Pilih Kategori Artikel

10 Rekomendasi Model Baju Bridesmaid yang Cantik dan Trendy untuk Kamu dan Sahabat
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Pernikahan adalah momen sakral yang sangat istimewa bagi setiap pasangan, keluarganya, dan juga sahabat-sahabat terdekat. Berbicara tentang pernikahan kurang lengkap rasanya tanpa kehadiran bridesmaid dan groomsmen yang menambah warna tersendiri dalam acara tersebut. Khususnya bridesmaid, penampilan cantiknya dengan model baju bridesmaid yang beraneka ragam selalu berhasil mencuri perhatian. 

Lantas, apa perbedaannya dengan pagar ayu? Memang, sekilas bridesmaid dan pagar ayu terlihat mempunyai peran yang sama. sehingga tak jarang pula orang-orang menyamakannya. Namun, jika kamu cari tahu lebih seksama, terdapat perbedaan antara keduanya. Pagar ayu mempunyai arti sebagai pengiring pengantin wanita, sedangkan bridesmaid diartikan sebagai pendamping pengantin wanita. 

Tugas bridesmaid dan pagar ayu juga berbeda. Begitupun orang yang dipilih menjadi  bridesmaid dan pagar ayu juga berbeda, loh. Untuk bridesmaid lebih sering dipilih dari kalangan di luar keluarga, atau dari lingkup pertemanan sang pengantin, sedangkan pagar ayu, dipilih dari kalangan keluarga. Selain itu, dari segi pemilihan baju keduanya juga berbeda. Sesuai dengan namanya, “pagar ayu” pakaian atau baju yang dikenakan pun lebih bertema adat, dalam hal ini adat Jawa. Sementara itu, untuk model baju bridesmaid lebih terkesan modern.

Nah, jika kamu mendapatkan mandat dari sang sahabat untuk menjadi pendamping pengantin di hari spesialnya, selain memahami tugas bridesmaid, ada satu hal lagi yang tak kalah penting untuk kamu perhatikan. Saat menjadi bridesmaid pastikan penampilanmu memukau dengan mengenakan baju bridesmaid yang indah, ya. Dalam artikel ini, tim WeddingMarket telah merangkum beberapa inspirasi desain baju bridesmaid yang cocok kamu gunakan bersama sahabat-sahabatmu. Model baju bridesmaid seperti apa yang sedang populer akhir-akhir ini? Ini dia rekomendasinya  khusus untukmu.


  1. Gaun Bridesmaid Satin kombinasi Brokat

wm_article_imgFotografi oleh Faralljibrill Official

Inspirasi model baju bridesmaid yang pertama, yakni kombinasi bahan satin dan brokat. Pada desain baju ini, kain brokat bisa dijadikan sebagai bahan atasan, sedangkan kain satin digunakan sebagai bawahan atau seluruhnya dibuat model gaun bridesmaid satin. Desain yang unik tersebut, membuat baju model ini jadi terlihat cantik dan elegan, dengan nuansa klasik dan modern sekaligus. Di sisi lain, tambahan aksesoris berupa pita di bagian pinggang, membuat tampilan kamu terkesan jadi makin ramping loh. Bagi kamu yang berhijab, tidak perlu khawatir, karena model dress bridesmaid hijab ini juga sangat ramah dipakai. Jadi sekalipun ada tambahan aksen pita, bentuk tubuh kamu tetap tidak akan terlihat jelas.


  1. Baju Bridesmaid Desain Mermaid

wm_article_imgwm_article_imgFoto via Instagram/Inspirasi Kebaya

Baju model mermaid ternyata tidak hanya digunakan sebagai model gaun pernikahan saja loh, tapi desain baju ini juga cocok untuk digunakan sebagai baju bridesmaid. Model mermaid mempunyai ciri khas berupa baju yang dibuat pas pada bagian atas, dan melebar di bagian bawah. Model ini terinspirasi dari bentuk putri duyung, dan karena bentuknya yang unik tersebut, maka tercipta lah baju model mermaid. Kalau kamu ingin mendesain baju bridesmaid dengan model mermaid, kamu bisa mengkombinasikannya dengan aksesoris berupa bordiran di bagian atas baju. Sementara di bagian bawah, kamu bisa tambahkan kain tulle. Kombinasi kedua bahan ini, dijamin membuat kamu jadi tampil elegan dan mewah.


  1. Gaun Bridesmaid Warna Pastel

wm_article_img

Foto via Instagram/Inspirasi Kebaya

Kamu tipe yang anti mainstream tapi ingin tetap tampil sederhana disaat bersamaan? Kalau begitu, kamu dan teman-teman bridesmaid yang lain bisa menggunakan gaun berwarna soft. Meskipun tampilannya jadi berwarna-warni dan tidak seragam, tapi justru itu keunikannya. Apalagi gaun yang digunakan berwarna pastel, bukannya terlihat norak tapi justru terlihat cantik dan menarik. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kamu bersama teman-teman mendiskusikan ide ini kepada calon pengantin. Jangan lupa juga untuk memberikan gambaran secara detail tentang gaun yang akan kalian gunakan, ya


  1. Baju Bridesmaid Model Kebaya dengan Tambahan Selendang

wm_article_img

Kebaya modern by Ivory Studio RTW

Model baju bridesmaid selanjutnya adalah kebaya modern dengan aksen selendang. Desain baju ini seperti kebaya pada umumnya, dengan bahan kain brokat dan bawahan batik. Namun, yang membuatnya berbeda adalah tambahan aksesoris berupa selendang, menjadikan tampilan kamu jadi tambah modis. Pilihan bahan berwarna soft dan juga sedikit aksen manik-manik menjadikan baju kebaya ini semakin outstanding.


