6 Tips Menentukan Porsi Catering Pernikahan agar Cukup dengan Jumlah Tamu

02 Jun 2020 | By Wedding Market WeddingMarket | Viewers: 721
6 Tips Menentukan Porsi Catering Pernikahan agar Cukup dengan Jumlah Tamu
Foto: Flime Restaurante
Sebelum kamu menentukan jumlah catering yang hendak kamu pesan, ada baiknya kamu harus mengetahui tips menentukan porsi catering pernikahan. Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa lebih menghemat pengeluaran untuk urusan konsumsi.

Dalam menentukan jumlah porsi catering pernikahan, ternyata tidak hanya satu cara. Berikut ini beberapa tips menentukan jumlah porsi catering makanan yang bisa kamu pilih salah satunya, sesuaikan dengan kebiasaan lingkungan kamu, ya:

  • Ketahui Jumlah Undangan yang Disebar
Cara pertama menentukan jumlah porsi catering yang paling mudah adalah dengan mengetahui jumlah undangan
Buatlah daftar nama orang yang hendak kamu undang dan hitunglah jumlahnya. Setelah mengetahui jumlahnya, maka kamu sudah memiliki gambaran berapa porsi makanan yang hendak kamu sajikan.

Sebagai contoh apabila kamu mengundang 900 orang, maka siapkan 1000 porsi catering. Sebenarnya mungkin saja dari 900 orang tersebut tidaklah akan hadir semua, mungkin hanya 10% orang yang tidak hadir. Namun bisa juga ada orang yang hadir lebih dari 900.

Jadi paling tidak kamu harus menyiapkan sedikit lebih porsi catering. Atau jika kamu ingin lebih ekstrim lagi, kamu bisa menyiapkan porsi yang lebih sedikit ketimbang jumlah undangan. Tapi itu saran yang tidak dianjurkan, karena jika kurang malah menimbulkan kekecewaan para tamu. 

Kelemahan lainnya dari tips ini adalah kamu tidak bisa menduga duga dan tidak bisa mempersiapkan tamu yang datang tanpa diduga. Seperti keluarga orang yang kamu undang atau mungkin kerabatnya.

  • Jumlah Undangan Dikali 2
Jika kamu memiliki dana lebih buat menyediakan konsumsi para tamu, tak ada salahnya untuk menggunakan tips ini. Prinsip persiapan catering pernikahan bisa dengan mengalikan 2 dari jumlah undangan yang disebar. 

Kemudian kalikan dengan faktor 85%, jadi anggap saja yang hadir 85% dari 2x jumlah undangan yang kamu sebar. Jadi ketika kamu memberikan undangan 1000 orang, maka buatlah catering tersebut menjadi 1700 porsi. Jikalau budget menipis, kamu bisa memesan catering 1500 porsi dengan bonus jika pihak catering menyetujui.

Ini merupakan cara menghitung porsi makan untuk kemungkinan terburuknya. Tapi ada baiknya juga kamu juga bisa memesan lebih dari 1700 porsi, yaitu 2000 porsi sekalian. Karena jika tidak habis mungkin nantinya kamu bisa memberikannya kepada kru pesta ulang tahunmu atau saudara dekatmu.

  • Rasio Food Stall Lebih Banyak, Lebih Bagus?
Jika dirasa kamu memiliki budget yang pas untuk membeli catering dengan jumlah 1500 porsi, tak ada salahnya untuk menambah sedikit lebih banyak food stall. 

Mengapa harus food stall? Karena food stall memiliki harga yang lebih terjangkau dan tidak semua tamu ingin makan makanan berat.

Selain itu food stall juga banyak digemari oleh para tamu. Apalagi hidangannya berbau kuliner nusantara, tentu porsi yang kamu sediakan paling tidak bisa menutupi 15% tadi. 

Alokasi dana untuk food stall bisa menggunakan 40% dari dana total untuk konsumsi. Dengan menggunakan dana sebesar 40% tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan food stall dengan berbagai varian makanan dan dalam jumlah yang cukup banyak.

Kami sarankan untuk memperbanyak stall. Atau paling tidak dengan menambahkan varian yang lebih lengkap. 
Terkadang ada juga orang yang lebih memilih stall ketimbang buffet, karena makanan di stall lebih variatif dan memang enak. Tak khayal jika setiap porsi di stall akan lebih sedikit ketimbang di buffet. 

  • Variasikan Buffet
Kenapa harus memvariasikan buffet? Setelah kamu memperbanyak stallmu, sekarang untuk saatnya memperbanyak buffet. Ketika variasi buffet beragam, maka ada orang yang nantinya mengambil berbagai macam varian buffet dalam jumlah yang relatif sedikit.

Beda halnya dengan ketika kamu hanya memiliki 2 atau 3 buffet saja, variasi yang sedikit ini justru malah membuat lauk di buffetmu habis. Jadi bisa jadi orang lain malah tidak kebagian. Ini adalah tips menentukan porsi catering pernikahan yang disepelekan orang.

Untuk lebih jelasnya dilapangan, kamu tentunya akan lebih memahami. Dengan bermacam variasi menu yang dihidangkan di catering, selain puas para tamu akan cenderung mengambil sedikit lauk namun bervariasi.

  • Batasi Pengambilan Lauk
Ini adalah tips menentukan porsi catering pernikahan yang sedikit tidak mengenakan bagi tamu yang suka mengambil sendiri. Kamu bisa memberikan arahan kepada pramusaji untuk membantu dalam membagikan lauk pada menu buffet ataupun stall.

Semisal dengan memberikan 1 lauk kepada 1 orang tamu. Dengan begitu, jumlah catering kamu akan lebih terukur dan tidak akan terjadi kekurangan. Bagaimana dengan nasi? 

Kamu tak perlu khawatir dengan nasi, karena pihak catering tentu sudah melebihkan sedikit dalam porsi nasi.
Kita tahu bahwasannya pihak catering juga telah menentukan jumlah lauk sesuai dengan jumlah porsi. Jadinya kamu harus bisa membuatnya pas untuk seluruh para tamu dengan cara meminta bantuan untuk membagikan makanan kepada tamu. 

  • Melebihkan Catering Tidaklah Mengapa

Jika kamu memiliki dana lebih untuk urusan konsumsi, tak ada salahnya untuk melebihkan catering yang kamu pesan. Misalnya ketika tamu hadirin yang kamu undang sebanyak 1000 orang, maka tak ada salahnya kamu memesan catering dengan jumlah 2000 porsi plus beberapa stall.

Ini memang cara yang paling aman untuk dilakukan. Tapi kamu juga harus menyediakan dana yang sedikit lebih besar. Agar tidak bosan, kamu bisa memvariasikan menu yang kamu hidangkan.

Di atas merupakan 6 tips menentukan porsi catering pernikahan. Kamu tentunya bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan vendor catering pernikahan pilihanmu. Apakah kamu sudah mendapatkan vendor catering pernikahan? Jika belum, kamu bisa mendapatkan vendor catering pernikahan dengan harga yang bervariasi menyesuaikan budget-mu di Wedding Market.

Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket