Pilih Kategori Artikel

Pengin Merancang Konsep Pernikahan Akad Saja? Simak Ide beserta Tipsnya di Sini!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Tidak ada salahnya bila calon pengantin menginginkan konsep pernikahan akad saja. Selain menghemat biaya, pernikahan hanya dengan melangsungkan akad nikah juga bisa membuat interaksi orang-orang terdekat semakin hangat dan intim.   

Namun, sebelum merencanakan akad nikah, kamu dan pasangan harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, termasuk konsep akad nikah itu sendiri. Ada beberapa ide konsep pernikahan akad saja yang bisa kalian sontek untuk hari bahagia nanti. Simak, yuk!

1. Akad nikah di KUA

wm_article_img
Fotografi: Oneclick.id

Konsep pernikahan akad saja yang satu ini bisa menjadi pertimbangan bila kamu dan pasangan ingin menekan bujet pernikahan. Hal ini dikarenakan, akad nikah yang dilangsungkan di KUA tidak mengeluarkan biaya sama sekali alias gratis. 

Namun, kalian hanya bisa melaksanakan akad nikah di hari Senin sampai dengan Jumat, sesuai dengan jam operasional KUA setempat, ya. Akad nikah di KUA juga harus didaftarkan paling lambat 10 hari (hari kerja) sebelum tanggal pernikahan yang diinginkan. 

Konsep akad nikah ini tergolong sederhana dan simpel, sehingga cocok untuk pasangan yang kurang begitu menyukai hiruk-pikuk pesta pernikahan. 

Untuk memeriahkan akad nikah di KUA yang kamu dan pasangan jalani, pilihlah pakaian formal yang nyaman dan sesuai dengan karakter kalian. Kalian juga bisa mengundang sahabat dekat dan anggota keluarga inti agar suasana semakin hangat. Setelah akad nikah dilangsungkan, ajaklah keluarga dan sahabat yang hadir untuk makan siang bersama, sekadar syukuran dan merayakan kebahagiaan bersama. 

2. Akad nikah di rumah 

wm_article_img
Fotografi: Republik Gambar

Akad nikah yang dilaksanakan di rumah memberikan nuansa yang lebih hangat, karena dikelilingi oleh keluarga yang sejak kecil hingga dewasa berada di sisi kalian. Kenangan yang ditorehkan pun menjadi lebih indah dan nilai plusnya lagi adalah bisa memangkas bujet sewa gedung. 

Beragam area di rumah, seperti ruang tamu, teras, atau garasi bisa disulap menjadi lokasi akad nikah dengan dekorasi sederhana tapi elegan. Kamu bisa menghias area rumah dengan rangkaian bunga kertas dan memasang taplak meja berwarna putih sebagai meja akad. Terdengar sangat cantik, bukan?  

Namun, pastikan kalian mempertimbangkan jumlah tamu yang hadir, jangan sampai berlebihan dan mengganggu kenyamanan warga lain, ya. 

Selain itu, komunikasikan dengan petugas KUA terkait, untuk menyesuaikan jadwal akad nikah dengan penghulu yang akan menikahkan. Jangan sampai jadwal akad nikah kalian bentrok dengan jadwal akad nikah pasangan lain. Informasikan kepada penghulu tentang alamat rumah kalian sedetail mungkin, agar beliau tidak bingung dan berujung terlambat datang ke acara akad nikah. 

3. Akad nikah di masjid 

wm_article_img
Fotografi: Faralljibrill Official

Dengan resepsi ataupun tidak, akad nikah di masjid kerap menjadi primadona calon pengantin. Banyak alasan di balik pemilihan tempat akad nikah ini, salah satunya adalah kesakralan. Nuansa sakral begitu kental terasa saat pengantin melaksanakan salah satu bentuk ibadah, yaitu menikah, di masjid. Cinta putih nan suci berlabuh dengan indah di rumah sang pemilik kehidupan. 

Untuk konsep pernikahan akad saja di masjid, tidak perlu dekorasi yang mewah atau meriah, ya, Dears. Kembali lagi, masjid merupakan rumah ibadah yang suci dan harus kita hormati. Cukup dekorasi sederhana dan hiasan meja akad dengan bunga putih segar sudah bisa menghidupkan acara akad nikah kamu. 

Jika ingin melakukan akad nikah di masjid, usahakan untuk memulai acara di pagi hari dan akhiri sebelum adzan Dzuhur berkumandang, ya. Dengan begitu, acara kalian tidak mengganggu kenyamanan orang lain yang akan beribadah di masjid tersebut. 

