Inilah Menu Catering Pernikahan Pilihan Adat Betawi

06 Oct 2020 | By WeddingMarket | Viewers: 936
Inilah Menu Catering Pernikahan Pilihan Adat Betawi

Indonesia memiliki beragam makanan dari setiap daerahnya masing-masing yang mempunyai sajian khusus yang dipengaruhi oleh budaya di daerah tersebut. Salah satu makanan yang cocok untuk lidah penduduk Indonesia adalah masakan khas Betawi. Untuk resepsi pernikahan, kamu juga bisa menggunakan menu catering pernikahan adat Betawi, bahkan walaupun kamu bukan keturunan Betawi.

Kamu bisa memesan makanan catering pernikahan adat Betawi dengan cita rasa yang enak, yang biasanya untuk acara pernikahan sajian yang dihidangkan cukup banyak. Menu hidangan dari Betawi sebenarnya sudah biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari seperti menu jengkol yang hampir di setiap daerah akan bisa mudah untuk ditemukan.

Dengan menggunakan menu catering adat Betawi ini, dengan tidak langssung kamu juga sekaligus memperkenalkan budaya Betawi yang kaya akan kulinernya. Kamu juga bisa samakan antara catering pernikahan dengan konsep riasan dan dekorasinya. Bagi kamu yang ingin menggunakan menu catering pernikahan adat Betawi, berikut beberapa referensi menunya:

Soto Betawi

Makanan ini merupakan salah satu makanan berkuah khas yang berasal dari Betawi asli. Rasa soto Betawi yang enak bisa kamu tambahkan ke dalam daftar menu yang akan disajikan dalam resepsi pernikahanmu. Soto Betawi ini berupa kuah santan yang rasanya gurih dengan isian yang enak dengan menggunakan potongan daging sapi. Selain menggunakan daging sapi, adapula yang menggunakan jeroan daging sapi atau usus untuk isi kuahnya. Namun jika kamu ingin lebih aman, kamu bisa menggunakan daging sapi untuk isian kuahnya.

Soto Betawi ini akan enak disajikan dalam keadaan selagi masih hangat yang bisa ditambahkan dengan sambal cabe rawit dan tambahan nasi putih. Soto betawi ini tak lengkap rasanya jika tidak menggunakan kerupuk atau emping sebagai pendampingnya agar rasanya terasa lebih enak untuk dinikmati.

Kerak Telor

Kerak telor bisa kamu gunakan untuk menu catering pernikahan adat Betawi yang sangat khas dengan makanan dari Betawi. Kamu dengan mudah bisa menemukan pedagang kerak telor ini di DKI Jakarta yang menjajakan dagangannya. Selain itu juga kamu bisa menambahkan menu kerak telor ini sebagai sajian pelengkap di acara resepsi pernikahan nantinya, sehingga suasana adat Betawi akan terasa sangat kental.

Bagi kamu yang dari luar daerah ingin memilih menu ini di acara resepsi pernikahan, kamu harus menambah budget karena biasanya di luar daerah para pedagang kerak telor tidak banyak ditemukan sehingga harus didatangkan dari daerahnya. Sajian kerak telor ini memiliki rasa yang gurih yang terbuat dari beras ketan putih, telur ayam atau menggunakan telur bebek, serundeng dari ubi serta bawang goreng dan bumbu halus. Cara memasaknya yang unik sehingga membuat makanan ini banyak diminati orang banyak.

Gado-gado Betawi

Kamu bisa memasukan gado-gado betawi ini dalam list menu catering pernikahan adat Betawi yang bisa disajikan sebagai makanan utama. Gado-gado dalam bahasa betawi berarti campur aduk, isinya campuran dari beberapa bahan seperti kentang, tahu, tempe, telur rebus dan sayuran lainnya. Bahan-bahan tersebut akan disiram dengan bumbu kacang khas gado-gado yang mempunyai rasa gurih dari bumbu kacang.

Semur Jengkol

Untuk disajikan dalam acara resepsi pernikahan, mungkin kamu akan mempertimbangkannya terlebih dahulu, karena jenis sajian ini cukup riskan untuk dikonsumsi saat berada di depan umum karena aromanya yang menyengat. Namun kamu tidak perlu khawatir dengan pengolahan yang benar aroma bau khas jengkol tidak akan terlalu kentara, karena penggemar semur jengkol tentu sangat banyak.

