Pilih Kategori Artikel

Tips Jitu untuk Dekorasi Ruang Akad Nikah, Simple but Elegant!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Dekorasi ruang akad nikah terkadang agak terlewat untuk terpikir oleh calon mempelai, sebab biasanya akad nikah dilakukan di masjid atau di ruang yang sama dengan resepsi. Jika akad nikah dilakukan di ruang yang sama dengan tempat resepsi dilakukan, maka hal ini tidak menjadi masalah. Karena dekorasinya sudah “satu paket” dengan dekorasi ruang resepsi.

Begitu pula jika akad nikah dilakukan di masjid, hal ini juga tidak jadi masalah. Karena, selain memang tidak umum atau kurang layak jika masjid didekorasi, kebanyakan masjid memang sudah memiliki dekorasi yang indah dan cantik. Sehingga tidak perlu diberikan tambahan hiasan apapun.

Walaupun demikian, dekorasi ruang akad nikah bukanlah suatu hal yang bisa diabaikan begitu saja. Bahkan, meskipun dilaksanakan di lokasi yang sama dengan resepsi diadakan, ruangan ini tetap membutuhkan perhatian dari calon mempelai.

Misalnya saja, hiasan kursi dan meja pelaksanaan akad, susunan tempat duduk orang tua masing-masing mempelai, susunan tempat duduk keluarga dan tamu, serta dekorasi meja tempat hidangan akad. Apalagi jika dilaksanakan di ruang yang sama dengan resepsi, maka dekorasi ruangan ketika akad dilaksanakan, tidak boleh bentrok dengan dekorasi resepsi atau menambah keramaian dekorasi ruang resepsi.

Oleh karena itulah, dekorasi ruang akad nikah ini menjadi salah satu yang juga penting untuk direncanakan dengan baik bagi calon mempelai ketika mengurus dekorasi pernikahan secara keseluruhan. Berdasarkan hal tersebut, timbul pertanyaan bagaimanakah tips mendekor ruang akad nikah?

Nah, berikut adalah tips jitu untuk dekorasi ruang akad nikah agar terlihat simple tapi tetap elegan:

1. Sesuaikan dengan tema resepsi, tapi buat lebih sederhana

wm_article_img
Dekorasi: Sakinah Decoration

Akad nikah adalah momen terpenting dari suatu pernikahan. Pada waktu inilah, pernikahan dianggap sah secara agama maupun negara. Berdasarkan kepercayaan, waktu berdoa setelah akad nikah bahkan dianggap sebagai salah satu yang waktu yang doanya akan dikabulkan Allah SWT.

Hal-hal inilah yang membuat suasana akad nikah begitu sakral. Sehingga, dekorasi pada saat akad ini memang sebaiknya disesuaikan dengan keagungan suasana sakral tersebut, dengan tidak membuat dekorasi yang terlalu heboh. Dekorasi ruang akad nikah yang sederhana akan membuat suasana semakin sakral.

Warna yang biasanya dipilih sebagai warna akad nikah adalah putih, karena putih melambangkan kesucian, sama seperti kesucian peristiwa ini. Kalau akad nikah dilaksanakan di masjid, maka tidak perlu menambah dekorasi apapun, cukup dengan taplak meja putih yang cantik (bersulam atau berenda) atau taplak meja dari kain batik.

Akan tetapi, kalau akad nikah dilaksanakan di ruang yang sama dengan resepsi, maka tidak perlu menambah dekor apapun di ruangan, cukup dengan penambahan meja dan kursi sesuai dengan tema resepsi. Biasanya, kursi lipat yang dilapisi kain kursi berwarna putih, begitu juga dengan meja yang dilapisi taplak putih.

Boleh ditambahkan pot bunga di  beberapa sudut ruangan. Begitu juga dengan keempat sudut meja, bisa ditempelkan bunga plastik. Bunganya pun yang sesuai dengan tema dekorasi resepsi.

2. Sesuaikan dengan kondisi kenyamanan pihak-pihak yang terlibat pada akad

wm_article_img
Dekorasi: CUA Decoration

Beberapa akad nikah dilakukan dengan duduk langsung di karpet (bukan duduk di kursi). Untuk beberapa orang, memang akan merasa lebih sakral jika akad nikah dilakukan dengan duduk bersila atau bertumpu di atas karpet. Akan tetapi, jika ayah calon mempelai perempuan sebagai wali nikah, penghulu, atau saksi pernikahan sudah berusia lanjut, yang mana sulit untuk duduk langsung di karpet, maka sebaiknya pernikahan dilakukan dengan duduk di kursi.

Begitu juga dengan baju akad nikah calon mempelai perempuan yang mungkin akan lebih mudah kusut kalau duduk di karpet. Suasana sakral akad nikah ini sangat membutuhkan kenyamanan bagi para pihak yang terlibat pada akad nikah tersebut, sehingga sebaiknya kenyamanan ini diutamakan dalam melakukan dekorasi ruang akad nikah.

3. Jangan abaikan kondisi cahaya dan suhu ruangan

wm_article_img
Fotografi: Foursecond Image

Momen paling penting ini pun harus mendapatkan perhatian ekstra pada kondisi cahaya ruangan maupun suhu ruangan. Jangan sampai fotografer atau tamu undangan kesulitan mengabadikan momen sakral ini dikarenakan minimnya cahaya pada ruangan.

