Ini Dia Tugas dan Kemampuan MC Manten Jawa - Wedding Market

Ini Dia Tugas dan Kemampuan MC Manten Jawa

03 Jun 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 260
Ini Dia Tugas dan Kemampuan MC Manten Jawa
Foto: Budi Prayitno MC

MC atau master of ceremony pada dasarnya menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi suksesnya acara pernikahan. Setiap acara pernikahan akan membutuhkan pemandu acara atau MC tersebut tak terkecuali untuk Manten Jawa atau pernikahan dengan adat Jawa. MC Manten Jawa pada dasarnya juga memerlukan orang yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. 

Terlebih untuk adat Jawa ini terdapat rangkaian acara dan adat istiadat yang harus dipenuhi dan dipandu dengan tata cara yang benar. Agar acara dan adat-istiadat ini berjalan dengan baik maka diperlukan pemandu acara yang pandai dalam memandu setiap susunan acara tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelancaran acara dan agar budaya ini tetap terjaga. 

Bukan tidak mungkin beberapa susunan acara bisa berlangsung dengan kurang khidmat dan tidak sesuai dengan budaya dari adat setempat karena dipandu oleh orang yang kurang tepat. Hal ini tentu akan menjadi kesan yang kurang baik untuk acara pernikahanmu nanti. di Indonesia terdapat cukup banyak MC Manten Jawa yang bisa kamu pilih. 

Mereka memiliki tugas dan tanggung jawab secara khusus untuk pemandu acara dengan sangat baik dan sesuai dengan aturan budaya. Pernikahan adat Jawa identik dengan rangkaian prosesi adat terutama pada saat selesai akad nikah atau resepsi. Untuk acara akad nikah biasanya memiliki susunan acara yang hampir sama dengan akad nikah pada umumnya.

Tugas dan Kemampuan MC Manten Jawa

Tugas dan Kemampuan MC Manten Jawa

Foto: WeddingBells

Pastikan orang yang kamu pilih sebagai MC pernikahan harus mengetahui tugas dan tanggung jawabnya khusus untuk pernikahan adat Jawa ini. Beberapa tugas dan tanggung jawab perlu dikuasai oleh setiap MC untuk acara Manten Jawa. Selengkapnya simak beberapa penjelasan berikut ini. 

Menguasai Bahasa Jawa 

Hal pertama yang perlu dikuasai tentunya ialah menguasai bahasa Jawa baik bahasa Yogyakarta maupun Solo. Kedua daerah ini memiliki bahasa yang cukup berbeda termasuk beberapa daerah di sekitar keduanya. Penguasaan bahasa Jawa sangat penting bagi seorang MC Manten Jawa sebab sepenuhnya acara akan dipandu menggunakan bahasa tersebut. 

Lain halnya jika memang sudah disepakati bahwa acara akan dipandu menggunakan konsep yang nasional atau internasional. Maka bahasa yang digunakan bisa bahasa Indonesia biasa atau campuran dengan bahasa Jawa. Namun sepatutnya jika adat Jawa yang diusung pada acara tersebut maka MC yang dipilih harus sudah menguasai bahasa Jawa. 

Sebab nantinya adat Jawa akan terasa lebih kental melekat pada setiap proses yang dilakukan sehingga memberikan kesan yang sangat baik. Hampir setiap pernikahan Jawa pastinya menggunakan bahasa Jawa meskipun tidak sepenuhnya mulai dari awal hingga akhir acara. 

Akan tetapi akan sulit rasanya memandu acara seperti ini jika tanpa menggunakan bahasa Jawa. Beberapa prosesi juga pastinya kental dengan budaya dan adat Jawa sehingga penggunaan bahasa Jawa sangat diperlukan. Seorang MC Manten Jawa perlu menguasai bahasa Jawa juga untuk menghormati budaya setempat yang diusung oleh keluarga pengantin. 

Pastikan kamu memilih MC pernikahan bahasa Jawa yang bahkan sehari-harinya pun menggunakan bahasa Jawa. Sebab ia akan lebih terbiasa dan menguasai bahasa ini beserta cara pengucapannya yang benar. Logat atau dialek bahasa Jawa yang khas dan tebal juga harus dimiliki oleh MC yang akan kamu pilih dalam memandu acara Manten Jawa. 

