Pilih Kategori Artikel

Ini loh, 5 Hal Mendasar yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Henna Pengantin
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Henna adalah salah satu cabang seni lukis yang menggunakan tangan sebagai bidang lukisnya. Henna sudah muncul sejak dahulu kala, tepatnya sejak 5000 tahun yang lalu, dengan bangsa India sebagai yang pertama kali memperkenalkannya dengan nama mehendi. Seiring berkembangnya waktu, henna pengantin mulai menyebar ke berbagai penjuru dunia seperti Pakistan, daratan Afrika, Timur Tengah, hingga Indonesia.

Penyebutan untuk seni lukis tangan ini pun bermacam-macam. Jika di negara asalnya India dan Pakistan disebut mehendi, di Timur Tengah justru disebut henna. Penggunaan henna pengantin sendiri telah menjadi tradisi turun-temurun dalam pernikahan di negara-negara tersebut. Sementara itu, di Indonesia seni lukis tangan ini juga disebut pacar arab, dimana penggunaannya baru populer beberapa tahun belakangan. 

Dengan penyebaran henna yang meluas ke berbagai penjuru dunia, muncul pula berbagai inovasi baru, sehingga motif henna pun jadi semakin berkembang. Pada awalnya, henna hanya terdiri dari satu motif, yaitu motif India atau Indian Mehendi. Namun, setelah menyebar ke wilayah lain, motif henna pengantin muslimah Arab, Afrika dan Pakistan pun muncul ke permukaan dengan ciri khasnya tersendiri. Untuk lebih mengenal motif henna pengantin dari berbagai negara, kamu bisa baca artikelnya terlebih dahulu.

Henna juga mengalami perkembangan dari segi kegunaan. Dahulu, kegunaan henna hanya sebagai media lukis. Seiring berkembangnya waktu, henna kini menjadi suatu tradisi di pesta pernikahan, terutama untuk menghias pengantin wanita. Tak hanya di India dan sekitarnya, di negara-negara Arab pun penggunaan henna pengantin muslimah seakan menjadi keharusan yang tak boleh ditinggalkan. 

Nah, khusus untuk kamu yang juga tertarik untuk menggunakan henna, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih henna pengantin yang terbaik. Berikut ini Wedding Market berikan tips memilih henna pengantin terbaik untukmu.

5 TIPS MENDASAR DALAM MEMILIH HENNA PENGANTIN

wm_article_img
Henna pengantin by Ima Habsyi (instagram/barbie_ima)

  1. Pilih Henna Sesuai Jenisnya

Henna yang beredar di pasaran, ada banyak jenisnya. Mulai dari henna rambut, henna tangan dan kuku hingga henna alis. Ketiga jenis henna tersebut mempunyai fungsi yang sama, yaitu untuk memberikan warna atau melukis bagian tubuh tertentu. Dalam konteks henna pengantin, maka yang dimaksud adalah henna tangan untuk menghiasi bagian kuku, jari-jemari tangan maupun kaki.  

Henna tangan adalah salah satu jenis henna yang sering digunakan sebagai hiasan wanita di pesta pernikahan. Selain digunakan oleh pengantin perempuan, henna juga dipakai oleh wanita yang akan melahirkan. Hal ini disebabkan karena masyarakat percaya bahwa henna dapat membawa nasib baik untuk perempuan yang hamil. 

Nah, untuk kamu yang ingin membuat gambar henna pengantin, maka jenis henna tangan lah yang paling pas untuk dipilih. Sebab henna ini berbentuk tube yang membuat para henna artist lebih mudah untuk menggunakannya.

  1. Memilih Bentuk Henna

Henna terdiri dari dua bentuk yaitu bubuk dan pasta. Henna bubuk adalah henna yang terbuat dari bahan-bahan alami dan diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan bubuk henna. Ketika hendak memakainya, henna bubuk harus diletakkan terlebih dahulu ke dalam mangkok dan dicampurkan bersama air hingga kekentalan yang diinginkan. Setelah membentuk pasta, barulah kemudian henna pengantin ini bisa digunakan.

Dengan cara pemakaian yang seperti itu, bisa dibilang henna bubuk tidak terlalu praktis dan tidak ramah untuk dibawa kemana-mana. Akan tetapi, keuntungan henna bubuk adalah bisa bertahan lama bahkan sampai berbulan-bulan masih bisa digunakan.

Sementara itu, henna pasta sudah siap pakai tanpa harus diracik terlebih dahulu. Henna pasta mempunyai bentuk yang lebih kecil, biasanya ditempatkan di wadah tube sehingga jadi lebih praktis, mudah dibaurkan dan gampang untuk membentuk gambar henna pengantin cantik tertentu. Untuk alasan kepraktisan tentulah henna pasta lebih unggul, tapi kekurangannya henna ini tidak bisa bertahan lama.

