Melihat Makna Gaun Pengantin dari Warnanya

23 Apr 2020 | By Wedding Market | Viewers: 897
makna warna gaun pengantin
Foto: Nakita

Setiap pernikahan yang digelar tentu mempunyai makna di dalamnya. Mulai dari dekorasi, pemilihan hari dan tanggal, tata rias wajah hingga gaun pengantin.

Ladies, ternyata ada makna gaun pengantin dalam setiap pernikahan. Mungkin kamu pernah merasa heran ketika datang ke pesta pernikahanmu temanmu  atau teman pasanganmu melihat perbedaan warna yang dipakai setiap mempelai.

Ada yang memakai warna hitam lalu ada yang memakai warna putih, hijau, hingga biru untuk setiap pernikahannya. Yang perlu kamu ketahui adalah mereka memilih warna yang berlainan bukan karena mengasal atau suka pada warna tertentu, melainkan karena adanya pertimbangan.

Pertimbangan itu bisa dari setiap pasangan yang menikah, orang tua masing-masing pasangan atau dari kerabat atau teman yang memang ditugaskan khusus menangani pernikahan.

Ternyata, warna-warna yang dipertimbangkan dan dijadikan sebagai tema pernikahan itu mempunyai makna di dalamnya. Tentu saja makna-makna ini sungguh filosofis sehingga kamu yang nanti mengetahuinya akan terpukau, dan lantas menjadikannya sebagai salah satu tema pernikahanmu.

Lalu apa saja makna-makna pada warna yang dikenakan oleh para mempelai di hari yang sakral tersebut? Tanpa berlama-lama, yuk mari simak penjelasan di bawah ini!

1. Hitam

Kalau kamu pernah menghadiri pernikahan temanmu yang menggunakan adat Jawa sebenarnya kamu tidak perlu heran dengan warna yang satu ini.

Hitam memang merupakan warna yang sering dipakai pada pernikahan adat tersebut. Hitam dalam gaun pernikahan tidak bermakna negatif atau kelam ya, Ladies. Anggapan negatif dan kelam itulah yang membuat banyak orang menghindari warna gelap dasar yang satu ini.

Namun mengapa pernikahan adat Jawa menggunakan warna ini? Hal itu karena warna hitam mempunyai makna yang berkebalikan dengan anggapan orang selama ini, yaitu anggun, gemerlap, penuh kewibawaan dan kebijaksanaan apalagi jika dipadukan dengan warna emas.

Warna ini karena mempunyai makna yang demikian tentu saja tidak akan mengurangi kesakralan dalam pernikahan.

2. Putih

Warna ini yang sering sekali dipakai dalam tema-tema pernikahan, terutama dalam pernikahan internasional atau Barat. Bisa dibilang putih adalah warna yang begitu umum atau populer dikenakan oleh setiap mempelai dalam pesta perkawinan.

Putih sendiri mempunyai makna. Salah satu yang paling banyak diketahui banyak orang adalah kesucian sebagaimana juga makna warna putih dalam bendera Indonesia.

Namun tidak hanya kesucian yang dimiliki warna yang begitu polos dan mulus ini. Putih juga melambangkan sesuatu yang elegan, yang mampu memberikan cahaya kebaikan, kemurnian, keperawanan, dan juga lambang kesempurnaan.

Hal-hal seperti itu ternyata sangat cocok bagi para pengantin dengan warna gaun tersebut sebab putih yang melambangkan kesakralan itu sebagai pertanda membuka kehidupan baru mereka sebagai suami istri dengan lembaran putih yang masih kosong.

Terkait dengan makna keperawanan yang dimilikinya, hal itu ternyata juga tepat untuk mempelai wanita yang masih suci dan belum bernoda.

3. Merah

Bagi sebagian orang, Merah itu merupakan warna yang menyimbolkan keberanian terutama dalam warna bendera Indonesia.

Namun bagi orang Cina merah rupanya merupakan warna keberuntungan. Sebab itulah pada setiap pernikahan, para pengantin etnis tersebut akan menggunakan warna yang berani dan menyimbolkan peringatan ini.

Namun dalam pernikahan, merah malah mempunyai arti sebagai sesuatu yang kuat, memberikan semangat, kebahagiaan, keceriaan, suka cita, dan tentu saja percaya diri. Supaya mendapat kesan yang megah dan mewah, warna merah biasanya dipadukan dengan warna emas.

Dari situ pun kamu tidak perlu heran lagi mengapa teman-temanmu yang beretnis Cina harus memakai warna merah dalam pernikahan mereka, ya, Ladies.

