Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Model Baju Bridesmaid Berbahan Brokat Untuk Para ‘Bridesmaid on Duty’
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Menjadi seseorang yang berarti bagi sahabat merupakan suatu kebagaan tersendiri. Kamu juga pasti turut bahagia ketika mendengar sahabatmu akan menikah dan ia memercayakanmu untuk mengiringinya di momen sakral yang penuh kebahagiaan itu. Terlebih jika sahabatmu meluangkan waktunya untuk membelikan kain yang istimewa untukmu dan beberapa sahabat dekat lainnya untuk dijadikan seragam bridesmaids.

Setelah itu kamu pasti akan membayangkan, model baju bridesmaid seperti apa yang cocok untuk kain tersebut. Salah satu kain yang paling sering digunakan dan populer untuk busana pernikahan adalah kain brokat. Dengan kain ini, kamu bisa membuat penampilanmu menjadi elegan dan sophisticated di pesta pernikahan sahabatmu.

wm_article_img

Karakteristik Kain Brokat

Bahan yang satu ini merupakan jenis kain yang kaya akan dekorasi, biasanya terbuat dari sutra berwarna dengan atau tanpa benang emas dan perak. Kain ini juga sering digunakan menjadi bahan utama untuk pembuatan kebaya, gaun, dan lain sebagainya. Corak yang ditampilkan biasanya terdiri dari beberapa elemen seperti bunga, tumbuhan, dan berbagai elemen alam lainnya.

Dibalik keindahannya, beberapa jenis bahan brokat memiliki kelemahan, dimana akan terasa gatal dan kurang nyaman di kulit. Oleh karena itu, kamu harus melapisi bagian dalamnya dengan kain halus atau semacam furing. Jangan khawatir akan kehilangan keindahannya, justru perpaduan ini akan membuat penampilanmu semakin memukau. Selain itu, kain ini juga tak mudah kusut sehingga kamu tak perlu memberikan perawatan khusus. Bukankah kain ini cocok sekali untuk berkegiatan sehari penuh di pernikahan sahabat dekatmu?!

Kenali Jenis Kainnya

Seperti yang diketahui, ada banyak jenis brokat yang biasa digunakan untuk gaun atau kebaya pesta. Sebelum menyulapnya menjadi baju bridesmaid yang cantik, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jenis kain brokat seperti apa yang ada di tanganmu. Berikut beberapa jenis kain brokat yang ada di pasaran.

  • Kain Brokat Tulle

Dengan bahan dasar tulle, kain brokat akan menjadi ringan dan nyaman dipakai. Motifnya juga tergolong simple dan halus jatuh di badanmu ketika dikenakan. Harga untuk jenis kain ini juga terbilang cukup terjangkau dan motif bunga yang sangat beragam

  • Kain Brokat Tulle 3D

Bentuk lebih menawan dari kain tulle biasa. Hanya saja, motif dari jenis yang satu ini lebih timbul sehingga memberikan efek 3D yang mewah. Tanpa menambahkan payet atau akson lainnya kamu sudah terlihat cantik dan menarik.

  • Kain Brokat Prada

Kain brokat jenis ini memiliki harga yang lebih mahal dari yang lainnya. Teksturnya timbul dan tegas mirip dengan brokat tulle 3D hanya saja lebih berat dan menimbulkan kesan mewah pada pemakainya.

  • Kain Brokat Jepang

Jenis kain yang satu ini memiliki ciri khas motif bunga yang tersebar di seluruh kain. Pola yang tersebar juga tidak terlalu besar dengan jarak yang berdekatan. Kain ini akan menempel dengan cantik di badan kamu.

  • Kain Brokat Italy

Karakteristik dari kain brokat jenis ini adalah menghadirkan bordiran dan payet pada motifnya. Tipe kain ini juga sangat variatif mulai dari motif, bordiran, hingga jenis payet yang digunakan.

  • Kain Brokat Prancis

Seperti namanya, kain ini mulanya dibuat dan didesain di Perancis. Material yang digunakan beragam dengan motif flora dan tambahan payet. Brokat jenis ini termasuk brokat premium dengan harga yang relatif tinggi.

  • Kain Brokat Corneli

Jenis kain brokat yang satu ini merupakan yang paling banyak diminati karena dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Corneli memiliki permukaan benang yang timbul, halus, dan lentur saat dikenakan. Aksen benang tersebut seringkali disebut dengan chord.

Model Baju Bridesmaid dengan Kain Brokat

Untuk model baju atau gaun yang bisa dikreasikan dari bahan brokat sangatlah bervariasi tak hanya model kebaya saja. Selain kamu bisa mengaplikasikan bahan brokat untuk dijadikan kebaya bridesmaid klasik hingga modern, material ini juga cocok untuk baju model gaun. Desainnya pun bisa disesuaikan dengan selera. Sebagai referensi, berikut model baju bridesmaid dari bahan kain brokat yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Kebaya Tunic Berbahan Brokat

wm_article_img

Kebaya model tunic dari bahan brokat adalah salah satu pilihan model baju bridesmaid paling nyaman yang bisa kamu kenakan. Potongannya yang longgar membuatmu lebih leluasa untuk bergerak. Model baju bridesmaid tunik seperti ini bisa kamu padu padankan dengan kain batik, songket, ataupun sutera sebagai bawahannya.  Tak hanya terlihat cantik, kebaya tunik juga memberikan kesan elegan bagi penggunanya. 

