Pilih Kategori Artikel

Rekomendasi Menu Prasmanan Tema Internasional yang Dijamin Enak
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Dalam sebuah pesta pernikahan, selain  menyiapkan dekorasi pernikahan dan gaun pengantin, menyajikan buffet atau prasmanan yang enak dan lezat juga merupakan elemen terpenting. Pasalnya ketika mengadakan pernikahan, kamu tentunya mengundang orang-orang terdekat. Sebagai bentuk rasa menghargai, kamu bisa menyajikan makanan lezat yang bisa dinikmati. 

Secara umum, menu prasmanan sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu makanan tradisional dan internasional. Untuk prasmanan tradisional, terdiri dari menu makanan khas Indonesia seperti rendang, sate ayam, soto, gudeg dan makanan daerah lain. Di sisi lain, sesuai dengan namanya makanan internasional adalah makanan yang berasal dari berbagai negara di luar Indonesia. Jenis makanannya pun beragam, ada pizza, sushi, zoupa zoup dan lain-lain.

Seperti halnya makanan Indonesia, hidangan internasional juga dibagi menjadi tiga jenis yaitu appetizer (makanan pembuka), main course (menu utama) dan dessert (makanan penutup). Tentunya semua makanan tersebut tidak langsung dicampur menjadi satu, melainkan dimakan satu persatu mulai dari appetizer, main course, hingga dessert. Bagi kamu yang berminat menyajikan makanan internasional di pesta pernikahan, namun masih bingung menu apa saja yang disajikan, simak rekomendasi di bawah ini:

APPETIZER

  • Garden Salad

wm_article_img

Rekomendasi pertama dibuka dengan appetizer atau makanan pembuka. Sesuai dengan namanya, appetizer memang disajikan diawal sebelum makanan utama. Sebagai makanan pembuka, tentunya appetizer tidak boleh terlalu berat. Salah satu rekomendasi makanan yang cocok dijadikan menu makanan pembuka adalah garden salad.

Makanan satu ini terbuat dari berbagai macam sayuran yang ditanam di kebun, seperti tomat, selada, timun, bawang, wortel dan lain-lain. Semua bahan tersebut lalu dicampur dengan saus salad yang terbuat dari minyak zaitun, sedikit cuka, garam dan merica. Dengan berbagai macam bahan yang dicampur dalam salad tersebut, membuat garden salad punya cita rasa unik. Rasa garden salad tidak hanya didominasi rasa asam, tapi gurih dan memberikan kesegaran disaat bersamaan. 

  • German Potato Salad

wm_article_img

German potato salad atau Kartoffelsalat adalah salad khas Jerman yang terbuat dari kentang. Jenis salad satu ini cocok dijadikan referensi untuk para tamu yang tidak terlalu menyukai sayuran, namun tetap ingin memakan salad. Pasalnya, German potato salad terbuat dari berbagai bahan. Tidak hanya terbuat dari sayuran tapi juga dicampur dengan protein seperti daging sapi dan telur.

Dengan campuran kedua bahan tersebut diharapkan orang-orang yang tidak menyukai sayuran bisa tetap menikmatinya. Selain daging dan telur, German potato salad juga berisi kentang yang bermanfaat untuk mengenyangkan. Bagi para tamu yang punya porsi makan sedikit, German potato salad bisa menjadi pilihan terbaik untuk dicoba. 

  • Shrimp and Mango Salad

wm_article_img

Jika salad sebelumnya berasal dari barat, maka Shrimp and Mango Salad justru berasal dari negara tetangga, lebih tepatnya Vietnam. Masakan Vietnam satu ini punya keunikan sendiri yang terletak pada rasa dan tampilannya. Bagaimana tidak? Shrimp and Mango Salad terbuat dari campuran berbagai bahan seperti udang, mangga, tomat, wortel, kemangi, cabai merah dan bawang. Campuran dari semua bahan tersebut menciptakan tampilan makanan yang colorfull membuat siapa saja yang melihat tertarik untuk langsung menyantapnya.

Walaupun punya rasa dan tampilan yang unik, Shrimp and Mango Salad termasuk makanan yang mudah dibuat. Kamu cukup rebus udang selama 3-5 menit hingga udang berubah warna. Setelah itu kupas dan campurkan dengan bahan-bahan lain termasuk kecap ikan dan knorr lime dan flavoured powder.

MAIN COURSE

  • Butter Rice

wm_article_img

Jika nasi tradisional di Indonesia biasa dicampur dengan santan, maka nasi di negara lain juga bisa ditambah dengan bahan-bahan lain seperti butter untuk memperkuat cita rasa. Nasi campur butter biasa disebut dengan butter rice. Pencampuran kedua bahan tersebut bertujuan untuk menciptakan nasi yang memiliki aroma wangi dan rasa yang gurih. 

Butter rice sangat direkomendasikan untuk kamu hidangkan di acara pernikahan. Hal ini tidak lepas dari masyarakat Indonesia yang sangat erat dengan nasi sehingga dengan menghidangkan butter rice diharapkan bisa menggugah selera  makan para tamu. Butter rice bisa dikombinasikan dengan berbagai lauk-pauk seperti beef teriyaki, butter crispy bolognese, dan smoke beef.

  • Chicken Piccata

wm_article_img

Chicken piccata adalah makanan khas Italia yang terbuat dari ayam yang disajikan bersama saus lemon, mentega dan capers. Walaupun nama makanan satu ini tergolong susah karena berasal dari Italia, namun proses pembuatannya tidak susah loh, bahkan bahan-bahan yang dibutuhkan pun tergolong sedikit.

Kamu cukup siapkan dada ayam, jeruk lemon, minyak zaitun, tepung terigu, capers, garam dan  gula. Bahan-bahan tersebut lalu dimasak menjadi satu hingga tercipta chicken piccata yang dipenuhi oleh saus lemon. Dengan campuran bahan-bahan tersebut, menciptakan chicken piccata yang mempunyai rasa manis, gurih, asin dan asam. Semua rasa tersebut melebur menjadi satu membuat siapa saja yang menyantapnya tidak akan menyesal.

  • Bibimbap

wm_article_img

Siapa yang tidak tahu makanan Korea Selatan? berkat meledaknya budaya populer Korea, membuat makanan khas negara tersebut pun menjadi berkembang ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu makanan khas Korea yang tengah populer di kalangan masyarakat adalah bibimbap. Bibimbap merupakan nasi campur khas Korea yang terbuat dari nasi dengan tambahan berbagai topping seperti tauge, timun, wortel, daging, telur, bayam, sawi yang dipadukan dengan saos gochujang atau saos khas Korea. Bibimbap biasa disajikan dengan mencampurkan berbagai topping hingga nasi, lauk dan saos tercampur menjadi satu. Walaupun bibimbap punya tampilan yang sederhana, namun cita rasa yang diberikan bukan kaleng-kaleng.

  • Chicken Cordon Bleu

wm_article_img

Hidangan olahan ayam ini merupakan masakan yang berasal dari Swiss. Untuk membuatnya tidak sulit, kamu membutuhkan daging ayam fillet, tepung, telur dan roti untuk menggulungnya. Yang spesial dari hidangan ini yakni adanya isian berupa daging serta keju mozarella. Ketika digoreng, chicken cordon bleu menjadi renyah di luar namun sangat juicy di bagian dalamnya. Karena rasanya yang begitu lezat, masakan ini merupakan salah satu hidangan yang banyak penggemarnya. Tak ada salahnya kamu memasukkannya juga ke dalam daftar menu prasmanan untuk pernikahanmu nanti, dijamin laris manis, deh!

DESSERT

  • Bem Casados

wm_article_img

Rekomendasi dessert pertama adalah Bem Casados. Makanan penutup satu ini memang tidak terlalu familiar di Indonesia, namun sangat terkenal di Brazil. Bem Cazados memang lahir dari Brazil namun berkat kelezatannya membuat makanan ini menyebar ke seluruh dunia. Bem cazados mempunyai bentuk seperti kue sponge dengan isian selai, egg curd, dan saus caramel. Ukurannya yang kecil membuat Bem Casados tidak hanya cocok dijadikan sebagai makanan penutup tapi juga dijadikan sebagai hadiah yang dibawa pulang oleh tamu. Untuk lebih menarik perhatian, kamu bisa membungkus Bem Casados dengan plastik berbentuk lucu sehingga para tamu tertarik dan tidak segan-segan untuk membawanya pulang. 

  • Yaksik

wm_article_img

Jika makanan penutup sebelumnya berasal dari benua Amerika, maka makanan penutup yang satu ini berasal dari Asia, lebih tepatnya dari Korea Selatan. Yaksik punya bentuk persegi dengan ukuran yang kecil. Yaksik sendiri terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan gula merah. Untuk menambah kelezatan, yaksik ditambah dengan chestnut, kismis atau kacang pineBeberapa bahan tambahan di yaksik sering disimbolkan sebagai jumlah anak yang dilahirkan oleh pengantin. Oleh karena itu tidak heran semakin banyak bahan tambahan dalam yaksik maka semakin tinggi pula harapan pengantin untuk memiliki anak banyak.

  • Tangyuan

wm_article_img

Dessert terakhir berasal dari Tiongkok yaitu tangyuan. Dalam masyarakat Tiongkok, mereka sering menyajikan tangyuan sebagai makanan penutup di pesta pernikahan. Mereka percaya bahwa dengan memakan tangyuan pernikahan akan dilancarkan. Tangyuan punya bentuk bola-bola yang terbuat dari tepung ketan dengan tekstur kenyal. Tangyuan biasa disajikan dalam mangkok dan disiram dengan kuah manis.

Secara sekilas tangyuan punya tampilan yang hampir sama dengan wedang ronde, namun dari segi rasa berbeda jauh. Jika wedang ronde punya rasa cenderung pedas karena terdapat campuran jahe di dalamnya, maka tangyuan justru punya rasa manis serta kenyal.

Itulah beberapa rekomendasi menu prasmanan internasional yang dapat kamu sajikan di pesta pernikahan nanti. Rekomendasi di atas diharapkan bisa menjadi solusi bagi kamu yang masih bingung dalam menentukan menu prasmanan. Jangan lupa sebelum menentukan menu, kamu juga harus melihat selera para tamu. Jika tamu yang datang sudah familiar dengan makanan internasional, maka tidak ada salahnya untuk menyediakan makanan tersebut. Namun jika sebaliknya, maka jangan ragu untuk menyajikan makanan tradisional khas Indonesia, karena tidak ada yang lebih melegakan dari melihat tamu yang bahagia menyantap makanan yang telah dipersiapkan. 

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...