Sajian semur jengkol ini masih pantas untuk kamu hidangkan pada buffet di hidangan pernikahanmu. Tidak hanya pada acara pernikahan saja, bahkan acara bukan pernikahanpun banyak menghidangkan semur jengkol pada sajiannya. Sajian ini terlihat lebih unik dan berbeda sehingga akan menambah cita rasa khas Betawi yang pasti orang betawi sudah akrab dengan hidangan ini.

Asinan Jakarta

Menu catering pernikahan adat Betawi selanjutnya Asinan Jakarta. Asinan ini mirip dengan rujak yang biasa ditemukan yang terdiri dari campuran buah-buahan. Namun perbedaanya terletak pada kuah asin yang khas dengan rasanya. Asinan betawi ini terasa menyegarkan sehingga kamu bisa menyimpan hidangan ini di bagian stall sebagai pencuci mulut atau sebagai makanan pembuka.

Kamu bisa menambahkan menu ini agar suasana dari konsep Betawi menjadi lebih terasa kental. Asinan Jakarta ini bisa dimakan untuk acara di siang hari di saat tamu undangan sedang penuh, sehingga para tamu pasti akan menyukai asisan ini saat dinikmati di siang hari yang panas dengan rasanya yang enak dan menyegarkan.

Bir Pletok

Untuk minumannya menu catering pernikahan adat Betawi kamu bisa menghidangkan bir pletok sebagai minuman khas dari Betawi. Bir pletok memang lebih enak dinikmati saat masih panas, namun minuman ini juga bisa kamu sajikan dingin atau dengan suhu ruangan. Hal ini akan menambah citaras khas dari Betawi yang sering menyediakan minuman ini saat sedang bersantai.

Para tamu undangan khususnya orang Betawi asli akan sangat antusias untuk meminum minuman ini, karena saat ini bir pletok sudah jarang untuk ditemukan.

Kue Bugis Betawi

Kue bugis ini merupakan makanan yang diadaptasi dari kuliner di berbagai daerah. Kue bugis terbuat dari tepung ketan dengan isian gula merah dan kelapa parut, kue bugis bisa dibuat dari ketan hitam maupun ketan putih rasanya manis dengan tekstur yang kenyal hanya warnanya yang berbeda.

Kue bugis ini mempunyai filosofi tersendiri yaitu tepung ketan yang lengket mewakili keharmonisan dan gula merah yang manis menggambarkan kehidupan rumah tangga yang indah.

Kue Pancong

Untuk hidangan menu catering pernikahan adat Betawi manisnya kamu bisa menambahkan kua pancong dalam list sajian di acara pernikahanmu. Kue pancong bisa dijadikan sebagai makanan penutup dengan rasanya yang manis, hanya dengan mencobanya satu buah saja para tamu sudah merasa kenyang, sebab kue ini terbuat dari campuran bahan tepung terigu yang mengandung karbohidrat.

Kue ini dinamai kue pancong karena alat untuk memasak kue pancong ini dinamakan pancong, ujung alatnya yang menyerupai mata kail namun tidak tajam. Pancong ini biasa digunakan untuk membolak-balik dan mengambil kue yang sudah jadi.

Roti Buaya

Mendengan roti buaya tentunya sudah tidak asing, sesuai dengan namanya roti buaya ini mempunyai bentuk yang menyerupai dengan buaya, makanan ini merupakan salah satu makanan catering pernikahan yang wajib disediakan dalam pernikahan dengan menggunakan adat Betawi.

Kue Bacot

Kue bacot ini mengandung makna banyak bicara, kue bacot ini merupakan kumpulan kue-kue tradisional seperti uli, wajik, dan dodol. Kue ini diberi nama kue bacot karena digunakan sebagai undangan kepada saudara-saudara yang kemudian diganti dengan sejumlah uang. Uang yang terkumpul tersebut nantinya akan dikembalikan kepada calon mempelai. Kamu bisa menambahkan kue bacot ini sebagai hidangan penutup

Itu dia menu catering pernikahan adat Betawi yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi bagi kamu yang ingin menyelenggarkan acara pernikahan. Dengan menghadirkan sajian Betawi akan membuat para tamu merasa senang!


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket