Pilih Kategori Artikel

Rekomendasi Model Kebaya Pengantin Batak Modern Terbaru 2022, Warna-warni Elegan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Suku Batak adalah salah satu suku dengan populasi terbesar di Indonesia. Suku Batak berasal dari wilayah Sumatera Utara dan mendiami beberapa wilayah kabupaten, seperti Kabupaten Karo, Simalungun, Dairi, Tapanuli Utara, dan Asahan. Suku ini pun terdiri dari beberapa etnis atau sub suku, antara lain: Batak Toba, Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Mandailing, Batak Pakpak dan Batak Angkola. 

Meskipun berinduk pada satu ras, etnis-etnis tersebut memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing, termasuk pula dari gaya pakaian adatnya. Ciri khas yang paling mencolok dapat terlihat dari hiasan kepala atau mahkota pengantin adat Batak yang dikenakan, dimana antara satu etnis dan yang lainnya punya karakternya masing-masing. Sebut saja suku Batak Toba dengan sortali atau ikat kepala khas berwarna merah dengan ornamen emasnya. Kemudian pengantin adat Batak Mandailing, dengan mahkota emas yang disebut bulang, serta masih banyak lagi. 

Dalam tradisi pernikahan adat Batak, ciri khas tersebut masih tetap dipertahankan hingga saat ini, meskipun beberapa atribut mungkin telah mengalami modifikasi mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya, model kebaya pengantin Batak modern yang kini lebih bervariasi mengikuti tren dan perkembangan fashion. 

Untuk warna kebaya pengantin Batak pun kini lebih beragam. Apabila zaman dahulu warna merah lebih dominan digunakan, saat ini kebaya Batak lebih berwarna-warni, sesuai dengan selera si pengantin. Namun, satu hal yang tetap ada yakni keberadaan kain tenun khas Sumatera Utara yaitu kain ulos ataupun kain songket untuk menyempurnakan penampilan kebaya pengantin Batak modern tersebut. 

REKOMENDASI MODEL KEBAYA PENGANTIN BATAK MODERN YANG BISA KAMU PILIH

Model kebaya khas Batak pada dasarnya hampir sama dengan kebaya daerah lain, sebut saja kebaya khas Jawa, Jogja, Bali, dan sebagainya. Hal yang membedakan kebaya pengantin Batak dengan jenis kebaya nusantara lainnya, yakni tambahan aksesoris pengantin Batak seperti tali kepala (sortali), atau mahkota seperti bulang, uis jujung-jujungan, dll. Nah, jika kamu sedang mencari model kebaya pengantin Batak modern untuk hari pernikahanmu, berikut beberapa rekomendasinya untukmu. 

1. Kebaya Bernuansa Gold, Cocok dipadukan dengan Kain Songket Warna Apapun

wm_article_imgwm_article_img

wm_article_img
Kebaya pengantin batak (via instagram/sinagasisterkebaya)

Contoh model kebaya pengantin Batak yang pertama adalah kebaya yang umum dipakai oleh pengantin Batak Toba. Kebaya brokat dengan potongan klasik ini, dihiasi payet di bagian dada dan lengan untuk menambah kesan kebaya pengantin modern. Apalagi ketika disandingkan dengan songket merah-emas, model kebaya Batak yang satu ini tidak akan salah, deh. Perpaduan warna gold pada kebaya dan merah pada sortali serta songket, berhasil menciptakan kesan elegan pada penampilan sang pengantin. Kamu juga bisa mencoba perpaduan yang satu ini untuk pesta pernikahanmu nanti. 

wm_article_img
Baju Pengantin adat Batak Mandailing (foto via instagram/mandailing_wedding)

Warna gold atau keemasan memang merupakan warna terbaik untuk memberikan kesan mewah pada suatu busana, tak terkecuali pada kebaya pengantin Batak. Dengan potongan desain kebaya lurus hingga kaki, kebaya brokat full payet  yang dipadupadankan dengan songket merah keemasan ini berhasil membuat pengantin Batak Mandailing ini tampil bak putri bangsawan, ya! Ditambah lagi dengan aksesoris pengantin Mandailing–bulang (mahkota emas)–di kepalanya, semakin elegan, bukan? Kebaya Mandailing ini cocok untuk dijadikan kebaya pengantin hijab buat kamu yang berkerudung.

