Pilih Kategori Artikel

Mengenal Buffet Catering, Jadikan Persiapan Resepsi Lebih Mudah dan Praktis!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Menikmati aneka hidangan yang disajikan dalam pesta pernikahan telah menjadi tradisi bagi masyarakat. Bukan hanya sekadar tradisi, hidangan tersebut juga menjadi simbol apresiasi untuk tamu undangan yang hadir. Kedua hal inilah yang membuat jamuan hidangan dalam resepsi pernikahan begitu berarti mulai dari tahap persiapannya. Maka tidak mengherankan pula apabila calon pasangan pengantin beserta keluarganya dibuat sibuk oleh satu persiapan ini. 

Untuk meringankan banyaknya persiapan menjelang resepsi, beberapa calon pengantin memercayakan urusan hidangan pada pihak tertentu, misalnya jasa buffet catering. Para calon pengantin ini hanya perlu memilih menu, membayar ongkos, dan menerima hasil jadi hidangan. Tentu saja biaya yang dikeluarkan pun bisa dibilang lebih banyak jika dibandingkan dengan mengolah hidangan sendiri. Walaupun demikian, jasa buffet catering memiliki peran besar dalam kelangsungan resepsi pernikahan.

Keberadaan buffet catering dinilai sebagai opsi praktis untuk menghelat resepsi pernikahan. Untuk mengenal gambaran buffet catering lebih dalam, simak ulasan ringkas berikut.

Pengertian Buffet Catering dalam Resepsi Pernikahan

wm_article_img
Foto: Medina Catering

Secara umum, buffet catering populer disebut sebagai jasa prasmanan. Buffet catering sendiri merupakan jasa katering yang menyediakan berbagai menu hidangan untuk disajikan di atas meja panjang. Dalam resepsi pernikahan, jasa buffet catering banyak digunakan sebagai pilihan terbaik untuk menjamu para tamu undangan. Tamu undangan dibebaskan untuk memilih dan menikmati menu hidangan sesuai selera dan porsi yang diinginkan. Menu-menu khas buffet catering yang biasa dihadirkan juga terdiri dari berbagai jenis, mulai dari appetizer, main course, sampai menu dessert.

Keuntungan Menggunakan Jasa Buffet Catering dalam Resepsi Pernikahan

wm_article_img
Foto: Medina Catering

1. Pilihan menu hidangan yang beragam dan bisa di-custom

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jasa buffet catering menawarkan menu-menu hidangan yang bervariatif dari hidangan pembuka sampai penutup. Dalam hal ini, calon pengantin selaku pelanggan bebas untuk meng-custom menu makanan yang diinginkan. Beberapa jasa buffet catering juga menyediakan paket-paket pilihan menu dengan harga istimewa. Sebagai calon pengantin, tentunya hal ini akan menguntungkanmu. Kamu tak perlu repot-repot mempersiapkan segala bahan dasar sampai dengan prosesnya. Percayakan saja urusan hidangan kepada jasa buffet catering dan mereka akan bekerja untuk hari resepsi pernikahanmu. 

2. Harga menu hidangan buffet catering lebih terjangkau 

Di samping menu hidangan yang beragam, buffet catering juga mematok harga yang bersahabat. Salah satu alasannya karena tiap menu hidangan disajikan dalam panci prasmanan sekaligus. Inilah yang membuat biaya operasional penggunaan jasa buffet catering menjadi bisa lebih ditekan.

3. Rasa hidangan dapat langsung diterima oleh lidah

Soal rasa, kamu tak perlu khawatir apabila telah mantap untuk menggunakan jasa buffet catering. Mayoritas hidangan yang dihadirkan oleh jasa buffet catering adalah menu lokal nusantara yang populer di semua kalangan. Alhasil, tamu undangan dalam resepsi pernikahanmu bisa langsung mengenali bagaimana cita rasa sedapnya. 

Tips Memilih Jasa Buffet Catering yang Tepat

wm_article_img
Foto: Asri Indo Catering

1. Lakukan Survei

Langkah pertama untuk memilih jasa buffet catering yang tepat yaitu dengan melakukan survei. Kamu bisa mulai menyurvei dengan terjun langsung ke lokasi atau bisa pula dengan meriviunya terlebih dahulu dari situs website dan media sosial. Sebagai alternatif lain, kamu bisa bertanya kepada teman yang sebelumnya memanfaatkan jasa buffet catering. Jawaban darinya adalah testimoni yang bisa kamu dapatkan secara langsung sebelum fix melakukan kunjungan langsung. Mintalah dia untuk menguraikan jenis menu, kisaran harga, serta poin plus dan minus dari vendor buffet catering yang sedang ingin kamu gali.

2. Pastikan Memiliki Layanan Delivery

Salah satu tanda vendor buffet catering yang baik yaitu memiliki jasa delivery. Pada saat hari-h nanti, tentu kamu tidak mau serba kerepotan mengurus segala persoalan hidangan, kan? Nah, coba tanyakan kepada vendor, apakah mereka menyediakan fasilitas delivery atau tidak. Selain itu, coba tanyakan lagi opsi mana yang digunakan untuk mengantarkan hidangan, apakah itu fasilitas dari vendor sendiri atau jasa pengiriman tambahan. Hal ini juga akan membantumu memperkirakan seberapa besar biaya tambahan yang mungkin akan timbul.