Oleh karena itu, saat melakukan dekorasi ruang akad nikah penting untuk mempertimbangkan lokasi duduknya calon mempelai agar lebih elok untuk difoto dari sudut tertentu. Kondisi suhu ruangan juga perlu diperhatikan, agar para pihak terkait, terutama ayah calon mempelai perempuan dan calon mempelai laki-laki yang akan mengucapkan ijab kabul tidak merasa gerah.

Ucapan ijab kabul ini saja sudah bisa membuat mereka merasa kepanasan, karena berdebar-debar ketika mengucapkan janji penting di hadapan Tuhan. Jadi, jangan sampai membuat mereka semakin kegerahan ya.

4. Perhatikan juga lokasi fotografer mengambil foto dan video akad

wm_article_img
Dekorasi: CUA Decoration

Peristiwa akad nikah sudah selayaknya dapat terdokumentasi dengan baik. Pasangan calon mempelai memang sudah menyewa jasa fotografer untuk mengabadikan peristiwa ini. Namun, beberapa tamu dari keluarga dan teman-teman dekat calon mempelai biasanya juga tidak ingin ketinggalan mengabadikan momen tersebut. Apalagi saat ini, sudah banyak calon mempelai yang ingin acara akad nikahnya disiarkan live di media sosial.

Oleh sebab itu, para perekam momen ini sebaiknya diatur sedemikian rupa, sehingga tidak saling mengganggu satu sama lain ketika mengambil foto atau video pelaksanaan akad. Fotografer profesional yang disewa serta orang yang merekam acara secara live di akun media sosial mempelai sebaiknya diutamakan, sehingga mereka mendapatkan hasil foto dan video terbaik.

5. Sediakan area dan peralatan upacara setelah akad

wm_article_img
Dekorasi: Suryo Decor

Dalam dekorasi ruang akad nikah, jangan sampai melupakan tata ruang untuk sungkeman. Sungkeman adalah salah satu upacara setelah akad yang paling sering diselenggarakan. Peralatan yang dibutuhkan pada sungkeman sebetulnya hanyalah kursi tempat duduk kedua orang tua mempelai.

Karena tidak butuh banyak peralatan, biasanya hal tersebut diabaikan. Kursi diambil dari kursi akad atau kursi resepsi saja. Sebenarnya hal tersebut tidak terlalu bermasalah. Akan tetapi, menimbulkan sedikit kerepotan dan kelebihan pada saat pemindahan kursi, sementara mempelai dan kedua orang tuanya harus menunggu pengaturan kursi-kursi tersebut. Padahal mereka juga dikejar waktu untuk dihias dan ganti baju resepsi.

Jadi, sebaiknya untuk menghemat waktu, sudah ada kursi yang dipersiapkan bagi upacara sungkeman ini. Selain penyediaan kursi, alur mempelai berjalan dari tempat akad ke sungkeman juga sebaiknya diatur dengan baik, jadi lebih rapi. Setelah sungkeman, biasanya ada foto bersama kedua mempelai dan keluarga.

Hal ini juga butuh dekorasi dan pengaturan yang baik, supaya foto ini terlihat indah.  Ada baiknya menggunakan background yang berbeda dengan suasana resepsi pada foto setelah akad tersebut, sehingga terlihat suasana pernikahan yang lebih variatif dan tidak membosankan (latar belakang foto yang “itu-itu saja”).

6. Yang terpenting, sesuaikan dengan budget pernikahan

wm_article_img
Dekorasi: Suryo Decor

Bagaimanapun dekorasi ruang akad nikah yang diinginkan, yang terpenting tetaplah menyesuaikan dengan budget pernikahan. Jika memang budget cukup terbatas, tidak ada salahnya jika dekorasi ruang akad nikah dibuat sama saja dengan dekorasi ruang resepsi tanpa ditambah dekorasi apapun, kecuali penambahan kursi dan meja akad nikah.

Itulah enam tips yang perlu diperhatikan dalam melakukan dekorasi ruang akad nikah. Semoga tips ini membantu kalian, para calon mempelai yang sedang merencanakan dan mempersiapkan pernikahan.

Agar persiapan pernikahan kamu semakin matang, jangan lupa hadiri WeddingMarket Fair pada tanggal 26-27 Agustus 2023 yang akan diadakan di The Krakatau Grand Ballroom. Mengusung tema Dreamy of Aurora, pameran pernikahan yang mengkolaborasikan konsep Internasional dan tradisional ini akan banyak menyediakan segala yang kamu butuhkan untuk mewujudkan wedding dream.

Selain itu, ada banyak pula keuntungan yang bisa kamu dapatkan selama pameran berlangsung, diantaranya:

  • kesempatan memenangkan grand prize dengan total nilai ratusan juta rupiah
  • mendapatkan hadiah langsung berupa produk dan jasa vendor partisipan
  • promo spesial dari berbagai vendor partisipan
  • voucher diskon untuk berbelanja selama pameran
  • mengikuti berbagai talkshow menarik seputar pernikahan
  • menikmati beragam dekorasi estetik dan photobooth menarik
  • free test food dari vendor catering terbaik

Tiket masuk WeddingMarket Fair dapat dipesan melalui loket.com secara gratis. Yuk, langsung pesan tiketnya di sini!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...