  1. Pilih Warna yang Tepat

wm_article_img
Henna pengantin (instagram/rafhennateam)

Sebelum mengalami berbagai inovasi, henna mempunyai warna dasar berupa cokelat kemerahan atau cokelat tua. Namun seiring berkembangnya zaman, warna henna jadi lebih beragam, seperti warna putih, hitam, merah cherry dan juga merah marun.

Dengan berkembangnya warna-warna tersebut, tentunya banyak pula bahan-bahan yang ditambahkan. Untuk sebagian merk, mereka bahkan menggunakan bahan kimia yang bisa menimbulkan reaksi alergi. Maka dari itu, sebelum kamu membeli henna, penting sekali untuk tahu komposisi henna tersebut. Pilihlah henna yang terbuat dari bahan alami atau minimal kandungan kimianya, agar lebih aman ketika kamu gunakan sebagai henna pengantin.

Selain memperhatikan komposisi, pemilihan warna juga harus kamu perhatikan agar aura kecantikanmu bisa lebih terpancar. Contohnya,  jika kamu punya kulit putih, maka pilihlah henna berwarna hitam atau merah marun. Kedua warna tersebut membuat tampilanmu jadi terkesan berani dan kontras di waktu bersamaan. Namun, jika kamu punya tipe kulit sawo matang atau bahkan gelap, maka warna henna yang pas adalah warna cherry, merah, putih dan marun.  Meskipun tampilannya jadi sedikit kontras dengan warna kulitmu, tapi justru itu tujuannya. Jadi, sekalipun gambar henna pengantin simple, tapi tetap terlihat cantik dan anggun secara bersamaan.

  1. Menyesuaikan Bentuk Tangan

Untuk membuat gambar henna tangan pengantin dengan hasil yang bagus, ternyata tidak bisa sembarangan asal pilih. Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah bentuk tangan. Bentuk tangan setiap orang berbeda-beda, sehingga gambar yang digunakan pun berbeda pula.

Misalnya, jika kamu mempunya tangan yang berukuran agak besar, maka gambar yang cocok adalah gambar bulat, mandala ataupun segitiga. Khusus motif mandala, motif tersebut merupakan motif yang berasal dari India, mempunyai bentuk bunga dengan dikelilingi ornamen-ornamen kecil di sekitarnya. Motif henna pengantin ini adalah salah satu motif yang paling populer di kalangan pengantin. Banyak pengantin yang menggunakan motif tersebut, karena bentuknya yang unik dimana terdapat gambar bunga besar di tengah punggung tangan.

Di sisi lain, apabila tangan kamu berukuran kecil, lebih baik kamu memilih gambar bentuk garis-garis. Walaupun gambarnya sederhana dan terlihat simple, tapi bentuk tersebut mampu membuat tanganmu nampak lebih lentik, loh. Nah, kamu tipe yang mana?

  1. Ketahanan Warna

wm_article_img
Henna pengantin muslimah by Henna Geulis Bandung

Setiap warna pada henna pengantin mempunyai komposisinya masing-masing, yang tidak hanya mempengaruhi tampilan henna tapi juga berpengaruh pula pada daya tahan henna. Khusus untuk warna cokelat dan merah, yang merupakan warna original dari henna, punya ketahanan yang lama, bahkan mencapai dua minggu. Hal ini tidak lepas dari bahan baku yang dipakai pada kedua henna tersebut. 

Pada henna cokelat dan merah, biasanya produsen menggunakan bahan seperti kayu putih, kayu manis dan lemon. Tujuan penggunaan bahan tersebut adalah agar warna henna pengantin jadi lebih intens dan jadi lebih tahan lama.

Sayangnya henna putih ketahannya tidak seperti warna lain. Daya tahan henna putih bahkan tidak sampai dua hari. Hal ini disebabkan karena henna putih terbuat dari bahan body paint. Bahan tersebut lah yang membuat henna jenis ini jadi lebih gampang hilang dan tidak meninggalkan bekas. Sekalipun henna putih cenderung ringkih dan tidak tahan lama, tapi pesona henna putih tidak diragukan lagi. Sudah banyak pengantin yang memakai henna putih dan keanggunan mereka jadi meningkat sampai berkali-kali lipat. Jadi bisa disimpulkan, setiap warna henna punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah, itulah tips yang bisa kamu gunakan ketika memilih henna. Walaupun henna kelihatannya tidak sepenting make up atau perlengkapan pernikahan yang lain, tapi dampak yang diberikan tidak bisa disepelekan, loh. Pengantin yang memakai henna tidak saja tampak lebih anggun tapi tampilan mereka juga jadi berbeda, seperti ada aura magis yang mampu membuat orang terpana.

Jika kamu masih bingung dan sulit untuk menentukan henna mana yang ingin digunakan, kamu bisa berdiskusi dengan henna artis. Nantinya henna artis akan memberikan pendapatnya yang membuat kamu punya pandangan baru dan tentu saja gambar henna pengantin cantik akan meningkatkan pesonamu. Yuk, temukan juga henna artis di Wedding Market store.


Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...