Pilih Kategori Artikel

Mengenal Motif Henna Pengantin dari Berbagai Negara dan Maknanya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pesta pernikahan adalah sebuah momentum yang penting bagi setiap orang. Mengingat sifat pentingnya itu, maka tidak heran jika banyak orang ingin mempersiapkan pernikahannya sebaik mungkin. Termasuk juga mempercantik diri sendiri, salah satunya dengan mengenakan henna pengantin.

Henna berfungsi untuk mempercantik penampilan pengantin wanita, terutama di bagian tangannya. Pada bagian tersebut, henna artist menggambar pola-pola tertentu untuk menghiasi jari-jemari dan pergelangan tangan sang pengantin agar tampak lebih indah. 

Gambar henna pengantin yang dilukis pun bermacam-macam. Beberapa motif henna yang sering digunakan berasal dari India, Arab, Pakistan dan juga Afrika. Selain itu, ternyata motif henna pengantin tersebut memiliki makna tertentu, loh. Nah, penasaran ingin tahu lebih jauh? Berikut pembahasannya.

  1. Indian Mehndi Design

wm_article_img

Henna pengantin India (instagram/flora_henna_)


Sesuai dengan namanya, Indian Mehndi merupakan desain henna pengantin yang berasal dari India. Desain henna dari negara India juga merupakan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Hal ini sangat wajar mengingat henna juga pertama kali muncul dari negara ini.

Desain henna dari India biasanya diidentikkan dengan titik besar yang melambangkan seorang tokoh. Titik ini biasanya digambar di bagian telapak maupun punggung tangan. Bisa dikatakan titik besar dalam desain henna India jadi sebuah desain krusial yang tidak bisa dihilangkan begitu saja.

Secara umum, motif India dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori simple dan kategori rumit. Untuk kategori simple, tidak memerlukan waktu banyak dalam pembuatannya. Sedangkan kategori rumit, kamu harus sedikit bersabar karena butuh waktu hingga beberapa jam sampai motif tersebut selesai dikerjakan. Tidak peduli desain yang kamu gunakan desain simpel atau desain rumit, titik besar akan tetap ada dalam henna pengantin mewah satu ini.

  1. Arabic Mehndi Design

wm_article_imgwm_article_img

Henna pengantin muslimah Arab (instagram/arabichennadesigns)


Motif henna pengantin muslimah berikutnya datang dari negara Arab yang dinamakan dengan Arabic Mehndi Design. Ciri khas dari motif Arab adalah motifnya yang berkutat pada gambar tumbuhan, seperti bunga, daun, akar, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan motif henna India yang cenderung rumit dan memenuhi seluruh bagian tangan, Arabic mehndi justru sebaliknya. Motif henna pengantin Arab ini hanya menggambar di bagian-bagian tertentu saja, dan cenderung mempunyai pola simpel sehingga membuat tampilan tangan nampak sederhana. 

Konsep henna pengantin simpel ini juga memberikan keuntungan tertentu buat kamu yang tidak punya banyak waktu. Sebab, motifnya yang tidak terlalu ribet dan gambarnya yang sederhana membuat waktu pembuatan pun jadi relatif singkat, sekaligus menghemat penggunaan henna. Untuk menambah nilai estetika pada desain Arab, henna artist biasanya menambahkan pola garis-garis tebal di sekitar gambar utama. 

  1. African Mehndi Design

wm_article_img

Beberapa motif henna pengantin simpel Afrika (instagram/hannaruban)

Secara umum, henna Afrika mempunyai motif yang sama dengan motif henna pengantin muslimah Arab. Keduanya sama-sama mengusung konsep kesederhanaan. Hanya saja, motif henna Afrika identik dengan menggunakan bentuk geometris seperti garis, kotak dan gambar titik. Gambar-gambarnya yang sederhana sangat cocok digunakan untuk kamu yang tidak suka dengan hal yang terlalu ramai. 

Biasanya, apabila kamu menggunakan motif ini, henna artist akan membuat gambar dengan pola-pola tertentu yang menutupi bagian tangan dan lengan kamu. Jadi sekalipun motif henna pengantin simple ini terlihat sederhana, tapi kamu tetap akan terlihat cantik dan menawan.

  1. Pakistan Mehndi Desain

wm_article_img

Motif henna pengantin mewah dari Pakistan (instagram/tasnim_henna.uniquecreations)


Motif henna pengantin yang terakhir berasal dari negara Pakistan. Apabila motif henna sebelumnya cenderung simpel dan sederhana, motif Pakistan justru menjadi motif yang paling rumit. Hal ini disebabkan karena bagi warga Pakistan, henna mewakili simbol kebahagiaan dan kesenangan, sehingga mereka harus bersungguh-sungguh dalam membuatnya. Dengan kerumitannya tersebut, tidak heran jika motif henna Pakistan termasuk ke dalam henna pengantin mewah. 

