda.

7. Nasi Liwet

Nasi liwet menjadi salah satu makanan catering pernikahan Jawa yang bisa kamu coba hadirkan untuk tamu undangan. Nasi liwet merupakan makanan yang dibuat dengan cara memasak beras bersama dengan santan kelapa sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih. Oleh karenanya, banyak yang menyebut nasi liwet dengan nama nasi gurih atau dalam bahasa Jawa disebut sego gurih.

Nasi liwet biasanya disajikan bersama dengan sayur yang dibuat dari bahan-bahan seperti labu siam. Selain itu juga akan dilengkapi dengan suwiran daging ayam dan areh yang dibuat dari santan kelapa. Cara penyajian ini tidaklah mutlak karena nasi liwet bisa dikombinasikan dengan menu lauk atau sayur lainnya yang bisa disesuaikan dengan selera dan kondisi yang ada.

8. Teh Panas Manis

Teh panas menjadi salah satu menu minuman yang cukup banyak digemari oleh orang Jawa. Oleh karena itu sebaiknya minuman ini juga kamu hidangkan ketika menggelar pesta pernikahan dan sebagian besar tamu undangan yang hadir adalah orang Jawa. Minuman teh panas yang manis cukup digemari oleh berbagai kalangan.

9. Es Kelapa Muda

Menu minuman berikutnya yang bisa kamu coba hidangkan untuk menu pesta pernikahan adalah es kelapa muda. Minuman menyegarkan yang satu ini akan banyak digemari karena rasanya yang manis dan juga segar. Jika kamu menggelar pesta pernikahan di siang hari, minuman ini akan menjadi minuman yang cukup laris jika disajikan.

Itulah beberapa rekomendasi menu makanan catering pernikahan Jawa yang bisa kamu coba pilih untuk hidangan istimewa. Dari sekian banyaknya ragam kuliner khas Jawa yang ada diberbagai wilayah, semoga beberapa rekomendasi di atas bisa menjadi referensi sehingga kamu tidak akan bingung lagi dalam memilih menu hidangan untuk pesta pernikahan yang istimewa bersama pasangan.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket