Pilih Kategori Artikel

Menu Makanan Pernikahan Nasional Tradisional dan Internasional, Pilih Mana?
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Dalam sebuah acara pernikahan baik pernikahan yang kecil atau yang digelar dengan megah, catering merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipersiapkan. Hal ini diperlukan agar kamu bisa menyenangkan para tamu undangan. Lalu, menu makanan pernikahan apa yang paling yang tepat untuk disajikan?

Biasanya, vendor catering akan menawarkan banyak sekali menu yang bisa kamu pilih sesuai dengan isi dompet. Jika kamu ingin menghidangkan makanan terbaik, maka di bawah ini akan dijelaskan beberapa hidangan yang bisa kamu pilih.

Menu Makanan Pernikahan Versi Tradisional

Indonesia memiliki banyak sekali makanan khas dari berbagai daerah dengan cita rasa yang sangat unik dan bahkan makanan ini sangat disukai oleh warga negara asing.

Tentunya makanan ini bisa kamu gunakan untuk dijadikan sebagai salah satu menu dalam hidangan pernikahan kamu. Adapun beberapa referensi pilihan menu pernikahan versi tradisional adalah sebagai berikut.

1. Rendang

Menjadikan rendang sebagai salah satu menu makanan pernikahan  dalam acara pernikahan merupakan sebuah keputusan yang sangat tepat. Hal ini dikarenakan makanan khas dari Minangkabau ini merupakan makanan yang memiliki cita rasa yang sangat unik karena proses memasaknya yang sangat lama dan menggunakan rempah-rempah yang sangat banyak.

Tak tanggung-tanggung proses pemasangannya bisa menghabiskan sekitar 4 jam maka tak heran apabila masakan yang terbuat dari daging sapi ini sampai menjadi urutan pertama dalam daftar world's 50 most delicious food atau 50 hidangan terlezat yang ada di dunia versi CNN internasional pada tahun 2011. Lalu setelah itu pada tahun 2018 rendang kemudian dinobatkan sebagai salah satu makanan dari 5 hidangan nasional Indonesia.

2. Sup

Rasanya kurang lengkap apabila dalam menu makanan tersebut tidak terdapat pilihan sup. Pasalnya hampir di setiap acara pernikahan pasti akan dihidangkan sup. Menu makanan pernikahan ini memiliki cita rasa yang merupakan makanan enak dan lezat yang dibuat dari berbagai bahan-bahan seperti daging dan ayam untuk membuat kuah kaldunya dan kemudian di beri beberapa bahan lainnya seperti kacang sayur dan lain sebagainya yang direbus hingga membentuk sari.

3. Nasi Rawon

Makanan khas Jawa Timur ini bisa kamu masukkan dalam daftar menu makanan untuk acara pernikahan. Karena makanan ini sangatlah terkenal di masyarakat Indonesia dan bisa dipastikan bahwa para tamu undangan akan menyukai hidangan tersebut.

Salah satu karakteristik dari  menu makanan pernikahan  ini yaitu sangat identik dengan kuah yang hitam yang berasal dari bumbu kluwek khas Jawa Timur. Kelezatan bumbu kluwak akan dipadupadankan dengan potongan daging sapi, toge serta daun melinjo yang sudah direbus. Sehingga cita rasa yang dihasilkan akan membuat siapa saja tidak berhenti untuk memakannya.

4. Sate

Siapa yang tidak tahu dengan sate? Hampir seluruh masyarakat Indonesia menyukai makanan khas Indonesia ini. Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa sate harus masuk dalam daftar menu hidangan di acara pernikahanmu.

Di Indonesia, ada banyak sekali jenis sate yang bisa ditemukan. Mulai dari sate kambing khas Madura, Sate buntel kambing khas Semarang, Sate lilit khas Bali, sate maranggi khas Purwakerta dan masih banyak lagi.

Kamu hanya perlu memilih sate manakah yang akan kamu hidangkan dalam acara pernikahanmu sebagai menu makanan pernikahan. Atau kamu bisa menghidangkan semua jenis sate yang ada di Indonesia. Bisa dipastikan bahwa para tamu undangan akan merasa sangat bahagia, karena para tamu undangan bisa memilih jenis sate yang disukai.

5. Karedok

Dalam acara pernikahanmu nantinya, kamu juga harus mempersiapkan makanan yang terbuat dari sayuran untuk para vegetarian, agar mereka tetap bisa menyantap hidangan dengan bahagia.

Di Indonesia ada banyak sekali menu yang terbuat dari sayuran yang bisa kamu idamkan di acara pernikahan salah satu contohnya yaitu karedok. Makanan khas Sunda ini terbuat dari berbagai macam jenis sayuran.

Biasanya di dalam karedok  ini terdiri dari berbagai macam jenis sayuran segar seperti kubis, tauge, terong hijau, mentimun hingga kacang panjang. Kemudian berbagai jenis sayuran tersebut akan disiram dengan bumbu kacang khas Sunda yang terdapat cita rasa kencur di dalamnya.

Meskipun terlihat sederhana, namun bisa dipastikan bahwa para tamu tidak akan mengalihkan pandangannya dari makanan khas Sunda ini. Jadi jangan sampai kamu lupa untuk memasukkannya dalam list menu makanan pernikahan.

Versi Internasional

wm_article_img

Foto: Wallpaper Flare

Selain beberapa menu tradisional yang sudah di sebutkan di atas, kamu bisa mencoba untuk menghidangkan makanan internasional dan modern untuk para tamu undangan. Adapun beberapa contoh menu yang bisa kamu hidangkan di acara pernikahan yaitu:

1. Steak Sapi

Para pecinta daging contoh sudah tidak asing lagi dengan steak sapi yang sudah sangat terkenal. Biasanya, menu makanan pernikahan ini akan dibuat dengan cara dipanggang dan dilumuri dengan bumbu-bumbu khas yang memberikan cita rasa pada makanan yang satu ini.

Maka dari itu kamu, bisa menghadirkan steak ini dalam menu catering pernikahan. Agar para tamu undangan merasa bahagia dan senang untuk menyantap hidangan yang sudah kamu sediakan ini.

2. Kimchi

Para pecinta Korean food tentu tidak akan pernah bisa mengalihkan pandangannya dari makanan yang berasal dari Korea Selatan ini. Makanan yang satu ini memang sangat digemari oleh masyarakat Korea Selatan dan bahkan masyarakat dari berbagai negara lainnya seperti Indonesia.

Maka dari itu, kamu perlu mempertimbangkan kembali untuk menghidangkan kimchi pada saat hari pernikahan. Karena bisa dipastikan bahwa para tamu undangan akan menghabiskan hidangan tersebut.

Makanan yang merupakan asinan sayur seperti lobak dan sawi ini biasanya berwarna merah menyala. Hal disebabkan menu makanan pernikahan ini memiliki cita rasa yang sangat pedas dan ini sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia yang notabene adalah pecinta makanan pedas.

3. Tom Yumm Goong

Makanan yang berasal dari negara gajah putih atau Thailand ini bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi salah satu menu untuk acara pernikahan. Pasalnya makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat unik.

Secara kasat mata, makanan ini terlihat seperti sup dengan berbagai isian seperti ayam, jamur, udang, ikan dan berbagai bahan lainnya.

Jika kamu tertarik untuk menghidangkan menu makanan pernikahan ini, kamu bisa menghilangkannya dalam 2 cita rasa yaitu rasa gurih dan pedas. Hal ini dilakukan agar semua orang bisa menikmati kelezatan dari Tom Yumm Goong ini.

Demikianlah beberapa referensi dan rekomendasi menu-menu yang bisa kamu hidangkan dalam pernikahanmu nantinya. Biasanya untuk pemilihan menu ini tergantung pada konsep pernikahan.

Namun jika kamu ingin sedikit berbeda, maka kamu bisa menghadirkan berbagai macam menu dari berbagai adat dan negara. Agar para tamu undangan tersebut bisa menikmati berbagai menu makanan pernikahan lezat di dunia.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...