Pilih Kategori Artikel

Makeup Pengantin Betawi agar Tampil Menawan di Hari Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Makeup pengantin Betawi menjadi salah satu jenis riasan adat yang banyak disukai oleh para mempelai wanita. Meskipun perkembangan zaman tidak bisa dielakkan, namun riasan adat Betawi masih menjadi favorit karena terkesan unik dan bahkan memiliki ciri khas tersendiri yang mampu menampilkan kesan sakral pada tradisi budaya pernikahan.

Suku Betawi sendiri memiliki budaya yang dipengaruhi oleh berbagai etnik mulai dari Cina, Arab, dan bahkan pengaruh dari India. Jika kamu perhatikan, sentuhan budaya Cina yang ada pada riasan Betawi terletak dibagian ornamen naga emas, burung hong, dan juga motif-motif bunga aksesori yang ada di bagian kepala pengantin wanita dan busana yang dikenakannya.

Sementara itu, pengaruh budaya Arab dan India terletak pada busana pengantin yang dikenakan oleh mempelai Pria. Busana pengantin yang menyerupai bentuk gamis ataupun jubah pada dasarnya merupakan sentuhan yang berasal dari adat budaya Arab dan India.

Ciri Khas yang Umum Melekat pada Makeup Pengantin Betawi

wm_article_img
Foto: inibaru.id

Makeup tradisional Betawi yang merupakan hasil perpaduan dari berbagai sentuhan adat budaya membuatnya menjadi salah satu riasan pengantin yang cukup unik. Pada pengantin wanita Betawi, tata rias adat pengantin yang paling umum adalah riasan jenis Rias Besar.

Pada pengantin Betawi dengan adat model Rias Besar. Siangko menjadi hiasan yang tidak boleh dilupakan. Siangko adalah sebuah mahkota yang biasa dikenakan oleh pengantin Betawi wanita yang dilengkapi dengan cadar dan biasanya dilengkapi dengan dua pasang burung hong pada sisi kiri dan kanannya.

Beberapa aksesori yang digunakan untuk pelengkap makeup pengantin Betawi jenis Rias Besar adalah kembang kelape, kembang goyang, dan juga kembang rumput dengan jumlah yang berbeda-beda. Kemudian aksesori tersebut disematkan pada sanggul khas Betawi yang menyerupai stupa dengan perpaduan bunga melati.

Sedangkan pada Pengantin pria, riasan yang paling umum digunakan pada adat Betawi adalah pakaian model gamis atau busana panjang dan longgar yang memiliki bentuk kerah jenis Shanghai yang menyerupai adat Cina. Selain itu, busana pengantin pria juga dilapisi dengan jubah hitam yang dipadukan dengan selendang tebal yang diselempangkan dari bahu bagian kiri gamis menuju ke bagian pinggang sebelah kanan.

Sedangkan pada bagian penutup kepala untuk makeup pengantin Betawi mempelai pria digunakan alpie atau penutup kepala khas haji yang menyatu dengan kain surban digulung lalu ditambahkan beberapa ornament seperti untaian bunga melati, bunga mawar, dan juga aksen bunga cempaka di atasnya.

Inspirasi Tampil Menawan Dengan Makeup Pengantin Betawi

Tampil Anggun dalam Balutan Makeup Pengantin Betawi Rias Besar ala Cina

wm_article_img

Foto: modelbaju.id

Pada riasan makeup pengantin Betawi tradisional ini pengantin akan menggunakan Riasan Besar Dandanan Care None Pengantin Cine. Sesuai dengan namanya, riasan ini mengadopsi gaya adat pernikahan Cina untuk tampilan mempelai wanitanya.

Pakaian pengantin Betawi ini menggunakan blus bergaya Cina yang pada umumnya menggunakan bahan pembuatan dari satin dengan pilihan warna-warna cerah. Gaya busana ini dipadukan dengan Kun atau sebuah rok panjang yang bermodel duyung dengan pilihan warna yang senada agar lebih serasi.

Pada umumnya, warna-warna yang akan dipilih untuk busana pengantin wanita adalah warna hitam ataupun warna merah. Sebagai ornamen tambahan, pada bagian kepala akan dipasangkan kembang goyang yang lengkap dengan penutup wajahnya.

Selain itu, beberapa perhiasan pengantin juga akan disematkan pada mempelai wanita untuk menambah kesan mewah dan elegan. Beberapa perhiasan pengantin yang biasa digunakan antara lain adalah gelang listing, sanggul dengan hiasan roje bunga melati, kalung emas yang lebar, dan lain sebagainya.