4. Akad nikah outdoor

wm_article_img
Foto: Ami Dekorasi

Konsep pernikahan outdoor banyak diminati calon pengantin akhir-akhir ini. Selain menciptakan suasana yang sunyi dan intim, konsep pernikahan akad saja yang dilangsungkan di ruang terbuka juga dapat meminimalkan penyebaran kuman penyakit, terlebih saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. 

Kamu dan pasangan bisa menggunakan dekorasi rustic atau country dengan susunan meja dan kursi kayu serta bunga segar untuk mempercantik acara akad nikah. Venue outdoor dengan kolam renang atau fasilitas barbeku juga bisa kalian pilih, agar acara setelah akad nikah tidak hanya bersalaman dengan mempelai pria dan wanita. 

Tidak perlu mencari venue yang blusukan sampai ke hutan atau pedesaan, karena saat ini banyak hotel yang menyediakan taman atau rooftop khusus untuk acara-acara besar seperti pernikahan. Selain memberikan kesan intim, akad nikah di outdoor juga membuat hasil foto pernikahan kalian lebih maksimal, karena cahaya alami yang terpancar dari sinar matahari. 

5. Akad nikah di kafe atau restoran 

wm_article_img
Fotografi: Faralljibrill Official

Selebrasi pernikahan dengan akad nikah saja tetap akan terasa syahdu dan khidmat, asal disusun dengan rapi, detail, dan memenuhi seluruh aspek yang dibutuhkan dalam pesta pernikahan. Salah satu venue akad nikah yang menawarkan hal tersebut adalah kafe atau restoran. 

Dengan mengadakan akad nikah di kafe atau restoran, calon mempelai tidak perlu repot-repot mencari vendor terpisah. Hal ini dikarenakan, kafe atau restoran biasanya menyediakan paket komplet berupa venue, dekorasi, katering, hingga entertainment dengan harga yang kompetitif. Biasanya, pembelian paket dengan jumlah tertentu juga bisa mendapatkan diskon atau keuntungan lain, seperti wedding gift atau voucher makan di restoran tersebut. 

Selain itu, banyak kafe atau restoran yang juga menawarkan venue indoor, outdoor, bahkan semi outdoor, sehingga kamu dan pasangan bisa memiliki banyak pertimbangan. Ada juga restoran dengan nuansa Jawa yang kental, mulai dari hidangan hingga dekorasi, yang semakin menghidupkan prosesi adat Jawa. 

6. Akad nikah di gedung 

wm_article_img
Fotografi: Faralljibrill Official

Meski erat kaitannya dengan kesederhanaan, konsep pernikahan akad saja juga bisa, lho, dilangsungkan di gedung. Gedung dengan kapasitas minimalis bisa kalian pilih, bila ingin pelaksanaan akad nikah tetap hangat dan intim. 

Penyelenggaraan akad nikah di gedung cocok untuk calon mempelai yang ingin menggunakan adat dari daerah tertentu. Tata letak gedung yang pas dan bebas dari kekhawatiran akan perubahan cuaca membuat dekorasi tradisional bisa berdiri apik dan elegan menghiasi acara akad nikah. 

Akad nikah di gedung juga memudahkan vendor katering untuk menyajikan hidangan kepada anggota keluarga dan tamu yang kalian undang. Karena waktu sewa gedung terbatas, pelaksanaan konsep pernikahan akad nikah saja cukup efektif untuk beramah-tamah bersama tamu undangan dan sesi pengambilan foto. 

wm_article_img
Fotografi: Republik Gambar

Gimana, ingin mencoba akad nikah di gedung, Dears? Apapun konsepnya, pernikahan tetap menjadi prosesi suci penyatuan dua insan di hadapan TuhanNya. Oleh karena itu, akad nikah sebaiknya dilaksanakan di tempat yang nyaman dan sesuai dengan kesanggupan dari calon pengantin beserta keluarga, ya. 

Jika kamu dan pasangan merencanakan konsep pernikahan akad saja, tak ada salahnya untuk menggunakan jasa wedding organizer agar akad nikah impianmu berjalan dengan lancar dan sesuai yang diharapkan. Beragam wedding organizer profesional bisa kalian pilih di WeddingMarket, ya, Dears! Selamat menyusun rencana bahagia!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...