4. Biru

Selain warna hitam, putih, dan juga merah, warna dasar yang dipakai adalah warna biru. Makna gaun pengantin pada warna yang mempunyai sifat sama dengan air ini adalah ketenangan dan kedamaian. Selain itu, biru juga menunjukkan keperempuanan atau femininitas, kehidupan, dan kemurnian persis seperti air.

Biru juga bisa bermakna stabilitas, keamanan, dan kehidupan yang berumur panjang. Jadi, tidak salah jika ada pengantin yang memilih biru sebagai warna gaunnya, dengan harapan kehidupan setelah pernikahan penuh dengan ketenangan, kedamaian, dan kelanggengan.

5. Hijau

Hijau adalah warna yang menyejukkan mata jika dipandang,dan identik warna-warna alam yang menenangkan. Apabila kamu melihat barisan pepohonan rimbun yang berwarna hijau tentu kamu akan merasakan hal yang serupa.

Hal itu karena warna  hijau mampu memberikan penyegaran dan relaksasi pikiran bagi yang memandangnya. Selain itu, hijau diasosiasikan dengan makna kesuburan dan kemakmuran. Karena itu, tidak salah jika ada pengantin yang memilih warna ini ya, Ladies.

Harapan yang didapatkan adalah supaya kehidupan rumah tangga setelah pernikahan dilimpahi dengan kemakmuran dan selalu diberikan kesejukan ketika terjadi masalah.

6. Kuning

Apabila kamu bertandang ke Riau untuk menghadiri pesta pernikahan temanmu di sana maka jangan heran jika warna yang digunakan adalah kuning.

Kuning sendiri identik dengan orang-orang Melayu sebagaimana halnya hitam pada orang-orang Jawa, dan merah pada orang-orang Cina. Bagi orang Melayu, warna ini merupakan warna turun-temurun yang melambangkan kebesaran, kemegahan, dan otoritas.

Selain itu, warna kuning juga melambangkan keceriaan, kehangatan, kebahagiaan, dan persahabatan lho, Ladies. Warna terang menyala ini dalam kegunaannya bisa dipadukan dengan warna hitam atau merah warna biru dan hijau jika mengusung tema pernikahan rustic.

7. Merah Muda

Kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa warna merah muda atau pink identik dengan hal-hal yang bersifat kewanitaan. Namun, merah muda ternyata juga mengandung banyak arti, yaitu bermakna kepolosan, sifat yang manja, kesegaran, kemurnian, kesehatan, dan kehidupan yang baik.

Warna ini juga warna yang dapat melambangkan dengan sempurna cinta yang sedang mekar-mekarnya pada pengantin baru. Supaya mendapat kesan yang anggun dan elegan, merah muda biasanya dipadupadankan dengan warna perak.

8. Abu-abu

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa abu-abu jarang digunakan sebagai warna dalam pesta pernikahan? Usut punya usut ternyata warna tersebut mempunyai kesan yang begitu negatif, yaitu mencerminkan kesedihan, kepucatan, dan keputusasaan.

Padahal, abu-abu sendiri mempunyai makna yang mencerminkan keamanan, kepandaian, keseriusan, dan kestabilan. Namun apabila kamu tertarik dengan warna ini sebagai gaun pengantinmu kamu bisa memadukannya dengan warna yang lebih cerah seperti merah muda, kuning, hijau, dan ungu.

9. Oranye

Kehangatan dan kekuatan, itulah arti yang dimiliki oleh warna oranye yang biasanya digambarkan oleh matahari yang terbenam.

Arti lainnya adalah keceriaan, kesuksesan, kegembiraan, dan sebuah antusiasme. Kamu bisa menggunakan warna oranye ini sebagai alternatif untuk gaun pernikahan kamu nanti. Supaya terlihat cerah padukan dengan warna-warna yang lembut.

Nah, itulah, Ladies, makna-makna yang terkandung dalam setiap warna gaun pengantin yang sungguh bervariasi. Kamu tentunya bisa memilih warna untuk yang kamu rasa tepat untuk pernikahanmu nanti setelah mengetahui makna yang ada di dalamnya.

Meskipun begitu, untuk memilihnya pun kamu harus menyesuaikan dengan tema pernikahan yang diusung dan juga permintaan dari kedua orang tua kamu atau orang tua pasanganmu.

Dengan begitu, makna gaun pengantin dari warna yang kamu inginkan bisa tetap sesuai dengan artinya dan tidak salah dijalankan.

Nah, apakah kamu menginginkan warna yang sesuai dengan gaun pernikahanmu? Kalau iya, Jangan ragu-ragu untuk klik vendor gaun pengantin Wedding Market ya!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket