Tips Menyiasati Paket Catering Pernikahan agar makin Hemat - Wedding Market

Tips Menyiasati Paket Catering Pernikahan agar makin Hemat

06 Jun 2020 | By Wedding Market WeddingMarket | Viewers: 1609
Tips Menyiasati Paket Catering Pernikahan agar makin Hemat
Foto: Agendakota

Penyedia jasa catering pasti memiliki beragam paket catering pernikahan untuk dipilih. Semua paket yang disediakan tentu memiliki beragam keunggulan dan harga. Tapi, mungkin sebagian dari kamu akan bertanya, mengapa harus menggunakan jasa catering?

Kebanyakan calon pengantin atau yang sudah menjalani akan beralasan karena praktis. Selain menawarkan kemudahan, menggunakan jasa catering juga menjamin makanan yang disajikan mempunyai standar kualitas yang baik dan rasanya tak akan membuat malu di hadapan tamu yang hadir.

Bukan hanya itu saja, ada begitu banyak menu pilihan yang disediakan. Mulai dari yang tradisional hingga modern. Harganya pun bisa disesuaikan, mulai dari yang murah meriah hingga mewah. Tak lupa pula penyajian, paket catering pernikahan pun cukup banyak pilihannya, misalnya saja prasmanan atau gubukan.

Tips Memilih Paket Catering Pernikahan agar Lebih Efisien

Tips Memilih Paket Catering Pernikahan agar Lebih Efisien
Foto: Anne Cohen Writes

Meski begitu, ada begitu banyak hal yang patut dipertimbangkan saat memilih paket catering yang ingin diambil. Agar tidak salah pilih, coba kamu ikuti tips di bawah ini ya. Tips ini juga bisa untuk menyiasati paket catering agar makin hemat.

1. Sesuaikan Budget

Well, budget pernikahan memang penting untuk dipikirkan. Jadi semua bisa terencana dengan baik. Meskipun nantinya kamu memakai paket catering termurah, belum tentu total ongkos pernikahanmu juga akan lebih murah.

Ingat ya, budget sangatlah penting dalam hal apa pun, bahkan kehidupan sehari-hari. Tanpa bujet, finansialmu bakal acak-acakan karena tidak terarah dan tanpa batasan.

2. Pilih paket dengan Menu Nasi yang Tidak Terlalu Banyak

Salah satu cara mudah untuk menghemat budget untuk catering adalah dengan mengurangi menu yang banyak menggunakan nasi.

Coba saja kamu amati waktu datang ke kondangan, pasti banyak tamu yang mengambil nasi putih atau nasi goreng dengan porsi sedikit. Dan, sebagian besar tamu akan lebih memilih menu catering pernikahan gubukan. Ini karena menu yang disajikan tidaklah sehari-hari disantap.

Beda dengan makanan yang disajikan di tengah atau prasmanan. Meski lauknya dibuat berbeda, entah itu dibuat semur daging ayam, dan lain sebagainya tetapi bahan utama makanan yang dibuat sudah sangat familiar.

Jadi, misal dari pihak catering menyediakan beras per paketnya sebanyak 25 kg, cobalah minta dikurangi separuhnya dengan kompensasi harga paket pun turut dikurangi.

3. Pilih Menu Paket Gubukan

Saat kamu mendatangi vendor catering maka kamu akan dihadapkan pada beberapa pilihan paket untuk resepsimu. Cobalah untuk fokus dengan pilihan menu paket resepsi gubukan.

Seperti di poin kedua, jika tamu suka dengan menu gubukan maka sebagai penyelenggara pun harus mengikuti kemauan tamu. Biar lebih hemat, coba kurangi menu yang berada di tengah dan perbanyak menu yang ada di gubuk.

Untuk contoh, misal harga paket untuk menu yang di tengah ruangan harganya dua juta dan gubukan masing-masing lima ratus ribu. Maka kurangi menu yang ada di tengah menjadi satu juta, untuk gubukan bisa tetap dengan harga segitu atau ditambah seratus ribu agar jumlah porsinya lebih banyak.