Motif rumit yang ada pada henna juga membuat proses pengerjaannya memakan waktu lama, sehingga menjadi hal yang sangat wajar bila hanya henna artist profesional yang bisa membuat motif ini. Selain pengantin, henna Pakistan juga digunakan oleh anak-anak, namun dengan motif yang lebih sederhana. Biasanya anak-anak Pakistan menggunakan henna di waktu-waktu tertentu, seperti saat hari raya Idul Fitri.

4 Contoh Motif Henna Pengantin dan Makna yang Terkandung di Dalamnya

  1. Bunga Teratai

wm_article_img

henna pengantin motif bunga teratai (instagram/azbahhenna)


Bunga teratai merupakan salah satu bentuk bunga yang sering dijadikan sebagai motif henna pengantin terbaru. Hal ini disebabkan karena bunga teratai mempunyai pengaruh mistis tersendiri bagi masyarakat timur, terutama penduduk India dan tanah Arab. Bagi mereka, teratai melambangkan kesucian dan kecantikan seorang pengantin. Selain itu, masyarakat Arab juga percaya bahwa motif teratai dapat mengeluarkan aura kecantikan bagi siapa saja yang memakainya.

  1. Bentuk Sulur Tanaman

wm_article_img

henna pengantin motif sulur (outfittrends.com)


Henna bentuk sulur memang tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan bentuk bunga, tapi jangan salah, sekalipun bentuk sulur kurang populer, penggemarnya banyak juga loh. Henna bentuk sulur terinspirasi dari tanaman anggur yang banyak dikelilingi oleh sulur. Bentuknya yang cenderung unik, membuat masyarakat jadi terinspirasi dan menggunakan bentuk tersebut.

Seperti halnya bentuk henna pengantin yang lain, henna bentuk sulur pun punya makna tersendiri. Apabila kamu perhatikan lebih lanjut, sulur punya bentuk panjang dan cenderung berliku-liku. Dengan bentuk panjangnya tersebut, masyarakat yakin bahwa setiap pengantin yang memakai henna bentuk ini pernikahannya akan langgeng dan panjang sampai masa tua.

  1. Bentuk Kupu-Kupu

wm_article_img

(instagram/henna.by.mr)


Bentuk kupu-kupu adalah salah satu motif henna pengantin yang banyak diminati oleh pengantin karena gambarnya yang lucu. Pada saat proses pembuatannya, henna artist membuat gambar kupu-kupu dengan konsep setengah, yaitu setengah di tangan kanan, dan setengahnya lagi di tangan bagian kiri. Biasanya bagian tangan yang digambar adalah telapak tangan. Bentuk kupu-kupu sempurna baru bisa tercipta ketika dua telapak tangan disatukan.

Alasan bentuk kupu-kupu jadi populer selain karena bentuknya yang unik dan cantik, juga karena makna yang tersimpan di dalamnya. Dalam proses kehidupannya, sebelum menjadi kupu-kupu yang indah, hewan tersebut telah melalui berbagai transformasi. Proses transformasi inilah yang kemudian dipercayai oleh masyarakat, bahwa wanita yang menggunakan motif ini hidupnya telah bertransformasi, ia tidak lagi menjadi wanita lajang melainkan telah berubah jadi seorang istri.

  1. Bentuk Burung

wm_article_img

maharaniweddings.com


Desain henna burung menjadi bentuk yang terakhir kita bahas. Dalam kepercayaan masyarakat, burung dipercaya sebagai hewan yang membawa pesan antara dunia fana menuju dunia baka. Oleh sebab itu, tidak heran jika pengantin wanita banyak yang meminta bentuk burung untuk dilukis di tangannya. Mereka berharap melalui gambar henna pengantin burung yang dilukis di tangan, setiap doa yang mereka panjatkan dapat terkabul.

Itulah beberapa contoh motif yang sering digunakan pada henna pengantin beserta maknanya. Setelah kamu mengetahui informasi ini, kamu bisa memilih motif henna pengantin mana yang paling cocok dengan kepribadianmu. Jika kamu tipe orang yang sederhana dan tidak suka terlalu kompleks, maka motif henna pengantin muslimah Arab atau motif henna Afrika bisa jadi solusi. Apabila kamu ingin yang lebih rumit, dan kamu tidak keberatan dengan waktu, kamu bisa mencoba motif India ataupun Pakistan. Baca juga artikel mengenai tips memilih henna pengantin, agar kamu bisa mendapatkan henna terbaik untukmu.

--
Penulis: Nurul Fatimah |Editor: Ade Mutia

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...