Pilih Kategori Artikel

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasak Catering Pernikahan Sendiri
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Banyak dari pasangan pengantin yang lebih memilih menggunakan jasa catering ketimbang masak sendiri. Padahal dengan memasak sendiri, kamu bisa mendapatkan berbagai macam kelebihan. Oleh karena itu tak ada salahnya untuk memperhatikan tips memasak catering pernikahan sendiri. 

Biaya nikah sebenarnya bisa kita press dengan memasak catering sendiri. Sehingga kamu bisa lebih hemat biaya pernikahan atau mengalokasikan biaya tersebut ke divisi lain. Namun sebelum kamu memutuskan untuk masak menu catering sendiri, perhatikan tips berikut. 

1. Perhatikan Dahulu Jumlah Undangan yang Kamu Sebar

Untungnya memasak sendiri adalah kamu bisa sesuka hati menentukan porsi yang hendak dihidangkan. Kamu bisa menghidangkan porsi sebanyak 2x-3x lipat dari jumlah undangan yang kamu sebar. Namun agar bisa menghemat biaya, kamu bisa menggunakan menu yang banyak disukai dengan bahan dasar yang murah.

Selain itu, dengan mengetahui jumlah tamu undangan yang kamu sebar, kamu bisa memperkirakan berapa banyak buffet dan stall yang harus dipersiapkan. Jadi kamu lebih berhati hati ketika menentukan jumlah bahan makanan yang hendak kamu olah.

2. Belilah Bahan Makanan dalam Jumlah Kiloan

Salah satu cara menghemat biaya masak adalah dengan membeli banyak bahan makanan. Kenapa begitu? karena ketika kamu membeli banyak, kamu akan mendapatkan harga yang murah. Sedangkan jika bahan makanan tersebut masih tersisa, kamu bisa mengolahnya dengan menu yang lain. 

Sebagai contoh, ketika membuat capjay, kamu membutuhkan wortel 0.75 kg untuk per 100 porsi. Nah jika kamu membeli 1 kg, tentu akan lebih 0.25 kg dan itu sangat disayangkan. Akan lebih baik jika kamu membeli 3 kg wortel agar bisa menjadi 400 porsi.

Ini adalah trik sederhana untuk mengakali jumlah masakan. Selain lebih menghemat biaya, kamu bisa lebih menghasilkan jumlah porsi yang banyak dan tentunya bisa variatif.

3. Carilah Juru Masak yang Bisa Dipercaya

Tips memasak catering pernikahan sendiri lainnya adalah mencari juru masak yang bisa dipercaya. Bisa dibilang juru masak yang bisa dipercaya lebih berharga ketimbang juru masak yang mampu masak dengan enak. Karena untuk masalah resep masakan, kamu bisa menggunakan bumbu racikan khasmu sendiri.

Lalu apa korelasinya? Jadi juru masak tidak akan bertindak sembarangan dengan bumbu masak yang telah kamu tentukan. Misal dalam suatu masakan dibutuhkan 1 kg cabai, dengan juru masak yang tidak terpercaya mungkin saja malah dikurangi dan sebagainya. 

4. Berdayakan Masyarakat Sekitar

Cara memasak untuk catering, kamu bisa dengan memberdayakan tetangga sekitarmu. Saling kumpul bersama, bercerita, bersenda gurau dapat mencairkan suasana ketika memasak.

Selain untuk menjalin silaturahmi dan keakraban antar tetangga, kamu juga bisa lebih menghemat biaya. Terkadang malahan kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun jika masyarakat sekitar tergerak membantumu untuk memasak catering pernikahan.

Sebelum mencapai level itu, kamu harus memiliki hubungan yang baik dengan tetangga tetanggamu. Atau mungkin kamu bisa memberikan upah sebagai bentuk rasa terima kasih. Ini adalah tips memasak catering pernikahan sendiri dengan hemat.

5. Memperbanyak Nasi

Menu catering pernikahan di rumah bisa kamu variasikan, tapi jangan lupa untuk tetap memperbanyak nasi. Dengan memperbanyak nasi, kamu bisa lebih berjaga jaga dengan tamu hadir tanpa diduga duga. Semisal saja tamu dari keluarga yang kamu undang dan lain sebagainnya.

Agar para tamu tidak kecewa, tak ada salahnya untuk sedikit lebih memperbanyak porsi nasi. Jadi kamu bisa mengantisipasi para tamu yang mengambil banyak nasi. 

6. Buatlah Seefisien Mungkin

Sebisa mungkin kamu harus menggunakan semua bahan makananmu. Jadi jangan sampai bahan makananmu ada yang tersisa dengan sia sia. Jika masih ada yang sisa, mungkin kamu bisa mengolahnya menu lain dengan membelikan bahan utama lainnya sebagai bahan dasar juga. 

Efisiensi ini tentunya bisa menghasilkan lebih banyak masakan dan juga variannya. Sebelumnya kamu harus tahu rasio perbandingan bahan makanan yang hendak kamu olah menjadi masakan. Dengan mengetahui rasionya, kamu tidak akan salah jumlah dalam membeli bahan makanan. 

7. Buatlah Lebih Banyak Food Stall

Tidak semua hadirin yang datang akan menyantap hidangan berat. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk memperbanyak porsi santapan food stall. Selain untuk tamu yang tidak bisa makan berat, food stall termasuk menu makanan pesta pernikahan murah meriah. 

Tips memasak catering pernikahan sendiri ini bisa berhasil jika kamu bisa membuat varian menu. Jadi food stall yang dihidangkan tidak hanya siomay saja, kamu bisa menambahkan dengan berbagai varian menu semisal bakso, kuliner indonesia, kuliner internasional dan masih banyak lagi yang lainnya. 

8. Tonjolkan Ciri Khas

Mungkin tidak semua orang akan memperhatikan tips memasak catering pernikahan sendiri yang satu ini. Namun jika kamu orang yang ingin memberikan kesan kepada para tamu, maka tak ada salahnya untuk memberikan kesan yang menonjol kepada tamu.

Kesan seperti apa yang harus ditonjolkan? Semisal saja ciri khas dari masakanmu, entah itu pedas, manis atau asam. Selain itu, jika kamu tak terlalu memiliki kesan menonjol pada masakan, kamu bisa menonjolkan pada bagian dekorasi, konsep pernikahan, pelayanan dan lain lain. 

Atau mungkin kamu asli suku aceh dan menikah dengan orang jawa. Tak ada salahnya untuk menghadirkan menu khas aceh. Selain untuk menonjolkan ciri khasmu, kamu juga bisa sekalian mempromosikan kuliner khas daerah asalmu. 

Diatas merupakan 8 tips sebelum memasak catering pernikahan sendiri. Namun, jika kamu memiliki budget berlebih, tidak ada salahnya menggunakan jasa vendor catering pernikahan terlebih lagi kini kamu bisa membandingkan harga tanpa harus bertemu lebih dahulu. Ini bisa kamu lakukan hanya dengan menemukan vendor di Wedding Market!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...