2. Long Cape Dress

wm_article_img

Selanjutnya, kamu juga bisa mengkreasikan bahan brokat dari sahabat tercintamu untuk dijadikan gaun long cape yang begitu cantik dan anggun. Tentu saja, bahan brokat yang dijadikan sebagai cape, kemudian kamu bisa kombinasikan dengan bahan lainnya seperti satin atau crepe untuk dress dalamannya. Gaun brokat kombinasi satin atau crepe seperti ini dijamin akan membuat penampilanmu semakin memesona ketika mendapat tugas sebagai bridesmaid di hari pernikahan sahabat.

3. Gaun Abaya

wm_article_img

Jika kamu menyukai tampilan yang simple namun elegan, maka model gaun bridesmaid model abaya adalah pilihan yang tepat. Bahan brokat yang cantik dibuat menjadi sebuah gaun dengan potongan yang lurus dan longgar, meski terkesan sederhana dress bridesmaid ini tampak anggun dan bersahaja. Model bridesmaid dress abaya ini cocok dikenakan bagi kamu yang berhijab maupun tidak.

4. Model Tunic Outer

wm_article_img

Selain dijadikan gaun atau kebaya bridesmaid, bahan brokat dapat pula disulap menjadi outer yang cantik. Outer atau luaran ini nantinya bisa kamu padu padankan dengan berbagai model siluet gaun sebagai dalamannya. Kelebihan model baju brokat seperti ini dimana kamu bisa melepas pasang outer tersebut sehingga bisa memberikan pilihan gaya yang bermacam-macam. Dengan satu outer yang sama, kamu bisa mix and match dengan berbagai variasi gaun, seperti A-line, mermaid, dan sebagainya.

5. Off Shoulder

wm_article_img

Model kebaya atau gaun off shoulder menjadi salah satu pilihan baju bridesmaid terbaik yang bisa kamu coba untuk tampilan yang lebih feminin. Model dress ini menonjolkan bagian bahu sehingga membuat garis siluet gaun menjadi lebih terlihat jelas. Apalagi dengan menggunakan bahan brokat yang memiliki detail yang indah, baju bridesmaid-mu dijamin akan mencuri perhatian. Selain dibuat menjadi gaun, kamu juga bisa menggunakan model ini untuk kebaya. 

6. Wrapped Dress

wm_article_img

Untuk kesan yang lebih classy sekaligus feminin, model gaun brokat wrapped seperti ini bisa dicoba. Pada dasarnya model baju bridesmaid yang satu ini terinspirasi dari flare dress biasaNamun dengan potongan V-neckline serta aksen ikatan pita di pinggang, gaun brokat yang satu ini tampak lebih manis. Inspirasi gaun bridesmaid yang satu ini wajib kamu tandai, nih!

7. A Line Dress

wm_article_img

Simple, elegan dan feminin, itulah kesan pertama yang muncul ketika kamu mengenakan gaun brokat bermodel A-line. Gaun yang satu ini tak hanya membuatmu jadi terlihat anggun, tapi juga sangat manis tanpa berlebihan. Bagi bridesmaid yang berkerudung, kamu bisa memadupadankannya dengan hijab polos supaya kesan clean dan elegannya tetap bisa terpancarkan, ya! 

8. Maxi Dress

wm_article_img

Model maxi dress juga sangat cocok dengan menggunakan bahan brokat. Jika kamu menyukai tampilan yang glamor, maka pilihan gaun ini bisa memuaskanmu. Kombinasi gaun maxi dan heels membuatmu tampak bak putri-putri kerajaan. 

9. Shanghai Neck

wm_article_img

Bergaya dengan sentuhan oriental pada pernikahan sahabat? Kenapa tidak! Kamu bisa mencoba gaun brokat dengan aksen kerah Shanghai. Model gaun bridesmaid unik ini akan sangat cocok bila dipadukan dengan gaya rambut updo atau sanggul simple, maupun gaya half-up half down sehingga semakin menegaskan bentuk kerah baju brokat cantik ini.

10. Model Ruffle

wm_article_img

Terakhir, model gaun dengan aksen ruffles. Cocok buat para bridesmaid yang ingin terlihat lebih cute dan menggemaskan. Ternyata bahan brokat juga sangat cantik, loh, dibentuk menjadi model gaun ruffles yang menggemaskan! Aksen ruffles atau kerutan bisa kamu tambahkan pada bagian pergelangan tangan, bodice, ataupun bagian bawah gaun. Untuk panjang gaunnya, kamu bisa sesuaikan dengan selera.

Itulah beberapa ulasan kain brokat beserta inspirasi model baju bridesmaid. Sebenarnya, ada banyak sekali model baju bridesmaid yang bisa kamu jadikan referensi. Tinggal bagaimana kamu pandai-pandai mempelajari bahannya sehingga kamu juga sekaligus mengetahui model apa yang paling pantas. Baca juga tentang ulasan WeddingMarket lainnya tentang rekomendasi model baju bridesmaid yang cantik dan trendy untuk kamu pakai bersama sahabat tersayang. Semoga artikel ini bermanfaat dan kamu bisa menemukan model baju bridesmaid yang kamu impikan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...