3. Perhatikan Pemilihan Menu

Setelah mendapatkan jawaban pasti dari dua poin sebelumnya, langkah selanjutnya yaitu memperhatikan pilihan menu yang ditawarkan oleh vendor buffet catering. Pilih menu-menu hidangan yang bervariasi, tentunya dengan kandungan nutrisi yang saling melengkapi pula. Sebagai saran, alangkah baiknya jika kamu memilih satu bahan dasar yang sama untuk diolah maksimal menjadi dua jenis olahan, misalnya ayam bakar bumbu rujak dan ayam kecap. Hal ini tentu ditujukan agar tak ada kesan membosankan yang muncul dalam benak tamu undanganmu. Untuk itu, komunikasikan juga dengan pihak vendor buffet catering.

4. Lakukan Food Tasting

Memang benar bahwa hidangan yang akan dihadirkan dalam resepsi pernikahan nanti kebanyakan merupakan menu-menu lokal yang populer. Cita rasanya pun sudah khas di lidah banyak orang. Namun, kamu pasti tak mau, kan, jika  rasa hidangan dalam resepsi pernikahanmu nanti tak sesuai seperti bayangan tamu undangan? Nah karena itu, kamu perlu juga untuk melakukan food tasting dengan langsung berkunjung ke lokasi vendor buffet catering. Hal ini setidaknya juga untuk membuktikan apakah penilaian yang kamu dapatkan dari hasil survei sebelumnya, sama seperti faktanya. 

5. Sesuaikan dengan Anggaran dan Perhatikan Sistem Pembayaran

Langkah penting berikutnya yaitu menyesuaikan pilihan menu dengan anggaran yang telah kamu perkirakan sebelumnya. Saat melakukan food tasting, umumnya pihak vendor akan sekaligus memberikan segala informasi yang kamu butuhkan. Dari sini kamu boleh menanyakan hal apapun yang berkenaan dengan pilihan menu hidangan, kuantitas, dan harga. Kamu juga perlu bertanya mengenai sistem pembayaran yang dikehendaki oleh pihak vendor buffet catering. Apakah harus dibayar tunai ataukah memungkinkan untuk dibayar bertahap dalam beberapa waktu sampai hari-h tiba. Pahami dan sepakati bersama bagaimana sistem pembayarannya agar tidak terjadi miskomunikasi antara kamu dan pihak vendor.

Rekomendasi Menu Hidangan Buffet Catering dalam Resepsi Pernikahan

wm_article_img
Foto: Medina Catering

Terakhir, WeddingMarket akan memberikan beberapa menu hidangan khas buffet catering yang bisa menjadi ide pengisi meja resepsi pernikahanmu. Ada enam bagian hidangan yang dapat kamu mix and match sesuai kebutuhan dan selera. Berikut aneka pilihan menu tersebut.

  1. Aneka nasi : Nasi putih, nasi uduk, dan nasi goreng

  2. Olahan ayam : Ayam goreng laos, ayam bakar bumbu rujak, dan sate ayam

  3. Olahan seafood : Ikan bumbu kuning, cumi asam manis, dan udang saus mentega

  4. Olahan daging : Rendang, rawon, dan empal gepuk

  5. Menu berkuah : Capcay, bakso, dan sup pelangi

  6. Aneka lauk : Mi goreng, rendang, dan fuyunghai


Bukan tanpa sebab, aneka menu hidangan di atas telah tergolong dalam jenis olahan yang populer di lidah masyarakat. Jika menu-menu tersebut dihidangkan dalam resepsi pernikahan, tamu undangan pun tak perlu butuh banyak effort untuk membayangkan bagaimana cita rasanya. Alhasil, jamuan resepsi pernikahanmu akan membentuk kesan positif dalam benak mereka. 

Menghadirkan hidangan yang istimewa dalam resepsi bukan hanya menjadi tanggung jawabmu selaku pemilik hajatan. Peran dan kerja sama yang baik dari vendor buffet catering juga sangat dibutuhkan dalam hal ini. Oleh karena itu, pilihlah vendor buffet catering yang terpercaya dan telah terbukti memiliki reputasi positif, baik dari segi menu hidangan, operasional, maupun testimoni pelanggan. Singkatnya, vendor buffet catering yang baik adalah vendor yang tidak membuatmu menyimpan keraguan setelah menerapkan keenam tips di atas. 

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk memanfaatkan jasa buffet catering? Yang pasti, persiapan menjelang resepsi pernikahan akan jadi lebih ringan dan mudah dengan jasa buffet catering ini. Soal menu, simak juga aneka menu hidangan spesial khas Nusantara lainnya mulai dari main course sampai dessert pada tautan berikut

Kunjungi WeddingMarket Festival, acara pameran pernikahan tradisional dan nasional terbesar tahun ini. Pameran akan diselenggarakan pada 18-19 Februari 2023 di The Krakatau Grand Ballroom (TMII). Kamu dapat menemukan berbagai vendor-vendor pernikahan yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk pernikahanmu nanti, mulai dari venue, cincin kawin, hingga buffet catering untuk hari istimewamu. Dapatkan juga berbagai promo menarik dan beragam activation selama pameran berlangsung, seperti:

  • Kesempatan memenangkan Grand Prize (1 Unit Mobil Daihatsu Sigra, 1 Unit Motor Honda Scoopy, 1 Honeymoon to Bali 2D1N, 1 Unit Smartphone Samsung)
  • Hadiah langsung berupa produk dan jasa vendor partisipan
  • Promo menarik dari berbagai vendor partisipan
  • Voucher diskon untuk berbelanja selama pameran
  • Serta berbagai dekorasi estetik dan photobooth menarik
  • Nikmati juga Free Test Food dan rasakan suasana MAGICAL GARDEN dalam pameran ini

Pesan Tiket Masuk WeddingMarket Festival Gratis dengan klik di tautan ini. Sampai berjumpa di WeddingMarket Festival!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...