Pilih Kategori Artikel

7 Tips Membuat Tabungan Pernikahan Hanya dalam 1 Tahun
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Jenjang pernikahan merupakan sebuah bukti keseriusan sepasang kekasih dalam menjalin sebuah hubungan. Mengingat betapa sakralnya dan berharga pesta pernikahan yang mungkin hanya terjadi sekali seumur hidup. Bukan hal aneh jika pernikahan sendiri harus menyediakan biaya yang tidak sedikit. Tentunya banyak pasangan yang lebih baik menunda terlebih dahulu pernikahan mereka sampai biaya yang ada terkumpul dan bisa melangsungkan pernikahan yang mereka impikan. Ladies berikut ini kami akan membahas tips membuat tabungan pernikahan hanya dalam waktu 1 tahun.

Berbagai cara dilakukan banyak pasangan untuk menikah dan tidak jarang harus sampai meminjam uang. Menabung merupakan cara yang paling aman jika ingin menggelar pernikahan namun jangan sampai gagal karena gaya hidup yang boros. Demi bisa mewujudkan pesta pernikahan impian, coba terapkan tips-tips menabung berikut agar dalam 1 tahun bisa menggelar pernikahan. Yuk simak artikel ini.

  1. Buat rekening tabungan khusus pernikahan

Hal pertama yang harus kamu dan pasangan lakukan jika ingin membuat tabungan pernikahan hanya 1 tahun adalah dengan membuat tabungan yang di khususkan untuk pernikahan. Cara gampangnya agar tabungan ini dapat terisi dengan maksimal adalah kamu dan pasangan harus bersama-sama mengalokasikan gaji masing-masing.

Agar seimbang, setiap pasangan menabung dengan porsi yang sama. Jika ingin melakukan hal tersebut sebaiknya diskusikan nominal yang ingin ditabung setiap bulannya. Tujuan dari tabungan ini adalah untuk mengurangi gaya hidup yang boros, sehingga bisa sama-sama fokus untuk menyiapkan pernikahan dengan baik. Jika memang dana yang terkumpul belum sesuai harapan, maka setidaknya kedua mempelai sudah mempunyai sumber dana lain untuk memenuhi biaya pernikahan.

  1. Jangan lupa mengisi rekening tabungan pribadi

Selain tabungan bersama dengan pasangan kamu, hal lain yang perlu dilakukan adalah membuat tabungan rekening masing-masing.

Uang yang terkumpul bisa digunakan untuk menutupi kekurangan dari tabungan khusus atau untuk mencicil gedung, membayar ketering, gaun pernikahan, dan lain sebagainya. Berhubung karena arus pengeluaran bertambah, kamu harus lebih bijak dalam mengalokasikan gaji. Alokasikan 1/5 dari total gaji untuk ditabung.

  1. Kurangi kencan mewah yang menghabiskan banyak dana

Kurangi kebiasaan jalan-jalan atau dinner di restoran mahal saat sedang kencan dengan pasangan. Hal ini bisa mempengaruhi kamu jika sedang ingin membuat tabungan pernikahan. Sebaiknya kebiasaan boros itu harus diubah dengan berbagai aktivitas yang lebih hemat biaya. Contohnya adalah dengan movie marathon di rumah atau sekedar berbincang mengenai masalah yang sering terjadi di kantor.

Meski terlihat membosankan, kegiatan ini justru lebih hemat dan dapat membangun chemistry, sehingga semakin mengenal kepribadian masing-masing. Hal ini tentu sangat berguna sebelum membangun bahtera rumah tangga nanti.

  1. Membeli beberapa produk investasi

Jika kamu dan pasangan mempunyai penghasilan yang lumayan? Maka pakailah dana tersebut untuk membeli satu atau dua instrumen investasi.

Contohnya adalah seperti reksadana, emas, atau hal lainya. Tentunya investasi tersebut bisa dijual menjelang pesta pernikahan dan bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan.

  1. Mencicil segala keperluan untuk menikah

Keperluan yang haru dipersiapkan tentunya sangat banyak. Selain mencari gedung, catering, gaun pernikahan, kamu juga perlu memikirkan banyak lagi hingga cendremata untuk para tamu undangan. Tentunya menyiapkan semua itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika kamu dan pasangan ingin pesta pernikahan yang mewah dan tidak terlupakan.

Agar tidak terlalu memberatkan pada hari H pernikahan, sebaiknya cicil keperluan pernikahan setiap bulan. Misalnya, bulan ini membeli sepatu dan aksesori pernikahan, bulan depan membeli kosmetik, dan seterusnya. Sesuaikan dengan budget pernikahan yang kamu dan pasangan miliki dan jangan berlebihan.

  1. Hemat dalam kehidupan sehari-hari

Melihat kebutuhan pernikahan yang amat banyak, apakah kamu masih mau hidup boros? Sudah pasti tidak bukan, apalagi tanggal pernikahan yang semakin dekat. Usahakan untuk berhemat, terutama untuk biaya hidup sehari-hari, seperti biaya makna, tranportasi, listrik, air, internet, dan masih banyak lagi.

Dengan hidup hemat tentunya akan membantu kamu dan pasangan mengumpulkan lebih banyak uang setiap bulannya.

  1. Rencanakan konsep pernikahan sesuai dengan budget

Untuk mengetahui estimasi biasa pernikahan, jangan lupa untuk merencanakan konsep pernikahan yang diinginkan. Entah itu dengan konsep pernikahan indoor, outdoor, atau semi-outdoor. Setelah itu kamu dan pasangan harus menyesuaikan bugdet dengan konsep pernikahan tersebut.

Jika bingung cobalah meminta bantuan teman, keluarga, atau kerabat yang sudah pernah merencanakan sebuah pernikahan. Untuk menambah referensi manfaatkan internet atau sosial media yang dimiliki. Intinya, apapun konsep pernikahan yang sudah direncanakan haruslah sesuai dengan budget, sehingga kamu dan pasangan tidak perlu lagi berhutang yang nantinya akan menyulitkan.

Biaya pernikahan memang tidak murah. Tapi, semakin cepat Anda dan pasangan mulai menabung, maka semakin cepat pula uangnya terkumpul. Alhasil, pesta pernikahan yang selama ini diimpikan bisa terwujud. Selain itu, jangan lupa juga untuk menerapkan cara di atas dengan konsisten, sehingga hasilnya bisa lebih maksimal.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...