2. Kebaya Putih nan Elegan, Timeless Beauty

wm_article_img

Baju Pengantin Adat Batak Mandailing (via instagram/lestari.organizer)


wm_article_imgwm_article_img

Kebaya Pengantin Batak Brokat Warna Putih (via Instagram/gusnelly_official)

Warna putih memang menjadi favorit untuk sebuah pesta pernikahan, tak terkecuali untuk pengantin Adat Batak. Dibalik warnanya yang sejuk, filosofi yang bermakna kesucian dan kemurnian juga menjadi alasan mengapa banyak orang memilih warna putih untuk tema pernikahannya. Nah, untuk kebaya pengantin Batak warna putih ini sangat serasi sekali jika dipasangkan dengan motif songket atau ulos yang khas. Warna putih memberikan kesan netral, sedangkan warna dan keunikan pola pada kain ulos atau songket memberikan statement pada penampilan keseluruhan.

wm_article_imgwm_article_img
Model Kebaya Pengantin Batak Warna Putih (via instagram/sinagasisterkebaya)

Model kebaya pengantin Batak modern yang dibuat seperti gaun ini bisa juga jadi inspirasi untuk kamu yang ingin tampil lebih 'wow' di hari pernikahanmu nanti. Dengan tambahan beberapa detail payet pada kebaya model gaun lace atau tulle yang kamu pilih, akan semakin menambah kesan mewah pada kebaya pengantin Batak modern ini. Kamu tertarik mencobanya?   

3. Kebaya Berwarna Silver, Memberikan kesan Classy
wm_article_imgwm_article_img
Kebaya Pengantin Batak Karo (via Instagram/ gusnelly_official)

Perpaduan kebaya pengantin Modern ini dengan kain Uis Gara berwarna kontras sangat mengesankan, bukan? Uis Gara dalam bahasa Batak sendiri memiliki arti kain berwarna merah dan terbuat dari tenunan benang merah. Terdapat sedikit aksen motif benang dengan warna perak dan emas yang membuat pakaian menjadi lebih menarik. Sementara itu, mahkota atau hiasan kepala yang dikenakan oleh pengantin adat Batak Karo disebut dengan uis jujung-jujungan, yang melambangkan gotong-royong serta kekeluargaan, mahkota ini terbuat dari ulos.
wm_article_img

Kebaya Pengantin Batak Brokat Warna Silver (via Instagram/ gusnelly_official)

Silver juga termasuk salah satu warna netral yang cocok dikombinasikan dengan warna-warna cerah lainnya. Untuk kebaya pengantin Batak modern pun demikian, dengan detail payet seluruh badan membuat kebaya pengantin ini menjadi semakin classy. Untuk model kebaya pengantin modern ini, kamu bisa tetap menggunakan style klasik, tetapi cobalah dengan potongan depan asimetris. Dijamin, hasil gaun pengantinnya akan semakin cantik dan elegan.

wm_article_imgwm_article_imgwm_article_img

Desain kebaya pengantin Batak by Intan Wardi (via instagram/inw.id)


Jika dahulu belum banyak variasi serta kreasi yang ditambahkan pada kebaya, tetapi sekarang sudah banyak ornamen yang bisa diaplikasikan untuk mempercantik tampilannya. Kamu hanya perlu memilih penjahit atau desainer yang menawarkan jasa pembuatan kebaya dengan detail-detail tersebut. Penambahan detail payet pada kebaya pengantin akan sangat menambah kesan mewahnya, tak heran apabila harga kebaya pengantin biasa dan yang diberikan sentuhan payet atau bordir berbeda.


4. Kebaya Pengantin Berwarna Merah untuk Tampil Lebih Glamour

wm_article_imgwm_article_img

Baju Pengantin Adat Batak Karo (via gusnelly_official)


Rekomendasi kebaya pengantin Batak modern selanjutnya adalah kebaya warna merah. Ya, warna merah adalah warna otentik untuk pakaian adat di beberapa daerah. Warna merah ini menyimbolkan keberanian serta kemakmuran. Nah, model kebaya pengantin Batak pun umumnya berwarna merah.


wm_article_imgKebaya Pengantin Batak Warna Merah Model Gaun (foto via instagram/mandailing_wedding)


Selain cantik untuk dipadupadankan dengan kain songket maupun ulos, kebaya pengantin Batak warna merah juga memberikan kesan glamor pada si pengantin. Apalagi kalau kebaya dijahit dengan model gaun ala ballgown. Ditambah dengan detail embroidery, serta mahkota pengantin adat Mandailing seperti ini, kesan mewahnya semakin terasa. Baju kebaya pengantin adat Mandailing ini cocok bagi kamu yang sedang mencari inspirasi kebaya pengantin Batak hijab.