  1. Baju Bridesmaid Berbahan Organza

wm_article_imgwm_article_imgFoto via Instagram/Inspirasi Kebaya

Selain dijadikan sebagai bahan baju pengantin, kain organza juga cocok loh untuk dipakai bridesmaid. Bahan ini mempunyai tekstur yang lembut dan membuat tampilan si pemakai jadi terlihat lebih anggun. Jika tertarik menggunakan kain organza sebagai bahan baju bridesmaid, kamu bisa mendesainnya dengan bentuk yang unik. Seperti pada bagian dada dibuat model ruffle, atau menambahkan detail bordir di beberapa sisi. Bagi kamu yang berhijab, kamu bisa tetap menggunakan kain ini. Hanya saja, karena kain organza punya tekstur yang tipis dan menerawang, kamu harus melapisinya dengan kain furing atau manset agar tidak transparan.


  1. Model Baju Bridesmaid Hanbok

wm_article_img

(amzn.to on pinterest)

Model baju bridesmaid yang satu ini terinspirasi dari baju tradisional khas Korea, yaitu hanbok. Modelnya yang cantik dan unik, menginspirasi banyak orang untuk menjadikannya gaun bridesmaid. Gaun ini mempunyai desain sederhana dan tidak perlu menambahkan terlalu banyak aksesoris. Namun, kamu tetap bisa menambahkan aksesoris seperti manik-manik di beberapa bagian agar gaunmu menjadi semakin menawan. Desain yang simpel membuat baju bridesmaid ini mudah untuk kamu gunakan. Jika kamu berhijab, jangan lupa gunakan kerudung dengan warna senada agar penampilanmu lebih sempurna.


  1. Baju Bridesmaid dengan Atasan Model Peplum dan Rok Batik

wm_article_imgFoto via Instagram/Inspirasi Kebaya

Rekomendasi model baju bridesmaid selanjutnya adalah kebaya modern dengan atasan model peplum yang dikombinasikan dengan rok batik. Baju ini mempunyai desain yang agak melebar di bagian bawah pinggang, cocok digunakan oleh semua bentuk tubuh. Terutama bagi kamu yang memiliki bentuk tubuh curvy, baju ini bisa membantu menutupi bagian pinggang yang agak besar. Jadi, kamu tidak perlu khawatir penampilanmu jadi aneh atau tidak nampak bagus. Kebaya bridesmaid model peplum ini juga cocok digunakan bagi kamu yang berhijab, loh.


  1. Kebaya Kutu Baru

wm_article_imgFotografi oleh Faralljibrill Official

Kebaya kutu baru adalah rekomendasi baju bridesmaid lain untuk kamu yang ingin tampil dengan sentuhan  tradisional. Kebaya kutu baru dipadu padankan dengan rok batik. Berbeda dengan kebaya yang lain, kebaya kutu baru punya model bagian belakang lebih panjang daripada bagian depan. Meskipun sekilas modelnya sederhana dan terlihat tradisional, tapi kebaya kutu baru tetap bisa membuat para pemakainya jadi stylist loh. Apalagi kalau kamu memakai kerudung dengan model kekinian, tampilan kamu jadi makin terlihat menawan.


  1. Kebaya Bridesmaid dengan Model Tunik dan Tambahan Celana Panjang

wm_article_img

foto via instagram/megaiskanti

Kata siapa kebaya hanya bisa digunakan bersama rok? Coba deh kombinasikan kebaya bersama celana panjang. Kebaya ini bisa disebut juga dengan kebaya tunik, yang mempunyai model seperti kebaya umumnya, hanya saja panjang baju bisa mencapai lutut. Model kebaya satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang tidak ingin memakai rok dan ingin bergerak lebih leluasa. Dress bridesmaid model celana ini tidak kalah cantik, bukan?


  1. Gaun Bridesmaid Berbahan Tulle dengan Model Tumpuk

wm_article_img

layered tulle dress by podyumplus.com


Rekomendasi bridesmaid dress yang terakhir adalah gaun yang terbuat dari bahan tulle dengan model tumpuk. Bahan tulle adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan baju pengantin. Tak ada salahnya juga apabila kamu ingin menggunakan bahan ini  untuk gaun bridesmaid. Desain dengan layer yang bertumpuk akan memberi kesan anggun dan feminim bagi siapapun yang mengenakannya, tak terkecuali para bridesmaid. Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan aksen bunga atau manik-manik di salah satu sisi baju. 


Nah, itulah beberapa informasi dan rekomendasi model baju bridesmaid yang bisa kamu coba. Meskipun sederet tugas menanti untuk dikerjakan, tapi tak menghalangi seorang bridesmaid untuk tampil cantik dan elegan dengan gaun yang indah. Mungkin kamu juga bertanya-tanya jumlah  bridesmaid maksimal berapa? Kalau pertanyaannya seperti itu, sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti. Ada yang dua cukup, ada pula pengantin yang mempunyai bridesmaid hingga 20 orang. Tergantung keputusan masing-masing pengantin.


Baca juga: 16 Gaya Outfit Groomsmen bisa BikinTampil Kece. Intip Tips-nya, yuk!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...