Pilih Kategori Artikel

Makeup Pengantin Syari yang Tetap Modern dan Menawan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Meskipun menggunakan makeup pengantin syari, bukan berarti harus ketinggalan zaman dan kuno. Sekarang ini, semakin banyak pengantin wanita yang ingin tampil syari di acara spesialnya, yaitu di pesta pernikahan. 

Apalagi dengan fashion hijab syari yang juga masuk ke dalam acara pernikahan sehingga Kamu masih bisa terlihat cantik dan menawan, meskipun menggunakan konsep syari. Setiap pengantin tentunya ingin tampil menarik di pesta pernikahannya, namun tidak halus menyalahi syariat agama yang diyakininya. 

Misalnya saja, bagi umat muslim yang memiliki aturan tersendiri dalam hal pakaian, khususnya wanita yang diharuskan menutup aurat. Kini, tidak sulit bagi kamu untuk menemukan makeup pengantin syari atau gaun pernikahan yang syari sehingga kamu tetap bisa memenuhi syariat agama.

Apa Itu Makeup Pengantin dengan Model Syari?

Makeup pengantin jenis syari ini semakin diminati karena banyaknya variasi yang membuat pengantin tetap bisa tampil cantik dan menawan dalam acara pernikahannya. Pada dasarnya, setiap pengantin wanita pasti ingin tampil cantik di acara yang spesial ini.

Namun dalam syariat agama kamu tidak diperbolehkan berlebihan dalam segala hal sehingga makeup syari akan lebih flawless atau natural. Penggunaan makeup yang sesuai syariat agama Islam inilah yang disebut sebagai makeup pengantin syari. 

Jika Kamu berpikir makeup syari membuat Kamu tidak bisa tampil cantik, maka itu salah. Bahkan, banyak wanita yang merasa puas dengan MUA dengan konsep syari karena kamu masih bisa mengikuti syariat agama, tapi juga puas dengan riasan yang membuat cantik. 

Penata Rias Haruslah Sejenis

Penata rias atau yang biasa kamu sebut MUA (Makeup Artist) menjadi bagian penting untuk membuat riasan kamu sesuai dengan keinginan. Setiap MUA memiliki spesifikasinya masing-masing, mungkin ada yang lebih andal untuk makeup tradisional, makeup modern, hingga makeup syari.

Sehingga Kamu bisa memilih MUA khusus dengan konsep makeup syari, tapi ada juga satu MUA bisa semua konsep. Dalam memilih makeup pengantin syari, seharusnya kamu tidak hanya memikirkan keterampilannya saja, tapi juga pastikan Kamu memilih MUA yang sejenis. 

Artinya, untuk pengantin wanita maka carilah MUA perempuan juga, begitu juga untuk pengantin pria, sebaiknya juga menggunakan MUA pria. Sekarang ini, bukan hanya perempuan yang bisa berias, tapi juga laki-laki. Hal dilakukan untuk memenuhi ajaran Islam di mana kamu dianjurkan untuk tidak menyentuh orang yang bukan muhrim. 

Jika Kamu memilih ahli makeup pengantin syari, biasanya mereka sudah memiliki penata rias laki-laki yang bisa merias, apalagi pengantin pria tidak membutuhkan polesan yang banyak sehingga pengantin masih bisa tampil mempesona. 

Menghindari Prosedur yang Dilarang

wm_article_img
Foto: Rade Makeup

Untuk membuat riasan di wajah pengantin, biasanya dibutuhkan beberapa langkah agar hasil riasannya sempurna dan memuaskan. Biasanya, tahapan makeup pengantin wanita lebih banyak dibanding pria sehingga Kamu harus mengikuti prosedur tersebut dengan baik. 

Setiap MUA pasti memiliki caranya masing-masing untuk memberikan hasil makeup yang memuaskan bagi pengantin sehingga Kamu harus lebih selektif. Beberapa MUA mungkin menerapkan prosedur seperti mencukur alis, mengikir gigi, dan menyambung rambut. 

Prosedur tersebut bertujuan untuk menyempurnakan riasan pengantin agar terlihat lebih menarik. Meskipun demikian, prosedur tersebut tidak diperbolehkan di agama Islam karena bersifat mengubah ciptaan-Nya. Oleh karena itu, prosedur ini tidak diperkenankan dalam makeup pengantin syari.

Setiap pengantin pasti ingin tampil cantik dan tampan di pesta pernikahannya. Namun, untuk bisa tampil cantik dan tampan, bukan berarti harus melanggar syariat yang ada. Percuma jika Kamu tampil menawan tapi sudah melanggar syariat.

Maka bisa jadi pernikahan kurang keberkahannya. Oleh karena itu, cukup bersyukur dan menyempurnakan dengan riasan yang sederhana tanpa mengubah ciptaan-Nya. Saat ini pun Kamu tidak akan sulit lagi mencari jasa yang melayani makeup jenis ini sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukannya.

Menggunakan Produk yang Halal

Hal lain yang harus diperhatikan dalam menerapkan makeup syari dalam pernikahan adalah produk yang digunakan. Perkembangan zaman membuat produk kecantikan pun semakin beragam sehingga perlengkapan MUA pun bisa membuat riasan tampak lebih sempurna. 

Dengan banyaknya produk kecantikan dan produk makeup ini membuat Kamu harus lebih selektif dan sebaiknya tahu kandungan di dalamnya. Namun, tidak mudah untuk mengetahui apa saja kandungan atau formula yang ada di dalam produk makeup. 

Untuk memudahkan kamu, maka sudah ada kualifikasi yang harus dipenuhi oleh produk makeup tersebut, yaitu lolos BPOM sehingga aman digunakan. Tapi, bukan itu saja, Kamu juga harus memastikan bahwa produk makeup pengantin syari tersebut halal digunakan.

Produk halal tentunya akan mendapatkan sertifikat dari MUI dengan simbol halal pada produknya. Produk halal bukan hanya untuk makanan dan minuman saja, tapi juga produk kecantikan juga sehingga Kamu harus lebih memperhatikannya. 

Hijab Pengantin Syari sebagai Pelengkap

Selain makeup, pemakaian hijab pengantin juga sebaiknya disesuaikan dengan. Apabila Kamu menggunakan makeup dengan konsep syari, maka gunakan juga jilbab syari yang menutup dada dan longgar. Sekarang ini, banyak pengantin yang ingin tampil dengan makeup pengantin syari, tapi kurang benar dalam penggunaan hijab, yaitu dengan memperlihatkan dada dan lekuk tubuhnya.

Meskipun dengan hijab syari, Kamu masih bisa tampil cantik, apalagi dengan riasan pengantin syari yang memesona. Kamu masih bisa membuat hijab sedemikian rupa agar hijab syari tetap terlihat menawan di hari spesial ini untuk menyempurnakan makeup. Dengan begitu, Kamu akan lebih bahagia saat acara berlangsung karena tidak ada syariat yang dilanggar karena ingin tampil cantik.

Kamu masih bisa tampil cantik dan menawan, namun juga tidak melanggar syariat yang ada. Sudah banyak MUA dan gaun pengantin yang khusus untuk pernikahan syari sehingga Kamu tidak perlu khawatir dengan tampilan karena semua tamu akan dibuat kagum dengan makeup pengantin syari yang mempesona. Yuk temukan salah satu MUA syari di WeddingMarket!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...