Pilih Kategori Artikel

7 Tips Menjaga Hubungan Baik Dengan Mertua dan Ipar
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Banyak hubungan yang merenggang hanya karena kamu tidak bisa menjaga hubungan baik dengan mertua dan ipar. Karena bagaimana pun kamu harus menganggap mertua mu seperti ibumu sendiri dan iparmu seperti saudaramu sendiri. Ketika kamu bisa menjaga hubungan baik dengan suamimu, api kepada mertua dan iparmu tidak bisa sama saja nihil.

Bisa menjaga baik hubungan dengan mertua dan ipar adalah pencapaian yang luar biasa, karena tidak semua orang bisa akrab dengan mertua dan ipar. Lebih baik lagi ketika kamu tidak ikut campur masalah mertua dan iparmu.

Jangan pernah mengambil persepsi atau berfikir negatif namun cobalah pendekatan terlebih dahulu, karena tidak ada hal yang selalu instan. Komunikasi yang baik antara mertua dan ipar akan membuatmu lebih mengetahui pribadi dan sifat mereka. Ada juga yang masih bingung bagaimana menjaga hubungan baik antara mertua dan ipar, tapi percayalah semua itu pasti bisa kamu hadapi seiring berjalannya waktu.

7 Cara Menjaga Hubungan Baik antara Kamu dengan Mertua dan Ipar

wm_article_img

Bersikap Ramah

Tidak hanya pada mertua dan ipar, kamu harus bersikap ramah pada seluruh keluarga pasanganmu. Dengan kamu bisa bersikap ramah kamu akan dinilai baik oleh keluarga pasanganmu. Mungkin kamu belum pernah bertemu satu per-satu keluarga dari pasangan, namun kamu juga harus bersikap ramah.

Menjaga Tingkah Laku

Jangan pernah SKSD (sok kenal sok dekat), karena saat kamu sok kenal atau pura-pura kenal namun hal tersebut tidak berhasil, maka akan menjadikan keadaan semakin canggung. Sesekali mulailah pembicaraan tapi lebih banyak diampun tidak menjadi masalah, dari pada dinilai cerewet.

Hal yang Biasa Dilakukan

Mungkin mertua dan iparmu memiliki kebiasan suka makan, kamu juga bisa melakukan kebiasan itu bersama-sama atau kamu membawakan mertua dan iparmu makanan kesukaan mereka. Ketika kamu melakukan cara ini pastinya akan manjur, apalagi kamu memulai dengan obrolan yang membuat mertua dan iparmu tertawa.

Memposisikan Diri

Kamu harus tahu memposisikan dirimu dengan baik jangan sampai salah saat memposisikan dirimu karena hal itu akan membuat persepsi jelek dimata mertua dan iparmu. Walaupun kamu sudah dekat dengan adik iparmu bukan berarti kamu seenaknya menyuruh ini itu kepada iparmu. Anggaplah dia seperti seorang sahabat bagimu, agar iparmu merasa nyaman ketika bersama dengan kamu. Dengan begitu keakraban kamu dan iparmu semakin seru.

Hindari Menjelek-jelekan

Tidak ada manusia yang terlahir sempurna, kamu dan pasanganmu pastinya memiliki sisi positif dan negatif. Jangan pernah menjelek-jelekan pasanganmu di depan mertua dan iparmu kalau bisa kamu harus menceritakan prestasi ataupun kebaikan yang pernah dilakukan. Mertua dan iparmu lebih mengetahui sifat pasanganmu. Walaupun kamu mempunyai rasa yang mengganjal terhadap pasanganmu jangan pernah menjelek-jelekannya, sampai mertua dan iparmu yang memulai pembicaraan itu lebih dulu.

Keluarga Adalah Segalanya

Mungkin kamu adalah tipikal orang yang selalu mengutamakan keluarga dan selalu mengesampingkan hal-hal yang lain menjadi nomor 2. Mungkin kamu harus mengiklaskan acara yang bentrok karena mertua memintamu menemaninya atau ada acara makan malam yang secara tiba-tiba diadakan. Ketika kamu bisa meluangkan waktu, itu akan  membuat mertuamu merasa senang, karena kamu tahu membedakan prioritas dan tidak prioritas. Kamu juga harus bisa mengiklaskannya.

Jangan Kehilangan Jati Diri

Semua akan kamu lakukan ketika ingin menjaga hubungan baik dengan mertuamu, tapi jangan sampai kehilangan jati dirimu sendiri itu  akan membuatmu tidak ikhlas ketika menjalankannya. Sekeras apapun kamu menjaga hubungan baik itu ketika kamu tidak menjadi dirimu sendiri itu semua kan sia-sia.

Kehidupan setelah pernikahan bisa dibilang merupakan kehidupan kedua, karenanya Kamu perlu banyak beradaptasi lagi. Semoga kehidupan kamu selalu bahagia bersama pasangan Kamu ya, Ladies!

Foto: Tribun Group

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...