5. Kebaya Pengantin Berwarna Soft Pink yang Anggun

wm_article_imgwm_article_img

Pengantin Adat Batak Simalungun (via instagram/aksesorissimalungun)

Simalungun merupakan salah satu suku besar yang ada di Provinsi Sumatera Utara dan memiliki beberapa marga. Diantaranya ialah marga Damanik, Sinaga, Purba dan Saragih. Pengantin juga mengenakan hiasan kepala yang terbuat dari lilitan kain yang ditumpuk tinggi dengan harus ada nuansa warna merah dan emas.

Pakaian adat ini tergolong sopan dan nyaman dikenakan pada hari besar pernikahan. Ciri khas dari pakaian pernikahan adat Batak Simalungun ialah baju yang panjang hingga dengkul. Setelah itu, baik pengantin wanita maupun pria juga mengenakan bawahan yang memiliki panjang hingga mata kaki. Bagian lengan juga didesain panjang sehingga semakin menunjukkan keanggunan dan kesopanan dari pengantin wanita.

wm_article_imgwm_article_img

Desain Kebaya Pengantin Batak (via Instagram/gusnelly_official)

Model kebaya pengantin Batak modern berwarna soft sangat cocok digunakan untuk menonjolkan kesan keanggunan wanita Batak. Agar kesannya lebih modern, kebaya pengantin ini bisa dibuat dengan memodifikasi bagian pinggang, penambahan kerutan dan kancing belakang akan menambah keanggunan busana pengantin ini.


6. Kebaya Pengantin Batak Warna Biru

wm_article_imgwm_article_img

Kebaya Martumpol Warna Biru (via Instagram/pabhits)

Salah satu tahapan pernikahan yang wajib dilalui oleh calon pengantin Batak Toba adalah tradisi Martumpol. Dalam acara martumpol ini pasangan calon pengantin melakukan perjanjian di hadapan pendeta untuk melakukan pernikahan. Tradisi martumpol dilakukan di gereja dan biasanya dihadiri oleh orang-orang terdekat pasangan calon pengantin. Nah, kebaya martumpol berwarna biru dengan model klasik dipadupadankan dengan songket senada ini bisa menjadi inspirasi buat kamu calon pengantin adat Batak Toba.


wm_article_imgwm_article_img

Kebaya Martumpol Warna Biru - Foto via instagram/aliephotoart

Kebaya martumpol warna biru gelap atau biru dongker seperti ini juga bisa digunakan untuk orang yang punya badan agak gemuk, sehingga terlihat lebih langsing. Dipadukan dengan selendang dan kain songket atau kain ulos berwarna senada, sang pengantin Batak Toba telihat lebih elegan mengenakan model kebaya pengantin Batak yang satu ini. Warna-warna gelap bisa menyamarkan bentuk badan orang gemuk sehingga terlihat lebih langsing. Kebaya martumpol seperti gambar di atas sangat cantik bukan?

wm_article_imgwm_article_img

Kebaya Pengantin Batak | foto via instagram/yemimaarthaj

Jika kamu ingin tampil lebih modis, cobalah model kebaya pengantin Batak modern terbaru dengan aksen selendang seperti ini. Ditambah dengan potongan gaya peplum, aksen manik-manik serta payet di pinggang kebaya Batak ini sangat cocok sekali dikenakan pada acara-acara penting seperti acara martumpol pengantin Batak Toba.


Itulah beberapa inspirasi kebaya pengantin modern khas suku Batak yang berwarna-warni. Desain dan modelnya pada dasarnya sama yakni model kebaya klasik, hanya dengan sedikit modifikasi berupa penambahan detail brokat, payet atau bordir, gaun ini berubah menjadi gaun modern yang begitu elegan. Nah, kebaya yang mana favoritmu?


Baca juga: 15+ Inspirasi Model Kebaya Elegan Bernuansa Ungu Lilac-Lavender untuk Pesta Hingga Lamaran Pernikahan

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...