Sebagai riasan makeup pengantin Betawi yang bisa dipilih adalah dominasi warna kemerahan untuk bagian lipstick dan juga blush on. Pastikan kamu tidak memilih warna yang terlalu mencolok untuk makeup karena bisa terlihat begitu kontras dengan riasan kepala yang digunakan pada pernikahan adat Betawi tersebut.

Inspirasi Makeup Betawi ala Politisi Tsamara Amany

wm_article_img

Foto: ngopibareng.id

Jika kamu mencari inspirasi untuk pesta pernikahan bergaya adat Betawi, inspirasi makeup ala Tsamara Amany bisa dijadikan sebagai salah satu referensi. Untuk busana yang dikenakan adalah kebaya brokat model turtleneck lengan panjang yang dipadukan dengan rok bermotif khas dari Betawi.

Sebagai pelengkap, kebaya dihiasi dengan beberapa ornamen seperti manik-manik dengan motif  bunga teratai yang menjulur pada bagian dada. Busana yang lengkap itu akan semakin terlihat istimewa ketika dipadukan dengan Siang Ko bercadar yang digunakan untuk menutup bagian dahi. Tak ketinggalan bunga melati sebagai pelengkap.

Sedangkan untuk riasan, makeup yang dipilih didominasi oleh warna pink dibagian lipstik dan juga blush on. Makeup pengantin Betawi ala Tsamara Amany ini juga dilengkapi dengan bulu mata palsu dan riasan mata yang dibuat lebih tebal.

Riasan Makeup Betawi dengan Perpaduan Busana Tuaki dan Delime Betawi

wm_article_img

Foto: dronefest

Jika kamu ingin memberikan kesan adat Betawi yang klasik pada pesta pernikahan yang istimewa, salah satu yang bisa digunakan adalah dengan memadukan riasan dengan pakaian adat Betawi klasik yakni mengenakan Tuaki dan juga Delime Betawi.

Pada jenis makeup pengantin Betawi yang satu ini bisa dikatakan salah satu unsur klasik pada pernikahan bergaya adat Betawi karena adanya penggunaan Tuaki dan Delime Betawi. Tuaki adalah sebuah pakaian khas adat Betawi untuk mempelai wanita yang bisa dikatakan agak mirip dengan blus bergaya melayu tanpa kerah.

Sedangkan Delime Betawi adalah sebutan untuk hiasan penutup bagian dada dengan bentuk berumbai. Sama seperti Tuaki, Delime Betawi ini merupakan ornamen yang dikenakan oleh perempuan Betawi ketika melangsungkan pernikahan bergaya adat Betawi. Warna-warna yang biasa dipilih adalah Merah, putih, ataubah bisa juga warna silver jika kamu ingin nuansa yang berbeda.

Seperti pada adat Betawi umumnya, pada bagian kepala mempelai wanita bisa menggunakan hiasan mahkota yang dipadukan dengan kembang goyang yang membuatnya semakin elegan. Sementara untuk riasannya, bisa menonjolkan warna merah pada bagian lipstik. Dan untuk bagian blush on bisa memilih warna kemerahan yang tidak terlalu tebal yang dipadukan dengan bulu mata berwarna hitam yang cukup menarik.

Riasan Makeup Betawi dengan Sangko Cadar yang Menawan

wm_article_img

Foto: encyclopedia.jakarta-tourism

Inspirasi berikutnya yang bisa kamu jadikan pilihan untuk makeup pengantin Betawi adalah dengan menggunakan perpaduan Sangko Cadar yang menawan. Pada pernikahan dengan riasan ini, kamu akan mengenakan kebaya dengan kerah sedikit rendah. Pada riasan bagian kepala, kamu akan mengenakan sanggul Buatun (sanggul khas Betawi yang menyerupai bentuk Stupa) yang akan membuat penampilan mu menjadi berbeda.

Selain itu, tambahan hiasan berupa taburan permata pada mahkota Burung Hong yang dipadukan dengan Sangko Cadar akan membuat penampian mu di hari-H menjadi semakin istimewa. Sedangkan untuk riasan makeup, kamu bisa menonjolkan warna merah pada bagian lipstik. 

Untuk blush on, kamu bisa memilih warna-warna yang tidak terlalu mencolok seperti pink atau kemerahan untuk menambah kesan cantik nan anggun. Agar penampilan mu semakin maksimal, pada bagian eye makeup bisa dibuat sedikit lebih tebal dan menonjol lengkap dengan bulu mata palsu yang menyertainya. Pelajari juga cara makeup pengantin yang umum dilakukan.

Itulah beberapa referensi gaya makeup pengantin Betawi yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi untuk tampil menawan di acara pesta pernikahan yang istimewa. Hubungi juga vendor makeup pengantin terbaik dari WeddingMarket agar makeup pengantin adat Betawi bisa diaplikasikan secara maksimal.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...