Umumnya para tamu akan lebih sering mengomentari menu di gubukan dibanding menu di tengah. Apalagi kalau menunya beda dari biasanya, wah bisa langsung diserbu.

4. Pilih Air Putih untuk Minuman

Ketimbang kamu memilih minuman bersoda untuk minumannya, mending kamu ganti dengan air putih. Apalagi untuk tamu undangan yang sudah sepuh, biasanya akan lebih memilih meminum air mineral ketimbang minuman bersoda atau yang manis-manis.

Air putih juga cocok untuk semua kalangan, bahkan untuk penderita diabetes. Jadi, nggak perlu khawatir dengan kadar gula yang langsung naik drastis. Namun jangan hapus menu pamungkas yang disukai anak kecil, yaitu es krim.

Es krim ini juga bisa menjadi pelepas dahaga untuk pengganti minuman manis. Dari sisi harga, minuman bersoda satu liter harganya dua kali lipat harga air mineral. Baik minuman bersoda maupun air putih memiliki fungsi yang sama, sama-sama untuk melepas dahaga.

Ketimbang minuman bersoda, air putih jelas lebih sehat.

5. Fleksibilitas Paket Catering

Menu dan jumlah porsi yang ditawarkan dalam variasi paket catering pernikahan biasanya tidak semua cocok dan diinginkan pelanggan.

Namun, di luar paket yang disediakan, ada baiknya kamu memilih vendor catering yang memiliki fasilitas lebih fleksibel dalam memfasilitasi kebutuhan pelanggan sehingga tidak saklek mengikuti paket yang ada karena belum tentu cocok dengan apa yang diharapkan calon pengantin.

Sebagai contoh jika kamu menetapkan anggaran tertentu untuk paket yang ingin diambil, maka kamu juga harus memastikan menu dan pelayanan seperti apa yang akan didapat sesuai anggaran.

Jangan sampai anggaran yang minim membuat vendor tetap menyanggupi tetapi kualitas pelayanan dan makanan dikurangi sehingga jauh dari harapan dan ekspektasi. Tentunya hal ini hanya akan merugikanmu.

6. Bisa Melakukan Test Food

Salah satu hal penting yang harus kamu lakukan untuk memilih catering yang digunakan untuk pestamu adalah test food atau mengetes makanan yang disediakan untuk merasakan bagaimana rasanya.

Kalau hanya untuk test food soal rasa saja, maka datang ke showroom catering saja sudah cukup. 

Jadi, meski paket catering yang kamu pilih amat terjangkau bujet, tetap ya kualitas rasa diperhatikan. Jangan sampai mengecewakan dan malah membuat image-mu sebagai pemilik pesta buruk.

7. Pilih Menu Porsian

Ada keuntungan tersendiri saat vendor catering menyediakan paket porsian untuk beragam paket catering pernikahan.

Tahu kan kalau di salah satu daerah di Indonesia ada yang namanya tradisi piring terbang di mana penyajiannya secara porsian. Dalam satu piring prosinya ini bujetnya bisa diotak-atik loh.

Cara menghidangkannya per piring dan disajikan satu per satu oleh pelayan. Konsepnya mirip dengan restoran barat. Ada appetizer, sampai pencuci mulut dalam satu piringnya.

Untuk menu umumnya sih ada roti atau kroket ditambah dengan teh hangat, sop ayam galantin, nasi sambal goreng hati atau jeroan, kemudian es buah atau es krim. Komplit kan? Murah meriah lagi.

Demikianlah tujuh tips dalam menyiasati paket catering pernikahan yang tepat untuk acara pernikahanmu. Kamu juga bisa menemukan vendor catering pernikahan yang memang sejak awal memiliki harga paket yang murah, lho. Kamu bisa bertemu dengan mereka hanya di Wedding Market! klik disini


Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?