Mengetahui Budaya Adat Jawa 

Budaya dari adat Jawa memiliki ciri khas mulai dari cara berpakaian, cara berbicara hingga peralatan yang digunakan khususnya untuk acara pernikahan. MC Manten Jawa yang kamu pilih harus mengetahui bahkan menguasai setiap detail dari budaya adat Jawa. Khusus untuk acara pernikahan biasanya terdapat beberapa tradisi khusus yang harus dilakukan. 

Minimal MC tersebut mengetahui setiap detail dari tradisi yang sering dilakukan untuk acara pernikahan mulai dari persiapan hingga selesai pelaksanaannya. Pemandu acara ini akan lebih mudah dan nyaman dalam memandu acara jika apa yang sedang dilakukan ia ketahui sebelumnya sehingga tidak terlalu kaku dalam pembawaannya. 

Untuk itu, pilihlah MC Manten Jawa yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. Kamu bisa mencari melalui pihak wedding organizer yang biasanya memiliki rekomendasi MC yang sudah handal dalam memandu acara pernikahan adat Jawa. Nantinya acaramu bisa berjalan dengan lebih lancar dan tidak melenceng dari aturan adat istiadat. 

Menguasai Public Speaking

Selain menguasai adat Jawa seorang MC yang akan memandu acara pernikahan sesuai dengan adat Jawa juga harus sudah menguasai public speaking.

Meskipun menjadi seorang MC pernikahan singkat, Jika seorang MC tidak menguasai public speaking pastinya acara akan berlangsung dengan hambar dan penyampaian setiap kalimat akan berlangsung dengan terbata-bata. 

Acara yang berlangsung bisa saja sangat tidak menarik jika public speaking tidak begitu dikuasai oleh seorang MC. Kurang lebih seorang MC Manten Jawa harus profesional dan cukup cerdas karena terlihat dari bagaimana ia membawakan acara dalam bahasa Jawa dengan aturan public speaking yang baik dan benar.

Meskipun bahasa Jawa sudah memiliki dialek atau nada bicaranya tersendiri namun tetap saja public speaking harus disertakan dalam cara penyampaiannya. Minimal pemandu acara bisa memahami bagaimana acara tersebut harus dikeluarkan berikut dengan cara pengucapannya agar tidak menyalahi aturan. 

Cara menyambut, mempersilahkan, hingga kosakata yang dipilih untuk acara Manten Jawa ini juga perlu diperhatikan. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang menguasai public speaking beserta bahasa Jawa yang baik dan benar. Meskipun ia profesional dalam memandu acara yang bersifat internasional namun untuk Manten Jawa MC tersebut belum tentu bisa menguasainya. 

Kamu harus memastikan bahwa MC Manten Jawa yang kamu ini benar-benar sering membawakan acara pernikahan adat Jawa bukan hanya pernikahan secara umum saja. Hal ini untuk menjaga kelancaran setiap acara yang berlangsung sehingga bisa dilakukan sesuai dengan seharusnya. 

Profesional 

Tugas dan tanggung jawab yang paling utama dari seorang MC yang akan memandu acara pernikahan adat Jawa ialah profesionalisme. Hal tersebut menjadi tanggungjawab yang sangat penting sebab nantinya pemandu acara ini harus menjaga nama baik dari keluarga pengantin beserta menjaga adat dan budaya dari Jawa tersebut. 

Jika seorang MC Manten Jawa bersifat tidak profesional maka bisa jadi bahasa Jawa yang digunakan ataupun cara ia memandu acara tidak akan sesuai dengan seharusnya. Selain itu terkadang mereka yang tidak profesional seringkali membuat prosesi yang ada pada pernikahan menjadi sedikit berubah dan melenceng dari seharusnya. 

Untuk itu, sangat penting bagimu untuk selalu memastikan bahwa MC yang kamu pilih benar-benar profesional bukan hanya pandai dalam berbahasa Jawa dan menguasai public speaking. kedua hal tersebut tidak cukup untuk membantu membuat sebuah acara yang menggunakan adat Jawa bisa berjalan dengan lancar tanpa menyalahi aturan terutama aturan budaya. 

Beberapa penjelasan di atas bisa menjadi referensi untukmu agar lebih selektif dalam memilih seorang MC Manten Jawa. Kamu juga setidaknya perlu memahami bagaimana tugas dan tanggung jawab mereka sehingga kamu juga bisa melakukan setiap susunan acaranya dengan baik dan kompak bersama MC tersebut. 


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket
Hubungi Kami!
Chat Us